17 Amalan Hari Asyura yang Menghasilkan Pahala

Hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 bulan Muharram memiliki banyak keistimewaan dan menjadi salah satu bulan mulia dari empat bulan haram atau dengan kata lain bulan yang disucikan. Hari Asyura menjadi hari yang sangat terkenal untuk kalangan Syiah dan juga sebagian Sufi karena merupakan hari berkabung atas kesyahidan Husain bin Ali, cucu dari Nabi Islam Muhammad pada saat pertempuran Karbala di tahun ke-61 H [680]. Ada banyak amalan yang bisa dilakukan pada hari Asyura ini dan akan kami ulas secara lengkap pada ulasan kali ini.

ads

Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya jumlah bulan di sisi Allah adalah 12 bulan (yang telah ditetapkan) di dalam kitab Allah sejak menciptakan langit dan bumi. Di antara 12 bulan tersebut terdapat 4 bulan yang suci. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kalian menzhalimi diri kalian pada bulan-bulan (suci) tersebut.” (QS. At Taubah : 36)

Artikel terkait:

  1. Melaksanakan Puasa Asyura

Hari Asyura menjadi hari yang paling di jaga keutamaannya oleh Rasulullah seperti yang tertulis dalam hadits Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma dimana beliau berkata, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam begitu menjaga keutamaan satu hari di atas hari-hari lainnya, melebihi hari ini (yaitu hari ‘Asyuro) dan bulan yang ini (yaitu bulan Ramadhan).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Salah satu cara terbaik untuk mengutamakan hari Asyura ini sebagai umat muslim yang beriman adalah dengan menjalankan puasa pada hari tersebut dimana seseorang yang menjalankan puasa pada hari Asyura akan menjadi penebus dosa setahun yang sudah lewat [HR Muslim].

  1. Melapangkan Nafkah Untuk Keluarga

Amalan berikutnya pada hari Asyura adalah dengan melapangkan nafkah untuk keluarga seperti pada anak dan istri. Seseorang yang menjalankan amalan ini fadhilahnya adalah Allah SWT juga akan melapangkan rezeki orang tersebut selama setahun. Sunnah untuk membelikan hadiah untuk keluarga di hari Asyura dan juga para sahabat ini juga menjadikan puasa untuk anak anak mereka seperti yang diriwayatkan dalam hadits pada shahih muslim jika sahabat mengumpulkan anak mereka di masjid kemudian membuatkan mainan untuk mereka. Jika anak anak tersebut menangis karena lapar, maka mainan tersebut diberikan pada mereka untuk menghilangkan rasa lapar dan haus.

  1. Memuliakan Fakir Miskin

Hari Asyura juga menjadi hari yang paling tepat untuk memuliakan fakir miskin dengan cara memberikan sebagian rezeki yang kita miliki pada mereka yang kekurangan. Seseorang yang menjalankan amalan memuliakan fakir miskin ini akan dilapangkan alam kuburnya sesuai dengan yang dijanjikan Allah SWT. Memuliakan fakir miskin ini tidak hanya menjadi amalan baik yang bisa dilakukan pada hari Asyura, namun juga sangat baik apabila selalu diamalkan dalam kehidupan sehari hari sebagai tabungan pahala untuk hari penghakiman Allah SWT nantinya.

  1. Menahan Emosi dan Amarah

Hari Asyura ini selayaknya juga dijadikan hari baik untuk menahan segala bentuk emosi seperti amarah dimana fadhilahnya sesuai dengan yang dijanjikan Allah SWT bagi yang menjalankannya adalah memasukkan orang tersebut ke dalam golongan yang ridha dan diridhoi-Nya. Namun, menahan emosi dan juga amarah ini hendaknya tidak dilakukan saat hari Asyura saja, namun juga untuk keseharian hidup kita.

  1. Memperlihatkan Jalan Kebenaran Untuk Orang Tersesat

Amalan di hari Asyura berikutnya adalah memberikan jalan kebenaran bagi setiap orang yang tersesat dengan fadhilah amalan ini berupa Allah SWT yang juga akan menyinarkan cahaya iman dalam hati orang yang melaksanakan amalan tersebut.

Artikel terkait:


  1. Mengusap Kepala Anak Yatim

“Lindungilah dan sayangilah mereka [anak yatim] karena jika kamu melindungi dan menyayangi mereka berarti kamu menyayangiku dan jika kamu menyakiti mereka [anak yatim] berarti kamu juga menyakitiku”

Ini diriwayatkan jika Rasulullah SAW sangat menyayangi anak anak yatim dan jauh lebih menyayangi mereka di hari Asyura [10 Muharram].

Hadits tersebut sudah sangat menjelaskan jika amalan mengusap kepala anak yatim dalam arti memberikan mereka kegembiraan dan rezeki di hari Asyura sangatlah dianjurkan sebab Allah SWT juga akan memberi anugerah kebaikan di dalam surga atas setiap rambut anak yatim yang sudah diusap pada hari Asyura tersebut.

  1. Banyak Bersedekah

Bersedekah di hari Asyura yang dimaksud bukan hanya dilakukan hanya pada anak yatim saja, namun juga untuk keluarga, anak, istri, suami serta semua orang terdekat dan berkesusahan seperti sunnah Rasulullah SAW. Apabila amalan banyak bersedekah ini dilakukan pada hari Asyura, maka akan mendapat fadhilah yakni Allah SWT yang juga akan menjauhkan orang tersebut dari siksa neraka sejauh jarak seekor gagak yang terbang tiada henti dari kecil sehingga ia mati.

