Doa Menyambut Bulan Ramadhan Paling Lengkap

Bulan ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh segenap umat muslm. Setiap orang muslim pada bulan tersebut mendapat kesempatan yang sama untuk mencari keberkahan dari Allah. Pada bulan tersebut segala dosa diampuni, pintu surga dibuka, dan amal kebaikan sekecil apapun akan menjadi pahala.

ads

Banyak orang terkadang merasa khawatir menjelang datangnya bulan ramadhan, umumnya akan berfikir tentang dirinya atau orang terdekatnya apakah bisa melewati bulan ramadhan tersebut sebab manusia tidak ada yang mengetahui sisa umurnya. Sebagai umat muslim hendaknya kita berdoa agar dapat diberi kesempatan melewati bulan penuh hikmah tersebut serta mampu mengisinya dengan kebaikan dan mendapat ampunan atas dosa dosa. Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang doa menyambut bulan ramadhan, yuk langsung saja kita bahas bersama,

Doa Menyambut Bulan Ramadhan yang Diajarkan Rasulullah

Pada jaman Rasulullah, para sahabat dan umat muslim di masa tersebut menyambut bulan ramadhan dengan kegembiraan dan penuh suka cita. Mereka mengungkapkannya dengan doa doa yang berisi harapan kebaikan, keberkahan, dan harapan sebab percaya bahwa keutamaan berdoa dalam islam salah satunya akan mendatangkan kebaikan bagi mereka. Berikut kisah kisah nya yang diriwayatkan dalam berbagai hadist

1. Lathaif Al Ma’arif hal. 264

Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelu datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan, kemudian selama enam bulan setelah Ramadhan, mereka berdoa agar Alah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan”.

Sungguh doa yang dipanjatkan oleh para sahabat Nabi seperti yang dijelaskan dalam hadist tersebut adalah hal yang luar biasa, sebagai hamba Allah mereka bersungguh sungguh mencari kebaikan dan ridho Allah bahkan hingga melakukan doa pada sebelum dan sesudah bulan ramadhan karena mereka mengetahui bulan Ramadhan adalah bulan mulia yang tidak boleh terlewatkan dengan sia sia.

2. HR Ahmad No. 888

Ada satu doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika menjelang awal Ramadhan, doa tersebut diriwayatkan dalam sebuah hadist berikut, “Allahuakbar, Ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan) adalah Allah”.

Doa tersebut dibaca ketika melihat hilal. Doa tersebut dibaca oleh para sahabat sebagai harpaan agar selama bulan Ramadhan diberikan keselamatan serta dapat mengisinya dengan hal hal yang dicintai oleh Allah.Rasulullah percaya manfaat doa dalam islam akan mendatangkan kebaikan dari Allah.


3. HR Ahmad No. 2346

Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta berkahilah kami di bulan Ramadhan”. Doa yang terdapat hadist tersebut juga merupakan doa menyambut bulan ramadhan yang diajarkan oleh Rasulullah dan diterapkan oleh para sahabat serta umat muslim di jaman Rasulullah.

Doa tersebut juga dapat kita terapkan ketika menyambut bulan Ramadhan, sebagai hamba Allah yang mengharap keberkahan, tentu harus diawali dengan doa, dilakukan sungguh sungguh, serta apapun hasilnya diterima dengan ikhlas. sebab  keutamaan ikhlas dalam islam akan mendapatkan ridho dari Allah.

Begitu pula dalam hubungannya dengan bulan Ramadhan, kita memang tidak pernah mengetahui kapan kita akan menutup usia dan kita juga tidak mengetahui apakah segala amalan yang kita lakukan diterima oleh Nya, sebagai hamba Allah kita wajib tetap berprangka baik serta berdoa untuk dapat mewujudkannya, yaitu mendapat keberkahan dalam menjalani ibadah pada bulan Ramadhan.

4. HR Muslim

Doa menjelang bulan Ramadhan yang juga dilakukan pada jaman dahulu oleh Rasulullah dan para sahabatnya ialah doa memohon keimanan yang kuat. Sebagai manusia yang lemah, Allah lah yang maha membolak balikkan hati manusia. Doa dilakukan agar mendapat petunjuk cara menjaga hati-menurut islam selama bulan Ramadhan nanti.

Ada kalanya seseorang justru menjadi lemah imannya di bulan Ramadhan dan malas mengerjakan amal ibadah, padahal pada bulan mulia tersebut justru banyak sekali peluang untuk memperbanyak amal. Dengan doa menyambut bulan Ramadhan ini adalah bentuk permohonan pada Allah agar menguatkan keimanan di hati kita.

Ya Allah, berilah aku keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman, kesehatan yang besar, kekebalan dari penyakit, dan kebolehan  untuk menunaikan shalat, puasa, menghidupkan malamnya dam membaca Al Qur’an. Ya Allah, berilah daku keselamatan di bulan Ramadhan. Terimalah seluruhnya ibadah puasaku dan ibadah ibadah lain di bulan Ramadhan, maka bila Ramadhan berlalu dariku, Engkau sudah memaafkan dan mengampuni dosa dosa ku”.

5. HR Muslim

Segala pujian dan sanjungan untuk Allah semata yang sudah membuat daku dan engkau, dan sudah menetapkan kedudukanmu juga sudah menjadikanmu (bulan Ramadhan) juga sebagai di saat manusia untuk beramal. Ya Allah, anugrahkanlah padaku sebuah anugrah yang diberkati. Ya Allah, curahkanlah padaku keselamatan, kesejahteraan, keyakinan, keimanan, kebajikan, ketaqwaan, bantuan, dan kesuskesan memperoleh apa apa yang Kau cintai dan ridhoi”.

