7 Keistimewaan Membaca Doa Setelah Mendengar Adzan

Bagi umat islam adzan merupakan tanda untuk segera melaksanakan perintah Allah SWT. Karena itu, adzan diyakini memiliki keistimewaan tersendiri dibaliknya. Apalagi umat islam mempercayai bahwa setiap adzan terdapat doa yang dipanjatkan untuk menjawab adzan. Etika ketika adzan berkumandang salah satu ajaran dari agama islam sendiri dari Rasulullah.

ads

Nah, oleh sebab itu maka kami akan membahas seputar keistimewaan membaca doa setelah mendengar adzan seperti dibawah ini :

1. Diampuni Dosanya

Dalam agama islam telah diajarkan bahwa ketika adzan berkumandang diusahakan bagi umat islam untuk berdoa setelah adzan berkumandang. Dengan membaca doa setelah adzan berkumandang maka muslimin yang melaksanakan akan diampuni dosanya oleh Allah SWT. Hadist adalah sebagai berikut :

Barangsiapa membaca ketika mendengarkan sura orang adzan dengan bacaan ( artinya ) : “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba-Nya. Aku rela ber-Tuhan kepada Allah, dan terhadap Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya dan dengan Islam sebagai agamaku”. Maka akan diampunilah dosanya. (HR Muslim)

Baca juga :

2. Mendapatkan Syafaat

Keistimewaan membaca doa setelah mendengar Adzan bagi yang melaksanakannya, maka ia akan mendapatkan syafaat (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah pada hari kiamat). Hal ini telah tertuang pada hadis seperti berikut dibawah ini :

Barangsiapa berdoa (membaca) setelah mendengarkan suara adzan (dengan do’a yang artinya) : Ya Allah, Tuhan yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang akan didirikan. Limpahkanlah kepada Nabi Muhammad derajat yang tinggi dan keutamaan, dan bangkitkan-lah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, berhak-lah baginya untuk mendapatkan syafaatku (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah) pada hari kiamat. (HR Bukhari – Muslim).

3. Mendapatkan keutamaan

Membaca doa sesudah adzan memang membawa keutamaan tersendiri dibaliknya. Namun, keutamaan yang diberikan ini bisa menjadi salah satu keistimewaan membaca doa setelah azan. Berikut dibawah ini hadisnya:


Barang siapa yang berdo’a (membaca) setelah mendengarkan panggilan suara adzan (yaitu artinya) : Ya Allah yang memiliki seruan (do’a) yang sempurna ini serta shalat yang akan didirikan, limpahkanlah pada Nabi Muhammad satu kedudukan (di surga) dan keutamannya dan bangkitkanlah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan yang bagi pembaca do’a ini akan mendapatkan syafaatku (pertolonganku) nanti pada hari kiamat. (HR. Bukhari)

4. Doanya Mustajabah

Doa ketika selesai adzan merupakan doa yang dianjurkan, karena pada waktu adzan terdapat waktu-waktu mustajabah. Waktu mustajabah ini salah satunya bisa anda dapatkan ketika membaca doa setelah adzan. Berikut dibawah ini hadisnya :

Rasulullah pernah bersabda : Ucapkanlah seperti ucapan muadzin, jika kamu telah selesai, berdoalah maka kamu akan diberi (HR Abu Daud 524 dan IbnHibban 1695 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth)

Baca juga :

5. Surga bagi yang berdoa

Bagi umat muslim yang berdoa setelah adzan dengan penuh keyakinan maka akan memiliki keistimewaan yaitu akan masuk surga. Amalan masuk surge memang banyak salah satunya adalah berdoa. Berikut ini hadisnya:

Rasullullah pernah bersabda :Siapa yang mengucapkan seperti yang dilantunkan orang ini Bilall dengan yakin akan masuk surga (HR Ahmad 8624,Nasai 674 & Syuaib Al-Arnauth)

6. Menjadi saksi kebaikan bagi yang berdoa

Bagi pendengar dan yang mengumandangkan adzan mereka termasuk dalam saksi kebaikan. Saksi kebaikan ini diberikan oleh Allah. Namun, jika dihubungkan dengan berdoa setelah adzan maka muslim yang berdoa telah mendengarkan adzan terlebih dahulu tentunya. Berikut ini hadisnya :

