Doa Menyambut Bulan Ramadhan Paling Lengkap

Bulan ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh segenap umat muslm. Setiap orang muslim pada bulan tersebut mendapat kesempatan yang sama untuk mencari keberkahan dari Allah. Pada bulan tersebut segala dosa diampuni, pintu surga dibuka, dan amal kebaikan sekecil apapun akan menjadi pahala.

Banyak orang terkadang merasa khawatir menjelang datangnya bulan ramadhan, umumnya akan berfikir tentang dirinya atau orang terdekatnya apakah bisa melewati bulan ramadhan tersebut sebab manusia tidak ada yang mengetahui sisa umurnya. Sebagai umat muslim hendaknya kita berdoa agar dapat diberi kesempatan melewati bulan penuh hikmah tersebut serta mampu mengisinya dengan kebaikan dan mendapat ampunan atas dosa dosa. Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang doa menyambut bulan ramadhan, yuk langsung saja kita bahas bersama,

Doa Menyambut Bulan Ramadhan yang Diajarkan Rasulullah

Pada jaman Rasulullah, para sahabat dan umat muslim di masa tersebut menyambut bulan ramadhan dengan kegembiraan dan penuh suka cita. Mereka mengungkapkannya dengan doa doa yang berisi harapan kebaikan, keberkahan, dan harapan sebab percaya bahwa keutamaan berdoa dalam islam salah satunya akan mendatangkan kebaikan bagi mereka. Berikut kisah kisah nya yang diriwayatkan dalam berbagai hadist

1. Lathaif Al Ma’arif hal. 264

Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelu datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan, kemudian selama enam bulan setelah Ramadhan, mereka berdoa agar Alah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan”.

Sungguh doa yang dipanjatkan oleh para sahabat Nabi seperti yang dijelaskan dalam hadist tersebut adalah hal yang luar biasa, sebagai hamba Allah mereka bersungguh sungguh mencari kebaikan dan ridho Allah bahkan hingga melakukan doa pada sebelum dan sesudah bulan ramadhan karena mereka mengetahui bulan Ramadhan adalah bulan mulia yang tidak boleh terlewatkan dengan sia sia.

2. HR Ahmad No. 888

Ada satu doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika menjelang awal Ramadhan, doa tersebut diriwayatkan dalam sebuah hadist berikut, “Allahuakbar, Ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan) adalah Allah”.

Doa tersebut dibaca ketika melihat hilal. Doa tersebut dibaca oleh para sahabat sebagai harpaan agar selama bulan Ramadhan diberikan keselamatan serta dapat mengisinya dengan hal hal yang dicintai oleh Allah.Rasulullah percaya manfaat doa dalam islam akan mendatangkan kebaikan dari Allah.

[AdSense-B]

3. HR Ahmad No. 2346

Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta berkahilah kami di bulan Ramadhan”. Doa yang terdapat hadist tersebut juga merupakan doa menyambut bulan ramadhan yang diajarkan oleh Rasulullah dan diterapkan oleh para sahabat serta umat muslim di jaman Rasulullah.

Doa tersebut juga dapat kita terapkan ketika menyambut bulan Ramadhan, sebagai hamba Allah yang mengharap keberkahan, tentu harus diawali dengan doa, dilakukan sungguh sungguh, serta apapun hasilnya diterima dengan ikhlas. sebab  keutamaan ikhlas dalam islam akan mendapatkan ridho dari Allah.

Begitu pula dalam hubungannya dengan bulan Ramadhan, kita memang tidak pernah mengetahui kapan kita akan menutup usia dan kita juga tidak mengetahui apakah segala amalan yang kita lakukan diterima oleh Nya, sebagai hamba Allah kita wajib tetap berprangka baik serta berdoa untuk dapat mewujudkannya, yaitu mendapat keberkahan dalam menjalani ibadah pada bulan Ramadhan.

4. HR Muslim

Doa menjelang bulan Ramadhan yang juga dilakukan pada jaman dahulu oleh Rasulullah dan para sahabatnya ialah doa memohon keimanan yang kuat. Sebagai manusia yang lemah, Allah lah yang maha membolak balikkan hati manusia. Doa dilakukan agar mendapat petunjuk cara menjaga hati-menurut islam selama bulan Ramadhan nanti.

Ada kalanya seseorang justru menjadi lemah imannya di bulan Ramadhan dan malas mengerjakan amal ibadah, padahal pada bulan mulia tersebut justru banyak sekali peluang untuk memperbanyak amal. Dengan doa menyambut bulan Ramadhan ini adalah bentuk permohonan pada Allah agar menguatkan keimanan di hati kita.

Ya Allah, berilah aku keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman, kesehatan yang besar, kekebalan dari penyakit, dan kebolehan  untuk menunaikan shalat, puasa, menghidupkan malamnya dam membaca Al Qur’an. Ya Allah, berilah daku keselamatan di bulan Ramadhan. Terimalah seluruhnya ibadah puasaku dan ibadah ibadah lain di bulan Ramadhan, maka bila Ramadhan berlalu dariku, Engkau sudah memaafkan dan mengampuni dosa dosa ku”.

[AdSense-A]

5. HR Muslim

Segala pujian dan sanjungan untuk Allah semata yang sudah membuat daku dan engkau, dan sudah menetapkan kedudukanmu juga sudah menjadikanmu (bulan Ramadhan) juga sebagai di saat manusia untuk beramal. Ya Allah, anugrahkanlah padaku sebuah anugrah yang diberkati. Ya Allah, curahkanlah padaku keselamatan, kesejahteraan, keyakinan, keimanan, kebajikan, ketaqwaan, bantuan, dan kesuskesan memperoleh apa apa yang Kau cintai dan ridhoi”.

Sebagai hamba Allah, kita wajib senantiasa memuji Nya dengan berbagai kenikmatan yang telah diberikan, salah satu nikmat tersebut ialah diciptakannya bulan Ramadhan yang mendatanagi berbagai kebaikan dan membuka pintu surga bagi segenap makhluk Allah. Doa menyambut bulan Ramadhan sudah selayaknya berisi tentang pujian dan syukur pada Nya seperti pada hadist di atas yang merupakan doa yang biasa dilakukan oleh para sahabat pada jaman Rasulullah. Doa tersebut sekaligus permohonan agar dapat melewati bulan tersebut dengan sukses, artinya dengan mengisi amal kebaikan dan diterima amal kebaikan tersebut.

Doa menyambut bulan Ramadhan berdasarkan Al Qur’an

6. QS Yunus : 58

“Sampaikanlah wahai Nabi Muhammad, bersama karunia Allah dan rahmat Nya, hendaknya bersama itu mereka bergembira. Karunia Allah dan Rahmat Nya itu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan dari harta benda”. Penjelasan dari firman Allah tersebut ialah pada bulan Ramadhan rahmat dan karunia Allah bertebaran untuk setiap hamba Allah, manusia sudah selayaknya menyambut dengan gembira akan datangnya bulan Ramadhan tersebut dengan memperbanyak doa kepada Allah agar dapat bertemu bulan yang paling mulia tersebut.

Karunia dan rahmat Allah jauh lebih baik dari segala hal yang berhubungan dengan duniawi yang bersifat sementara sedangkan amal kebaikan memiliki nilai sebagai bekal hidup di akherat nanti. Hal duniawi misalnya tentang harta benda atau urusan duniawi lain. Sebab itu umat muslim hendaknya menyambut dengan suka cita dan dengan penuh harapan memohon kepada Allah agar mendapat karunia serta rahmat yang dijanjikan Nya tersebut.

7. Al Baqarah : 7

Barang siapa diantara kamu hadir di bulan Ramadhan itu, wajib baginya puasa”. Penjelasan firman Allah tersebut ialah tentang kewajiban pada bulan Ramadhan, yaitu Allah mewajibkan hamba Nya untuk berpuasa. Allah berfirman tentang kewajiban tersebut agar manusia memiliki persiapan dan dapat menjalankan puasa serta amalan lainnya.

Doa menyambut bulan ramadhan dengan membaca firman Allah tersebut akan mengingatkan kita agar melakukan persiapan dengan meningkatkan kualitas diri serta memperbanyak doa. Doa mewujudkan kerinduan akan datangnya bulan Ramadhan, permohonan dan bentuk ketawakkalan kepada Nya.

Allah Menyukai Hamba Nya yang Berdoa Menyambut Ramadhan

Salah satu tanda keimanan adalah seorang mukmin bergembira akan datangnya bulan Ramadhan, seperti menyambut tamu agung yang telah dinantikan. Mempersiapkan segalanya dengan baik tentu akan membahagiakan tamu tersebut. Hendaknya seorang muslim khawatir jika dirinya tidak dapat menjumpai bulan Ramadhan.

Jika ia merasa biasa biasa saja dan tidak ada yang istimewa, bisa jadi ia luput dari kebaikan sebab tidak merasa bergembira dengan karunia Allah. Kegembiraan tersebut karena banyaknya kemuliaan, keutamaan, dan berkah pada bulan Ramadhan. Sehingga ketika menjalani ibadah dan berdoa akan terasa lebih khusyu’. “Bagaimana tidak gembira? Seorang mukmin diberi kabar dengan terbukanya pintu pintu surga, tertutupnya pintu pintu neraka, syetan dibelenggu. Dari sisi manakah ada yang menyamai waktu Ramadhan ini?”. (Latha’if Al-Maarif Hal. 148).

[AdSense-C]

Manfaat Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Bagaimana Allah membuka hati dan menerima amal kebaikan seseorang pada bulan puasa bergantung pada hati orang tersebut. Orang yang  merasa biasa saja dalam menyambut Ramadhan dan tidak melakukan persiapan apapun bahkan merasa bulan Ramadhan sama seperti bulan bulan lainnya merupakan orang yang sombong.

Sebab ia tidak merasa khawatir akan umur nya, akan dosa dosa apa yang telah dilakukannya, dan juga tidak merasa takut jika tidak mampu menikmati indahnya bulan Ramadhan. Doa menyambut bulan Ramadhan akan membuka hati kita akan hari yang abadi di akherat sehingga kita jauh dari sifat sombong.

Manfaat lain yaitu kita akan lebih menjadi sadar untuk memperbaiki diri sehingga pada bulan Ramadhan dapat menjalani ibadah dengan seikhlas mungkin dan menjadi orang baru atau orang yang lebih baik dari sisi akhlak setelah bulan Ramadhan berakhir nantinya. InsyaAllah.

Sampai disini dulu artikel mengenai doa menyambut bulan ramadhan, sudah selayaknya kaum muslim mempersiapkan diri menghadapi kedatangannya, sebab persiapan menyambut awal bulan ramadhan menjadi salah satu langkah awal yang menentukan berhasil atau tidaknya seseorang dalam meraih berbagai keutamaan di dalamnya.

Semoga bermanfaat dan kita diberi umur panjang untuk dapat melewati serta mendapat keberkahan di bulan Ramadhan. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Doa Pembuka Majelis – Keutamaan

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita pernah atau sering menghadiri sebuah pertemuan atau majelis. Majelis atau pengajian umat Islam biasanya mempunyai susunan acara yang telah direncanakan dengan rapi. Pada umumnya, isi dari pengajian atau majelis adalah pembacaan ayat suci Al-Quran, dzikir, tausyiah, dan lain-lain. Namun sebelum keseluruhan acara diselenggarakan, terlebih dahulu dilakukan acara doa.

Doa pembuka majelis biasanya dilakukan dengan membaca khutbatul hajah. Khutbatul hajah adalah doa dimana Rasulullah SAW senantiasa membacanya di banyak kesempatan. doa ini biasa dibaca saat akan khutbah, ceramah, baik pada pernikahan, muhadharah (ceramah) ataupun pertemuan, mukadimah pidato serta pengajian dan sunnah ini pun di lanjutkan oleh sahabat-sahabat lainnya.

