Wanita Shalehah Menurut Islam

Dalam islam, wanita adalah makhluk yang dimuliakan karena peran dan kedudukannya sebagai seorang anak, istri dan seorang ibu. Allah SWT menciptakan wanita dengan tujuan yang sama saat menciptakan laki-laki yakni untuk beribadah kepada Allah SWT (baca tujuan hidup menurut islam dan hakikat penciptaan manusia).

ads

Adapun wanita yang senantiasa menjalankan perintah Allah SWT dan senantiasa meninggalkan hal-hal yang dilarang adalah termasuk wanita shalehah. Wanita yang shalehah sendiri adalah wanita idaman baik di dunia maupun diakhirat. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang apa pentingnya menjadi wanita shalehah dan ciri-ciri wanita shalehah menurut islam, ada baiknya simak uraian berikut. (baca juga peran wanita dalam islam dan wanita yang baik menurut islam)

Definisi Wanita Shalehah

Wanita shalehah menurut islam adalah wanita muslimah yang selalu istiqomah menjalankan segala perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya atau dengan kata lain wanita shalehah adalah wanita yang selalu berpegang teguh pada amar ma’ruf nahi mungkar. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa wanita shalehah adalah sebaik-baiknya perhiasan dunia. Rasul SAW bersabda (baca juga kecantikan wanita dalam islam dan kedudukan wanita dalam islam)

“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim )

Dalam hadits lainnya juga disebutkan bahwa istri shalehah adalah perhiasan yang paling berharga bagi seorang laki-laki baik di dunia maupun diakhirat. Rasul SAW bersabda (baca wanita shalehah idaman pria shaleh)

Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud )

Keutamaan Wanita Shalehah

Wanita shalehah banyak disebutkan dalam hadits dan memiliki keutamaan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa dalil hadits yang menyebutkan keutamaan mengenai wanita shalehah menurut islam.

  • Wanita yang terbaik untuk dinikahi

Seorang wanita disebutkan dalam hadits bahwa yang terbaik adalah yang paling baik agamanya atau dengan kata lain jika seorang pria hendak menikahi wanita, ia hendaknya memilih wanita yang shalehah

“Wanita itu dinikahi karena empat perkara yaitu karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah olehmu wanita yang punya agama, engkau akan beruntung.” (HR. Al-Bukhari

  • Istri shalehah adalah kebahagian dunia

Rasul menyebutkan dalam sebuah hadits bahwa istri shalehah adalah salah satu dari empat kebahagiaan yang bisa diperoleh didunia. Hadits tersebut berbunyi sebagai berikut (baca ciri-ciri istri shalehah dan kewajiban istri terhadap suami )

“Empat perkara termasuk dari kebahagiaan, yaitu wanita (istri) yang shalihah, tempat tinggal yang luas/ lapang, tetangga yang shalih, dan tunggangan (kendaraan) yang nyaman. Dan empat perkara yang merupakan kesengsaraan yaitu tetangga yang jelek, istri yang jelek (tidak shalihah), kendaraan yang tidak nyaman, dan tempat tinggal yang sempit.” (HR. Ibnu Hibban dalam Al-Mawarid hal. 302)

  • Harta terbaik untuk dimiliki

Seorang wanita yang shalehah adalah salah satu harta yang paling baik dimiliki oleh seorang mukmin. Hal ini sesuai dengan hadits yang meriwayatkan bahwa Umar ibnul Khaththab RA bertanya pada Rasulullah SAW

“Wahai Rasulullah, harta apakah yang sebaiknya kita miliki?” Beliau Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: “Hendaklah salah seorang dari kalian memiliki hati yang bersyukur, lisan yang senantiasa berdzikir dan istri mukminah yang akan menolongmu dalam perkara akhirat.” (HR. Ibnu Majah)

  • Masuk dari pintu surga mana saja

Seorang wanita yang shalehah memiliki keutamaan yakni ia bisa memasuki surga dari pintu mana saja yang ia sukai. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini

“Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya: Masuklah engkau ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai.” (HR. Ahmad


Ciri-ciri Wanita Shalehah

Wanita shalehah tentunya memiliki ciri-ciri yang bisa diketahui dan ciri-ciri tersebut adalah kriteria yang bisa dipenuhi oleh seorang wanita muslimah agar ia bisa menjadi seorang wanita shalehah yang memiliki keutamaan dibandingkan wanita lainnya. Ciri-ciri wanita shalehah tersebut antara lain :

  1. Taat kepada Allah SWT dan Rasulnya

Seorang wanita yang shalehah adalah ia yang taat kepada Allah SWT dan rasulnya. Ia senantiasa menjalankan segala amal yang diperintahkan dan menjauhi perkara yang dilarang atau segala hal yang berbau maksiat. Selain itu wanita shalehah juga memiliki ilmu agama dan mengetahui bagaimana cara shalat dan melaksanakan ibadah lainnya dengan benar. Dengan mentaati Allah dan Rasulnya maka seorang wanita bisa menjaga dirinya dari hal-hal yang dapat merusak iman dan taqwa serta kehormatan dirinya. (baca manfaat beriman kepada Allah SWT)

  1. Memiliki akhlak yang baik

Akhlak dan budi pekerti yang baik haruslah dimiliki oleh seorang wania shalehah. Ia hendaknya bisa menjaga tutur katanya dari hal-hal buruk, menjaga sikapnya pada orang lain dan senantiasa bersabar atas segala ujian dan cobaan yang menimpa dirinya dan keluarganya. (baca cara meningkatkan akhlak terpuji)

  1. Taat kepada suami

Seorang suami adalah pemimpin bagi istrinya dan seorang wanita shalehah haruslah taat kepada perintah suaminya. Ia tidak boleh keluar rumah dan melaksanakan puasa sunnah tanpa ijin dari suaminya. Adapun seorang wanita shalehah juga pandai menyenangkan hati suami dan selalu berusaha untuk mematuhi keinginan suami tentunya dalam hal kebaikan. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini

“Wanita shalihah adalah yang taat,” yakni taat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, “Lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada.” Yakni taat kepada suami mereka bahkan ketika suaminya tidak ada (sedang bepergian), dia menjaga suaminya dengan menjaga dirinya dan harta suaminya.” (Taisir Al-Karimir Rahman, hal.177)


  1. Menjalankan ibadah dengan istiqomah

Wanita yang shalehah akan selalu berusaha untuk menjalankan ibadah sesuai dengan tuntunan agama islam dan ia tidak malas untuk melaksanakan ibadah tersebut. Selain itu wanita yang shalehah juga gemar melaksanakan shalat sunnah dan berpuasa untuk menda[patkan ridha Allah SWT.

  1. Menutup aurat 

Wanita yang shalehah sellau menutup auratnya dan mengenakan hijab diseluruh tubuhnya sesuai dengan ajaran agama islam. Selain itu, ia juga menghindari menggunakan wewangian atau parfum atau pakaian yang berlebih-lebihan jika keluar rumah. (baca hukum memakai jilbab dan wanita bercadar dalam islam)

 “Siapa saja wanita yang memakai wangi-wangian kemudian melewati suatu kaum supaya mereka itu mencium baunya, maka wanita itu telah dianggap melakukan zina dan tiap-tiap mata ada zina.” (HR. Nasaii ibn Khuzaimah & Hibban).

Intinya, seorang wanita shalehah menurut islam adalah wanita yang selalu taat pada Allah, Rasul, suami dan orangtuanya serta bisa menjalankan segala kewajibannya sebagai seorang anak, istri, maupun ibu bagi anak-anaknya. (baca juga kodrat wanita dan kewajiban wanita dalam islam)

, , , ,




Post Date: Tuesday 01st, November 2016 / 07:27 Oleh :
Kategori : Akhlaq