15 Manfaat Membaca Asmaul Husna dan Dalilnya

Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang terdapat dalam Al-Quran. Sejatinya Allah adalah Zat Yang Maha Agung dan maha segalanya. Untuk itu, nama-nama ini adalah sebagai gambaran kekuasaan dan kebesaran Allah yang tidak akan ada tandingannya termasuk bagi manusia. Untuk itu, ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika kita membaca Asmaul Husna apalagi disertai dengan pengahyatan yang tinggi juga ilmu pengetahuan yang memadai.

Ada 99 asmaul husna yang menggambarkan kekuasaan Allah. Tentunya bagi orang-orang yang beriman, nama-nama ini adalah sebagai bentuk kekuasaan Allah dan sebagai gambaran bahwa tidak akan ada yang dapat menyayingi Allah. Selain itu, bagi orang beriman nama-nama Allah ini akan memperkuat keyakinannya kepada Allah.

baca juga tentang:

Asmaul Husna dan Manfaatnya

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya” (QS Al Ahzab : 41)

Dalam ayat di atas menunjukkan bahwa mengingat Allah dengan menyebut asma Allah adalah perintah yang dianjurkan oleh Allah. Membaca asmaul husna tentu tidak akan sia-sia apalagi jika benar-benar memahami dan mencoba mendalami setiap nama yang merupakan kebesaran dan kekuasaan Allah. Berikut adalah 15 manfaat yang bisa didapatkan dari membaca Asmaul Husna.

  1. Mengenal Siapa Allah

Dengan membaca asmaul husna, kita bisa mengenal siapa Allah melalui sifat-sifat dan nama-namanya. Dengan mengetahui hal tersebut, maka membuat kita semakin yakin dan kenal bahwa tiada Tuhan Selain Allah yang layak kita sembah. Tentunya hal ini berdasa rukun iman, rukun islam, Iman dalam Islam, dan Hubungan Akhlak dengan Iman

Kita bisa mengenal bahwa di alam raya semesta ini hanya Allah lah tempat berlindung dan layak kita jadikan tempat mengadu. Kekecewaan pada manusia adalah hal biasa, dan kita akan mengingat bahwa tidak dengan Allah. Allah tidak akan membuat kita kecewa dan selalu memberikan pertolongan pada manusia.

baca juga:

  1. Mengenal Kebesaran Allah

Dengan membaca asmaul husna kita juga bisa mengenal dan mengetaui apa saja kebesaran Allah. Mengenal kebesaran Allah membuat kita semakin tunduk dan taat kepada Allah SWT. Kebesaran Allah tentunya menjadi bukti bahwa manusia tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Allah. Dari situ tidak akan bersikap sombong.

  1. Semakin Beriman

Membaca asmaul husna membuat kita juga akan semakin beriman. Membaca Asmaul Husna secara berulang-ulang membaut kita selalu berpikir tentang kebesaran Allah dan tentunya hal ini akan mendambah keimanan kita sebagai manusia kepada Allah. Tentu bagi yang tidak pernah membacanya, akan berbeda dengan mereka yang suka membaca Asmaul Husna.

baca juga:

  1. Menjauhi dari Kekafiran

Kekafiran tentunya adalah hal yang harus kita jauhi. Sebagai orang yang beriman kita tentu tidak ingin keluar dari Islam dan menjaga terus keimanan yang kita miliki. Salah satunya adalah dengan membaca Asmaul Husna. Membaca asmaul husna membuat kita tersadar bahwa tidak ada yang bisa membuat hidup kita senantiasa aman dan terlindungi selain dari apa yang Allah berikan pada kita.

  1. Senantiasa Mengingat Allah

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya” (QS Al Ahzab : 41)

Dari ayat diatas menunjukkan bahwa berdzikir atau mengingat Allah dengan asmaul husna adalah salah satu hal yang Allah perintahkan. Dengan membaca nama-nama Allah tentunya kita akan mudah untuk mengingat Allah dan lebih terkondisikan dengan apa yang senantiasa Allah perintahkan.

baca juga:

  1. Semakin Banyak Ilmu Pengetahuan

Dengan mengingat Allah lewat Ilmu Pengetahuan maka kita pun menjadi semakin banyak ilmu pengetahuan. Membaca Asmaul Husna tentunya juga membaca lingkungan sekitar, alam semesta, apa yang telah Allah ciptakan. Tentunya untuk bisa memahami hal tersebut kita harus banyak memahaminya, menggunakan akal, dan mencari ilmu pengetahuan yang terkait. Tentunya dengan Ilmu Pengetahuan kita akan mendapatkan banyak jalan untuk mendapatkan sukses Dunia Menurut Islam, Sukses Menurut Islam, Sukses Dunia Akhirat Menurut Islam dengan Cara Sukses Menurut Islam

  1. Jauh dari Keragu-Raguan akan Allah

Semakin sering kita membaca Asmaul Husna tentunya akan semakin sering kita mengingat Allah, meyakni keberadaan atau eksistensi, kebesaran, kekuasaan Allah. Dari situ maka kita akan jauh dari keragu-raguan akan Allah. Semuanya kita yakini sebagai tanda-tanda bahwa Allah adalah satu-satunya Zat Yang Maha Kuasa di dunia ini.

