Sponsors Link

4 Hikmah Beriman Kepada Malaikat beserta Dalilnya

Sponsors Link

Allah SWT menciptakan semua makhluk baik manusia, jin maupun malaikat. Sebagaimana manusia, malaikat juga merupakan makhluk Allah SWT namun malaikat bisa dikatakan sebagai makhluk  yang paling taat kepada Allah SWT karena malaikat terbuat dari cahaya dan tidak memiliki hawa nafsu sperti layaknya manusia pada umumnya (baca hakikat penciptaan manusia dan tujuan hidup menurut islam).

ads

Seorang muslim wajib beriman kepada malaikat seperti yang terkandung dalam rukun iman. Sebagai salah satu makhluk Alllah SWT, malaikat memiliki tugasnya masing-masing dan setidaknya umat muslim mengenal 10 nama malaikat Allah tersebut mulai dari Jibril pengantar wahyu hingga malaikat pencabut nyawa, Izrail. Dengan mengimani malaikat, ada hikmah yang bisa diterima oleh manusia khususnya umat muslim. Apa sajakah hikmah tersebut? Untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut ini. (baca manfaat beriman kepada Allah SWT dan fungsi iman kepada Allah SWT)

Iman Kepada Malaikat

Kita mengenal rukun iman dengan enam rukun yang harus diketahui. Salah satu isi dari rukun iman adalah beriman kepada malaikat atau jika berdasarkan urutan maka iman kepada malaikat menempati posisi kedua setelah iman kepada Allah SWT. Iman kepada malaikat berarti mempercayai bahwa Allah SWT juga menciptakan malaikat dan para malaikat tersebut ada dan menjalankan tugasnya masing-masing. (baca juga rukun puasa ramadhan dan rukun nikah dalam islam)

Setiap muslim wajib mengimani malaikat dan hal ini akan semakin membuat seseorang berlaku baik meskipun tidak ada orang lain yang melihatnya. Malaikat adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT sebelum manusia namun berdasarkan sejarah agama islam, malaikat pernah disuruh bersujud oleh Allah SWT kepada nabi Adam AS yang merupakan seorang manusia. (baca juga sejarah islam dunia dan sejarah Ali bin Abi Thalib)

Dalil Iman Kepada Malaikat

Dalam Alqur’an perintah dan hal-hal mengenai malaikat disebutkan dalam beberapa ayat berikut ini

  • QS Al baqarah 285

Disebutkan dalam Alqur’an surat Al Baqarah ayat 285 bahwa muslim beriman kepada Allah, malaikat, kitab dan rasul-rasulnya (baca cara makan rasulullah dan cara tidur rasulullah dan manfaatnya ) .

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ 

Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan Kami taat.” (mereka berdoa): “Ampunilah Kami Ya Tuhan Kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.” (QS Al Baqarah : 285)

  • QS An Nisa 136

Iman kepada malaikat juga disebutkan dalam surat An Nisa ayat 136 berikut ini

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya. (Qs An Nisa : 136)

  • QS Al Baqarah 30

Dalam surat Al baqarah ayat 30 disebutkan bahwa Allah SWT menyuruh para malaikat untuk bersujud kepada nabi Adam As yang merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT (baca juga tujuan penciptaan manusia)

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. ( QS Al Baqarah : 30)

Sponsors Link

Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Tidak ada suatu perkara khususnya dalam agama islam yang tidak mengandung suatu hikmah atau pelajaran. Seorang muslim yang beriman kepada Allah SWT dan malaikatnya tentu harus mengetahui apa saja Hikmah Beriman Kepada Malaikat tersebut.

  1. Semakin Beriman Kepada Allah

Malaikat adalah salah satu makhluk Allah SWT yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia namun dengan mempercayai adanya malaikat yang mencatat segala perbuatan kita baik dan buruk maka kita akan semakin beriman kepada Allah SWT dan berusaha untuk selalu istiqomah menjalankan ibadah.

  1. Memunculkan rasa syukur kepada Allah SWT

Para malaikat senantiasa berdoa kepada Allah dan mendoakan orang mukmin yang mendoakan saudaranya. Tidak hanya itu malaikat memiliki tugas dan pekerjaannya sendiri untuk membantu manusia misalnya mengatur rezeki dan menurunkan hujan. Semua hal yang dilakukan malaikat tersebut tentunya bermanfaat bagi manusia dan mampu menimbulkan rasa syukur kepada Allah SWT. Dalam surat Al mukmin ayat 7 disebutkan bahwa para malaikat sennatiasa mendoakan orang-orang beriman

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ

(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala, (QS Al Mukmin : 7)

Sponsors Link

  1. Berhati-hati dalam bertindak

Karena seorang muslim selalu ingat dan tahu bahwa malaikat senantiasa mengawasi dan mencatat segala perbuatan kita baik perbuatan yang baik maupun salah. Untuk itulah keberadaan malaikat dan mempercayainya mampu membuat manusia senantiasa berhati-hati dalam bertindak dan berbicara serta takut untuk melakukan perilaku maksiat. Iman kepada malaikat juga mendorong manusia untuk tidak menuruti hawa nafsu yang akan menuju kesesatan dan juga membuat manusia meniru kesetiaan malaikat kepada Allah SWT.

  1. Yakin Akan Pertolongan Allah SWT

Karena malaikat senantiasa mendoakan orang beriman maka ia tidak perlu takut jika ia memerlukan bantuan kepada Allah SWT dan doa malaikta selalu dikabulkan Allah SWT. Suatu pepatah mengatajan bahwa jika Engkau tidak bisa meminta pertolongan pada penduduk bumi maka mintalah pertolongan kepada penduduk langit atau malaikat.

Demikian pengertian dan hikmah beriman kepada malaikat. Semoga kita selalu bisa meningkatkan rasa iman dan taqwa kita dengan keberadaan malaikat disekitar kita. (baca juga hikmah beriman kepada hari akhir dan fungsi iman kepada kitab Allah)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 14th, November 2016 / 07:09 Oleh :
Kategori : Tauhid