Ada beberapa macam doa pembuka majelis yang biasanya dibacakan di berbagai majelis, diantaranya adalah:

ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻟِﻠَّﻪِ ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩْ ﻭَﻧَﻌُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﻣِﻦْ ﺳَﻴِّﺌَﺎﺕِ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ، ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ ﻓَﻼَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ. ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ. ﻳَﺎﺃَﻳُّﻬﺎَ ﺍﻟَّﺬِﻳْﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍ ﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﺣَﻖَّ ﺗُﻘَﺎﺗِﻪِ ﻭَﻻَ ﺗَﻤُﻮْﺗُﻦَّ ﺇِﻻَّ ﻭَﺃَﻧﺘُﻢْ ﻣُّﺴْﻠِﻤُﻮْﻥَ. ﻳَﺎﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﺍﺗَّﻘُﻮْﺍ ﺭَﺑَّﻜُﻢُ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺧَﻠَﻘَﻜُﻢْ ﻣِّﻦْ ﻧَﻔْﺲٍ ﻭَﺍﺣِﺪَﺓٍ ﻭَﺧَﻠَﻖَ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺯَﻭْﺟَﻬَﺎ ﻭَﺑَﺚَّ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ﺭِﺟَﺎﻻً ﻛَﺜِﻴْﺮًﺍ ﻭَﻧِﺴَﺂﺀً ﻭَﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺗَﺴَﺂﺀَﻟُﻮْﻥَ ﺑِﻪِ ﻭَﺍْﻷَﺭْﺣَﺎﻡَ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠﻪَ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺭَﻗِﻴْﺒًﺎ. ﻳَﺎﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳْﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍ ﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪَ ﻭَﻗُﻮْﻟُﻮْﺍ ﻗَﻮْﻻً ﺳَﺪِﻳْﺪًﺍ. ﻳُﺼْﻠِﺢْ ﻟَﻜُﻢْ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟَﻜُﻢْ ﻭَﻳَﻐْﻔِﺮْ ﻟَﻜُﻢْ ﺫُﻧُﻮْﺑَﻜُﻢْ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻄِﻊِ ﺍﻟﻠﻪَ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟَﻪُ ﻓَﻘَﺪْ ﻓَﺎﺯَ ﻓَﻮْﺯًﺍ ﻋَﻈِﻴْﻤًﺎ. ﺃَﻣَّﺎ ﺑَﻌْﺪُ؛ ﻓَﺈِﻥَّ ﺃَﺻْﺪَﻕَ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳْﺚِ ﻛِﺘَﺎﺏُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﺍﻟْﻬَﺪﻱِ ﻫَﺪْﻱُ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻞَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ، ﻭَ ﺷَﺮَّ ﺍﻷُﻣُﻮْﺭِ ﻣُﺤَﺪَﺛَﺎﺗُﻬَﺎ، ﻭَﻛُﻞَّ ﻣُﺤْﺪَﺛَﺔٍ ﺑِﺪْﻋَﺔٌ ﻭَﻛُﻞَّ ﺑِﺪْﻋَﺔٍ ﺿَﻼَﻟﺔٍ ﻭَﻛُﻞَّ ﺿَﻼَﻟَﺔٍ ﻓِﻲ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ

Artinya: ” Segala puji bagi Allah , kepadaNya kita memuji, mohon pertolongan, mohon ampunan, dan mohon perlindungan dari bahaya diri kita dan buruknya amal-amal perbuatan kita. Barang siapa yang diberi petunjuk Allah ta’ala maka tiada yang dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk –kecuali dengan izin Allah-.

Dan bahwasanya saya bersaksi tiada ilah yang berhak disembah kecuali Allah ta’ala semata, tiada sekutu bagiNya, dan saya bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa kepadaNya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.

Wahai manusia! Bertaqwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (hawa) dari (diri)nya; dan dari keduanya Allah memperkembang-biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertaqwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu. Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar. [AdSense-B]

Niscaya Allah akan memperbaiki amal-amalmu dan mengampuni dosa-dosamu  dan barangsiapa menaati Allah dan rasulNya maka sungguh dia menang dengan kemenangan yang agung. Sesungguhnya sebenar-benar perkataan adalah kitab Allah (Al qur’an) dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu’alaihiwasalam, dan seburuk-buruk perkara (dalam urusan agama) adalah yang diada-adakan, dan semua yang diada-adakan itu adalah bid’ah, dan semua bid’ah itu sesat, dan semua kesesatan tempatnya di neraka.”

Baca juga:

Dan doa pembuka majelis versi lainnya adalah seperti di bawah ini.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ

Artinya: ” Segala puji bagi Allah, yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat hamba-hambanya, Maha suci Allah, Dia-lah yang menciptakan bintang-bintang di langit, dan dijadikan padanya penerang dan Bulan yang bercahaya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya, yang diutus dengan kebenaran, sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, mengajak pada kebenaran dengan izin-Nya, dan cahaya penerang bagi umatnya. Ya Allah, curahkan sholawat dan salam bagi nya dan keluarganya, yaitu doa dan keselamatan yang berlimpah.”

Baca juga:

Anda juga dapat menggunakan doa pembuka majelis lainnya seperti ini.

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ

Artinya: ” Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat ilahi Rabbi, atas karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul dalam rangka thalabulilmi, mencari ilmu. Serta kita bisa bersilaturahim, bertatap muka di majlis yang mulia ini dalam kadaan aman fi amanillah, sehat wal afiat. Mudah-mudaham setiap derap langkah bisa membuahkan pahala bagi kita semua, bisa menjadi penghapus dosa dan pengangkat derajat di hadapan Allah SWT.

Tak lupa semoga shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada jungjunan kita Nabi Muhammad SAW., kepada keluarganya, sahabatnya, para tabi’in, tabiut tabiahum, kepada kita semua, serta kepada seluruh umatnya hingga akhir zaman yang menjadikan sebagai uswatun hasanah, suri tauladan yang baik.”

Baca juga:

[AdSense-C]

Di bawah ini juga merupakan doa pembuka majelis yang biasanya digunakan.

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

Artinya: ” Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya.

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.”

Itulah beberapa contoh doa pembuka majelis yang dapat Anda terapkan dalam majelis. Semoga setiap langkah dna usaha kita dalam mencari ilmu dalam majelis selalu mendapat ridho dari Allah SWT. Aamiin.

15 Cara Ruqyah Diri Sendiri Menurut Sunnah dan Dalilnya

Hal hal gaib seperti gangguan jin jahat, santet, dan hal lain sejenisnya sudah ada sejak jaman dahulu dan hanya Allah yang mengetahui segala sesuatu yang gaib, “Hanya di sisi Allah lah kunci kunci yang gaib”. (Al Anan 6/59). Gangguan dapat berupa dicelakakan, dilukai, terkena penyakit yang tak kunjung sembuh, atau ada pula yang merasa sakit pada bagian tubuhnya tetapi ketika diperiksa secara medis tidak ditemukan penyakit apapun.

Untuk mengobati hal tersebut, sarana penyembuhannya dalam islam dinamakan dengan sebutan “Ruqyah”, ruqyah bukan pengobatan alternatif, ruqyah merupakan bagian dari doa, sebagai bentuk memohon perlindungan atau memohon kesembuhan dari gangguan atau bahaya, baik fisik atau batin.

Hal ini merupakan kebiasaan sejak jaman Nabi, Berikut hadist dan pendapat ulama tentang ruqyah :

  • Dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah “sesungguhnya meruqyah termasuk amalan yang utama, termasuk kebiasaan para Nabi dan orang orang shahih yang senantiasa menangkis syetan syetan dari anak adam dengan cara yang diperintahkan Allah dan Rasul Nya”. (Kaifa Tu’Aliju Maridhaka Bi Ar Ruqyah Asy Syar’iyyah hal 41).
  • Ibnul Atsir mengatakan, “Ruqyah adalah doa memohon perlindungan, yang dibacakan untuk orang yang sedang sakit seperti demam, kerasukan, atau penyakit lannya”. (An Nihayah fi Gharib At Atsar : 2/254).
  • Pendapat Al Qarrafi, “ ruqyah adalah lafadz khusus yang diucapkan dengan niat untuk kesembuhan dari penyakit dan segala sebab yang merusak”. (Aunul Ma’bud : 10/264).

Pada dasarnya ruqyah berisi ayat ayat Al Qur’an atau doa doa dari Hadist, ruqyah boleh dilakukan secara pribadi untuk diri sendiri dengan harapan berlindung kepada Allah atau untuk menyembuhkan penyakit, kondisi hati menentukan kekuatan ruqyah, semakin tinggi rasa tawakkal kepada Allah maka semakin besar peluang dikabulkan oleh Allah pula, karenanya ruqyah wajib dilakukan dengan husnudzan (berbaik sangka) bahwa Allah akan melindungi dan menyembuhkan nya. 15 cara meruqyah diri sendiri sesuai sunnah islam yang bisa anda terapkan :

1. Wajib Disertai Dengan Kemantapan Hati

Awali dengan kemantapan hati bahwa kesembuhan hanya datang dari Allah, ikhlas dan hadapkan diri dengan kesungguhan, jika anda percaya maka Allah akan mengabulkan sebab Allah sesuai dengan prasangka hamba Nya.

2. Diutamakan Untuk Melakukan Wudlu 

Berwudlu terlebih dahulu, ruqyah harus dilakukan dalam keadaan suci. Dalam kondisi suci akan mempermudah proses ruqyah yang dilakukan. manfaat berwudhu dalam islam untuk menjaga diri agar tetap dalam kondisi suci dan tentu saja dianjurkan.

3. Dalam Kondisi Bersih

Memakai pakaian yang bersih, bebas dari najis, dan menutup aurat. Dengan demikian jiwa menjadi tenang dan tentram serta jauh dari godaan syaitan.

4. Awali Dengan Shalat Taubat dan Shalat Hajat Masing Masing 2 Rakaat

Hal ini dilakukan untuk memohon ampun terlebih dahulu atas dosa dosa kita sebagai umat manusia dan untuk memperkuat memohon hajat atau doa kepada Allah agar dikabulkan dan mendapat ridho Nya. sholat hajat mampu mendorong anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

[AdSense-B]

5. Membaaca Ayat Ayat Tertentu

Ruqyah dengan membaca doa secara langsung, dilakukan dengan membaca ayat ayat berikut lalu usapkan dengan kedua tangan ke seluruh tubuh sebagai perlindungan atau anggota tubuh yang sakit untuk penyembuhan.

  • Membaca Basmallah “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang”sebanyak 3 kali
  • Ayat kursi “Allah, tidak ada tuhan selain dia. Yang maha hidup, yang terus-menerus mengurus makhluknya, tidak mengantuk dan tidak tidur. Miliknyalah apa-apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada yang memberi syafaat di sisinya tanpa seizinnya.Dia mengetauhi apa yang di hadapana mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursinya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memlihara keduanya, dan Dia Maha tinggi, Maha besar”. (QS Al Baqarah 2/255).
  • Surat Al Fatihah, “Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Yang menguasai Hari Pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”. (QS Al Fatihah 1-7).
  • Surat Al Ikhlas “Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, yang maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia”. (QS Al Ikhlas 1-4).
  • Surat Al Falaq “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang), Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki”. (QS Al Falaq 1-5).
  • Surat An Naas “aku berlindung pada tuhannya manusia. Raja manusia. sembahan manusia. Dari kejahatan ( bisikan ) syaitan yang bersembunyi. Yang membisikkan (kejahatan ) kedalam dada manusia. Dari ( golongan ) jin dan manusia”. (QS An Naas 1-6).
  • Lanjutkan dengan membaca doa berikut “aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan Nya dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”.

[AdSense-A]

Rasulullah bersabda ketika Utsman bin Abil Ash mengadukan rasa sakit di badannya “letakkan tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu”. (HR Ibnu Hibban). Lalu Rasulullah mengajarkan doa doa di atas.

6. Tambahan Doa Untuk Menyembuhkan Penyakit

Bagi ruqyah untuk penyembuhan sakit, tambahkan doa berikut “Hilangkan penyakit ini wahai penguasa manusia. Sembuhkanlah, Engkau maha penyembuh, tidak ada kesmebuhan kecuali penyembuhan Mu, obat yang tidak meninggalkan penyakit”. Hal ini pernah dilakukan oleh Rasulullah ketika mengobati seseorang yang terkena bejana pada tangannya, beliau membacakan doa tersebut (Al Fathu Ar Rabbani 17/182).

Doa doa di atas pada poin 5 dan 6 ialah yang diniatkan untuk ruqyah, walaupun menggunakan cara lain, ruqyah tetap dilakukan dengan membaca doa di atas.