  1. Membuat Hati Tenang

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram” (QS Ar Rad : 28)

Dari ayat di atas ditunjukan bahwa orang-orang yang mengingat Allah atau melalukan dzikir menyebut asma Allah maka akan mendapatkan ketenangan hati. Ketenangan hati tentunya adalah hal yang diinginkan atau diharapkan oleh manusia. Semuanya tentu membutuhkan ketenangan jiwa dalam hidup, agar bisa menjalankan kehidupan ini dengan lebih bijak.

baca juga:

  1. Mengingat Dosa-Dosa

Mengingat Allah melalui membaca Asmaul Husna tentunya juga bisa membuat kita teringat pada dosa-dosa yang kita lakukan. Tentunya sebagai manusia ada banyak sekali dosa-dosa yang kita miliki. Dosa-dosa yang kita miliki tentu tidak akan hilang sebelum Allah memberikan ampunan dan magfirohnya pada kita. Untuk itu, dengan membaca Asmaul Husna kita pun teringat agar tidak membuat dosa-dosa yang berlebih kembali.

  1. Termotivasi Mencari Pahala

Dengan membaca asmaul husna, kita bisa mengingat bahwa Allah adalah Maha Pengasih dan Penyayang, dan Allah pun senantiasa memberikan pahala yang besar bagi hamba-Nya yang bertaqwa. Untuk itu, membaca Asmaul Husna dapat membuat kita terus termotivasi mencari pahala, karena tidak ada yang bisa memberikan keselamatan di dunia dan akhirat selain Allah SWT.

baca juga:

  1. Senantiasa Bersyukur akan Nikmat Allah

Dengan membaca Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah kita pun juga akan senantiasa bersyukur. Kita akan mengingat bahwa tidak ada kenikmatan dan keselamatan yang diberikan dalam hidup kita selain dari yang Allah berikan. Tanpa yang Allah berikan dari kekuasaan dan kemahabesaran-Nya kita tidak akan bisa selamat baik di dunia dan akhirat.

  1. Takut Akan Siksaan Allah

Satu-satunya Zat yang layak untuk ditakuti adalah Allah. Siksaan Allah adalah siksaan yang sangat pedih bagi hamba-hambaNya yang senantiasa melanggar aturan dan tidak pernah taat kepada Allah SWT. Untuk itu, tidak da hal yang harus kita hindari selain dari siksaan Allah. Dengan membaca Asmaul Husna kita bisa memahami bahwa Allah Maha Pengasih dan Penyayang namun akan memberikan siksaan yang berat bagi mereka yang tidak mau mengikuti aturan Allah.

Hal ini juga disampaikan dalam QS Ali Imran : 191, “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”

baca juga:

  1. Senantiasa Mengingat Hukum atau Aturan Allah

Dengan membaca asmaul husna kita pun akan senantiasa mengingat hukum atau aturan Allah. Hukum atau aturan manusia mungkin bisa ditawar atau diubah-ubah, tetapi tidak dengan hukum atau aturan yang Allah buat. Jika manusia menjalankannya maka keselamatan akan didapatkan, sedangkan jika tidak dipatuhi, Allah tidak akan rugi sedikitpun. Justru manusia lah yang membutuhkannya dan memerlukan keselamatan.

  1. Termotivasi Mencari Ridho Allah

Dengan membaca Asmaul Husna kita bisa termotivasi untuk mencari ridho Allah. Ridho Allah ada pada keberkahan hidup kita. Membaca Asmaul Husna tentunya mengingatkan kita bahwa Ridho Allah akan datang pada mereka yang benar-benar mengingat dan mau untuk mengikuti aturan Allah.

  1. Terkondisikan Untuk Senantiasa Beribadah

“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.” (QS Thaahaa : 14)

Dalam ayat diatas ditunjukan bahwa Allah memperingatkan manusia agar senantiasa mengingat dan menyembah Allah. Untuk itu, jika manusia benar-benar mengikuti perintah Allah, maka hidupnya akan terkondisikan dengan beribadah dan mencari keridhoan Allah.

baca juga:

Semoga 15 Manfaat Asmaul Husna ini dapat kita terapkan dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan kita untuk menjalankan Tujuan Penciptaan Manusia, Proses Penciptaan Manusia , Hakikat Penciptaan Manusia , Konsep Manusia dalam Islam, dan Hakikat Manusia Menurut Islam sesuai dengan fungsi agama.