Sponsors Link

Jiwa Tenang Dalam Islam – Amalan dan Dalilnya

Sponsors Link

Bismillahirahmanirahim..

ads

Peran agama Islam terhadap manusia adalah untuk menolong manusia dalam menentukan tujuan hidup menurut islam yang selamat. Selain itu agama adalah sebagai obat hati dalam islam dan penawar terhadap kegelisahan jiwa manusia. Hidup di dunia penuh dengan ujian dan cobaan dari Allah, oleh karena itu kita butuh adanya tempat untuk bersandar dan mengeluh, yaitu tuhan yang Maha Esa.

Jiwa yang gelisah bisa menimbulkan dampak buruk pada kesehatan. Banyak penyakit yang bersumber dari psikis yang tertekan dan tidak tenang. Tidak heran kalau banyak orang malakukan terapi kejiwaan,aktifitas yoga dan bersemedi untuk meraih ketenangan batin.

Sebagai umat muslim ketenangan jiwa adalah kembali kepada Allah. Islam mengajarkan banyak hal untuk manusia bisa meraih cara membuat hati ikhlas, tenang, dan hidup bahagia menurut islam. Ibadah yang diperintahkan Allah bukan semata-mata untuk menunjukan ketaqwaan hamba kepada Rabbnya, namun adalah sebagai obat bagi kegelisahan batin dari segala hiruk-pikuk dunia. Bagitulah Maha Suci Allah dan Maha Bijaksana.

Sebagaimana Allah berfirman dalam Alquran:

“ yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah, ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi menjadi tentram.” (QS. AR Ra’d ayat 28)

Dalam ayat lain juga dikatakan :

“ sesungguhnya sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar” (QS. Al Ankabut ayat  45)

Dari ayat di atas terlihat bagaimana sebuah ibadah bisa membawa dampak psikologis yang lebih baik. Seseorang yang berzikir kepada Allah akan menjadi tentram dan jauh dari perbuatan yang merusak.

Ketenangan jiwa dalam Islam adalah sebuah hasil yang didapat dari kekhusukan seseorang terhadap tuhanya, sebagaimana yang dirasakan oleh para sufi. Mereka melakukan latihan kebatinan atau zikir kepada Allah dengan benar-benar khusuk, yang meninggalkan keduniaannya dan hanya fokus pada cinta pada Rabbnya. Baca juga: manfaat tawakal dan manfaat beriman kepada allah swt

Amalan Agar Jiwa Tenang Dalam Islam

Jiwa yang tentram dan tenang bagi sebagian orang bisa didapat dengan beragam cara, seperti : bersemedi, latihan yoga, pergi ke tempat yang sepi dan nyaman, jalan-jalan,  dan banyak lagi yang lainya. Namun dalam Islam ada beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk membuat jiwa tentram dan tenang diantaranya :

1. Sholat

Sholat adalah ibadah kepada Allah yang dilakukan dengan khusu’  mengingat Allah. Sholat yang khusu’ bisa membuat seseorang hamba lebih dekat dengan Rabbnya. Kedekatan hati dan jiwa membuat seseorang menjadi tenang dan lebih positif. Hal ini bukan saja disebabkan oleh kekhusukan namun juga dipengaruhi oleh gerakan sholat yang sempurna seperti, ruku’ dan sujud. Gerakan ini dapat mengalirkan oksigen ke otak lebih lancar sehingga seseorang yang mengerjakan sholat dengan benar, akan lebih sehat secara fisik. Fisik yang bagus dan sehat akan berpengaruh pada psikis yang tenang.

Dalam Alquran Allah berfirman:

“ Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS. Al Baqarah ayat 153)

Dalam ayat ini Allah manawarkan beragam cara diantaranya adalah sholat dan juga sabar. Karena memang kesabaran adalah bentuk dari jiwa yang tenang dan ikhlas. Orang yang tidak sabar akan selalu gelisah, serakah dan tidak bersyukur terhadap apa yang diberikan Allah padanya, dan ini adalah bentuk dari jiwanya yang tidak tentram.