7. Usap Dengan Tangan Kanan

ruqyah dengan mengusap memakai tangan kanan lebih dianjurkan, hal ini berdasar hadist A’isyah Radhiyallahu ‘anha “Rasulullah, tatkala dihadapkan pada orang yang mengeluh kesakitan beliau mengusapnya dengan tangan kanan”. (HR Muslim Syarah An Nawawi (14/180). Baca doa sdi atas lalu usapkan dengan tangan kanan ke seluruh tubuh atau bagain yang sakit.

8. Ruqyah Dengan Cara Meniup

Caranya dengan membaca doa di atas lalu ditiup dengan lembut tanpa keluar air ludah  di anggota tubuh yang sakit seperti yang diceritakan oleh A’isyah Radhiyallahu ‘anhaketika ditanya tentang tiupan Nabi Muhammad SW ketika meruqyah “seperti tiupan orang yang makan kismis, tidak ada air ludahya yag keluar”. (HR Muslim kitab As Salam 14/182)

9. Ruqyah Dengan Media Air

Caranya ialah doa di atas dibaca dengan didekatkan pada segelas air putih bersih di mulut, lalu minum airnya hingga habis. manfaat ruqyah dalam islam membersihkan diri anda dari hal – hal yang buruk yang ada dalam tubuh dan diri anda. Selain itu juga untuk menjauhkan diri dari godaan syaitan.

10. Ruqyah Dengan Minyak Zaitun

Merupakan media paling baik menurut Rasulullah, “makanlah minyak zaitun dan olesi tubuh dengan nya, sebab ia berasal dari tumbuhan yang penuh berkah”. (Hadist Hasan Shahihul Jami’ 2/4498). Caranya dengan membaca doa di atas sambil didekatkan pada minyak zaitun lalu usapkan minyak zaitun tersebut ke tubuh anda atau diminum.

11. Ruqyah Dengan Menggunakan Daun Bidara

  • Ambil 7 helai daun bidara atau kelipatannya, tumbuk hingga halus, campur dengan air seember kecil.
  • Aduk dengan tangan yang bersih sambil membaca doa di atas.
  • Pakai airnya untuk mandi atau disemprotkan ke seluruh dinding rumah.

Hal ini pernah dilakukan pada jaman Rasulullah ketika memandikan puterinya (zainab) beliau bersabda “mandikanlah dia tiga, lima, atau tujuh kali, atau lebih dari itu. Jika kalian memandang perlu, maka pergunakan air daun bidara”. (HR Muslim 3/47-48).

12. Ruqyah Sebelum Tidur

Caranya ialah :

  • Gabungkan kedua telapak tangan anda seperti ketika berdoa.
  • Bacakan surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas.
  • Setelah selesai tiukan ke kedua telapak tangan dan usap ke seluruh tubuh dimulai dari wajah dan tubuh bagian depan.
  • Ulang sebanyak 3x

Hal ini berdasarkan Hadist Muslim dari A’isyah Radhiyallahu ‘anha yang menceritakan kebiasaan Rasulullah sebelum tidur.

13. Ruqyah Dengan Debu

  • Ambil lidah di ujung jari, letakkan di tanah yang bersih.
  • Letakkan campuran ludah dan tanah di bagian luka sambil membaca doa di atas dan ditambah doa berikut “Bismillah, dengan nama Allah, debu tanah kami dengan ludah sebagian kami semoga sembuh orang yang sakit dari kami dengan izin Rabb kami”. (HR Bukhari)

14. Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati

Rasulullah mengajarkan untuk memperbanyak dzikir dalam setiap keadaan, sebab akan menjadi benteng penjagaan Allah dari gangguan makhluk lain baik yang terlihat ataupun yang tidak terlihat.

Dzikir  diperintahkan oleh Allah dalam firman Nya di QS Ghafir ayat 55 “mohon ampunlah untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhan mu pada waktu petang dan pagi”,

serta dalam QS Ali Imran ayat 41“perbanyaklah berdzikir menyebut nama Rabb mu dan sucikan Dia setiap sore dan pagi”.

Berdzikirlah sepanjang waktu apapun kegiatan yang anda lakukan, baik secara lisan atau dalam hati, sebagai jalan agar selalu mengingat Nya dan akan mendapat perlindungan Allah dari segala mara bahaya.

[AdSense-C]

15. Tawakkal Kepada Allah

Langkah terakhir ialah berserah diri kepada Allahdengan bertawakkal, manusia hanya bertugas berusaha sesuai kemampuan dan kekuatannya serta berdoa, selanjutnya Allah yang memberikan hasil yang terbaik untuknya.

Demikian artikel mengenai cara meruqyah diri sendiri menurut islam, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua ya. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat dari penulis.

Adakah Doa untuk Menolak Hujan? – Hukum – Dalil

Bismillahirrahmanirrahim.

Hujan merupakan salah satu bentuk rahmat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Banyak amal shalih yang dianjurkan untuk kita lakukan pada saat hujan. Tapi tetap saja kebanyakan orang masih merasa bahwa hujan adalah sebuah musibah karena menjadi salah satu penyebab banjir, jalanan becek, terganggunya suatu kegiatan, dan lain-lain. Benarkan semua itu karena hujan? Lalu bolehkah manusia meminta kepada Allah agar hujan tidak turun atau dapatkah manusia menolak turunnya hujan?

Berikut penjelasan para ulama terkait turunnya hujan dilansir dari muslim.or.id

  1. Hujan adalah kuasa Allah semata.

Hal ini tersirat pada quran surat al-waqiah ayat 68 sampai 69.

”Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. Kamukah yang menurunkannya atau Kamikah yang menurunkannya?” (QS. Al Waqi’ah [56] : 68-69)

Tidak ada sesuatu yang sia-sia jika Allah yang menentukannya. Turunnya hujan adalah salah satu bukti kekuasaan Allah dalam mengatur alam semesta. Allah mengetahui bahwa tanah yang tandus butuh air agar tanaman-tanaman yang indah dan bermanfaat dapat tumbuh, meskipun manusia tidak menyadari itu. Mungkin di suatu daerah hujan dianggap suatu yang biasa saja, tetapi untuk daerah yang lainnya, hujan bisa saja merupakan sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu. Hal ini terdapat dalam quran surat Al-Fushsilat ayat ke 39:

“Dan di antara tanda-tanda-Nya (ialah) bahwa kau lihat bumi kering dan gersang, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya, Pastilah dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Fushshilat [41] : 39).

Sehingga, manusia tidak dapat menolak ataupun mengatur kapan atau dimananya hujan itu harus turun. Melalui ilmu pengetahuan, manusia pun hanya dapat memperkirakannya.

Baca juga:

  1. Berdoalah kepada Allah

Berdoa agar hujan yang datang adalah hujan yang akan memberi manfaat dan tidak merusak apapun. Ketika hujan turun dengan derasnya secara terus menerus, sebagian dari kita pasti khawatir hujan tersebut akan menimbulkan suatu bencana. Oleh karena itu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wassalam mengajarkan sebuah doa yang bertujuan untuk memohon kepada Allah agar Allah menurunkan hujan yang tidak menimbulkan kerusakan dan agar Allah memalingkannya ke tempat-tempat yang memang sangat membutuhkan hujan tersebut.

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan].”

Dalam hadits Anas bin Malik, doa tersebut dipanjatkan ketika hujan tak kunjung berhenti selama seminggu, kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas memohon pada Allah agar cuaca kembali cerah. (HR. Bukhari no. 1014 dan Muslim no. 897).

Doa tersebut juga terdapat versi lebih pendeknya, yakni:

“Allahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa” [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, jangan yang merusak kami]

Maka, kita memang tidak bisa menolak turunnya hujan, tetapi kita bisa memohon kepada Allah agar dihindarkan dari dampak buruk turunnya hujan yang terus menerus. Terlebih untuk saudara-saudara kita yang berada di daerah rawan banjir, sangat dianjurkan untuk membaca doa ini.

Baca juga:

[AdSense-B]

  1. Dilarang untuk mencela hujan meskipun di dalam sebuah doa.

Seringkali terdengar dari lisan manusia kata-kata seperti, “Aduh hujan lagi!” atau, “Yah, hujan!” dan semacamnya. Meskipun sebagian dari mereka sudah memahami bahwa hujan merupakan rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Padahal, hal ini dilarang karena mencela hujan sama saja dengan mencela rahmat-Nya.

Terlebih hujan adalah salah satu ciptaannya yang tidak mengetahui apa-apa dan tidak bersalah karena semuanya tetap Allah yang mengatur. Manusia harus selalu ingat bahwa setiap perkataannya akan dicatat oleh malaikat dan kita tidak tahu mana perkataan yang dapat menjerumuskan ke surga dan bisa saja ada perkataan yang dapat menjerumuskan seseorang ke neraka. Naudzubillahimindzalik.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya ada seorang hamba berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dia pikirkan lalu Allah mengangkat derajatnya disebabkan perkataannya itu. Dan ada juga seorang hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang membuat Allah murka dan tidak pernah dipikirkan bahayanya lalu dia dilemparkan ke dalam jahannam.”[HR. Bukhari no. 6478]

baca juga:

Pada intinya, memang tidak ada dalil yang menerangkan tentang doa menolak hujan, karena hujan merupakan kuasa sekaligus rahmat-Nya atas seluaruh manusia di muka bumi ini. Hanya saja, kita bisa memohon kepada-Nya agar hujan yang turun ke bumi membawa manfaat dan tidak sampai menimbulkan kerusakan. Selain itu, tidak semua kerusakan seperti banjir, tanah longsor, dan semacamnya merupakan akibat dari hujan semata. Pasti ada campur tangan dan kesalahan manusia di dalam peristiwa tersebut.

Contoh sederhananya adalah, membuang sampah sembarangan, menebang pohon sembarangan sehingga tanah gundul, dan mengurangi daerah resapan air dengan membangun berbagai macam bangunan mewah dan megah yang sebetulnya tidak terlalu diperlukan bahkan tanpa memperhatikan kondisi lingkungan. Kalau bukan manusia, siapa lagi yang melakukannya?

baca juga:

17 Doa Pembuka Rezeki Dari Segala Penjuru

Manusia yang mana yang tidak pernah mengharapkan rezeki yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Baik rezeki yang berupa materi maupun non materi. Adapun rezeki yang berupa materi yaitu seperti kekayaan, uang yang banyak, gaji yang besar serta jabatan yang tinggi. Sedangkan rezeki yang berupa non materi yaitu misalnya kebahagiaan, keselamatan dan kesehatan. Baca juga mengenai cara memperlancar rezeki menurut islam.

Allah telah menetapkan rezeki masing-masing orang, namun kita juga jangan lupa untuk berusaha dalam mendapatkan rezeki yang telah Allah tetapkan tersebut. Dan sebagai seorang muslim, kita tidak boleh sembarangan dalam menjemput rezeki.

Tentunya harus mengutamakan kehalalan serta keberkahan dari rezeki tersebut. Dengan seperti itu, maka rezeki yang kita dapatkan pun tidak hanya akan bermanfaat di dunia melainkan akan bermanfaat juga di akhirat.  Untuk mendapatkan rezeki tersebut, maka Allah memerintahkan kita tidak hanya dengan usaha tetapi juga harus disertai doa.

Oleh karena itu, dalam menjemput rezeki kita harus memadukan antara doa agar dimudahkan rezeki dengan usaha agar rezeki yang  kita dapatkan melimpah ruah serta halal. Untuk itu kita tidak boleh melupakan doa pembuka rezeki, agar Allah memudahkan usaha yang kita lakukan sehingga sukses dan lancar.

Seperti yang kita ketahui Allah selalu mengabulkan doa hamba-Nya yang bersungguh-sungguh, dan Allah memerintahkan kita untuk meminta apa saja kepada-Nya termasuk dalam urusan harta dan kekayaan. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 186 yang artinya:

“ Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al-Baqarah  :186)

Perlu kita tahu dalam bekerja, usaha dan kerja keras saja tidak cukup karena semuanya akan sia-sia tanpa doa. Seperti pepatah orang bijak yang mengatakan “ Usaha Tanpa Doa adalah Sombong dan Doa Tanpa Usaha adalah Kosong”. Semetara Allah memerintahkan kita untuk berusaha dan harus disertai dengan doa pembuka rezeki tentunya. Baca juga mengenai fadhilah surat al waqiah.

