16 Cara Menghapus Dosa Zina Sebelum Menikah

Telah dijelaskan bahwa zina dalam islam merupakan dosa besar. Perzinahan ini dapat dilakukan oleh siapapun yang lemah imannya. Sebab syaiton selalu mencoba menjerumuskan manusia pada kesesatan. Sedikit saja kita lengah, maka syaiton cepat-cepat membelokan jalan kita. Naudzubillah mindzalik.

ads

Zina merupakan perbuatan dimana laki-laki dan perempuan melakukan hubungan intim layaknya suami istri. Dalam islam, pelaku zina harus dihukum dengan dera atau cambuk sebanyak 100 kali. Sebagaimana dijelaskan dalam AL-Quran:

Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.” (QS AN-Nur: 2)

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Israa’: 32)

Nabi SAW bersabda: “Wahai golongan orang-orang Islam, takutlah kalian pada perbuatan zina, sesungguhnya dalam zina ada enam akibat, tiga akibat di dunia dan tiga akibat di akhirat. Adapun yang di dunia adalah hilangnya kewibawaan, pendeknya umur dan kekalnya kefakiran. Adapun yang diakhirat adalah murka Allah yang Maha Barokah dan Maha Luhur, jeleknya hisaban dan siksa neraka.” (HR. Baihaqi).

Dari dalil diatas kita mengetahui bahwa zina adalah perbuatan keji yang harus dihindari. Ini bisa mendatangkan murka Allah dan juga siksa neraka. Sungguh mengerikan. Namun bagaimana bila pelaku zina ingin bertaubat? Kira-kira apakah taubatnya diterima? Dan apakah boleh pezina berharap menikah dengan lelaki mukmin?

Allah Ta’ala berfirman yang artinya: “Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas oran-orang yang mukmin”.  (QS An-Nur : 3)

Sebenarnya tidak salah jika pezina menginginkan menikah dengan lelaki mukmin. Namun Allah Ta’ala telah mengatakan bahwa jodoh adalah cerminan diri. Laki-laki baik untuk wanita baik. Dan laki-laki buruk untuk wanita buruk. Maka itu, jika ingin menikahi lelaki mukmin maka perlu melakukan taubat terselebih dahulu. Allah itu Maha Penyayang dan Pengampun. Tidak ada dosa yang tidak dimaafkan oleh Allah Ta’ala. Sekalipun zina.

Nah, berikut ini beberapa cara menghapus doza zina setelah menikah:

  1. Mengaku menyesal atas perbuatannya

Cara menghapus dosa zina yang pertama lewat penyesalan. Rasa sesal tersebut haruslah jujur dari dalam hati. Dan ditunjukkan lewat air mata dengan menangis di hadapan Allah Ta’ala setiap saat. Kemudian berjanji untuk tidak mengulanginya kembali.

Tidakkah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hambaNya dan menerima zakat, dan bahwasanya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang? .” (QS. At-Taubah: 104)

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS Al Baqarah 222)

Dan dalam menyipati Dzat Allah SWT: “Yang mengampuni dosa dan menerima taubat.” (QS. Ghaafir: 3)

Sponsors Link

  1. Shalat taubat

Niat untuk meninggalkan perbuatan zina bisa dilakukan dengan melakukan sholat taubat. Sholat ini dilakukan sesudah sholat isyak sebanyak 2-6 rakaat. Laksanakan dengan niat ikhlas karena Allah Ta’ala.

Dan Dialah Yang menerima taubat dari hamba-hambaNya dan memaafkan kesalahan-kesalahan.” (QS. Asy-Syuuraa: 25)

  1. Taubat nasuha

Amalan penghapus dosa zina juga dilakukan dengan melaksanakan taubatan nasuha. Yakni tobat yang benar-benar murni dari hati dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan kembali.

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS At tahrim ayat 8)

4. Memperbanyak mengingat Allah dengan dzikir

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS Al imran: 135)

Berikut ini terdapat beberapa zikir yang bisa diamalkan seperti Zikir Sebelum Tidur Menurut Islam, dan Zikir Harian Nabi Muhammad SAW.

  1. Memperbanyak istighfar

“Siapa yang membaca Asataghfirullaah Laa Ilaaha Illaa HuwalHayyal Qayyuma wa Atuubu Ilaihi maka akan diampuni dosanya walaupun ia pernah lari dari medan perang.” (HR. Abu Dawud, Al-Tirmidzi, al-Thabrani, Al-Hakim dan Ibnu Abi Syaibah).

  1. Memperbanyak baca Al-Quran

Membaca Al-quran dapat mendekatkan diri kepada Allah, mententramkan hati dan meningkatkan keimanan. Selain itu, seseorang yang rutin baca Al-Quran juga kelak mendapatkan syafaat di akhirat nanti.

