Bahaya Lidah Menurut Agama Islam

Lidah memang tidak bertulang dan mulutmu harimaumu merupakan istilah-istilah yang sering di dengar. Makna yang ingin disampaikan dari kedua istilah diatas intinya sama ialah Keutamaan Menjaga Lisan atau perkataan merupakan hal yang harus dilakukan semua orang sebab hanya dengan perkataan, perang dapat terjadi. Karena pentingnya untuk terus menjaga setiap kata yang terucap, Islam pun membahas tentang bagaimana setiap perkataan yang terucap haruslah kata-kata yang baik. Bahkan, Islam menganjurkan untuk berkata dengan kata-kata yang baik seperti yang tertulis di Al Qur’an Surat 17 ayat 53. Anjuran yang tertulis dalam Al Qur’an ini tentu menjadi peringatan bagi seluruh kaum muslimin agar tetap menjaga lidahnya.(Baca : Tawadhu’Dalam Islam)

ads

Kemudian, seseorang yang tidak pernah menjaga perkataannya akan mendapatkan kerugian yang sangat besar. Kerugian tersebut tidak hanya akan dirasakan oleh dirinya sendiri sebab orang lain pun bisa merugi karenanya. Inilah beberapa hal yang akan terjadi jika seseorang tidak dapat menjaga setiap perkataannya.(Baca : Bahaya Berbohong Dan Hukumnya Dalam Islam)

1. Merugi karena hilangnya pahala

Hal pertama yang akan di dapat seseorang jika lisannya tidak dijaga dengan baik ialah dia akan merugi. Dalam hal ini, seseorang yang berkata tidak baik akan kehilangan pahala yang ia miliki, dan ini seperti yang ada pada sabda Rasulullah SAW bahwa “Bertaqwalah kepada Allah, jika ada orang yang mencela kekuranganmu, maka jangan kau balas dengan mencela kekurangannya. Maka dosanya ada padanya dan pahalanya ada padamu. Dan janganlah kau mencaci-maki siapa pun” (HR. Ahmad). Dari hadist tersebut, jelaslah bahwa orang yang tidak dapat menjaga perkataannya justru akan rugi sebab dia tidak akan mendapatkan apa pun, justru pahala yang ada akan hilang darinya.(Baca : Sifat Orang yang Bertakwa)

2. Menyakiti hati orang lain

Selain itu, perkataan yang tidak baik juga bisa menyakiti hati orang lain. Orang bisa saja merasa sakit hati hanya dengan mendengar perkataan yang dirasa kurang pantas baginya. Karena sifat setiap orang yang berbeda, ada yang mudah tersinggung, menjaga lisan haruslah dilakukan kapan pun, dimana pun dan dengan siapa pun. Dengan menjaga lisan atau perkataan inilah, seseorang akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Untuk tetap menjaga perasaan orang lain, seseorang lebih baik diam jika tidak ada hal yang pantas untuk dibicarakan atau bisa juga dengan mulai mencari topik pembicaraan yang sekiranya dapat menghindarkannya dari ucapan buruk.(Baca : Hukum Menyakiti Hati Orang LainHukum Menyakiti Hati Wanita Dalam Islam)

3. Memicu perselisihan

Jika seseorang telah tersakiti dengan perkataan seseorang, perselisihan di antara mereka bisa saja terjadi yang mungkin akan berujung pada pertengkaran. Tentu saja, hal ini merupakan sebuah hal buruk karena sebagai seorang muslim, menjaga perdamaian adalah kewajiban yang harus dilaksanakan. Untuk mewujudkannya, salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan selalu menjaga apa-apa yang akan di ucapkan (Baca : Cara menjaga keharmonisan rumah tangga).