Bahkan dalam Al-Quran pun ada salah satu surat yang dapat membuka pintu rezeki kita, surat itu adalaah surat Al-Waqiah. Dengan mengamalkan surat Al-Waqiah pada sore hari, kemudian banyak membaca wirid serta memperbanyak dzikir, rajin menyambung tali silaturahim, serta gemar memberikan sedekah, insyaa Allah rezeki kita akan dilimpahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Baca juga mengenai doa pembuka 12 pintu rezeki.

Selain itu, ada banyak doa yang dapat kita baca untuk membuka rezeki dan kekayaan yang kita inginkan. Untuk lebih lengkapnya, marilah kita simak 17 (tujuh belas) doa pembuka rezeki dari segala penjuru di bawah ini.

1. Terdapat Dalam Surat Al-Maidah Ayat 114

Allahumma rabbanaa anzil ‘alainaa maaidatan minas samaai takuunu lanaa ‘idan liawwalinaa wa aakhirinaa wa aayatan minka warzuqnaa wa anta khairur raaziqiina

Artinya : “ Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama.” (QS Al-Maidah : 114)

2. Terdapat Dalam Surat At-Thalaq Ayat 3

Wayarzuqhu min haitsu laa yahtasibu, waman yatawakkal ‘alallahi fahuwa hasbuhu, innallaha baalighu amrihi, qad ja’alallahu likulli syai-in qadran

Artinya : “ Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah akan mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS At-Thalaq : 3)

[AdSense-B]

3. Terdapat Dalam Surat Al-Qasas Ayat 24

Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khairi faqiirun

Artinya : “ Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (QS Al-Qasas : 24)

4. Terdapat Dalam Hadist Tirmidzi

Allahummak-finii bihalaalika ‘an haraamika, wa ‘aghninii bifadhlika ‘amman shiwaaka

Artinya : “ Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR Tirmidzi)

5. Selanjutnya Juga Terdapat Dalam Hadist Tirmidzi

Allahumma rabbas-samaawaatis-sab’i, wa rabbal ‘arsyil ‘adziim, rabbanaa wa rabba kulla syai-in, wa munzilat-tauraata wal injiila wal quranaana, faaliqal-habba wan nawaa, a’uudzubika min syarra kulla dzii syarra anta aakhidzun binaa shiyatihi, antal awwalu falaisa qablaka syai-un, wa antal aakhiru falaisa ba’daka syai-un, wadzhaahiru falaisa fauqaka syai-un, wal baathinu falaisa duunaka syai-un, iqdi ‘annaddaina waghninii minal faqri

Artinya : “ Ya Allah, Tuhan bagi tujuh lapisan langit, juga Tuhan ‘Arasy yang Agung, Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu. Yang menurunkan Taurat, Injil dan Quran. Yang menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan menghasilkan buah-buahan. Aku mohon berlindung dengan-Mu daripada kejahatan segala sesuatu yang jahat yang ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu. Engkaulah yang awal tiada suatu pun sebelum Engkau. Engkaulah yang akhir, tiada suatu pun yang selepas Engkau. Engkaulah yang jahir, tiada suatu pun yang di atas Engkau. Engkaulah yang bathin, tiada suatu pun yang di bawah Engkau. Tunaikanlah hutangku dan berilah aku kekayaan daripada kefakiran.” (HR Tirmidzi)

6. Terdapat Dalam Hadist Muslim

Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa’aafinii, warzuqnii

Artinya : “ Ya Allah  ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit) dan berikanlah rezeki kepadaku.” (HR Muslim)

[AdSense-A]

7. Doa Pembuka Rezeki yang Ketujuh

Alhamdulillahil ladzii razaqanii haadzaa min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin, Allahumma baarik fiihi

Artinya : “ Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rezekiku.”

8. Terdapat Dalam Hadist Ibnu Majah dan Ahmad

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalaan

Artinya : “ Ya Allah sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR Ibnu Majah no 925 dan Ahmad 6:305)

9. Doa Pembuka Rezeki yang Kesembilan

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘alaa thoo’atika, wa ahsin ‘amalii waghfirlii

Artinya : “ Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Penjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

10. Doa Pembuka Rezeki yang Kesepuluh

Allahumma innii as-aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’abin walaa masyaqqatin walaa dhoirin walaa nahsabin innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir

Artinya : “ Ya Allah aku minta pada Engkau akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau Kuasa atas segala sesuatu.”

11. Doa Pembuka Rezeki yang Kesebelas

Allahummaf tahlii abwaabal khairi, wa abwaaba shalaamati, wa abawaabas shihaati, wa abwaaban ni’mati, wa abwaaba barakati, wa abawaabal quwwati, wa abwaabal mawaddati, wa abwaabar rahmati, wa abwaabar rizqi, wa abwaabal ‘ilmi, wa abwaabal maghfirathi, wa abwaabal jannati, yaa arhamarraahimiin

Artinya : “ Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu keselamatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu ni’mat, pintu-pintu keberkahan, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu cinta sejati, pintu-pintu kasih sayang, pintu-pintu rezeki, pintu-pintu ilmu, pintu-pintu ampunan dan pintu-pintu surga. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

12. Doa Pembuka Rezeki yang Kedua Belas

Rabbighfirlii wahablii mulkan laa yan baghii li-ahadin min ba’dii, innaka antal wahhaab

Artinya : “ Ya Tuhanku ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah yang Maha Pemberi.

13. Doa Pembuka Rezeki yang Ketiga Belas

Allahumma yaa ghaniyyu yaa hamiidu yaa mubdi’u yaa mu’iidu yaa rahiimu, yaa waduudu aghninii bi halaalika’an haraamika wakfinii bi fadhlika ‘amman siwaaka wa shallallahu ‘alaa muhammadin wa ‘aalihi wa sallama

Artinya : “ Wahai Allah, wahai Dzat yang Maha Kaya, wahai Dzat  yang Maha Terpuji, wahai Dzat yang Memulai, wahai Dzat yang mengembalikan, wahai Dzat yang Mencintai. Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas Junjungan kita Nabi Muhammad, keluarga dan sahabat beliau.”

14. Terdapat Dalam Surat Al-An’am Ayat 95

Innallaha faa liqul habbi wan nawaa yukhrijul hayya minal mayyiti wa mukhrijul mayyiti minal hayyi, dzaalikumullahu fa annaa tu-fakuuna

Artinya : “ Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati, dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. (Yang memiliki sifat-sifat) demikian ialah Allah, maka mengapa kamu masih berpaling?” (QS Al-An’am : 95)

15. Terdapat Dalam Surat Al-Jin Ayat 28

Liya’lama an qad ablaghuu risaalaati rabbihim waa ahaathaa bimaa ladaihim wa ahshaa kulla syai-in ‘ada daa

Artinya : “ Supaya Dia mengetahui, bahwa sesungguhnya rasul-rasul itu telah menyampaikan risalah-risalah Tuhannya, sedang (sebenarnya) ilmu-Nya meliputi apa yang ada pada mereka, dan Dia menghitung segala sesuatu satu per satu.” (QS Al-Jin : 28)

[AdSense-C]

16. Terdapat Dalam Surat An-Naba’ Ayat 38

Yauma yaquumur ruuhu wal malaaikatu shaffan laa yatakal lamuuna illaa man adzina lahur rahmaanu wa qaala shawaabaan

Artinya : “ Pada hari ketika ruh dan para malaikat berdiri bershaf-shaf, mereka tidak berkata-kata, kecuali siapa yang telah diberi izin kepadanya oleh Tuhan Yang Maha Pemurah; dan ia mengucapkan kata yang benar.” (QS An-Naba : 38)

17. Doa Pembuka Rezeki yang Terakhir

Laa ilaaha illallahul malikul haqqul mubiin

Artinya : “ Tiada Tuhan selain Allah, yang Maha Raja, Maha Benar, dan Maha Nyata.”

Itulah 17 (tujuh belas) doa pembuka pintu rezeki dari segala penjuru yang berasal dari Al-Quran dan Al-hadist. Semua di paparkan secara jelas, semoga setelah membaca artikel ini pengetahuan kita tentang doa pembuka rezeki semakin bertambah. Baca juga mengenai amalan memperlancar rezeki.

Sekian pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf atas segala kesalahan dalam penulisan dan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk singgah di artikel ini. Terima kasih dan sampai jumpa.

17 Doa Agar Wanita Jatuh Cinta Dalam Islam

Hal – hal yang berhubungan dengan cara mendekatkan jodoh dalam islam, sebaiknya kita terlalu khawatir atau pun gelisah, karena Allah Swt sendiri sudah menjanjikan dalam Al Qur’an bahwasannya seluruh umat manusia pada dasarnya diciptakan dengan berpasangan-pasangan. Hal ini diperkuat dan sudah sangat jelas di dalam surat Al Hujurat ayat 13 yang artinya seperti di bawah ini :

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujurat [49] : 13)

Dari penjelasan ayat di atas, alangkah baiknya kita tidak usah terlalu bingung atau pun berpikir keras mengenai siapa jodoh kita. Semua urusan kita serahkan saja kepada Allah yang Maha Kuasa dan Maha Mengetahui apa yang ada di seluruh dunia serta isinya ini. Namun dianggap wajar saja apabila kita mengagumi seseorang. Disisi lain kita juga wajib untuk terus berightiar.

Di dalam kehidupan kita sebenarnya tidak ada doa untuk mendapatkan jodoh dalam islam yang spesifik dan khusus. Yang wajib kita lakukan ialah hanya dengan cara terus mendekatkan diri kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa ikhtiar seperti halnya doa-doa untuk menaklukan hati seorang wanita/pria sama saja.

1. Membaca Surat Yusuf Ayat 4

Banyak yang beranggapan bahwa ayat ini bisa dipakai untuk salah satu doa memikat wanita dalam islam. Namun perihal segala keputusan tetap saja berada ditangan Allah SWT. Yang paling penting yakni niat dari dalam diri kita baik dan juga lillahi ta’ala.

Adapun arti dari ayat ini yaitu, “ Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan kelihatan semuanya sujud kepadaku.” (QS Yusuf [12] : 4)

2. Membaca Surat Yusuf Ayat 13 

Di dalam ayat ini menerangkan mengenai berbagai kelebihan yang ada pada diri Nabi Yusuf As. Beliau diceritakan mempunyai pesona yang membuat banyak wanita terpikat dan langsung jatuh hati. Seperti halnya yang sudah kita ketahui kisahnya bahwa banyak wanita tidak sadar sedang menyayat tangannya sendiri ketika mengupas buah – buahan karena mereka begitu terkesima saat melihat paras tampan wajah beliau. Adapun arti dari ayat tersebut yaitu :

“ Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada (keelokan rupa) nya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata:  Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah Malaikat yang mulia.” (QS Yusuf [12] : 31)

3. Membaca Surat Yusuf Ayat 23

Surat yusuf ayat ke 23 ini, dahulu kala juga telah digunakan Nabi Yusuf As.

“ Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu, seraya berkata : Marilah kesini. Yusuf berkata: Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik. Sesungguhnya orang-orang yang zalim tidak akan beruntung.” (QS Yusuf [12] : 23)

4. Membaca Surat Thaahaa Ayat 39

Ayat ini sebenarnya masih ada hubungannya dengan surat yusuf sebelumnya yakni ayat 4 yang sudah diulas secara rinci di atas. Jadi apabila ingin memikat hati seseorang, maka setelah membaca surat yusuf ayat 4 kita bisa langsung melanjutkan dengan membaca surat thaahaa ayat 39 ini.

“ Dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dariku, dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasanku.” (QS Thaahaa [20] : 39)

5. Membaca Surat Al Waqi’ah

Surat al wa’qiah merupakan salah satu surat yang sudah dipercaya dan berkembang di masyarakat bahwasannya dapat digunakan sebagai doa mendapatkan jodoh dan rezeki menurut al quran. Surat al waqi’ah ini memang sangat ampuh sebagai salah satu upaya ightiar untuk menaklukan seseorang.

Namun tetap saja, niatkan dalam hati kita masing – masing lillahi ta’ala. Karena manusia boleh berencana sedemikian rupa dan berusaha semaksimal mungkin, namun tetap saja Allah lah yang menetapkan segalanya. Yang menurut kita baik belum tentu baik menurut Allah. Jadi kita tetap wajib berhuznudzon.