Sholat yang dapat menenangkan jiwa tidak hanya sholat wajib, macam-macam shalat sunnah pun bisa membuat hati menjadi tenang, seperti shalat malam sebelum tidur, zikir sebelum tidur. Rasulullah SAW bersabda :

“ Hendaklah kalian mengerjakan qiyamul lail, sesengguhnya itu adalah kebiasaan orang-orang sebelum kalian, mendekatkan diri pada Allah ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan mencegah penyakit dari badan”. (HR. At Turmuzi dan Al-Hakim)

Baca juga :

Sponsors Link

2. Zikir

Zikir kepada Allah adalah salah satu cara meraih ketenangan jiwa dalam Islam. Dengan perbanyak berzikir, artinya kita selalu mengingat akan Allah,  baik itu kebesaran-Nya, kesucian-Nya dan segala bentuk syukur atas nikmat yang diberikan-Nya. Hati yang penuh zikir tentu jauh dari sifat sombong dalam islam dan kegelisahan, karena sudah penuh dengan kepasrahan pada Allah. Sebagaimana yang dikatakan Allah dalam surat Ar Ra’d:

“Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah, ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi menjadi tentram”.(QS. AR Ra’d ayat 28)

Zikir bisa dilakukan dalam keadaan apapun, baik ketika ibadah kepada Allah maupun dalam kegiatan sehari-hari sebagaimana Allah berfirman:

“(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata : ya tuhan kami, tiadalah engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksaan api neraka” (QS. Ali Imran ayat 191)

3. Puasa

Selain dari sholat dan zikir, cara yang bisa memberikan ketenangan dalam jiwa adalah puasa. Puasa tidak hanya menahan makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenam matahari, namun juga Manahan hawa nafsu. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda :

“ Hai  pemuda, barang siapa diantara kalian sudah mampu menikah maka hendaklah ia menikah, karena manikah menundukkan pandangan dan menjaga kehormatan. Barang siapa yang belum mampu menikah maka hendaklah ia berpuasa. Karena puasa adalah penjaga bagiya ”. (HR. Bukhari dan Muslim)

seseorang yang gemar berpuasa adalah orang yang beriman dan taat kepada Allah. Orang seperti ini sangat dicintai oleh Allah dan juga memperoleh banyak kebaikan di dunia dan akhirat. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda :

“ Tidaklah seorang hamba yang berpuasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan darinya neraka sejauh tujuh puluh musim”. (HR Bukhari dan Muslim)

Baca juga : hikmah puasa sunah

Sponsors Link

4. Baca Alquran

Orang yang gemar membaca Alquran akan mendapat pahala disisi Allah. Selain itu faedah membaca Alquran adalah menambah ketaqwaan dan memperkokoh keimanan pada Sang Khalik. Ini adalah metode yang ampuh untuk menenangkan jiwa yang gelisah.

Membaca Alquran juga merupakan bentuk zikir kepada Allah. Sebagaimna Allah berfirman

“Dan Alquran ini adalah suatu kitab (pengingat) yang mempunyai berkah yang telah kami turunkan. Maka mengapa kamu mengingkarinya?( QS. Al Anbiya’ ayat 50)

Dalam hadist Rasulullah bersabda “ Aku memohon engkau ya Allah dengan segala asma milik-Mu yang engkau memberi nama milik-Mu atau engkau ajarkan seorang makhluk-Mu atau engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau engkau kususkan untuk diri-Mu sendiri dalam ilmu ghaib. Hendaklah engkau jadikan Alquran sebagai penyejuk hatiku,cahaya di dadaku, pelenyap duka di dadaku”.(HR Ahmad dan dishahihkan oleh Al Albani)

Baca juga :

5. Berkumpul dengan orang sholeh

Berkumpul dengan orang-orang sholeh adalah amalan yang bisa menenagkan hati dan pikiran. Orang sholeh adalah orang yang dekat dengan Allah, oleh karena itu bergaul dengan para shalihin akan membuat kita terbawa untuk selalu mendekatkan diri pada Allah. Selain itu segala kegundahan jiwa dan hati, akan terobati dengan nasehat-nasehat yang berguna yang membawa kita  untuk selalu menyerahkan segala urusan kembali kepada Allah.

Demikianlah beberapa amalan yang membuat jiwa tenang dalam Islam. Bagitu banyak amalan yang bisa dilakukan yang intinya adalah selalu berzikir pada Allah SWT, agar segala kegundahan tidak ditumpangi oleh syetan dan membuat kita tersesat jauh dari Allah.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,




Post Date: Thursday 29th, December 2016 / 02:50 Oleh :
Kategori : Info Islami