Sebagai hamba Allah, kita wajib senantiasa memuji Nya dengan berbagai kenikmatan yang telah diberikan, salah satu nikmat tersebut ialah diciptakannya bulan Ramadhan yang mendatanagi berbagai kebaikan dan membuka pintu surga bagi segenap makhluk Allah. Doa menyambut bulan Ramadhan sudah selayaknya berisi tentang pujian dan syukur pada Nya seperti pada hadist di atas yang merupakan doa yang biasa dilakukan oleh para sahabat pada jaman Rasulullah. Doa tersebut sekaligus permohonan agar dapat melewati bulan tersebut dengan sukses, artinya dengan mengisi amal kebaikan dan diterima amal kebaikan tersebut.

Doa menyambut bulan Ramadhan berdasarkan Al Qur’an

6. QS Yunus : 58

“Sampaikanlah wahai Nabi Muhammad, bersama karunia Allah dan rahmat Nya, hendaknya bersama itu mereka bergembira. Karunia Allah dan Rahmat Nya itu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan dari harta benda”. Penjelasan dari firman Allah tersebut ialah pada bulan Ramadhan rahmat dan karunia Allah bertebaran untuk setiap hamba Allah, manusia sudah selayaknya menyambut dengan gembira akan datangnya bulan Ramadhan tersebut dengan memperbanyak doa kepada Allah agar dapat bertemu bulan yang paling mulia tersebut.

Karunia dan rahmat Allah jauh lebih baik dari segala hal yang berhubungan dengan duniawi yang bersifat sementara sedangkan amal kebaikan memiliki nilai sebagai bekal hidup di akherat nanti. Hal duniawi misalnya tentang harta benda atau urusan duniawi lain. Sebab itu umat muslim hendaknya menyambut dengan suka cita dan dengan penuh harapan memohon kepada Allah agar mendapat karunia serta rahmat yang dijanjikan Nya tersebut.

7. Al Baqarah : 7

Barang siapa diantara kamu hadir di bulan Ramadhan itu, wajib baginya puasa”. Penjelasan firman Allah tersebut ialah tentang kewajiban pada bulan Ramadhan, yaitu Allah mewajibkan hamba Nya untuk berpuasa. Allah berfirman tentang kewajiban tersebut agar manusia memiliki persiapan dan dapat menjalankan puasa serta amalan lainnya.

Doa menyambut bulan ramadhan dengan membaca firman Allah tersebut akan mengingatkan kita agar melakukan persiapan dengan meningkatkan kualitas diri serta memperbanyak doa. Doa mewujudkan kerinduan akan datangnya bulan Ramadhan, permohonan dan bentuk ketawakkalan kepada Nya.

Allah Menyukai Hamba Nya yang Berdoa Menyambut Ramadhan

Salah satu tanda keimanan adalah seorang mukmin bergembira akan datangnya bulan Ramadhan, seperti menyambut tamu agung yang telah dinantikan. Mempersiapkan segalanya dengan baik tentu akan membahagiakan tamu tersebut. Hendaknya seorang muslim khawatir jika dirinya tidak dapat menjumpai bulan Ramadhan.

Jika ia merasa biasa biasa saja dan tidak ada yang istimewa, bisa jadi ia luput dari kebaikan sebab tidak merasa bergembira dengan karunia Allah. Kegembiraan tersebut karena banyaknya kemuliaan, keutamaan, dan berkah pada bulan Ramadhan. Sehingga ketika menjalani ibadah dan berdoa akan terasa lebih khusyu’. “Bagaimana tidak gembira? Seorang mukmin diberi kabar dengan terbukanya pintu pintu surga, tertutupnya pintu pintu neraka, syetan dibelenggu. Dari sisi manakah ada yang menyamai waktu Ramadhan ini?”. (Latha’if Al-Maarif Hal. 148).

Manfaat Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Bagaimana Allah membuka hati dan menerima amal kebaikan seseorang pada bulan puasa bergantung pada hati orang tersebut. Orang yang  merasa biasa saja dalam menyambut Ramadhan dan tidak melakukan persiapan apapun bahkan merasa bulan Ramadhan sama seperti bulan bulan lainnya merupakan orang yang sombong.

Sebab ia tidak merasa khawatir akan umur nya, akan dosa dosa apa yang telah dilakukannya, dan juga tidak merasa takut jika tidak mampu menikmati indahnya bulan Ramadhan. Doa menyambut bulan Ramadhan akan membuka hati kita akan hari yang abadi di akherat sehingga kita jauh dari sifat sombong.


Manfaat lain yaitu kita akan lebih menjadi sadar untuk memperbaiki diri sehingga pada bulan Ramadhan dapat menjalani ibadah dengan seikhlas mungkin dan menjadi orang baru atau orang yang lebih baik dari sisi akhlak setelah bulan Ramadhan berakhir nantinya. InsyaAllah.

Sampai disini dulu artikel mengenai doa menyambut bulan ramadhan, sudah selayaknya kaum muslim mempersiapkan diri menghadapi kedatangannya, sebab persiapan menyambut awal bulan ramadhan menjadi salah satu langkah awal yang menentukan berhasil atau tidaknya seseorang dalam meraih berbagai keutamaan di dalamnya.

Semoga bermanfaat dan kita diberi umur panjang untuk dapat melewati serta mendapat keberkahan di bulan Ramadhan. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Wednesday 07th, March 2018 / 01:43 Oleh :
Kategori : Doa dan Dzikir