[AdSense-B]

6. Membaca Surat Yusuf Ayat 55

Surat Yusuf ayat 55 ini juga merupakan salah satu doa Nabi Yusuf agar disegani oleh orang lain, namun manfaat lainnya dari ayat ini juga bisa dimanfaatkan untuk memikat hati seseorang.

“ Berkata Yusuf : Jadikanlah aku bendaharawan negara (Mesir); sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpengetahuan.” (QS Yusuf [12] : 55)

7. Membaca Dzikir Ya Rahim

Salah satu dari kelompok bacaan Asmaul Husna selanjutnya ialah Ar Rahim. Ar Rahim merupakan salah satu Asmaul Husna yang mempunyai arti Maha Penyayang. Wirid ini bisa dipakai untuk ightiar dalam upaya memikat hati wanita /pria dengan melakukan amalan seperti halnya, menunaikan shalat istikharah sebanyak dua rakaat secara terus menerus dalam beberapa malam dan pada akhirnya kita akan memperoleh ketetapan hati. Kemudian, setelah selesai shalat, kita bisa membaca dzikir ini sebanyak 200 kali .

8. Membaca Dzikir Ya Rahman

Salah satu dari keajaiban asmaul husna yaitu Ya Rahman yang mempunyai arti Maha Pengasih juga bisa langsung diamalkan agar nantinya kita dicintai oleh banyak orang. Banyak Ulama memberikan saran bahwasannya kita bisa selalu membaca surah Ar-Rahman setiap selesai shalat. Karena di dalamnya terdapat kandungan pahala yang teramat banyak. Salah satunya yakni akan membuat wajah kita lebih bercahaya.

9. Membaca Amalan atau Dzikir

Amalan atau dikir yang bisa dibaca seperti halnya di bawah ini:

  • Membaca syahadat sebanyak 3 kali
  • Kemudian membaca Astaghfirullaahal ‘adziim min kulli dzanbin wa atubu ilaih sebanyak 3 kali
  • Setelah itu bershalawat sebanyak 3 kali
  • Kemudian membaca Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar laa haula wa laa quwwata illaa billaahil aliyyil ‘adzim sebanyak 3 kali.

Setelah itu, kirim surat Al Fatihah pada :

  • Ilaa hadratin Nabi Muhammad Saw
  • Ilaa hadratin Malaikat Jibril, wa Izrail, wa Mikail, wa Israil
  • Ilaa hadratin Abu Bakrin, wa Umar, wa Utsman, wa Radiyallahu Anhum
  • Ilaa hadratin Syaikh Abdul Qadir Jaelani
  • Fulanah binti Fulanah.

[AdSense-A]

10. Membaca Surat At Taubah Ayat 128-129

Dua ayat dari surat At Taubah ini juga bisa diamalkan dalam upaya ightiar berkenaan dengan jodoh :

“ Sungguh, telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman.” (QS At Taubah [9] : 128)

“ Maka jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah (Muhammad), Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memliki ‘Arsy (singgasana) yang agung.”(QS At Taubah [9] : 129)

Pengamalannya yakni setelah selesai shalat hajat sebanyak 313 kali, setelah shalat subuh 100 kali lakukan selama satu minggu. Setelah berjalan paling tidak satu minggu, maka kita bisa membaca doa-doa tersebut sebanyak 7 kali saja setiap harinya, namun jika lebih akan lebih baik. Setiap membaca satu bait, anda bisa langsung tiupkan ke bagian kedua telapak tangan, lalu gosokkan ke bagian seluruh wajah.

11. Membaca Amalan Lainnya

Amalan tersebut bisa anda baca langsung seperti di bawah ini :

  • Beristighfar sebanyak 7 kali
  • Membaca surat An Naas sebanyak 7 kali
  • Bersyahadat sebanyak 7 kali
  • Membaca shalawat Nabi “ Laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adzim” sebanyak 7 kali.

12. Membaca Surat At Tahrim Ayat 8

Surat At Tahrim juga merupakan salah satu surat yang di dalamnya ayatnya terdapat kandungan doa yang bisa diamalkan sebagai doa untuk memikat hati seseorang.

“ Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukan kamu ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar dihadapan dan disebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”(QS At Tahrim [66] : 8)

13. Mengamalkan Bacaan Ahabbakal ladzii ahbabtanii lahu

Yang artinya, ‘ Semoga Dzat (Allah) mencintaimu sebagaimana kamu mencintai aku’.

Untuk mengingatkan saja, doa ini diamalkan setiap kali bertemu dengan orang yang dituju dan harus dihafalkan.

14. Mengamalkan Doa – Doa Tertentu

Anda bisa mengamalkan doa – doa di bawah ini dalam upaya berightiar kepada Allah Swt :

“ Allahumma haabib ‘abdaka haza ila i’badikal mukminin wahabbib ilal mukminin”

Yang artinya ‘ Ya Allah, jadikanlah hamba-Mu ini dicintai pada hati yang beriman, dan jadikanlah mereka mencintai orang yang beriman.’ (HR. Muslim)

15. Mengamalkan Surat Ali Imran Ayat 31

Sesungguhnya ayat ini lebih tepatnya digunakan untuk diamalkan agar bisa lebih disukai oleh banyak orang. Namun bisa juga kita amalkan untuk tujuan khusus seperti halnya menarik perhatian seseorang.

“ Katakanlah ya Muhammad! Jika kamu mengasihi Allah, maka hendaklah kamu mengikuti aku, niscaya Allah mengasihi kamu dan mengampuni dosa kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Ali Imran [2] : 31)

16. Membaca Surat Yasin Ayat 36

Jika anda mau memahami kandungan dari ayat Yasin, ternyata ada satu ayat yang bisa digunakan untuk isghtiar mendapatkan jodoh. Tapatnya terdapat pada ayat ke 36 yang artinya :

“ Maha Suci Allah yang menciptakan pasangan-pasangan semua, baik apa ditumbuhkan oleh bumi serta dari mereka maupun dari apa tidak mereka ketahui.” (QS Yasin [36] : 36)

17. Membaca Doa Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad, habibil mahjuubi syaafil ‘ilali wa mufarrijil kurab

Yang artinya ‘ Ya Allah limpahkanlah rahmat atas baginda kami Muhammad yang mencintai dan dicintai Allah, yang menghilangkan segala penyakit dan menghilangkan segala kesempitan (kesusahan).’

Itulah beberapa doa/amalan yang mungkin bisa diamalkan agar lebih disukai banyak orang. Untuk itu, kita sebagai makhluk ciptaan Allah harus selalu menjalankan semua perintahnya dan menyerahkan semuanya kepada – Nya. Manusia memang harus berikhtiar tapi semua ketentuan Allah lah yang memutuskan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel kali ini yang membahas mengenai doa agar wanita jatuh cinta dalam Islam mungkin bisa dijadikan sebagai alternatif sebagai upaya ightiar kita kepada Allah Swt. Sampai disini dulu ya sobat, semoga artikel ini bisa membawa manfaat. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa dilain kesempatan.

10 Keutamaan Membaca Sholawat Luar Biasa

Dalam dasar hukum Islam sudah memberikan banyak kemudahan dalam urusan ibadah seperti sholawat contohnya. Sholawat sangat baik dilakukan untuk mengiringi setiap hembusan dari nafas anda hanya dengan mengucapkannya dalam hati. Manfaat dan keutamaan dari sholawat sendiri sangatlah banyak dan menjadi salah satu ibadah yang agung.

Rasulullah SAW juga bersabda, “Jika orang bershalawat kepadaku, maka malaikat juga akan medoakan keselamatan baginya, untuk itu bershalawatlah, baik sedikit ataupun banyak. “ [HR. Ibnu Majah dan Thabrani].

Dari hadits dalam riwayat diatas bisa dilihat jika melakukan sholawat akan memberikan banyak keutamaan dan juga kebaikan seperti ulasan lengkap yang akan kami berikan dalam kesempatan kali ini.

  1. Diutamakan Saat Kiamat

Seseorang yang secara rutin membacakan sholawat, maka disaat kiamat nanti akan lebih diutamakan dari sekian banyak orang yang lainnya yang merupakan fadhilah sholawat.

“ Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, adalah mereka yang lebih banyak membaca Shalawat kepadaku.“ [HR. Turmudzi dari Ibn’ Mas’ud Ra]

  1. Mendatangkan Rahmat dan Kurnia Allah SWT

Doa dan juga permohonan akan memberikan pengaruh baik untuk mendatangkan rahmat serta karunia dari Allah SWT. Sholawat sendiri merupakan doa agar keinginan tercapai, sehingga seseorang yang bersholawat juga berarti sudah mengundang kedatangan dari karunia serta segala nikmat dari Allah SWT.

  1. Memperoleh Nilai Kebanggaan Tersendiri

Rasulullah SAW sangat menyenangi sholawat sehingga beliau juga bersabda, “Sesungguhnya aku membanggakan adanya kalian kepada umat-umat yang lainnya.“

Sebagai umat yang sangat dibanggakan Allah SWT, sudah sepantasnya kita juga mencintai Rasulullah SAW dengan cara selalu menyebutkan nama beliau setiap kali bersholawat untuk-nya.

  1. Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

Allah SWT pernah bertitah pada Nabi Musa As jika apabila beliau ingin Allah lebih dekat pada Nabi Musa, maka Allah SWT memerintahkan beliau untuk banyak bersholawat.

“Wahai Musa, apakah kamu ingin agar Aku lebih dekat kepadamu daripada kedekatan ucapan kepada lidahmu, daripada bisikan hatimu dari hatimu sendiri, daripada ruhmu ke badanmu dan daripada cahaya matamu pada matamu ?“

Musa as. menjawab, “ Ya, wahai Tuhanku. “ Lalu Tuhan berfirman, “ Maka perbanyaklah membacakan shalawat untuk Muhammad SAW. “

  1. Diangkat 10 Derajat dan Dihapus 10 Keburukan

Sholawat yang dilakukan 1 kali saja sudah akan mendatangkan pengangkatan 10 derajat orang tersebut dan juga dihapuskan 10 kali kesalahan. Bisa dibayangkan jika sholawat dilakukan secara terus menerus, maka akan banyak kesalahan yang dihapus dan juga pengangkatan derajat berkali kali lipat.

[AdSense-B]

Abas bin Malik berkata, telah bersabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali da dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat.“ [HR. An-Nasa’I no. 1296].

  1. Menolak Bencana dan Pemenuhan Hajat

Beberapa sholawat juga mempunyai manfaat khusus yang berbeda untuk setiap pembacanya. Salah satunya adalah sholawat Munjiyat yang sangat berguna untuk menolak segala sesuatu bencana, menghadapi musibah dalam Islam sekaligus pemenuhan hajat yang terbilang besar bahkan untuk kebutuhan mendesak dengan menggunakan cara tertentu yang sudah ditetapkan.

  1. Ada Disisi Nabi Saat Sakratul Maut

Seseorang yang secara teratur membacakan sholawat juga memiliki keutamaan berupa penghargaan yang sangat besar dimana Nabi Muhammad akan hadir di sisi orang tersebut saat sedang menghadapi sakratul maut.

  1. Diberikan Pengampunan Dosa

Membacakan sholawat juga akan memberikan pengampunan dosa besar dalam Islam yang didasari dengan keimanan seorang mukmin, kecintaan dan juga keikhlasan di saat membacakan sholawat tersebut.

“Wahai Abu Kahil, barang siapa membaca shalawat untukku setiap hari sebanyak tiga kali dan setiap malam sebanyak tiga kali, karena cinta dan rindu kepadaku, maka Allah SWT mewajibkan atas diri-Nya untuk mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari tersebut.” [HR Ibnu Abi Ashim dan Ath-Thabrani].

[AdSense-C]

  1. Menjauhkan Kefakiran dan Mendekatkan Keberkahan

Seseorang yang membacakan sholawat juga akan mendapatkan keutamaan berupa dijauhkan dari kefakiran dan juga mendapatkan kelimpahan keberkahan dan juga kebaikan.

  1. Mendapatkan Keberkahan Turun Temurun

Bagi mereka yang sering membacakan sholawat juga akan mendapatkan kebaikan serta keberkahan yang melimpah bahkan sampai ke anak dan cucu mereka.

“Membaca shalawat untuk Rasulullah akan melimpahkan keberkahan pada orang yang membaca shalawat, anak-anaknya dan cucu-cucunya.”  [al-Hadist].

