15 Keutamaan Sholat Berjamaah Bersama Istri

Sebagai seorang muslim menunaikan ibadah shalat wajib atau sholat 5 waktu hukumnya adalah wajib. Namun di samping itu beberapa keutamaan ternyata nampak pada ibadah yang selama ini kita jalankan sehari-hari ini. Dimana keutamaan sholat berjamaah yang lebih baik jika dibandingkan dengan sholat secara munfarid (sendiri).

ads

Namun, bagaimana mengenai hukum seorang laki-laki yang wajib menunaikan ibadah sholat di masjid saat adzan mulai berkumandang? Apakah boleh seorang laki-laki yang sudah memiliki istri lebih memilih menunaikan ibadah di rumah bersama istri dan anak-anaknya?

Hal ini telah dijelaskan bagi sebagian besar ulama yang mana mengatakan jika sholat berjamaan engkau lakukan bersama istrimu. Maka pahala seperti saat engkau menunaikan sholat berjamaan di masjid pun juga tetap engkau dapatkan. Untuk itu, berikut keutamaan sholat berjamaan bersama istri di rumah:

  1. Memperkuat Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT

Setelah biduk rumah tangga pernikahan dibangun oleh sepasang pria dan wanita, maka tidak hanya kesempurnaan pernikahan yang harus mereka jaga. Melainkan ibadah-ibadah wajib pun juga harus tetap dijaganya. Agar kesempurnaan iman dan takwa kepada sang Maha Kuasa pun tetap terjaga atau bahkan lebih baik dari sebelumnya. Hal ini juga nampak pada manfaat menikah dalam islam.

Hal ini juga diperlihatkan apabila seorang suami dan istri menjalankan ibadah bersama-sama, misalnya saja seperti mengerjakan sholat secara berjamaan atau ibadah-ibadah lainnya. Hal tersebut tentu dapat memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT yang lebih baik lagi.

Sehingga bukan hanya menggugurkan kewajiban ibadah sholat fardunya saja, melainkan juga mendapatkan keutamaan dari kesempurnaan ibadah yang mereka kerjakan.

  1. Memperbanyak Pahala

Keutamaan menjalankan sholat berjamaan bersama istri di rumah selain untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT juga mendapatkan kelimpahan pahala yang lebih banyak. Dimana diketahui apabila seorang muslim melaksanakan ibadah sholat fardunya secara beribadah.

Maka pahala yang didapatkannya pun lebih banyak dibandingkan dengan melaksanakan ibadah sholat munfarid (sendiri). Hal ini berkaitan dengan pahala wanita shalat di rumah.

  1. Mendatangkan Malaikat

Barangsiapa yang rumahnya dipenuhi dengan akhlakul kharimah dengan selalu taat menjalankan perintah-perintah Allah SWT. Maka malaikat akan lebih suka berdantang ke rumah-rumah kaum mukmin tersebut.

Hal ini juga nampak apabila seorang muslim yang sudah berstatus sebagai suami istri. Mereka menjalankan ibadah-ibadah fardu maupun sunnah secara bersama-sama. Maka malaikat pun akan lebih menyukai mereka dan bertandang ke rumahnya untuk memberikan doa.

  1. Menyempurnakan Ibadah Pernikahan

Islam begitu memuliakan sebuah pernikahan yang dibangun atas dasar ibadah kepada Allah SWT. Hingga ibadah ini dianggap sebagian dari kesempurnaan ibadah dari seorang muslim. Hal ini juga telah dikatakan oleh Rasulullah SAW yang menyebutkan:


Barangsiapa menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh dari ibadahnya (agamanya). Dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah SWT dalam memelihara yang sebagian lagi.” (HR. Thabrani dan Hakim).

Tidak hanya menyempurnakan sebagian ibadah dengan menjalankan fitrah manusia untuk menikah. Melainkan menyempurnakan ibadah pernikahan juga dapat dijalankan dengan selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang ada di dalam islam.

Misalnya saja, seperti bekerja sama dalam menjalankan kewajiban rumah tangga hingga menjalankan ibadah sholat fardu secara berjamaan yang mana lebih baik dibandingkan harus melakukannya secara sendiri.

  1. Meningkatkan Keharmonisan Rumah Tangga

Menjalankan sholat berjamaan bersama istri ternyata juga memiliki faedah yang begitu luar biasa. Dimana ibadah yang dilaksanakan sebanyak 5 kali dalam sehari ini ternyatadapat meningkatkan keharmonisan di dalam rumah tangga. Dimana tatkala seorang suami mengimami istrinya untuk menjadi makmumnya, maka sebuah keharmonisan akan nampak lebih indah untuk mereka bangun secara bersama-sama.

  1. Membangun Kerukunan Antara Suami dan Istri

Bukan hanya meningkatkan keharmonisan rumah tangga, melainkan juga dapat membangun bahtera rumah tangga yang lebih rukun antara suami dan istri. Dimana tatkala terjadi perselisihan di antara keduanya. Maka dengan jalan melaksanakan ibadah secara bersama-sama, semua masalah akan teratasi secara bersama-sama pula.

Hal ini jika dibangun secara rutin, maka membangun rumah tangga yang sakinah, mawadah, dan waromah pun akan terlaksana dengan baik.

  1. Menjaga Pandangan Muhkrimnya

Tatkala seorang wanita muda maupun yang sudah bersuami dimakruhkan untuk mendatangi masjid demi menjalankan ibadah berjamaan. Maka disinilah keutamaan sholat berjamaah yang dapat anda lakukan bersama suami di rumah.

