17 Keutamaan Mengerjakan Shalat Subuh

Shalat adalah kewajiban umat muslim ya sobat, hal itu tak perlu diragukan lagi, shalat merupakan kewajiban yang juga akan memberikan ketenangan hati bagi yang menjalaninya dimana shalat memang moment dimana menjadi waktu dan tempat terdekat antara hamba dan Allah. Sobat tentu setiap hari menjalankan shalat wajib bukan?

Nah sobat, dalam shalat wajib itu sendiri dibagi menjadi lima waktu, yakni Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya’. Untuk pembahasan kali ini mengulas lengkap khusus mengenai shalat subuh ya sobat, yakni shalat 2 rekaat yang dilakukan di pagi hari sebelum matahari terbit.

Shalat subuh terkadang menjadi sesuatu yang berat bagi sebagian orang, entah itu karena alasan tidak bisa bangun pagi dsb. Namun keutamaan waktu subuh sebenarnya punya banyak manfaat baik itu untuk diri sendiri dari segi keimanan maupun dari segi kesehatan. Shalat subuh jelas bisa menyegarkan badan ya sobat dimana siklus alami tubuh manusia memang bangun pagi, ketika bangun pagi itu terkena air wudhu dan shalat sebelum melakukan aktifitas lainnya,

maka sungguh terasa nikmatnya bagi sobat dan kita semua yang sungguh sungguh merasakannya, oke sobat, kita langsung saja masuk ke pembahasan utama mengenai 17 Keutamaan Mengerjakan Shalat Subuh, berikut selengkapnya seusai firman Allah dan hadist Rasulullah.

Baca juga mengenai :

1. tips bisa bangun subuh tepat waktu

2. hukum tidur pagi setelah subuh

3. hukum mimpi basah setelah subuh

1. Disaksikan oleh Malaikat

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78). Setiap amal perbuatan manusia memang disaksikan oleh malaikat ya sobat, yakni malaikat pencatat amal kebaikan dan keburukan,

namun untuk shalat subuh ini berbeda, di shalat subuh terdapat waktu dimana ada pergantian malaikat pencatat amal dan di waktu itu malaikat melaporkan kepada Allah apa yang dilakukan manusia, nah sobat, bagi yang mengerjakan shalat subuh tepat waktu dengan khusyu’ terlebih disertai dzikir dan doa, tentunya akan menjadi nilai yang begitu baik dan berpahala mulia di sisi Allah.

2. Jalan Masuk Surga

Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635). Tiap amal baik yang dilakukan dengan ikhlas tentu memang menjadi jalan masuk surga ya sobat, salah satunya dapat dilakukan dengan menjalankan shalat subuh tepat waktu dengan keutamaan istiqomah dalam beribadah dan benar serta disertai dengan amal kebaikan sepanjang hari.

3. Penghalang dari Api Neraka

Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634).

4. Berada dalam Jaminan Allah

Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya,

dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163). Orang yang menjalankan shalat subuh maka pada pagi harinya berada dalam jaminan Allah ya sobat, yakni dilindungi dari segala marabahaya dan ketidakberkahan dalam hidup serta menjadi tips hidup bahagia dalam islam lahir batin.

5. Seperti Shalat Sepanjang Malam

Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656). Nah sobat, jika dilakukan dengan berjamaah pahalanya akan lebih besar lagi, yakni seperti shalat di seluruh malamnya sehingga luar biasa sekali ya sobat pahalanya.

6. Waktu Berkumpulnya Malaikat

Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

7. Jauh dari Kemunafikan

Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

8. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Dari Buraidah al-Aslami radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

9. Pahala Mengalir Seperti Semalaman

Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu.”(HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)

10. Wujud Istiqomah

Shalat subuh bagi sebagian orang memang sesuatu yang sulit ya sobat, harus bangun pagi dsb, hal itu tentu lebih sulit lagi bagi orang yang berada dalam kondisi tertentu misalnya orang yang memiliki pekerjaan shift malam dan terasa sangat lelah di waktu subuh, orang yang mengerjakan pekerjaan hingga larut malam

hingga kesusahan dan terasa lelah ketika bangun pagi, dsb. Nah sobat, itu semua adalah bagian dari cara untuk menguji rasa istiqomah manusia, jika tetap sabar dan tetap mengutamakan shalat, tentu pahala akan lebih luar biasa lagi karena keikhlasan yang dilakukan.

11. Tidak ada yang Meninggalkan Jika Paham Pahalanya

“Tidak ada Shalat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada shalat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Shalat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan Shalat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah)

12. Seperti Pahala Haji dan Umrah Jika Disertai Dzikir

“Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

13. Dapat Menjalani Shalat Sunnah Sebelum Subuh yang Luar Biasa

“Dua rakaat (shalat sunah) Subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya.” (HR. Muslim dari Ummul Mukminin Aisyah Radhiallahu ‘anha). Nah sobat, shalat sunnah sebelum subuh tentunya dapat dilakukan jika terbiasa bangun subuh tepat waktu, pahalanya luar biasa loh sobat, jangan sampai ditinggalkan, sebab menjadi amalan yang amat mulia bahkan diibaratkan melebihi dari segala isi dunia, tentu sangat luar biasa ya sobat.

14. Jauh dari Azab Neraka

Dari Umarah Radhiallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Tidak akan masuk Neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari (Subuh) dan terbenamnya matahari (Ashar).”(HR. Muslim)

15. Amalan yang Dicintai Allah

Dari Jarir Bin Abdullah al-Bajali Radhiallahu ‘anhu berkata, “Kami pernah duduk bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, kemudian beliau melihat ke bulan di malam purnama itu, Rasulullah bersabda, ‘Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. Kalian tidak terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak meninggalkan shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!” (HR. Bukhari-Muslim)

16. Menjadi Awal Hari yang Baik

Jika segala seusatu diawali dengan hal yang baik seperti shalat subuh tepat waktu, tentu kemungkinan besar sepanjang hari juga penuh kebaikan ya sobat, shalat subuh akan menjadi awal yang baik bagi hari hari seseorang yang melakukannya dimana awal hari diawali dengan ibadah dan

doa yang bisa mendatangkan keberkahan baik itu dalam rezeki maupun dalam segala urusan, tentunya hal ini akan menjauhkan manusia yang melakukan shalat subuh dari segala kegundahan hati dan dari segala penyakit hati atau rasa was was karena telah mengalawali hari dengan segala yang indah dan menenangkan.

17. Menjauhkan dari Kemalasan

Tentunya shalat subuh dapat menjauhkan dari kemalsan jika dilakukan dengan sungguh sungguh dan sesuai adab serta sunnah ya sobat, misalnya dzikir dan doa setelah shalat, tidak tidur setelah shalat, dsb, jika itu dilakukan pikiran dan tubuh akan terasa lebih segar dalam menjalani aktifitas seharian sehingga terhindar dari rasa malas dan pikiran yang keruh.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, jangan lupa rutin melakukan shalat subuh sepanang hari ya sobat, pasang alarm pagi dan segeralah berwudhu ketika mendengar adzan, smeoga bisa menjadi jalan yang berkah bagi rezeki kita semua dan mencegah dari segala penyakit hati serta hati dan pikiran yang keruh sepanjang hari. Aamiin InsyaAllah. Oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya ya, Terima kasih.