Selanjutnya, perkataan apa sajakah yang termasuk dalam ucapan yang tidak baik untuk diucapkan menurut Islam? Berikut ini ada penjelasannya.(Baca : Konflik dalam Keluarga)

1. Berbohong

Berbohong merupakan hal sangat dibenci Allah SWT. Berkata bohong atau sesuatu yang tidak benar sangatlah merugikan, bukan hanya diri sendiri tapi juga orang lain. Dalam sabdanya Bahaya Berbohong Dan Hukumnya Dalam Islam telah diriwayatkan oleh Muttafaq alaih, Rasulullah berkata bahwa orang yang suka berbohong akan menyeret mereka ke dalam neraka.

Baca juga :

2. Menyebarkan rahasia

Rahasia adalah suatu hal yang seharusnya tidak disebarluaskan. Untuk orang yang diberi amanat untuk menjaga sebuah rahasia, hal yang paling baik dilakukan ialah menjadi orang yang amanah dengan menjaga rahasia tersebut dengan baik, jangan ceritakan rahasia tersebut kepada orang lain.(Baca : ciri-ciri orang munafik)

3. Mengejek atau mencemooh

Perkataan lain yang tidak diperbolehkan dalam Islam ialah berkata dengan kata-kata mengejek dan mencemooh. Mengejek atau mencemooh orang bukanlah hal yang benar sebab hal ini akan memicu rasa sakit hati yang berujung pada perselisihan.(Baca : Azab Menghina Nabi Muhammad)


4. Berkata jorok dan keji

Perkataan jorok dan keji adalah perkataan yang tidak pantas untuk diucapkan walaupun dalam keadaan marah sekalipun. Agar terhindar dari perkataan ini, ketika amarah datang, Cara Mengendalikan Emosi ialah dengan meminta perlindungan kepada Allah agar diberikan kesabaran, mengucap istighfar bisa menjadi hal baik yang dapat dilakukan.(Baca : Keistimewaan Amalan Istighfar)

5. Bicara secara berlebihan

Untuk orang yang suka berbicara, hal ini harus diperhatikan sebab berbicara secara berlebihan pun termasuk dalam perkataan yang tidak baik karena dapat membuat seseorang melukai perasaan orang lain. Jadi, akan lebih baik jika dalam berbicara, entah dengan teman atau dalam sebuah forum, berbicaralah seperlunya saja. Jika ada hal yang memang tidak perlu untuk dibicarakan, diam akan lebih baik.(Baca : Cara Menghilangkan Dendam dalam Islam)

6. Melibatkan diri dalam sebuah pembicaraan batil

Pembicaraan batil ialah pembicaraan yang di dalamnya penuh dengan gunjingan,Fitnah, gosip, dan lainnya. Jika seseorang sengaja melibatkan diri dalam pembicaraan ini, maka orang tersebut dianggap tidak bisa menjaga lidahnya. Akan lebih baik jika ada pembicaraan seperti ini, seseorang mengingatkan orang-orang tersebut, atau tinggalkan mereka jika mereka tidak mau dinasehati.(Baca : Keutamaan Menyambung Tali Silaturahmi)


7. Mengutuk

Perkataan yang harus dihindari dalam Islam yaitu perkataan yang bertujuan untuk mengutuk seseorang. Sebuah kutukan tidak ada yang baik karena kata-kata mengutuk biasanya diucapkan ketika seseorang marah, dan orang yang marah adalah orang yang telah terkena tipu daya setan.(Baca : Cara Menghilangkan Stress Dalam Islam)

8. Bertengkar

Selain 7 hal di atas, perkataan buruk datang ketika bertengkar, perbuatan yang sangat dibenci Allah SWT. Nyatanya, tidak ada pertengkaran tanpa melibatkan amarah dan perkataan buruk. Maka dari itu, bertengkar haruslah dihindari sejauh mungkin agar tidak akan ada kerugian yang akan didapat.(Baca : Syirik Dalam Islam)

Dari penjelasan di atas, hakikatnya menjaga lisan atau perkataan adalah hal wajib bagi semua orang. Jika seseorang tidak mampu menjaganya, dia akan dengan mudah berkata hal buruk yang akan merugikan dirinya sendiri dan juga orang lain.

Artikel Terkait :

, , , , ,




Post Date: Tuesday 03rd, November 2015 / 08:08 Oleh :
Kategori : Larangan