Bacalah Al Qur`an, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat untuk memberikan syafa`at kepada pembacanya” (HR. Muslim).

7. Mendirikan Sholat

Cara bertaubat dari zina selanjutnya adalah melaksanakan sholat.  Baik itu sholat wajib, sholat sunnah, dan sholat jumat bagi seorang pria.

Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Huud: 114)

Sholat lima saat serta jum’at ke jum’at serta Romadhon ke Romadhon yaitu penghapus dosa di antara keduanya sepanjang menjauhi dosa besar.” (HR Muslim)

“Hendaklah kalian sholat malam, karena ia adalah adat orang yang sholeh sebelum kalian dan amalan yang mendekatkan diri kepada Robb kalian serta penghapus kesalahan dan mencegah dosa-dosa.” (HR Al Haakim).

8. Menyempurnakan wudhu dan berjalan menuju masjid

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Maukah kalian saya perlihatkan suatu hal yang bisa meniadakan dosa serta mengangkat derajat. Mereka menjawab : ya wahai rasululloh. Beliau berkata : menyempurnakan wudhu saat saat susah serta perbanyak langkah kemasjid dan menanti shalat satu ke shalat yang lain, lantaran hal semacam itu yaitu ribath.” (HR Muslim serta Al Tirmidzi).

Jika seorang berwudhu lantas menyempurnakan wudhunya lalu pergi sholat dengan niatan cuma untuk sholat, jadi tak mengambil langkah satu langkah terkecuali Allah angkat satu derajat serta hapus satu dosa.” (HR. Al Tirmidzi).

ads

9. Menjaga sholat tarawih di bulan ramadhan

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Siapa yang menegakkan romadhon (shalat tarawih) dengan iman dan mengharap pahala Allah maka diampunilah dosanya yang telah lalu.” (Muttafaqun ‘Alaihi)

10. Menjalankan puasa hari Arafah serta A’syura’ 

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda “Puasa hari Arafah saya mengharapkan dari Allah untuk meniadakan satu tahun yang terlebih dulu serta satu tahun sesudahnya serta Puasa hari A’syura saya mengharapkan dari Allah meniadakan satu tahun yang sudah lalu.” (HR. At Tirmidzi)).

11. Berbicara baik dan menebarkan salam

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya termasuk sebab mendapatkan ampunan adalah memberikan salam dan berkata baik” (HR Al Kharaithi dalam Makarim Al Akhlak dan di-shahih-kan Al Albani dalam Silsilah Al Ahadits Al Shahihah)

12. Bersabar dengan segala ujian

Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: Sungguh Aku bila menguji seorang hambaKu yang mukmin, lalu ia memujiku atas ujian yang aku timpakan kepadanya, maka ia bangkit dari tempat tidurnya tersebut bersih dari dosa seperti hari ibunya melahirkannya.” (HR Ahmad).

13. Memperbanyak sujud

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Hendaklah kamu memperbanyak sujud kepada Allah, karena tidaklah kamu sekali sujud kepada Allah kecuali Allah mengangkatmu satu derajat dan menghapus satu kesalahanmu (dosa)” (HR Muslim).

14. Bersedekah

Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Baqarah: 271)

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pun bersabda: “Shadaqah menghapus dosa seperti air memadamkan api.” (HR Ahmad dan Al Tirmidzi).

15. Tidak mengulanginya lagi

Jika ingin menghapus dosa zina tentunya kita boleh mengulanginya lagi. Sekalipun kita berada dalam kondisi terdesak tetap saja tidak boleh. Kita harus bisa memegang komitmen dan terus berusaha memperbaiki diri. Berikut ini terdapat beberapa Cara Menjadi Muslimah Yang Baik Menurut Islam, Cara Mempercantik Diri Menurut Islam, Tips Menjadi Wanita Shalehah Menurut Al-Quran, dan juga mengetahui Ciri Wanita yang Baik untuk Dinikahi Menurut Islam.

16. Memperbanyak membaca pujian kepada Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Barang siapa membaca Subhanallahi Wabihamdihi (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya) seratus kali dalam sehari, maka dosanya akan dihapus, meskipun sebanyak buih lautan.” (HR. Ahmad).

Demikianlah beberapa cara menghapus dosa zina sebelum menikah menurut islam dan dalinya. Semoga kita dijauhkan dari perbuatan keji. Dan kita bisa menjadi seorang hamba yang meyakini rukun iman dan mengamalkan rukun islam . Sehingga nantinya kita dapat merasakan manfaat beriman kepada Allah SWT hingga akhir hayat kehidupan. Amin ya rabbal alamin.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Monday 16th, October 2017 / 02:13 Oleh :
Kategori : Akhlaq, Amalan Shaleh