Demikian ulasan dari kami tentang keutamaan membaca sholawat secara rutin yang tidak hanya bisa dirasakan di dunia namun juga saat di akhirat nanti. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan seputar Islami.

17 Doa Al Quran Untuk Memikat Hati Wanita

Allah menciptakan hati sebagai media untuk merasakan berbagai perasaan. Bahagia, kecewa, sedih, senang, benci, suka, duka, cinta dan lain sebagainya. Dalam artikel ini yang akan kita bahas detail adalah tentang perasaan cinta antara manusia yang satu dengan yang lainnya.

Ketika salah satu kita mengagumi atau bahkan mencintai seseorang, pasti banyak cara yang akan dilakukan untuk menarik perhatian dari orang yang dikaguminya. Misalnya dengan cara PDKT istilah anak jaman sekarang atau bahkan sampai mengambil jalan yang salah dengan cara pacaran.

Padahal dalam islam pacaran tidak dibenarkan karena pacaran adalah sesuatu yang mendekati zina. Oleh sebab itu anda wajib mengetahui cara menjauhi zina agar tidak terjerumus pada perilaku yang sangat dibenci oleh Allah Swt.

Perihal cara mendekatkan jodoh dalam islam, seharusnya kita tidak perlu khawatir karena Allah sudah menjelaskan dalam Al Qur’an bahwa manusia diciptakan berpasangan-pasangan. Hal ini dijelaskan dalam surat Al Hujurat ayat 13 yang artinya seperti di bawah ini :

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujurat [49] : 13)

Dari ayat di atas, seharusnya kita tidak usah terlalu risau dan memikirkan tentang siapa jodoh kita. Kita serahkan saja sama Dzat yang Maha Mengetahui apa yang ada di dunia ini. Namun sah dan wajar saja jika kita mengagumi seseorang, karena ikhtiar juga harus kita lakukan.

Sebenarnya tidak ada doa untuk mendapatkan jodoh dalam islam spesifik dan yang perlu dilakukan hanyalah mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Di bawah ini ada beberapa ikhtiar atau lebih khususnya doa-doa untuk menaklukan hati seorang wanita/pria sama saja.

1. Membaca Surat Yusuf Ayat 13

Ayat ini menjelaskan tentang kelebihan yang dimiliki oleh Nabi Yusuf As. Beliau dikisahkan memiliki pesona yang telah memikat banyak wanita, seperti yang kita ketahui kisahnya para wanita tidak sadarkan diri menyayat tangannya ketika mengupas buah karena begitu terpesonanya dengan ketampanan beliau. Adapun arti dari ayat tersebut yaitu :

“ Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada (keelokan rupa) nya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata:  Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah Malaikat yang mulia.” (QS Yusuf [12] : 31)

2. Membaca Surat Yusuf Ayat 4

Banyak yang percaya bahwa ayat ini dapat digunakan sebagai salah satu doa memikat wanita dalam islam. Namun tetap saja semua ketentuan berada ditangan Allah SWT, yang terpenting adalah niat kita baik dan lillahi ta’ala. Adapun arti dari ayat ini yaitu, “ Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan kelihatan semuanya sujud kepadaku.” (QS Yusuf [12] : 4)

Ayat ini memiliki beberapa khasiat diantaranya adalah:

  • Manis jika dipandang orang.
  • Wajah akan terlihat berseri-seri.
  • Senantiasa akan disayangi oleh siapa saja.

[AdSense-B]

3. Membaca Surat Thaahaa Ayat 39

Sebenarnya ayat ini ada hubungannya dengan surat yusuf ayat 4 yang telah dijelaskan di atas. Jadi jika ingin memikat hati seseorang setelah membaca surat yusuf ayat 4 kita lanjutkan dengan membaca surat thaahaa ayat 39 ini. Isi dari ayat ini adalah :

“ Dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dariku, dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasanku.” (QS Thaahaa [20] : 39)

4. Membaca Surat Yusuf Ayat 23

Surat yusuf ayat 23 ini juga merupakan salah satu doa khususnya doa yang digunakan Nabi Yusuf As. Arti dari ayat ini yaitu :

“ Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu, seraya berkata : Marilah kesini. Yusuf berkata: Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik. Sesungguhnya orang-orang yang zalim tidak akan beruntung.” (QS Yusuf [12] : 23)

5. Membaca Surat Yusuf Ayat 55

Ayat ini juga merupakan salah satu doa Nabi Yusuf agar disegani oleh orang lain, ayat ini juga bisa digunakan untuk memikat hati seseorang. Arti dari ayat adalah

“ Berkata Yusuf : Jadikanlah aku bendaharawan negara (Mesir); sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpengetahuan.” (QS Yusuf [12] : 55)

6. Membaca Surat Al Waqi’ah

Surat al wa’qiah adalah salah satu surat yang dipercaya dapat digunakan sebagai doa mendapatkan jodoh dan rezeki menurut al quran. Dari salah satu blog yang saya baca, surat al waqi’ah ini sangat ampuh untuk menaklukan seseorang. Namun tetap saja, niatnya lillahi ta’ala manusia boleh berencana dan berusaha tapi Allah lah yang menentukan semuanya.

[AdSense-A]

7. Membaca Dzikir Ya Rahman

Salah satu Asmaul Husna yaitu Ya Rahman yang artinya Maha Pengasih juga dapat diamalkan agar dicintai banyak orang. Banyak Ulama atau para Ustadz menyarankan untuk selalu membaca surah Ar-Rahman setiap selesai shalat karena kandungan pahalanya teramat banyak salah satunya juga untuk membuat wajah lebih bercahaya.

8. Membaca Dzikir Ya Rahim

Ar Rahim merupakan salah satu Asmaul Husna yang artinya Maha Penyayang. Wirid ini bisa digunakan untuk memikat hati wanita/pria dengan mengamalkannya seperti ini, mendirikan shalat istikharah dua rakaat secara terus menerus dalam beberapa malam sehingga mendapat ketetapan hati. Kemudian, setelah shalat selesai bacalah dzikir ini sebanyak 200 kali .

9. Membaca Surat At Taubah Ayat 128-129

Dua ayat dari surat At Taubah ini juga bisa diamalkan agar disukai banyak orang dan juga untuk memikat hati wanita/pria. Ayat ini berbunyi sebagai berikut:

“ Sungguh, telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman.” (QS At Taubah [9] : 128)

“ Maka jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah (Muhammad), Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memliki ‘Arsy (singgasana) yang agung.” (QS At Taubah [9] : 129)

10. Membaca Amalan atau Dzikir

Amalan atau dikir yang bisa dibaca seperti halnya di bawah ini:

  • Membaca syahadat sebanyak 3 kali
  • Kemudian membaca Astaghfirullaahal ‘adziim min kulli dzanbin wa atubu ilaih sebanyak 3 kali
  • Setelah itu bershalawat sebanyak 3 kali
  • Kemudian membaca Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar laa haula wa laa quwwata illaa billaahil aliyyil ‘adzim sebanyak 3 kali.

Setelah itu, kirim surat Al Fatihah pada :

  • Ilaa hadratin Nabi Muhammad Saw
  • Ilaa hadratin Malaikat Jibril, wa Izrail, wa Mikail, wa Israil
  • Ilaa hadratin Abu Bakrin, wa Umar, wa Utsman, wa Radiyallahu Anhum
  • Ilaa hadratin Syaikh Abdul Qadir Jaelani
  • Fulanah binti Fulanah.

Doa diatas diamalkan setelah selesai shalat hajat sebanyak 313 kali, setelah shalat subuh 100 kali lakukan selama satu minggu. Setelah satu minggu lakukan doa-doa tersebut sebanyak 7 kali saja setiap hari. Setiap membaca satu bait tiupkan ke kedua telapak tangan, kemudian gosokkan ke muka atau wajah.

11. Membaca Surat At Tahrim Ayat 8

Surat At Tahrim juga merupakan salah satu surat yang didalamnya terdapat ayat yang bisa diamalkan sebagai doa untuk memikat hati seseorang. Isi dari ayat tersebut yaitu meminta cahaya kepada Allah SWT, cahaya yang bisa membantu dan membuat kita menjadi lebih menarik di depan orang lain. Arti dari ayat ini yaitu,

“ Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukan kamu ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar dihadapan dan disebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS At Tahrim [66] : 8)

12. Membaca Amalan Lainnya

Amalan tersebut bisa anda baca langsung seperti di bawah ini :

  • Beristighfar sebanyak 7 kali
  • Membaca surat An Naas sebanyak 7 kali
  • Bersyahadat sebanyak 7 kali
  • Membaca shalawat Nabi “ Laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adzim” sebanyak 7 kali.

13. Mengamalkan Doa – Doa Tertentu

Anda bisa simak doa – doa yang saya maksudkan di bawah ini :

“ Allahumma haabib ‘abdaka haza ila i’badikal mukminin wahabbib ilal mukminin”

Yang artinya ‘ Ya Allah, jadikanlah hamba-Mu ini dicintai pada hati yang beriman, dan jadikanlah mereka mencintai orang yang beriman.’ (HR. Muslim)

14. Mengamalkan Bacaan Ahabbakal ladzii ahbabtanii lahu

Yang artinya, ‘ Semoga Dzat (Allah) mencintaimu sebagaimana kamu mencintai aku’.

Untuk mengingatkan saja, doa ini diamalkan setiap kali bertemu dengan orang yang dituju dan harus dihafalkan.

[AdSense-C]

15. Membaca Surat Yasin Ayat 36

Di dalam surat Yasin ternyata juga terdapat salah satu ayat yang dapat diamalkan sebagai doa untuk menarik atau memikat hati perempuan/laki-laki. Tapatnya terdapat pada ayat ke 36 yang artinya :

“ Maha Suci Allah yang menciptakan pasangan-pasangan semua, baik apa ditumbuhkan oleh bumi serta dari mereka maupun dari apa tidak mereka ketahui.” (QS Yasin [36] : 36)

16. Mengamalkan Surat Ali Imran Ayat 31

Sebenarnya ayat ini lebih tepatnya diamalkan agar disukai oleh banyak orang. Namun bisa juga diamalkan untuk menarik perhatian seseorang, isi dari ayat tersebut yaitu :

“ Katakanlah ya Muhammad! Jika kamu mengasihi Allah, maka hendaklah kamu mengikuti aku, niscaya Allah mengasihi kamu dan mengampuni dosa kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Ali Imran [2] : 31)

17. Membaca Doa Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad, habibil mahjuubi syaafil ‘ilali wa mufarrijil kurab

Yang artinya ‘ Ya Allah limpahkanlah rahmat atas baginda kami Muhammad yang mencintai dan dicintai Allah, yang menghilangkan segala penyakit dan menghilangkan segala kesempitan (kesusahan).’

Itulah beberapa doa/amalan yang dapat diamalkan agar disukai wanita atau disukai banyak orang. Dari artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya semua doa itu berisi tentang kebaikan terutama ayat-ayat Allah.

Untuk itu, kita sebagai makhluk Allah harus menyerahkan semuanya kepada Dia yang Maha Mengetahui segalanya. Manusia memang harus berikhtiar tapi semua ketentuan Allah lah yang menentukan.

Sekian dulu pembahasan kita kali ini, mohon maaf jika masih ada kata-kata atau kalimat yang masih belum bisa dipahami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca umumnya dan penulis khususnya. Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel saya ini.

13 Keutamaan Berdoa Dalam Islam Paling Mustajab

Semua hal yang baik selalu memiliki banyak keutamaan khususnya dalam hal ibadah seperti shalat, haji, keutamaan bersedekah dan berbagai amalan baik lainnya. Dengan semakin mendalami dan belajar mengenai keutamaan, maka kita sebagai umat muslim akan selalu terpacu untuk melaksanakan banyak amal kebaikan dalam Islam. Pada ulasan kali ini, kami akan mengulas tentang keutamaan berdoa dalam islam yang bisa anda dapatkan.

