17 Keutamaan Puasa Tarwiyah yang Istimewa

Puasa sunnah yang kita laksanakan secara rutin akan mendekatkan kita kepada Allah Swt. Seperti halnya puasa tarwiyah yang mempunyai banyak keutamaan apabila dilaksanakan. Ibadah puasa akan membuat kita menjadi tau bagaimana merasakan lapar dan haus seperti mereka – mereka fakir miskin. Selain itu melatih kita untuk mengendalikan hawa nafsu.

ads

Baca juga :

Puasa Tarwiyah

Puasa tarwiyah merupakan puasa yang jatuh pada tanggal 8 dzulhijah. Asal usul nama tarwiyah sendiri diambil karena kebiasaan para jamaah haji yang berbondong – bondong membawa air zam – zam saat menjalankan ibadah haji. Tarwiyah berarti membawa bekal air.

”Siapa yang puasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan untuk puasa pada hari tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari arafah, seperti puasa dua tahun.” (HR. Ali al-Muhairi, At-Thibbi,  Abu Sholeh, Ibnu Abbas)

Disarankan untuk lebih rajin melaksanakan ibadah puasa sunnah mulai dari tanggal 1 dzulhijah sampai dengan 9 dzulhijjah. Dalam rentang waktu tanggal 1 sampai 9 dzulhijah, hari tarwiyah sendiri terdapat di dalamnya yakni tanggal 8 dzulhijah.

Dari Ummul Mukminin, Hafshah radliallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan puasa asyura, sembilan hari pertama Dzulhijjah, dan tiga hari tiap bulan. (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Ahmad, dan disahihkan Al-Albani).

baca juga:

Hadits lain pun menjelaskan :

“Tidak ada hari dimana suatu amal salih lebih dicintai Allah melebihi amal salih yang dilakukan di sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, termasuk lebih utama dari jihad fi sabilillah? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Termasuk lebih utama dibanding jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan jihad), dan tidak ada satupun yang kembali (mati dan hartanya diambil musuh).” (HR. Ahmad, Bukhari, dan Turmudzi).

Pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai keutamaan puasa tarwiya, yuk kita simak bersama – sama :

1. Belajar Menahan Hawa Nafsu

Hawa nafsu merupakan musuh paling berbahaya dan berat bagi manusia itu sendiri. Untuk bisa mengendalikannya diperlukan kemantapan hati, tekad yang kuat dan cara yang tepat. Salah satunya ialah dengan memperbanyak ibadah puasa. Dengan  berpuasa diri menjadi ditempa dan ditekan untuk memaksakannya menahan hawa nafsu yang bisa merusak pahala nantinya.

2. Ikut Merasakan Kesusahan Fakir Miskin

Kita yang sudah terbiasa dengan hidup berkecukupan akan mendapatkan pelajaran berharga dan merasakan bagaimana rasanya menahan lapar seperti fakir miskin dengan melakukan puasa. Dengan begitu kita akan lebih menghargai dan mensyukuri nikmat yang sudah diberikan kepada kita oleh Allah Swt.

3. Meneladani Rasulullah

Rasulullah Saw mencontohkan kepada umatnya untuk menjalankan baik itu puasa wajib atau pun puasa sunah, sehingga sangat baik untuk kita jadikan contoh.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.” (QS Al-Ahzab:21).


4. Mengurangi Resiko Plak Pada Jantung

Dengan menjalankan ibadah puasa secara rutin tepat digunakan untuk membantu anda dalam upaya mengurangi adanya resiko terhadap pembentukan plak yang nantinya bisa menyebabkan penyumbatan pada bagian pembuluh darah yang terdapat di bagian jantung. Hal tersebut bisa terjadi akibat dari kadar asupan lemak jahat yang terdapat di dalam tubuh menjadi berkurang dibandingkan biasanya selama anda melaksanakan ibadah puasa.

5. Membuang Racun Dalam Tubuh

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, seluruh anggota tubuh kita secara otomatis akan langsung melakukan pembuangan semua racun yang ada. Proses pembuangan racun biasanya akan berlangsung melalui berbagai bagian tubuh seperti halnya  cairan keringat, cairan urin, atau pun zat – zat sisa pencernaan yang sudah tidak digunakan yakni buang air besar sehingga pada akhirnya anggota tubuh akan merasa menjadi lebih sehat dibanding dengan sebelumnya.

Baca juga :

6. Mengurangi Kadar Lemak

Selama kita menjalankan ibadah puasa, seluruh anggota tubuh akan melakukan proses pembakaran kadar glukosa yang masih ada di dalam tubuh untuk menghasilkan energi tambahan. Selanjutnya apabila kadar glukosa yang ada sudah tidak ada lagi, tubuh secara otomatis akan menggunakan lemak sebagai pengganti glukosa untuk dijadikan sebagai sumber energi baru dengan melalui proses yang sama yakni pembakaran. Nah jika lemak terbakar secara terus menerus akan berpeluang untuk menurunkan berat badan.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meskipun kondisi berat badan akan mengalami penurunan saat berpuasa, namun hal tersebut justru meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk membantu mendukung peningkatan sistem imun tersebut harus diimbangi dengan mengonsumsi berbagai macam buah yang terdapat banyak kandungan mineral dan juga vitamin di dalamnya ketika anda sedang sahur atau pun berbuka. Nah dengan begitu, daya tahan tubuh secara otomatis akan menjadi semakin bertambah kuat.