  1. Menjaga Kehormatan Diri

Menjaga kehormatan diri sendiri juga menjadi amalan selanjutnya yang harus dilakukan umat muslim pada hari Asyura yakni tanggal 10 Muharram. Dengan melaksanakan amalan ini, maka Allah akan mengaruniakan hidup yang selalu diterangi dengan cahaya keimanan.

  1. Membaca Surat Al-ikhlas 1000 Kali

Membaca Surat Al-ikhlas sebanyak seribu kali juga sangat disarankan agar bisa menerima pahala dimana nantinya Allah SWT juga akan memandang orang tersebut di akhirat dengan pandangan penuh kasih sayang.

  1. Perbanyak Membaca Hasballah

Bacaan Hasballah yakni, “Hasbunallah wani’mal wakil ni’mal mawla wa ni’man nashir” merupakan bacaan yang juga harus diperbanyak pada hari Asyura. Amalan hari Asyura ini akan memberikan fadhilah berupa insya Allah orang tersebut tidak akan mati pada tahun ini.

Artikel terkait:

  1. Shalat 4 Rekaat

Shalat 4 rekaat ini bisa dilakukan pada tanggal 10 Muharram yakni hari Asyura [tanggal 9 malam] dengan beberapa ketentuan yakni di setiap rekaat-nya membacakan surat Al Fatihah sebanyak satu kali dan juga Surat Al Ikhlas sebanyak 51 kali.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa shalat 4 rekaat dihari Asyura (10 Muharram) setiap rekaat membaca Al-Fatihah 1 x dan Al-Ikhlas 51 x, Maka Allah akan memberikan ampun dosa-dosanya selama 50 tahun.”

  1. Mandi Pada Hari Asyura

Mandi yang dilakukan pada hari Asyura juga sudah disebutkan jika Allah SWT membedah komunikasi air zamzam dengan seluruh air di malam Asyura. Oleh karena itu, barang siapa yang mandi di hari Asyura tersebut, maka insya Allah akan selalu aman dari berbagai macam penyakit selama satu tahun. Ini bukanlah sebuah hadits, melainkan riwayat dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu dan sudah selayaknya dilakukan sebagai salah satu amalan di hari Asyura.

  1. Memberikan Minum dan Berbuka Puasa

Barang siapa yang memberikan minum di hari Asyura, maka Allah SWT juga akan melepaskan kehausan orang tersebut yang sangat besar pada hari pengadilan Allah. Sementara jika amalan memberikan berbuka puasa maka akan mendapatkan fadhilah dimana Allah SWT tidak akan menolak harapan orang tersebut [dimakbulkan].

  1. Beribadah

Amalan menghidupkan malam Asyura dengan beribadah akan menjanjikan pahala berupa ibadah seperti ahli langit tujuh yakni para malaikat.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang menghidupkan malam Asyura dengan beribadah, maka orang tersebut beribadah seperti ibadahnya ahli langit tujuh [para malaikat].

  1. Berwudhu Dengan Sempurna dan Membaca Doa

Amalan yang dianjurkan pada malam hari Asyura adalah melakukan wudhu dengan sempurna dan kemudian dilanjutkan dengan shalat dua rekaat serta membacakan ayat Kursi sebanyak tiga ratus enam puluh kali dan selalu diawali dengan Basmalah. Apabila salah satu amalan di bulan Asyura ini dilakukan, maka orang tersebut akan selalu berada di bawah penjagaan Allah pada tahun tersebut.

  1. Banyak Berdoa

Pada malam hari Asyura juga disarankan untuk lebih banyak berdoa, membaca Al Quran dan juga melakukan shalat malam. Beberapa hal ini sangatlah dianjurkan oleh para ulama karena pada malam hari Asyura akan ada banyak pertolongan Allah SWT.

Barangsiapa di saat malam hari Asyura menyempurnakan wudhunya lalu menghadap ke kiblat dengan duduk diatas kedua lututnya serta membacakan ayat kursi sebanyak 360 kali disertai dengan Bismillah memiliki keutamaan dan rahmat Allah lebih baik dari yang sudah dikumpulkan.

Setelah itu, dilanjutkan kembali dengan membacakan, “Allahumma inna haadzihi lailatun jadiidatun wasanatun jadiidatun fa-a’thiniy. Allahumma khoirohaa wa khoiromaa fiihaa washrif ‘anny syarrohaa wasyarromaa fiihaa wasyarro fitnatihaa kamu udah saat khas wasyarronnafsi wal hawa wasy syaithoonirrojiim” sebanyak duabelas kali.

  1. Menengok atau Menjenguk Orang Sakit

Amalan berikutnya dari hari Asyura adalah menengok atau menjenguk orang sakit, dimana pahala yang akan didapat bagi seseorang yang menjalankannya adalah seperti sudah menengok orang sakit seluruh dunia sehingga sangat baik diamalkan pada tanggal 10 Muharram tersebut.

Artikel terkait:

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai beberapa amalan penting pada hari Asyura, dimana apabila dijalankan akan mendapatkan pahala yang sangat berlimpah. Semoga Allah SWT akan selalu senantiasa memberikan kita sebagai umat muslim taufik agar selalu tetap teguh untuk berjalan di jalan kebenaran yang diberikan Allah SWT.

, , , ,




Post Date: Monday 18th, September 2017 / 03:34 Oleh :
Kategori : Akhlaq, Amalan Shaleh