Setidaknya anda bisa menjaga pandangan dari lawan jenis yang bukan muhkrim untuk menjaga martabat sebagai seorang istri yang bersuami.

  1. Menghindari Pertengkaran Dalam Rumah Tangga

Pertengkaran dalam rumah tangga seakan menjadi bumbu di dalam pernikahan yang anda bangun selama ini. Namun alangkah lebih baik jika setiap permasalahan diselesaikan tanpa adanya pertengkaran diantara keduanya. Hal ini ternyata nampak dapat dihindari anda bisa menjalankan segala sesuatunya secara bersama-sama.

Misalnya saja, tatkala seorang istri marah kepada suami dengan alasan apapun itu. Maka saat mereka menjalankan ibadah bersama-sama, bukan hanya dosa keduanya yang akan terlebur. Melainkan semua masalah seperti pertikaian pun seakan bisa teratasi dengan hati yang lebih dingin.

  1. Mendidik Anak Secara Bersama-sama

Mendidik seorang anak untuk mengenal agamanya, bukan hanya melalui ucapan ataupun perintah semata. Melainkan juga dapat anda praktekan secara langsung setiap harinya. Contoh yang paling mudah mengajarkan anak untuk lebih dekat kepada Sang Pencipta-Nya adalah dengan menjalankan ibadah sholat secara bersama-sama (berjamaah).

Dengan begitu, secara langsung maupun tidak langsung anda telah menanamkan keimanan kepada diri sang anak sejak dini.

  1. Menjaga Ketentraman dan Kenyamanan Berumah Tangga

Saat rumah tangga telah anda bangun tentu keinginan untuk memiliki keluarga yang sakinah, mawadah, dan waromah pun menjadi idaman bagi setiap pasangan. Menjaga ketentraman dan kenyamanan di dalam rumah tangga tidak hanya dari sikap saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Melainkan juga dapat anda bangun dengan menjalankan ibadah kepada Allah SWT secara bersama-sama. Contoh yang paling mudah adalah dengan menjalankan sholat berjamaan bersama sang suami ataupun istri anda.

  1. Melebur Dosa

Saat ibadah sholat sudah ditunaikan, maka kebiasaan untuk mengakhiri dengan saling bersalaman ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Dosa-dosa yang ada dalam diri seakan terlebur dan hal ini menjadi keutamaan menjalankan sholat berjamaan bersama istri-istri anda di rumah.

  1. Meningkatkan Derajat

Barangsiapa yang menunaikan ibadah sholat secara berjamaan, maka Allah SWT telah menjanjikan pahala yang lebih tinggi derajatnya. Meskipun ada yang menyebutkan jika derajat pahala tersebut akan di dapatkan apabila seorang laki-laki hendak menunaikannya di masjid. Namun bagaimana dengan seorang wanita yang sudah bersuami?

Bukankah makruh hukumnya bagi seorang wanita muda menunaikan ibadah sholatnya di masjid? Untuk itu, anda bisa menjalankannya bersama sang suami di rumah agar berkah pernikahan pun juga anda dapatkan.

  1. Menjalin Hubungan yang Lebih Baik

Menunaikan ibadah secara bersama-sama memiliki keutamaan yang begitu luar biasa bagi mereka yang sudah menikah. Hal ini nampak dati hubungan yang terjalin diantara keduanya. Dimana saat seorang suami bertindak sebagai imam dalam rumah tangga, maka sudah seharusnya seorang istri menghormati derajat dan kedudukan suami mereka.

Bertindak semena-mena ataupun seolah merendahkan kedudukan suami di mata istri seakan bisa dihindari dengan selalu menjalankan apa yang diperintahkan Allah SWT secara bersama-sama. Karena hal tersebut akan jauh lebih baik.

  1. Menghindari Kehancuran Dalam Rumah Tangga

Pertengkaran di dalam rumah tangga menjadi hal yang wajar terjadi. Namun sebagai seorang muslim menghindari pertengkaran yang bisa berujung pada sebuah kehancuran di dalam rumah tangga akan lebih baik dan hal tersebut sangat dicintai oleh Allah SWT.

Dengan melaksanakan ibadah sholat fardu berjamaah secara rutin, maka kerikil-kerikil tajam dalam rumah tangga pun seakan bisa dilewati dengan baik. Hal tersebut berkat keutamaan ibadah berjamaan yang terus anda jaga selama ini.

  1. Keberkahan Dalam Pernikahan

Keutamaan sholat berjamaan bersama istri selanjutnya adalah bisa mendatangkan keberkahan dalam pernikah itu sendiri. Dimana selain bisa menjaga keharmonisan dan kerukunan di dalam rumah tangga. Ibadah berjamaan bersama sang istri juga dapat mendatangkan banyak berkah yang tidak akan anda sangka-sangka.

Misalnya saja seperti pernikahan yang lebih tentram, banyak rejeki, dikarunia anak-anak sholih dan sholihah, dan masih banyak lagi.

Mengetahui keutamaan sholat berjamaan bersama istri di atas. Maka seorang suami maupun istri memiliki hak untuk memerintahkan kepada mereka untuk selalu bersama-sama menunaikan perintah wajib Allah SWT yang satu ini. Dengan begitu biduk rumah tangga yang anda idamkan bisa terlaksana dengan baik hingga nanti maut memisahkan. Wallahu’alam Bii Showaff.

, , , ,




Post Date: Friday 09th, March 2018 / 04:05 Oleh :
Kategori : Amalan Shaleh
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.