10 Manfaat Ilmu Dalam Pandangan Islam

Pada artikel ini kita akan mencoba menjelaskan pengetahuan dari perspektif Islam. Secara umum, kata Arab untuk pengetahuan adalah ‘ilm, yang, dalam banyak kasus, menunjukkan pengetahuan Islam atau hal-hal yang berkaitan dengan Syariat (Hukum Islam).

ads

Meskipun, beberapa ayat Alquran dalam artikel ini mengacu pada pengetahuan Islam, namun bersifat umum dalam maknanya, dan dengan demikian dapat digunakan untuk merujuk pada pembelajaran secara umum seperti hukum wanita menuntut ilmu dalam islam.

Alasan Pentingnya Pendidikan Dalam Islam

Pentingnya pendidikan bukanlah masalah yang bisa diperdebatkan. Pendidikan adalah pengetahuan tentang menempatkan potensi seseorang untuk penggunaan maksimal. Seseorang dapat dengan aman mengatakan bahwa manusia tidak masuk akal sampai dia dididik dan mempelajari ilmu tauhid islam. Pentingnya pendidikan ini pada dasarnya karena dua alasan.

  • Yang pertama adalah bahwa pelatihan pikiran manusia tidak lengkap tanpa pendidikan. Pendidikan membuat manusia menjadi pemikir yang benar. Ini memberitahu manusia bagaimana berpikir dan bagaimana membuat keputusan.
  • Alasan kedua untuk pentingnya pendidikan adalah bahwa hanya melalui pencapaian pendidikan, manusia dimungkinkan untuk menerima informasi dari dunia luar; untuk mengenalkan dirinya dengan sejarah masa lalu dan menerima semua informasi yang diperlukan mengenai masa kini. Tanpa pendidikan, manusia seolah-olah berada di ruangan tertutup dan dengan pendidikan ia menemukan dirinya berada di sebuah ruangan dengan semua jendela terbuka ke arah dunia luar.

Manfaat Ilmu dalam Pandangan Islam

Inilah sebabnya mengapa Islam sangat mementingkan pengetahuan dan pendidikan. Ketika Quran mulai diwahyukan, kata pertama dari ayat pertamanya adalah ‘Iqra’ yaitu, baca. Allah berfirman, (apa artinya):

“Baca! Dalam nama Tuhanmu yang telah menciptakan (semua yang ada) Dia telah menciptakan manusia dari bekuan darah (sepotong darah tebal yang terkumpul) Baca dan Tuhanmu yang paling banyak Dosa yang mengajar (yang menulis) oleh pena Dia telah mengajarkan manusia yang tidak dia ketahui ” [Qur’an, 96: 1-5].

Berikut manfaat menuntut ilmu dalam pandangan islam yaitu:

  1. Mengenalkan Dirinya Pada Dunia Luar
  2. Titik Awal dari Setiap Kehidupan Manusia
  3. Memperoleh Kemuliaan
  4. Memperoleh Kesejahteraan
  5. Memperoleh Kebijaksanaan
  6. Mengetahui Bahwa Allah Maha Besar
  7. Mengajarkan Untuk Bersyukur
  8. Mengamati Ciptaan Allah
  9. Menularkan Ilmu Bermanfaat
  10. Berguna Bagi Sesama

Pendidikan merupakan titik awal dari setiap aktivitas manusia. Allah menciptakan manusia dan memberinya alat untuk memperoleh pengetahuan, yaitu pendengaran, penglihatan dan kebijaksanaan. Allah berfirman (maksudnya):


“Dan Allah telah membawa kamu keluar dari rahim ibumu saat kamu tidak tahu apa-apa. Dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati yang bisa kamu syukuri (kepada Allah)” [Qur’an, 16: 78].

Orang yang berpengetahuan dihargai dengan baik dalam banyak riwayat nubuat seperti cara menangkal ilmu hitam dalam islam.

Misalnya Alqur’an berulang kali meminta kita untuk mengamati bumi dan langit. Ini menanamkan pada manusia keinginan untuk belajar ilmu alam juga. Semua kitab Hadits memiliki satu bab tentang pengetahuan.

