Sponsors Link

Manfaat Beriman Kepada Allah SWT

Sponsors Link

Sebagai seorang muslim, Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah iman atau yang diartikan secara sederhana sebagai percaya menurut bahasa.

ads

Mengatakan “saya percaya kepada Allah SWT” tentunya mudah untuk diucapkan, namun apakah Anda benar-benar seorang muslim yang masuk dalam kategori beriman?

Sejak kecil tentunya umat beragama sudah diajarkan untuk mempercayai keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Akan tetapi banyak sekali orang yang melarang anaknya untuk bertanya lebih jauh tentang Allah SWT. Jika ada yang bertanya “apakah Allah SWT benar-benar ada?” seringkali bukan jawaban yang didapatkan, justru emosi yang meluap karena berpikir bahwa orang itu tidak percaya akan keberadaan Allah SWT. Dan sebetulnya, ketika seseorang dibiarkan bertanya tanpa diberi jawaban, justru dia akan semakin memberontak.

Iman seperti apakah yang dimaksud?

Allah SWT adalah dzat yang sempurna, tentunya iman yang dimaksud untuk umat muslim bukan hanya mengatakan bahwa dirinya percaya tapi lebih dari itu menyangkut hati, pikiran, dan juga tindakannya.

Ada banyak manusia pandai bersilat lidah, tetapi hal ini tentunya tidak berlaku untuk mengelabui Allah SWT. Iman kepada Allah SWT mencakup bagaimana perasaan Anda merasakan dengan tegas bahwa Allah itu ada, dengan begitu Anda akan mengucapkannya secara lisan dan tidak meragukan keberadaan Allah dalam pikiran Anda. Dan selanjutnya Anda akan menjalani kehidupan dengan niat untuk beribadah kepada Allah SWT. Anda bekerja, menuntut ilmu, maupun beribadah karena Allah SWT.

Apakah hal tersebut sudah cukup?

Mungkin Anda menyadari bahwa di dunia ini ada banyak sekali kepercayaan. Dan hampir semuanya mengatakan bahwa Tuhan mereka Maha Esa. Maka ada 4 hal yang perlu Anda ketahui tentang iman kepada Allah SWT.

  1. Iman akan keberadaan Allah SWT  : Anda memang tidak bisa melihat wujud Allah SWT seperti Anda bisa melihat manusia secara nyata. Namun, menggunakan akal bahwa ada pencipta alam semesta, dengan membaca kitab-kitab samawi, dan juga memperhatikan dengan indera maka Anda bisa melihat keberadaan Allah. Anda yang melihat ada orang yang mengalami musibah lalu mendapatkan bantuan, di situlah tangan Allah SWT bekerja untuk membantu manusia.
  2. Iman akan keesaan Allah SWT : Dibagi menjadi dua yaitu Rububiyah dan Uluhiyah. Rububiyah artinya Allah SWT adalah satu-satunya yang memiliki kekuasaan atas alam semesta dan seisinya. Tidak ada sekutu bagi-Nya, tidak ada pula tandingan-Nya. Sedangkan Uluhiyah artinya hanya Allah SWT yang wajib untuk diibadahi. Allah SWT adalah satu-satunya pencipta untuk Anda beribadah dan berserah diri.
  3. Iman akan nama dan sifat Allah SWT : Artinya, Anda harus percaya bahwa asma Allah SWT dan sifat-Nya adalah benar adanya. Dan tidak ada yang lain memiliki nama dan juga sifat yang menandingi Allah SWT.

Bagaimana agar Anda percaya akan Allah SWT?

Sebagian besar dari Anda mungkin mengalami dilema saat Anda mulai mempertanyakan kepercayaan Anda. Anda mungkin berusaha bertanya, namun Anda justru disebut sebagai seorang pendosa yang tidak lagi mempercayai Allah SWT.

Sebetulnya, mempercayai suatu hal bukanlah suatu pilihan. Anda percaya karena hal itu merupakan reaksi atas apa yang Anda saksikan. Melihat dunia dan seisinya, Anda sudah bisa menyimpulkan bahwa tidak mungkin ada suatu hal yang tercipta tanpa permulaan. Anda melihat tubuh Anda sendiri, Anda juga bisa menyimpulkan bahwa ada yang menciptakan Anda sedemikian sempurna.