  1. Peredam Murka Allah

Doa merupakan cara terbaik untuk meredam murka Allah SWT, sebab Allah SWT sangat membenci hamba-Nya yang tidak pernah meminta pada Allah SWT dan akhirnya membuat Allah SWT jadi murka.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah, maka Allah akan murka padanya.” (HR. Tirmidzi no. 3373. Syaikh Al Albani mengatakan  bahwa hadis ini hasan)

  1. Pengenalan Terhadap Allah SWT Yang Baik

Kegunaan berdoa berikutnya adalah sebagai bukti dari fungsi iman kepada Allah SWT dan juga sebagai sarana untuk mengenal Allah SWT dengan lebih baik dalam rubbubiyah, uluhiyah dan juga segala sifat-Nya. Doa yang dipanjatkan hamba pada Rabbnya memperlihatkan jika ia meyakini Allah dimana Allah SWT Maha Ghoni atau maha mencukupi, Maha melihat, Maha mulia, Maha mampu dan Maha pengasih sehingga sangat patut beribadah tidak pada selainnya.

  1. Tawakal Pada Allah

Doa juga memperlihatkan bukti dari manfat tawakal seseorang pada Allah SWT karena disaat berdoa, maka seseorang meminta tolong pada Allah SWT sehingga ia sekaligus juga menyerahkan segala masalah dan kesulitan yang sedang dialami hanya pada Allah SWT dan tidak pada selain-Nya.

  1. Ibadah

Terkadang dalam kehidupan, kita seringkali tidak peduli dengan dia yang terjadi karena rasa percaya diri terlalu berlebihan atau sedang berada dalam kehidupan yang berkecukupan. Namun yang perlu diketahui adalah jika doa merupakan bagian dari ibadah.

Rasulullah SAW bersabda, “Doa adalah ibadah”, kemudian beliau membaca ayat, “Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu”. [Ghafir : 60].

  1. Doa Merupakan Ibadah Paling Mulia

Perlu diketahui jika doa merupakan hal yang paling mulia di mata Allah SWT dan tidak ada ucapan yang lebih mulia melebihi doa di sisi Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah daripada doa”. [Sunan At-Tirmidzi, bab Do’a 12/263, Sunan Ibnu Majah, bab Do’a 2/341 No. 3874. Musnad Ahmad 2/362]. “Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu“. [Al-Hujurat : 13].

  1. Menolak Takdir Allah SWT 

Doa juga merupakan hal baik yang dilakukan sebab bisa menolak takdir yang tidak bisa dilakukan dengan cara lain selain berdoa. Yang dimaksud dengan takdir disini adalah bergantung dari doa seperti berdoa agar tidak terkena musibah dan sebagainya. [AdSense-B]

“Tidak ada yang mampu menolak takdir kecuali doa”. [Sunan At-Tirmidzi, bab Qadar 8/305-306]

  1. Terhindar Dari Bencana

Memanjatkan doa juga akan bermanfaat sebagai cara menghadapi musibah dalam Islam sebab doa seorang mukmin tidak mungkin ditolak. Namun, doa ini bisa ditunda dan digantikan dengan sesuatu yang jauh lebih maslahat dibandingkan yang diminta baik untuk di dunia maupun di akhirat.

“Dan aku akan berdoa kepada Tuhanku, mudah-mudahan aku tidak akan kecewa dengan berdoa kepada Tuhanku“. [Maryam : 48]

  1. Menenangkan Hati

Doa kepada Allah SWT merupakan salah satu cara agar hati tenang dalam Islam sekaligus mendapatkan faedah baik di dunia dan akhirat. Saat berdoa, maka suasana hati juga terasa lebih tenteram karena mengingat Allah SWT.

Allah SWT berfirman, “Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” ( QS. Ar Ra’du : 28).

  1. Menghilangkan Rasa Putus Asa

[AdSense-A]

Dengan berdoa, maka perasaan putus asa dalam menghadapi masalah akan lenyap seketika  dan lebih termotivasi untuk menghadapi cobaan di dalam hidup sekaligus tetap bersikap positif dalam menanggapi sebuah kegagalan sebab bahaya putus asa dalam Islam sangat berdampak buruk dalam kehidupan. Allah SWT menjadi tempat sandaran terbaik baik setiap hamba untuk bisa bangkit kembali dan Allah SWT sendiri juga sudah memberi jaminan untuk mengganti kegagalan yang sudah dialami dengan sesuatu hal yang jauh lebih baik.

  1. Memperlihatkan Keagungan Allah SWT

Selain keutamaan berdoa dalam islam, berdoa juga memiliki fungsi untuk memperlihatkan keagungan Allah SWT pada setiap hamba-Nya yang lemah. Dengan berdoa, maka manusia menyadari jika hanya Allah SWT yang bisa memberikan kenikmatan, menerima taubat dan juga mengabulkan segala doa yang dipanjatkan.

Allah SWT berfirman, “Siapa yang memperkenankan [doa] orang yang mengalami kesulitan dan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu sebagai khalifah di bumi?. Apakah di samping Allah SWT ada Tuhan [yang lain]?, amat sedikitlah kamu mengingat-Nya”. [QS. An Naml: 62].

  1. Belajar Rasa Malu Pada Allah SWT

Berdoa juga akan mengajarkan rasa malu kita pada Allah SWT, sebab disaat Allah SWT mengabulkan doa yang dipanjatkan, maka seseorang akan merasa malu untuk mengingkari segala nikmat-Nya. Saat manusia ada di puncak keimanan sekali pun, maka seseorang yang rajin berdoa akan semakin dekat [taqarrub] untuk mensyukuri segala nikmat yang diberikan Allah SWT.

  1. Meningkatkan Taqwa

Berdoa sangat baik dilakukan sebagai cara meningkatkan iman dan taqwa pada Allah SWT. Dalam kehidupan terdapat lahir dan batin seperti halnya doa dan usaha dimana artinya doa yang dipanjatkan namun tidak diikuti dengan usaha, maka perbuatan ini adalah sia sia. Sebaliknya, usaha yang tidak diikuti dengan doa, maka kurang berkah sebab iman secara batin akan lebih sulit untuk dilihat dan yang terlihat hanyalah taqwa.

  1. Mencari Kebaikan dan Menjauhkan Menolak Kemadharatan

Doa merupakan cara terbaik agar pintu rahmat bisa terbuka secara lebar dan Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang selalu meminta. Doa juga berguna terhadap sesuatu yang bahkan belum terjadi sehingga sangat baik untuk dilakukan.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa diantara kalian telah dibukakan baginya pintu doa, pasti dibukakan pula baginya pintu rahmat, dan tidaklah Allah diminta sesuatu yang Dia berikan lebih Dia senangi dari pada diminta kekuatan.” Dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “sesungguhnya doa itu bermanfaat baik terhadap apa yang terjadi maupun belum terjadi, maka hendaklah kalian berdoa.” [HR. At-Tirmidzi V/552] no.3548

20 Doa Pengampunan Dosa dalam Islam

Setiap manusia pastinya memiliki dosa dan kesalahan yang sangat banyak selama hidupnya sehingga memang sudah sepantasnya kita selalu memohon pengampunan atas semua kesalahan yang sudah kita lakukan pada Allah SWT. Memohon ampun pada Allah SWT merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia. Allah SWT sendiri juga sudah memberi perintah pada setiap manusia untuk memohon ampunan dosa seperti yang tertulis dalam Al Quran, “Mintalah ampun kepada Rabb kalian, sesungguhnya Dia itu adalah Ghaffar (Maha Pengampun).” [QS Nuh: 10].

Dalam ayat yang berbeda, Allah SWT juga berfirman, “Rabb kalian berkata, “Berdoalah kalian kepada-Ku, maka Aku akan memperkenankan doa kalian.” [QS Al Mukmin: 60]. Untuk membersihkan segala dosa yang sudah pernah kita lakukan, berikut ini, kami akan membagikan beberapa doa pengampunan dosa dalam Islam yang bisa anda bacakan setiap hari untuk mendapatkan pengampunan dari Allah SWT sebab tidak hanya memanjatkan doa di bulan Ramadhan saja yang penting, namun juga doa setiap hari.

  1. HR Al Bukhari (834)dan Muslim (2705)

Abu Bakr Ash Shiddiq radhiallahu ‘anhu berkata pada Rasulullah SAW agar diajarkan sebuah doa yang bisa dibacakan dalam shalat-nya dan Rasulullah SAW berkata:

“Ya Allah, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku dengan kezhaliman yang banyak, sedangkan tidak ada yang mengampuni kecuali Engkau, maka ampunilah aku dengan pengampunan-Mu dan kasihanilah aku. Sesungguhnya Engkau adalah Al Ghafur (Maha Pengampun) dan Ar Rahim (Maha pemberi rahmat).”

  1. HR Al Bukhari (1120) dan Muslim (769)

Abdullah bin Abbas radhiallahu ‘anhu berkata, jika Nabi bangun di malam hari untuk melakukan shalat tahajjud, maka beliau membacakan doa sebagai berikut:

“Ya Allah, segala pujian hanya bagi-Mu: Engkau adalah pengurus langit dan bumi serta apa yang ada di dalamnya. Segala pujian hanya bagi-Mu: Hanya milik-Mu kerajaan langit dan bumi serta apa yang ada di dalamnya.

Segala pujian hanya bagi-Mu: Engkau adalah cahaya langit dan bumi serta apa yang ada di dalamnya. Segala pujian hanya bagi-Mu: Engkau adalah raja langit dan bumi. Segala pujian hanya bagi-Mu: Engkau adalah Al Haq (Yang Maha Benar), janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu adalah benar, surga itu adalah benar, neraka itu adalah benar, para nabi itu adalah benar, Muhammad itu adalah benar dan hari kiamat itu adalah benar.

Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, hanya kepada-Mu aku kembali dari dosa, hanya karena-Mu aku berbantah, dan hanya kepada-Mu aku berhukum, maka ampunilah untukku dosa yang pernah aku lakukan di awal dan di akhir, dosa yang pernah kulakukan secara tersembunyi dan yang secara terang-terangan.

Engkau adalah Al Muqaddim (Yang Maha mendahulukan sesuatu) dan Al Muakhkhir (Yang Maha mengakhirkan sesuatu). Tidak ada sesembahan yang berhak untuk disembah melainkan Engkau.”

  1. HR Al Bukhari (6399)

Abu Musa Al Asy’ari radhiallahu ‘anhu berkata jika Rasulullah SAW pernah memanjatkan doa memohon ampunan dosa sebagai berikur:

“Ya Allah, ampunilah untukku kesalahanku, kebodohanku, sikap berlebihanku di dalam urusanku, dan segala sesuatu yang Engkau lebih mengetahuinya daripada diriku. Ya Allah, ampunilah dosa perbuatan yang kulakukan secara tidak sungguh-sungguh, yang kulakukan dengan sungguh-sungguh, yang kulakukan dengan tidak sengaja, dan yang kulakukan dengan sengaja. Semua hal itu ada pada diriku.”

  1. HR Muslim (216)

Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu berkata jika Rasulullah SAW pernah berdoa di dalam sujudnya dalam memohon ampunan dosa sebagai berikut:

“Ya Allah, ampunilah dosaku seluruhnya, baik yang kecil maupun yang besar, yang pertama maupun yang terakhir, yang tampak maupun yang tersembunyi.

[AdSense-B]

  1. HR Muslim (2697)

Thariq bin Asyam radhiallahu ‘anhu berkata jika apabila ada seseorang yang masuk untuk memeluk Islam, Rasulullah akan mengajarkan shalat padanya sekaligus memerintahkan orang tersebut untuk membaca doa pengampunan dosa sebagai berikut:

“Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, tunjukilah aku, selamatkanlah aku, dan berikanlah rezeki kepadaku.”

  1. HR Al Bukhari (6306)

Syaddad bin Aus radhiallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda jika sayyidul istighfar atau doa istighfar yang paling utama ialah engkau yang mengucapkan sebagai berikut:

Ya Allah Engkau Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau , Engkaulah yang menjadikan aku , dan aku adalah hamba-Mu, aku akan selalu menepati janji-Mu sekemampuan-Ku, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat. Aku kembali kepada-Mu dengan nikmat yang telah Engkau berikan telah Engkau berikan. Aku kembali kepada-Mu dengan dosa, maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.

Barangsiapa yang mengucapkannya di pagi hari dengan penuh keyakinan, lalu dia meninggal pada hari itu sebelum malam tiba, maka dia termasuk golongan penghuni surga. Barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dengan penuh keyakinan, lalu dia meninggal pada malam itu sebelum pagi tiba, maka dia termasuk golongan penghuni surga.”

