10 Doa di Malam Lailatul Qadar yang Mustajab

Malam lailatul qadar adalah malam spesial yang ada di bulan Ramadhan. Malam lailatul qadar adalah malam dimana al-quran diturunkan pertama kali dan menjadi tonggak sejarah dalam islam. Tonggak sejarah dalam islam ini berawal dari kitab Al-Quran yang menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia, khususnya umat islam yang meyakini kebenaran islam. Puasa Ramadhan dan cara pelaksanaannya memiliki kekhususan sendiri, khususnya terhadap adanya malam lailatul qadar.

ads

Dalam informasi hadist, lailatul qadar menjadi malam yang bernilai 1000 bulan. Artinya amalan di bulan itu menjadi bernilai lebih dan spesial. Walaupun ada banyak perbedaan pandangan dan pendapat dari pra ulama, tentunya kita harus menjadikan kesempatan lailatul qadar ini sebagai moment untuk terus menjadi lebih baik dan memberikan yang terbaik dalam ibadah kita kepada Allah.

Tentunya, lailatul qadar tidak sembarang orang bisa mendapatkan makna dan hikmahnya. Hanya orang-orang yang mampu berpikir, merenungi keadaan, merenungi dirinya, mengevaluasi dirinya dan juga mendapatkan kesadaran yang tinggi yang bisa mendapatkannya. Untuk itu, ketika malam lailatul qadar hadir, disarankan untuk terus berdoa, beribadah, itikaf, merenungi alam semesta, mengevaluasi diri, agar bisa menangkap tanda-tanda kekuasaan Allah lebih banyak.

baca juga:

Doa-Doa Mujarab yang Bisa Dibaca Saat Lailatul Qadar

Salah satu hal yang bisa kita lakukan saat malam lailatul qadar adalah berdoa. Berdoa bukan saja berarti kita hanya meminta kepada Allah melainkan sebagai pengisi spiritual kita agar terus bersemangat dalam berikhtiar dalam kebaikan sebagai langkah mendekatkan diri pada Allah SWT dan mencapai Dunia Menurut Islam, Sukses Menurut Islam, Sukses Dunia Akhirat Menurut Islam, dengan Cara Sukses Menurut Islam.

Hakikat doa di malam lailatul qadar tentunya tidak berhenti hanya pada meminta saja. Doa bagi Allah dikabulkan atau tidak, tidak pernah kita ketahui. Untuk itu, manusia diperintahkan untuk senantiasa berikhtiar dan bekerja keras agar menggapai pertolongan Allah. Doa di malam lailatul qadar tidak ada kehususan. Kita bisa membaca doa apapun selagi memang hal tersebut dibenarkan, dan terlebih terdapat dalam Al-Quran.

Berikut ini adalah 10 doa-doa yang bisa kita baca saat malam lailatul qadar, agar menjadi pengingat dan juga penyemangat spiritual kita untuk tetap terus berada di jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

baca juga:

  1. Doa Meminta Keturunan yang Taat dan Baik

“Ya Tuhan, terimalah amal kami. Sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada-Mu, dan jadikanlah pula anak turunan kami umat yang tunduk patuh kepada-Mu. Tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, serta terimalah taubat kami. Sungguh Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” (QS : Al Baqarah : 127 -128)


  1. Doa Memohon Ampun dan Pertolongan

“Ya Tuhan, janganlah Engka siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Tuhan, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana telah Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kamj, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami dalam mengalahkan orang-orang kafir” (QS : Al Baqarah : 286)

baca juga:

  1. Doa Meminta Rahmat Allah

“Ya Tuhan, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami serta memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi.” (QS : Al A’raf : 23)

  1. Doa Meminta Keadilan

“Ya Tuhan, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan haq (adil). Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya” (QS : Al A’raf :  89)

  1. Doa Meminta Jalan yang Benar

“Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah)” (QS : Ali Imran : 53)

baca juga:

  1. Doa Meminta Perlindungan

“Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.” (QS : Hud : 47)

  1. Doa Meminta Ampunan

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami berikanlah ampunan kepadaku dan kepada kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)” (QS: Ibrahim : 40-41)

  1. Doa Meminta Keteguhan Iman

“Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong.” (QS : Al Isra : 80)

baca juga:

  1. Doa Meminta Kemudahan Urusan

“Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (QS : Thaha : 27)

  1. Doa Meminta Petunjuk

“Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini” (QS : Al Kahfi : 10)

Itulah referensi 10 doa dari Al-Quran yang bisa kita baca saat di malam lailatul qadar. Tentunya doa-doa tersebut yang berasal dari Al-Quran bisa menjadi referensi bagi kita atas masalah-masalah atau keinginan keinginan yang ingin kita selesaikan. Semuanya adalah dalam rangka kita menjalankan Tujuan Penciptaan Manusia, Proses Penciptaan Manusia , Hakikat Penciptaan Manusia , Konsep Manusia dalam Islam, dan Hakikat Manusia Menurut Islam sesuai dengan fungsi agama

Jangan lupa baca:


Malam Lailatul Qadar Bagi Mereka yang Beriman

Malam lailatul qadar akan menjadi malam yang khusus dan spesial bagi mereka yang beriman dan mengerjakan amal shaleh. Untuk itu, perkuat ibadah, memperkuat doa, dan mengevaluasi diri adalah hal yang harus dilakukan sebagai hamba Allah. Tidak akan mungkin kita mendapatkan keutamaan malam lailatul qadar jika kita tidak pernah mendekatkan diri kepada Allah termasuk melaksanakan amalan yang diperintahkannya.

Untuk itu, saat malam lailatul qadar kita bisa melaksanakan amalan-amalan yang wajib atau sunnah sebagai bentuk pelatihan diri. Tentunya ada banyak Keutamaan Malam Lailatul QadarShalat Lailatul QadarMalam Lailatul Qadar Keutamaan Malam Lailatul Qodar. Jangan kita berharap apapun selain dari keridhoan Allah dan tentunya hikmah atau manfaat lailatul qadar akan didapatkan ketika kita melaksanakan segala amalan secara konsisten. Bisa jadi keutamaan tersebut belum hadir saat itu juga, tetapi akan kita rasakan di waktu atau bulan-bulan berikutnya. Tentunya butuh keistiqomahan dan keseriusan dalam melaksanakan ibadah-ibadah dari Allah SWT.

baca juga:

Semoga dengan malam lailatul qadar menjadi penyemangat umat islam untuk terus mencari kerdihoan Allah agar selamat baik di dunia maupun di akhirat kelak.

, , , ,




Post Date: Friday 09th, June 2017 / 07:18 Oleh :
Kategori : Doa dan Dzikir