Mempercayai keberadaan Allah SWT juga berkaitan erat dengan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Yang penting adalah, yakin pada diri Anda. Yakin pada kepercayaan Anda bahwa Allah SWT ada. Yakin pada Allah SWT. Jika dunia ini saling berkaitan, maka Anda bisa melihat bahwa ada yang mengatur dunia. Dan itulah Allah SWT.

Manfaat beriman kepada Allah SWT untuk kehidupan pribadi

Membaca Al-Qur’an ataupun mengaji banyak mengajarkan Anda tentang mendapatkan pahala dengan beriman kepada Allah SWT dan menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya. Namun, hal tersebut bukan satu-satunya hal yang akan Anda dapat dengan beriman kepada Allah SWT.

Coba Anda renungkan, hal-hal apa yang Anda inginkan di dunia ini? Uang? Harta? Pasangan hidup? Jabatan? Allah SWT memberikan segalanya.

  1. Kebahagiaan : Masing-masing orang memiliki standar kebahagiaannya tersendiri. Ada yang menilai kebahagiaan dari uang, percintaan, keluarga, maupun prestasinya. Percayalah kepada Allah. Lakukan yang terbaik serta berdoa dan Allah akan melakukan sisanya. Jika Anda mengukur kebahagiaan dari materi, Allah berkuasa untuk memberikan harta yang Anda inginkan. Jika Anda mengukur kebahagiaan dari pasangan hidup, Allah sudah menjanjikan bahwa manusia hidup berpasang-pasangan, bahwa jodoh ada di tangan Allah dan Anda hanya perlu berusaha dan berserah diri kepada-Nya.
    Sponsors Link

  2. Kedamaian : Mempercayai Allah artinya Anda akan hidup dengan damai. Orang yang tidak mempercayai Allah SWT akan hidup dalam rasa cemas, selalu meragukan keberadaan Allah SWT yang pada akhirnya membuatnya merasakan hidup yang tidak damai. Dalam kedamaian Anda akan merasakan jiwa yang sehat. Tanpa rasa damai tentunya Anda akan merasakan ketakutan, depresi, dan banyak masalah lain yang membebani hidup Anda. Dengan berhenti meragukan keberadaan Allah SWT, Anda akan menemukan kehidupan yang tenang. Sementara menyangkal keberadaan Allah SWT akan membuat Anda terus hidup dalam keraguan dan tidak ada jawaban yang akan Anda dapat.
  3. Keselarasan : Manusia terdiri atas jiwa, tubuh, emosi, nilai-nilai, dan kecerdasan. Dalam Islam, Allah SWT menjelaskan bahwa manusia perlu menjalani hidupnya dengan keselarasan atas aspek-aspek tersebut. Tanpa keselarasan akan salah satu dari aspek tersebut, maka manusia akan merasakan penderitaan atas konsekuensinya. Dan cara untuk mendapatkan keselarasan dalam kehidupan adalah dengan percaya kepada-Nya, karena Dialah Sang Pencipta dan juga sumber dari keselarasan tersebut. Allah SWT telah menyempurnakan agama Islam, dengan begitu Anda perlu beriman dan melaksanakan ajaran-Nya untuk mencapai kehidupan dengan keselarasan.
  4. Pandangan hidup yang jelas : Sebagai seorang muslim yang beriman Anda akan berjalan sesuai dengan ajaran agama Islam. Allah SWT sudah memberikan jalan yang tepat bagi Anda melalui ajaran tersebut. Bagaimana Anda melihat suatu hal juga sudah dijelaskan oleh Allah SWT. Anda tidak perlu lagi merasakan keraguan dalam melakukan tindakan karena Allah SWT telah memberikan petunjuk atas apa yang benar dan salah. Bagaimana jika Anda tidak percaya kepada Allah SWT? Anda akan mengalami kebingungan ketika Anda mengalami suatu masalah. Anda tidak memiliki pedoman yang menuntun Anda sebagai petunjuk untuk melakukan tindakan. Sehingga kerap kali orang yang tidak percaya kepada Allah SWT akan bimbang dalam menentukan arah hidupnya. Manusia yang mempunyai kecerdasan, nafsu, serta ego tentu akan bingung menentukan keinginan mana yang harus ia penuhi. Namun dengan bimbingan dari Allah SWT, Anda bisa menentukan jalan kehidupan Anda tanpa perlu ada rasa bimbang.
  5. Merasakan aman : Dunia yang penuh dengan kejahatan, dan banyak permasalahan serta cobaan tentunya bukan hal yang bisa Anda sepelekan. Dengan percaya kepada Allah SWT maka Anda akan merasakan aman karena Allah SWT selalu ada  di sisi Anda. Allah SWT akan selalu melindungi Anda karena Dia mengatur rencana yang lebih baik daripada yang kita inginkan. Dengan beriman maka Anda tidak akan khawatir dalam menghadapi suatu permasalahan. Anda yakin bisa melalui berbagai rintangan kehidupan karena Allah SWT selalu ada untuk Anda.

Manfaat beriman kepada Allah SWT untuk kehidupan bermasyarakat

Masyarakat tentunya terdiri atas individu-individu yang hidup bersama dan saling memiliki ketergantungan. Maka dari itu, manfaat yang diperoleh secara pribadi ketika percaya kepada Allah SWT tentunya juga mempengaruhi kehidupan bermasyarakat.

  • Dengan memiliki hati yang damai Anda akan mengasihi sesama Anda. Jiwa yang bersih dan tenang tentunya akan membuat Anda merasa nyaman untuk berhubungan dengan masyarakat. Dengan hati yang damai Anda akan turut berbahagia jika tetangga atau sanak-saudara Anda berbahagia, dan akan dengan senang hati membantu jika mereka mengalami musibah.
    Sponsors Link

  • Dengan kehidupan yang bahagia Anda akan mengerti betapa pentingnya kebahagiaan dalam kehidupan. Maka dari itu Anda akan menghargai kebahagiaan orang lain seperti Anda menghargai diri Anda sendiri. Anda akan menyadari bahwa Anda adalah manusia yang tidak sendirian di dunia ini. Anda akan mengesampingkan ego Anda dan mulai bertoleransi atas manusia lainnya karena menyadari bahwa mereka pun memiliki harapan yang sama untuk berbahagia.
  • Anda bisa membantu orang-orang yang masih bingung dengan jalan hidup seperti apa yang harus mereka pilih. Karena Anda sudah memiliki pedoman hidup yang jelas, jika suatu saat ada seseorang yang bingung dalam menjalani kehidupannya maka Anda bisa menuntunnya menemukan jalan yang tepat.
  • Masyarakat yang terbentuk atas orang muslim yang beriman kepada Allah SWT tentunya akan menjadi masyarakat yang menyadari arti penting dari kerukunan. Masyarakat tersebut tidak akan segan untuk saling tolong menolong karena mereka berbuat kebaikan atas nama Allah SWT.
  • Dengan percaya kepada Allah SWT dan melaksanakan perintah-Nya maka Anda akan mendapatkan lingkungan kerja maupun sekolah yang nyaman. Anda yang beriman kepada Allah SWT tentunya adalah orang yang pekerja keras, taat pada agama, serta jujur. Hal itu tentunya akan membuat Anda disenangi oleh orang-orang di sekitar Anda. Anda juga akan mendapatkan kepercayaan dari mereka. Dan kenyamanan dalam hidup bermasyarakat adalah hal yang penting karena tentu saja Anda tidak bisa hidup sendiri.

Tidak ada kebahagiaan tanpa kedamaian, dan tidak ada kedamaian tanpa keyakinan. Di saat Anda merasakan ada kekosongan dalam hati Anda dan Anda menyebut nama Allah, di situlah Allah mengisi kekosongan hati Anda dengan kedamaian. Allah menyayangi Anda, dan akan selalu menemani setiap langkah dalam hidup Anda.

Allah SWT adalah satu-satunya yang mencintai Anda tanpa syarat. Percayalah kepadanya karena kasih sayang Allah SWT untuk umat manusia ada selamanya.



Artikel Lainnya


ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,




Post Date: Thursday 05th, November 2015 / 16:07 Oleh :