  1. Doa Memohon Ampunan Menampilkan Aurat

Salah satu penyebab doa tidak dikabulkan Allah SWT adalah karena tidak diikuti dengan pertaubatan. Doa ini bisa dipanjatkan untuk para wanita yang pernah penampilkan aurat yang seharusnya tidak boleh dilihat lawan jenis kecuali yang merupakan muhrimnya dan bukan pada tempat yang seharusnya.

Ya man ‘afa ‘anni wa ‘amma khalautu minas sau`ati fî baitî wa ghairi baiti, ya man lam yu`akhidznî birtikabil ma‘ashi, ‘afwaka ‘afwaka ya karimu ‘afwak.

Wahai Tuhan yang memaafkanku, serta memaafkan dosa (tampaknya) aurat-auratku pada waktu aku menyendiri di rumahku dan pada tempat yang lain yang bukan tempat tinggalku, wahai Tuhan yang tidak menyiksaku karena melakukan berbagai kemaksiatan, aku mohon maaf-Mu maaf-Mu, wahai Tuhan yang maha mulia, aku mohon maaf-Mu.

  1. Doa Memohon Ampun Atas Keburukan

Doa ini bisa anda panjatkan khususnya bagi seseorang yang sudah melakukan banyak keburukan di dunia dan tidak mensyukuri atas segala kebaikan yang pernah Allah SWT berikan dalam kehidupan.

Ilahi lau sa`altani hasanati lawahabtuka laka ma‘a faqrî ilaiha, wa ana ‘abduka fakaifa la tahabu lî sayyi`ati ma‘a ghinaka ‘anha wa anta rabb.

Wahai Tuhanku, kalaulah Engkau memintaku akan kebaikan-kebaikanku, niscaya aku berikan kepada-Mu sekalipun aku sangat butuh kepadanya, dan aku adalah hamba-Mu maka bagaimanakah Engkau tidak memberiku (maaf bagi) keburukan-keburukanku bersama kekayaan-Mu darinya dan Engkau adalah Tuhan yang maha mengatur

  1. Doa Mohon Ampun Atas Semua Dosa

Doa di pagi hari dalam Islam dan bisa dibacakan kapanpun juga ini bisa dibacakan setiap hari untuk memohon segala ampunan dari Allah SWT atas semua kelalaian yang sudah dilakukan sehari hari karena tidak mensyukuri keindahan dunia yang sudah diberikan Allah SWT dan juga kelalaian diri yang mungkin pernah mengabaikan dan tidak menghargai keagungan serta kemuliaan Allah SWT.

Ya allahu ya rahmanu ya rahim, ya hayyu ya qayyum, ya badî‘as samawâti wal ardh, ya dzal jalali wal ikram, u‘fu ‘anni.

Ya Allah wahai yang maha pemurah, wahai yang maha pengasih, wahai yang hidup, wahai yang mandiri, wahai yang menciptakan dengan indah seluruh langit dan bumi, wahai yang mempunyai keagungan dan kemuliaan, maafkanlah aku.

[AdSense-A]

  1. Memohon Ampunan Pernah Menyekutukan Allah

Menyekutkan Allah SWT merupakan dosa besar dalam Islam dan doa ini sangat baik dipanjatkan untuk seseorang yang pernah berdosa sangat besar yakni menyekutukan Allah dengan hal lainnya.

Ya man laisa illa huw, yaa man la ya‘lamu ma huwa illa huw, u‘fu ‘anni.

Wahai yang tidak ada selain Dia, wahai yang tidak ada yang tahu tentang Dia selain Dia, maafkanlah aku.

  1. Doa Memohon Ampunan Untuk Jalan Kebaikan

Doa ini sangat tepat dibacakan untuk memohon ampunan atas kelemahan diri dalam kelemahan saat menyampaikan doa atau mengungkapkan keinginan dan memohon agar ditunjukan jalan terbaik menuju kebenaran di jalan Allah SWT.

Allahumma in fahihtu ‘an mas`alati, au ‘amitu ‘an thalibati, fadullani ‘ala mashalihi, wa khudz binashiyati ila marasyidi. Allahummahmilni ‘ala ‘afwika wala tahmilni ‘ala ‘adlik.

Ya Allah jika aku lemah dalam menyampaikan permintaanku, atau aku buta dalam mengutarakan keinginanku, maka tunjukilah aku kepada yang baik bagiku, dan peganglah ubun-ubunku ke arah kebenaranku. Ya Allah bawalah aku kepada maaf-Mu, dan janganlah Engkau bawa aku kepada keadilan-Mu.

  1. Doa Istighfar

Ini merupakan doa memohon pengampunan dosa atas segala perbuatan dosa sekaligus berjanji untuk tidak mengulangi dosa atau kesalahan yang serupa mulai dari perkataan, tatapan, hati dan pikiran.

Allahummaghfir lî ma anta alamu bihi minni, fain ‘udtu fa‘ud ‘alayya bil maghfirah. Allahummaghfir li ma wa`aitu min nafsi walam tajid lahu wafa`an ‘indi. Allahummaghfir li ma taqarrabtu bihi ilaika bilisani tsumma khalafahu qalbi, Allâhummaghfir li ramazatil alhazh, wa saqathatil alfazh, wa syahawatil janan, wa hafawatil lisan.

Ya Allah ampunilah aku yang Engkau lebih tahu tentangnya dari diriku, bila aku mengulangi lagi perbuatan dosa, maka ulangi lagi ampunan-Mu. Ya Allah ampunilah dosa-dosa janjiku yang telah kuikrarkan, namun Engkau tidak mendapatiku memenuhinya. Ya Allah ampunilah dosa-dosa pendekatan diriku kepada-Mu dengan lidahku yang kemudian hatiku menyalahinya. Ya Allah ampunilah dosa-dosa lirikan mata, pemilihan kata-kata yang tidak baik, hasrat hati dan kesalahan dalam bicara.

  1. Memohon Pengampunan Pelanggaran Perjanjian

Ini merupakan salah satu doa yang baik dibacakan supaya bisa mendapat pengampunan dosa atas semua dosa dan kesalahan yang dilakukan berhubungan dengan pelanggaran janji kita pada Allah SWT dalam segala hal.

Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani, wa ana ‘abduka (amatuka jika muslimah) wa ana ‘ala ‘ahdik, wa abu`u bini‘matika ‘alayy, wa abu`u laka bidzanbi, faghfir lî innahu la yaghfirudz dzunuba illa ant.

Ya Allah Engkaulah Tuhanku tidak ada tuhan selain Engkau, Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku terikat dengan perjanjian dengan-Mu. Aku mengakui kenikmatan-Mu kepadaku dan aku mengakui dosa-dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku, sebab sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau.

  1. Doa Memohon Pengampunan Kezaliman

Untuk anda yang sering melakukan kezaliman besar pada diri sendiri, maka bisa memanjatkan doa memohon pengampunan dosa ini sehingga bisa mendapat rahmat dan pengampunan dari Allah SWT atau bisa memanjatkan doa orang teraniaya dalam Al Quran.

Allahumma inni zhalamtu nafsi zhulman katsira, wala yaghfirudz dzunuba illa ant, faghfir li maghfiratan min ‘indika warhamni, innaka antal ghafurur rahim.

Ya Allah, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri dengan kezaliman yang besar, dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau, maka ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu dan rahmatilah aku, sungguh Engkau maha pengampun lagi maha penyayang.

  1. Doa Mohon Ampun dan Pertaubatan

Doa ini merupaka doa sehari hari yang bisa dibacakan untuk memohon pengampunan atas segala dosa yang pernah dilakukan secara sengaja dan tidak sengaja.

Allahumma inni astaghfiruka lima tubtu minhu ilaika tsumma ‘udtu fih, wa astaghfiruka lima wa‘adtahu min nafsi tsumma akhlaftuk, wa as taghfiruka linni‘amil lati an‘amta biha ‘alayya fataqawwaitu biha ‘ala ma‘shiyatik.

Ya Allah, aku memohon ampun kepada-Mu terhadap dosa yang aku telah bertobat darinya, kemudian aku mengulanginya lagi. Aku memohon ampun kepada-Mu terhadap dosa janjiku dari diriku, kemudian aku menyalahinya. Dan aku memohon ampun kepada-Mu untuk segala kenikmatan yang Engkau karuniakan kepadaku, lalu dengannya aku menjadi kuat dalam berbuat maksiat kepada-Mu.

  1. Doa Memohon Ampun Dengan Istighfar

Doa untuk menghadapi ujian dan juga memohon pengampunan dosa berikut ini memakai kalimat istighfar yang diriwayatkan oleh Amirul Mu’minin, Ali bin Abi Thalib as yang berhubungan dengan ayat Al Quran dimana seluruhnya menyatakan tentang Allah SWT yang maha mengampun lagi maha penyayang.

Allahumma innaka qulta fî muhkami kitabikal munzal, ‘ala nabiyyikal mursal, shallallahu ‘alaihi wa ãlihi wa qaulukal haqq, Kanû qalîlan minal laili ma yahja‘un, wa bil ashari hum yastaghfirun. Wa ana astaghfiruka wa atubu ilaik.

Ya Allah Engkau telah berfirman dalam kitab-Mu yang sempurna yang diturunkan kepada Nabi-Mu yang diutus dan firman-Mu benar: Mereka itu sedikit tidur di malam hari dan pada waktu sahur mereka meminta ampun. Dan aku meminta ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu.

  1. Doa Pengampunan Dari Tempat Tidak Baik

Doa ini dipanjatkan untuk memohon pengampunan atas kesalahan yang sudah diperbuat berhubungan dengan perbuatan pernah berpaling dari Allah SWT yakni tempat yang tidak baik.

Wa qulta tabarakta wa ta‘alait, Tsumma afîdhu min haitsu afadhan nasu wastaghfirullaha innallaha ghafurun rahîm. Wa ana astaghfiruka wa atubu ilaik.

Engkau berfirman Engkau maha berkah dan Engkau maha tinggi: Kemudian bertolaklah kamu dari tempat orang-orang bertolak dan memohon ampunlah kepada Allah sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang. Dan aku memohon ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu.

[AdSense-C]

  1. Doa Pengampunan Karena Tidak Sabar

Doa agar dipermudah segala urusan ini dikhususnkan bagi seseorang yang ingin meminta pengampunan karena selama hidup pernah berlaku tidak sabar dalam menjalani hidup.

Wa qulta tabarakta wa ta‘alait: Ashshabirîna wash shadiqina wal qanitîna wal munfiqina wal mustaghfirina bil ashar. Wa ana astaghfiruka wa atûbu ilaik.

Engkau berfirman Engkau maha berkah dan Engkau maha tinggi: Orang-orang yang sabar yang benar yang taat dan yang meminta ampun di waktu sahur. Dan aku memohon ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu.

  1. Doa Pengampunan Dosa Untuk Orang Lain

Selain dipanjatkan untuk memohon ampunan bagi diri sendiri, doa ini juga berkhasiat untuk meminta ampun bagi orang lain atas perbuatan dosa yang mereka lakukan.

Wa qulta tabarakta wa ta‘alait, Istaghfir lahum au la tastaghfir lahum in tastaghfir lahum sab‘ina marraan falan yaghfirallahu lahum. Wa ana astaghfiruka wa atubu ilaik.

Engkau berfirman Engkau maha berkah dan Engkau maha tinggi, Mintakan ampunan bagi mereka atau kamu tidak memintakan ampunan buat mereka, jika kamu mintakan ampunan untuk mereka sebanyak tujuh puluh kali, maka Allah tidak akan mengampuni mereka. Dan aku memohon ampun kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu.

  1. Mohon Ampun dan Taubat

Doa agar keinginan tercapai yang baik dipanjatkan sebagai permohonan ampun ini juga harus diikuti dengan pertaubatan agar diberikan karunia oleh Allah SWT.

Wa qulta tabarakta wa ta‘alait, Wa anistaghfiru rabbakum tsumma tubu ilaihi yumatti‘kum mata‘an hasanan ila ajalin musamman wa yu`ti kulla dzi fadhlin fadhlah. Wa ana astaghfiruka wa atubu ilaik.

Engkau berfirman Engkau maha berkah dan Engkau maha tinggi, Dan mintalah ampunan kepada Tuhan kamu kemudian bertobatlah kepada-Nya niscaya Dia berikan karunia yang baik kepadamu sampai masa tertentu, dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang punya keutamaan (balasan) keutamaannya. Dan aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu.