15 Manfaat Ucapan Hamdalah (Alhamdulillah) Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ucapan Alhamdulillah merupakan sebagai ungkapan rasa syukur kita terhadap segala nikmat, rizqi serta berbagai anugerah yang telah kita dapatkan. Allah SWT telah dengan jelas berjanji di dalam Al-qur’an qur’an;

ads

“Dan jika kalian manusia mau bersyukur atas nikmat yang telah aku berikan kepada kalian maka niscaya aku akan menambah nikmat yang telah aku berikan kepada kalian, dan jika kalian kufur (tidak mau bersyukur) maka ketahuilah niscaya siksa ku itu pedih.” (Q.S Ibrahim: 7)

Maka telah benar-benar jelas dijelaskan didalam Al-qur’an dan Al-qur’an jelas dan tidak diragukan lagi kebenarannya. Membiasakan mengucapkan alhamdulillah sangat baik karena mengucapkan alhamdulillah memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita.

Beberapa manfaat ucapan alhamdulillah yaitu sebagai berikut:

1. Mendapat pahala

Orang yang mau mengucapkan alhamdulillah berati orang tersebut telah memuji Allah maka Allah akan memberikan pahala atas orang tersebut. Jika orang tersebut mengucapkan alhamdulilah lagi yang kedua kali maka Allah akan menambah lagi pahala baru untuk orang tersebut. Jadi sebenarnya kitamencari pahala tidak sulit dengan mengucapkan alhamdulillah saja Allah akan memberi pahala kepada kita tentunya mengucapkan alhamdulillah dengan niat yang baik dan ikhlas.

2. Diampuni dosa

Jika seseorang sampai tiga kali mengucapkan alhamdulillah, maka ucapan ketiganya itu Allah akan menambah pahala baru serta mengampuni dosanya. Betapa Maha Pemurahnya Allah, dengan mengucapkan alhamdulillah saja, Allah mengampuni dosa kita. Kadangkala manusia saja yang sering sombong dan merasa angkuh sehingga enggan untuk bersyukur, padahal sejatinya semua yang dimiliki oleh manusia adalah titipin dari Allah. (baca juga: manfaat shalat tahajjud)

3. Ditambah rizqinya

Seorang hamba yang mau bersyukur kepada Allah maka Allah telah berjanji akan menambah rizqinya. Bersyukur disini juga bisa dilakukan dengan mengucapkan alhamdulillah. Selain mengucapkan alhamdulillah, kita juga bisa bersyukur dengan memberikan sedekah kepada orang yang kurang mampu.

Ketika kita mensedekahkan sebagian harta yang kita miliki kepada orang yang kurang mampu, bukan berati harta kita akan semakin berkurang, tetapi justru akan bertambah. Jika anda tidak percaya maka buktikan saja sendiri. Sebenarnya sebagian harta yang kita miliki juga merupakan bagian atau hak milik para orang yang kurang mampu, maka waji bagi mereka yang mempunyai harta berlimpah untuk mensedekahkannya.

4. Menciptakan feeling good

Ucapan ahhamdulillah dapat menciptakan feeling good bagi orang yang sering mengucapkannya. Karena dengan mengucapkan alhamdulillah hati kita akan qana’ah (menerima dengan lapang dada) apa yang diberikan Allah kepada kita sehingga kita akan berpikiran positif dengan setiap ketentuan yang terjadi dan selalu berpikiran positif dengan takdir Allah.

5. Menentramkan jiwa

Orang yang senantiasa bersyukur dengan mengucap alhamdulillah akan senantiasa merasakan jiwa yang tentram. Jiwa yang tentram sangat mahal harganya karena tidak ada satupun di dunia ini yang menjualnya. Jiwa yang tentram akan tercipta jika hati kita senantiasa bersyukur atas segala nikmat dan pemberian Allah. Sekaya atau sebanyak apapun harta yang dimilik jika tidak bersyukur dengan apa yang dimilikinya maka akan susah untuk mendapatkan jiwa yang tentram. Maka dari itu sering-seringlah untuk bersyukur dengan mengucapkan alhamdulillah. (baca juga: cara agar hati tenang dalam islam)

Sponsors Link

6. Menjaga kesehatan mental remaja

Remaja merupakan tahap awal pada diri mereka mulai mengenal dunia yang lebih luas dan nyata. Dalam fase ini remaja harus lebih banyak bersyukur karena dengan bersyukur akan menjaga kesehatan mental mereka. Remaja yang banyak bersyukur akan lebih merasa bahagia dibanding dengan remaja yang kurang bersyukur. Mereka yang sering bersyukur akan memiliki pandangan hidup yang lebih baik serta akan memicu tingkah laku yang positif baik dilingkungan keluarga, sekolah atau dalam masyarakat luas.