8. Menurunkan Resiko Darah Tinggi

Apabila anda sangat berisiko mengalami darah tinggi, maka dengan menjalankan ibadah puasa bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat. Dengan berpuasa ternyata akan bisa membantu untuk mengendalikan laju dari tekanan darah. Keadaan tersebut bisa terjadi karena ketika menjalankan ibadah puasa, produksi terhadap hormon tertentu akan menurun. Biasanya yang akan mengalami penurunan produksi salah satunya ialah hormon adrenalin.

9. Mengistirahatkan Saluran Pencernaan

Banyak orang yang belum paham bahwasannya dengan membiarkan bagian saluran pencernaan melakukan istirahat sebentar dengan melaksanakan ibadah puasa akan menjadikan kondisi tubuh lebih sehat. Mesin saja butuh istirahat, apalagi saluran pencernaan yang sudah bekerja secara terus menerus sejak anda lahir. Dengan mengistirahatkan sejenak, nantinya bagian saluran pencernaan pada saat digunakan kembali akan menjadi lebih maksimal kerjanya dibandingkan sebelumnya.

10. Membantu Memperbaiki Pola Makan

Pola makan yang sebelumnya tidak terjaga dengan baik dan cenderung kacau karena kesibukan sehari – hari, maka akan bisa tertangani dengan baik dengan melakukan puasa secara rutin. Kebiasaan makan juga akan bisa ikut dikendalikan. Waktu makan akan lebih teratur karena sudah ditetapkan saat puasa. Makanan yang akan kita makan juga menjadi lebih diperhatikan.

Baca juga :

11. Mengatasi Terhadap Godaan Untuk Makan Berlebih

Godaan berbagai jenis makanan yang tidak sehat seperti halnya makanan yang bersifat instant ataupun junk food bisa kita hindari dengan melaksanakan ibadah puasa. Dengan demikian anda akan memperoleh manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

12. Membantu Proses Penyembuhan

Saat anda merasakan tubuh anda tidak sehat, maka dengan melaksanakan ibadah puasa anda bisa menjadi lebih sehat. Hal ini bisa terjadi karena sel – sel yang rusak di dalam tubuh anda akan tergantikan dengan adanya kerja tubuh yang lebih efisien. Disinilah letak proses penyembuhan bisa terjadi karena adanya efisiensi sistem kerja tubuh.

13. Mengendalikan Kadar Gula Dalam Darah

Untuk mengendalikan kadar gula yang ada di dalam darah, maka anda bisa melaksanakan ibdah puasa seminggu 2 kali saja sudah cukup. Tindakan tersebut akan mampu membantu meningkatkan proses terjadi pemecahan glukosa yang nantinya akan berubah menjadi energi. Selanjutnya kadar hormon insulin yang diproduksi secara otomatis akan secara perlahan menurun dan itu tandanya kadar gula yang ada dalam darah ikut turun.

14. Berpeluang Untuk Memperpanjang Umur

Tahukah anda dengan menjalankan ibadah puasa ternyata bisa memberikan peluang untuk membantu memperpanjang umur? alasannya ialah pada saat anda sedang berpuasa, maka anggota tubuh akan melaksanakan perannya dengan membersihkan tubuh dari bahaya radikal bebas, menekan terjadinya proses pengeluaran insulin, serta akan membuat anda lebih sedikit mengonsumsi gula.

15. Memberikan Ketenangan dan Ketentraman Hati

Ibadah yang kita lakukan dengan tujuan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta pastinya akan membuat jiwa kita menjadi lebih tenang dan juga tentram. Tanpa terkecuali dengan melaksanakan ibadah puasa, penekanan dan pengendalian hawa nafsulah yang nantinya menciptakan ketenangan hidup. Dampak positifnya ialah, anda akan mempunyai pemikiran yang lebih positif.

Baca juga :

16. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang mengalami penurunan berat badan karena sedang menjalankan ibadah puasa. Dalam keadaan berpuasa kadar lemak yang ada akan mengalami pembakaran untuk menghasilkan energi tambahan. Namun perlu anda perhatikan, mungkin saja cara ini tidak ada perubahannya apabila anda makan secara berlebihan pada saat berbuka dan juga sahur, terlebih lagi makanannya tidak sehat.

17. Membantu Menurunkan Kolesterol

Sebenarnya kolesterol sangat mudah untuk diturunkan jika anda rajin melaksanakan ibadah puasa. Selain bisa digunakan untuk mengendalikan kadar lemak yang ada di dalam darah, puasa juga bisa digunakan untuk mengontrol kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai keutamaan puasa tarwiyah di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan bisa membantu memudahkan dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari –hari dan menambah wawasan bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali yang membahas mengenai keutamaan puasa tarwiyah. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini.

, , , ,




Post Date: Monday 25th, September 2017 / 07:40 Oleh :
Kategori : Akhlaq, Amalan Shaleh