Tidaklah suara adzan yang keras dari yang mengumandangkan adzan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendengarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat (HR.Bukhari 609)

7. Allah memberi Shalawat 10 kali

Adzan memiliki keistimewaan salah satunya termasuk menjawab adzan disertai membaca shalawat ternyata mendatangkan kebaikan. Bahkan menurut hadis dengan menjawqb adzan disertai shalawat maka Allah akan memberi 10 kali lipat . Berikut hadisnya dibawah ini :

“Apabila anda mendengar muadzin, jawablah adzannya. Kemudian bacalah shalawat untukku. Karena orang yang membaca shalawat untukku seklai maka Allah akan memberikan shalawat untuknya 10 kali” (HR. Muslim 384 )

13 Tata Cara Membaca Doa yang Baik

Baca juga :

Setiap orang memiliki langkah agar keistimewaan ketika membaca doa setelah adzan dapat tercapai sesuai harapan. Maka mengingat kembali bagaimana tata cara membaca doa akan membantu dalam menambah keyakinan kaum muslimin mengenai cara doa setelah adzan. Berikut dibawah ini tata caranya :


  1. Mencari waktu yang mustajab
  2. Memanfaatkan keadaan yang mustajab untuk melaksanakan doa
  3. Berdoa dengan menghadap kearah kiblat dan mengangkat tangan
  4. Berdoa dengan suara yang lirih dan tidak terlalu dikeraskan
  5. Berdoa lebih baik tidak dibuat bersajak
  6. Berdoalah dengan khusyu’, penuh harap dan merendahkan hati
  7. Ketika berdoa alangkah baiknya jika memantapkam hati dan memiliki keyakinan bahwa doa akan dikabulkan
  8. Berdoa secara berulang – ulang
  9. Tidak tergesa – gesa untuk berharap segera dikabulkan namun tetap yakin dan bersabar
  10. Mulailah doa dengan memuji allah dan ditambahi shalawat kepad Nabi yang mulia
  11. Seringlah untuk memohon ampunan kepada Allah
  12. Hindari mendoakan keburukan baik untuk diri sendiri, keluaraga ataupun anak
  13. Menghindari makanan dan harta yang tergolong haram

Mengetahui tata cara membaca doa yang baik diharapkan akan membantu para kaum muslimin agar segera tercapai hajat yang diinginkan. Namun, tak lupa bahwa semua segala urusan juga dikembalikan kepada Allah. Sebagai umat beragama islam hanya bisa menjalankan dengan sepenuh hati dan mantap dalam berdoa.

Doa Setelah Adzan

Mengetahui keistimewaan membaca doa setelah adzan, alangkah baiknya jika mengenal kembali doa setelah adzan agar apara umat muslim dapat mendapatkan kebaikan dari membaca doa setelah adzan. Berikut dibawah ini doa setelah adzan :

Image result for doa setelah adzan

Terjemahannya : Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan yang amat sempurna, dan sholat yang senantiasa didirikan, berilah karunia kepada Nabi Muhammad berupa tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, serta derajat yang tinggi, tempatkanlah ia pada kedudukan yang paling terpuji sebagaimana yang telah engkau janjikan. Wahai Dzat yang Maha Penyayang

Baca juga :

Kesimpulan

Sebagai umat muslim mendengar seruan adzan merupakan panggilan untuk segera melaksanakan ibadah. Ibadah wajib sendiri dikerjakan dengan 5 waktu yaitu subuh, dhuhur, ashar, magrib, dan isya. Namun, sebelum itu seruan adzan yang didengarkan juga membawa kebaikan bagi para kaum muslim yang menjawab dan berdoa setelah adzan.

Berdoa setelah adzan memiliki 7 keistimewaan sesuai dengan yang dipaparkan diatas. Dimana secara garis besar apabila anda berdoa setelah adzan maka anda akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat nantinya. Keistimewaan ini juga tak lain tak bukan karena tata cara berdoa yang benar.

Tata cara ini juga telah dijelaskan di atas. Barulah kita memasuki bagaimana doa setelah adzan dipanjatkan. Doa ini juga didukung dengan terjemahan agar semakin khusyu’ dalam memanjatkan Smeoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada salah kata

, ,




Post Date: Tuesday 09th, April 2019 / 11:13 Oleh :
Kategori : Amalan Shaleh