7. Meningkatkan kesejahteraan

Seseorang yang pandai bersyukur dengan mengucapkan alhamdulillah akan meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Bersyukur akan menjadi bengkel untuk memperbaiki penyakit hati sehingga hati kita akan senantiasa adem. Tidak ada hal yang lebih menetramkan kecuali hati kita merasa cukup dengan apa yang kita punyai sehingga kita akan merasa sejahtera dan bahagia.

8. Terhindar dari depresi atau stres

Orang yang kurang bersyukur akan lebih mudah terkena stres atau depresi karena mereka selalu merasa kurang dengan apa yang telah dimiliki. Mereka selalu memandang yang lebih tinggi sehingga susah untuk bersyukur. Dengan membiasakan mengucapkan alhamdulillah maka hati kita akan merasa tenang dan tidak terjadi stres. (baca juga: cara menghilangkan stress dalam islam)

9. Menjadi teman yang lebih bak bagi orang lain

Rasa syukur dengan mengucapkan alhamdulillah akan menimbulkan jiwa sosial yang kuat pada seseorang. Jiwa sosial akan menimbulkan sikap sosial yang positif seperti membantu orang lain yang sedang terkena musibah atau memotivasi orang lain yang sedang mengalami kegagalan dalam masalah hidup.

10. Tidur lebih nyenyak

Sebuah penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa orang yang bersyukur akan tisur lebih nyenyak karena jiwanya terasa tenang. Jika seseorang yang mengalami insomnia maka bisa jadi orang tersebut kurang bersyukur dengan segala hal yang telah didapatkan.

11. Memperkuat hubungan dengan pasangan

Ketika kita bersyukur dengan pasangan yang telah diberikan Allah kepada kita, maka hal tersebut akan semakin menguatkan rasa cinta antar pasangan. Dengan bersyukur kita tidak akan menuntut pasangan agar menjadi seperti yang kita kehendaki sendiri yang belum tentu baik untuk pasangan kita. Dengan bersyukur maka kita akan menerima pasangan kita dengan segala kekurangannya sehingga akan menimalkan resiko berantem tetapi sebaliknya akan semakin menguatkan hubungan diantara keduanya.

12. Menjaga kesehatan jantung

Sangat dahsyat kehebatan dari manfaat bersykur dengan mengucapkan alhamdulillah karena dapat menjaga kesehatan jantung. Orang yang senantiasa bersyukur akan senantiasa tenang sehingga tidak mengalami gangguan pada jantungnya.

Sponsors Link

13. Memperkuat moral tim

Syukur kata yang sangat majur untuk memperkuat moral dalam tim. Atlit yang senantiatasa bersyukur dengan mengucapkan alhamdulillah akan lebih sedikit mengalami kelelahan akan hatinya senantiasa merasa senang dan ridho dengan apa yang terjadi dan yang dilakukannya. Kekuatan tersebut akan mampu menggantikan rasa lelah dengan rasa bahagia yang tak terhingga.

14. Sistem kekebalan yang lebih sehat

Rasa syukur akan menciptakan pikiran yang optimis sehingga mendorong sistem kekebalan yang ada ditubuh kita menjadi lebih kuat dan sehat, sehingga kita akan lebih jarang terkena penyakit.

15. Mencegah emosi negatif akibat datangnya musibah

Ketika terkena musibah, seseorang yang senantiasa bersyukur akan selalu memandang positif dan mengambil hikmah dari musibah yang terjadi sehingga tidak menimbulkan emosi yang hanya akan merugikan kita.
Demikian bebrapa manfaat dari ucapan alhamdulillah. Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang senantiasa bersyukur dengan nikmat Allah SWT.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,




Post Date: Wednesday 24th, February 2016 / 10:07 Oleh :
Kategori : Amalan Shaleh