Di Saheeh Al-Bukhari ada sebuah bab berjudul “Keutamaan seseorang yang memperoleh pembelajaran dan mengajarkan hal itu kepada orang lain.” Islam memanggil kita untuk mempelajari segala macam pengetahuan yang bermanfaat seperti  keutamaan ilmu dalam islam. Cabang pengetahuan bervariasi dalam status, yang tertinggi adalah pengetahuan tentang Syariat (Hukum Islam), maka bidang pengetahuan lainnya, seperti kedokteran, dll.

Apa yang harus saya pelajari dalam islam?

Jadi muncul pertanyaan, apakah itu kewajiban untuk mencari pengetahuan tentang agama, dan bidang pengetahuan di dalam agama begitu luas, jenis pengetahuan apa yang harus dicari? Imam Ahmed bin Hanbal, seorang ilmuwan besar Islam, menjawab bahwa wajib bagi setiap individu Muslim untuk mencari jenis pengetahuan yang memungkinkan dia menjalankan agamanya dengan benar. Berikut adalah contohnya:

1. Keyakinan Islam

Ini adalah aspek yang paling penting dari agama yang harus dipelajari seseorang, karena melalui aspek ini seseorang benar-benar menjadi Muslim. Tujuh belas tahun pertama dari panggilan Nabi Muhammad SAW ditujukan untuk mengoreksi keyakinan orang tentang Allah, menekankan bahwa tidak ada ibadah yang ditujukan kepada siapa pun kecuali Dia Sendiri, sementara hanya beberapa perintah lainnya yang diungkapkan pada saat itu berkembang menjadi ilmu tasawuf modern.

2. Pengetahuan tentang aspek ibadah wajib

Seperti yang kita tahu, Allah telah memerintahkan umat Islam untuk melakukan tindakan pemujaan tertentu. Banyak dari tindakan ini bersifat wajib dan, pada gilirannya, seseorang harus tahu bagaimana cara melakukannya.

Misalnya, Allah telah mewajibkan kita untuk berdoa minimal lima kali per hari, jadi menjadi kewajiban bagi kita untuk mengetahui bagaimana berdoa dengan benar, mengingat apa yang diperbolehkan dan tidak dapat kita tanggung selama melakukan sholat. Juga, sebagai salah satu syarat dalam Doa adalah untuk menyucikan diri, seseorang harus tahu bagaimana melakukannya. Hal ini juga berlaku untuk seluruh perintah-perintah Allah.

3. Mengetahui apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan

Ada larangan dan yang dibolehkan kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan rahmat Allah, Dia telah mendorong kita untuk menikmati banyak karunia yang telah Dia ciptakan. Pada saat yang sama, Dia juga telah memperingatkan kita dari hal-hal tertentu karena bahaya fisik atau spiritual yang diakibatkan oleh kegemaran mereka.

Kemudian menjadi wajib bagi kita untuk mempelajari aspek-aspek agama ini sehingga kita mungkin tidak sengaja melakukan atau secara tidak sengaja jatuh ke dalam tindakan-tindakan yang tidak dapat dibenarkan ini.

Catatan penting yang perlu dicatat adalah bahwa umat Islam harus yakin mereka mempelajari peraturan tersebut terkait bidang pekerjaan mereka, apakah itu obat, perdagangan, hukum, atau bidang lainnya, agar mereka melaksanakan pekerjaan mereka sesuai dengan pedoman dari agama.

4. Cara Mengelola Hati

Yang terakhir namun tidak sedikit, seseorang juga harus belajar bagaimana memurnikan hati dan perbuatan mereka dari sifat-sifat yang tercela. Muslim harus tahu bagaimana cara memurnikan hati mereka dari cinta kekayaan, status, dan ketenaran, dan bagaimana membuat seseorang mencintai Allah saja.

Mereka juga harus belajar tingkah laku mulia yang diajarkan kepada kita oleh agama Islam, dan mencoba untuk pola hidup kita sesuai dengan Nabi Muhammad SAW.

, , , ,




Post Date: Tuesday 27th, February 2018 / 08:53 Oleh :
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Jangan lupa subscribe channel islami di https://bit.ly/2DmDqxw