12 Doa untuk mendapatkan Jodoh dalam Islam

Setiap manusia yang ada di dunia ini pasti menginginkan pasangan hidup (suami/istri) yang menemaninya dalam hidup. Hal ini tentu menjadi bagian dari fitrah manusia yang membutuhkan cinta dan kasih sayang. Cinta dan kasih sayang ini yang nantinya akan dirawat dan dipupuk untuk dapat menjadi sebuah keluarga.

ads

Terkait masalah ini Allah sampaikan dalam Al-Quran, “(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan- pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat.” (QS Asy-Syura : 11)

Allah telah membuat sebuah ketetapan di dunia, bahwa setiap yang ada di dunia ini bersifat berpasang-pasangan. Termasuk laki-laki dan perempuan. Antara perempuan dan laki-laki tentu memiliki kekurangan dan kelemahan masing-masing. Untuk itulah berpasang-pasangan bertujuan untuk membantu saatu sama lain, menutupi kekurangan satu sama lain, dan saling mendukung untuk dapat maju mencapai tujuan bersama.

Cara Agar Mendapat Jodoh Terbaik

Untuk bisa mendapatkan jodoh tentu saja manusia harus berusaha dan berdoa. Berusaha sebaik mungkin dan berdoa untuk mendapatkan jodoh yang terbaik. Untuk itu, berikut adalah cara-cara agar mendapatkan jodoh yang terbaik

  1. Berada di Lingkungan yang Shaleh

Untuk bisa mendapatkan jodoh terbaik, maka kita harus berada dalam lingkungan yang baik dan shaleh. Tentunya jodoh kita tidak akan jauh dari mana lingkungan dan pergaulan kita berada. Berada di lingkungan yang shaleh tentunya membuat kita semakin dekat dengan pengondisian yang shaleh pula.

Untuk itu, mendapatkan jodoh yang shaleh pun semakin terbuka lebar dan luas dan berpeluang lebih tinggi dibanding berada di lingkungan yang buruk atau tidak mengondisikan pada agama. Hal ini karena lingkungan islami bisa membentuk pergaulan sesuai dengan  Pengertian Ukhuwah Islamiyah, Insaniyah dan Wathaniyah.

  1. Membuka Diri dalam Pergaulan

Untuk bisa mendapatkan jodoh yang baik, kita pun harus membuka diri dalam pergaulan dan mau untuk bersosialisasi. Tentu orang lain tidak akan mengenal dan bisa memberikan kita kenalan untuk calon jodoh kita jika kita tidak membuka diri dalam pergaulan. Untuk itu hindari sikap eksklusif, memilih milih teman, dan anti sosial jika kita ingin mendapatkan jodoh yang baik dan sesuai dengan karakter kita. Bukalah pertemanan secara luas namun tetap dalam batasan Pergaulan Dalam Islam.

Membuka diri dalam pergaulan artinya kita mau berkenalan dengan orang lain yang baru, menghargai orang lain, bisa berempati dan simpati pada orang lain.


  1. Menjadi Orang yang Konsekuen dan Menerima Pasangan

Ada banyak orang belum mendapatkan jodoh atau lama menemukan jodohnya karena ia orang yang terlalu memilih-milih atau mencari pasangan yang ideal sesuai dengan harapannya 100%. Tentu di dunia ini tidak ada yang sesuai harapan kita 100% mengingat bahwa calon suami atau istri adalah manusia yang pasti memiliki kelemahan. Untuk itu, pandai-pandailah kita mencari orang yang mau menerima kondisi atau keadaan kita begitupun kita yang mau menerima kondisi dan segala kekurangan dia.

Tentu saja dalam membina Keluarga Sakinah Dalam Islam  dan Keluarga Harmonis Menurut Islam kedepannya tidak mudah. Maka butuh komitmen dan konsekuensi yang harus dihadapi dari masing-masing.

  1. Memilih Berdasarkan Agama dan Kecocokan

Memilih atas dasar agama dan kecocokan tentunya adalah hal yang paling utama. Hal ini sebagaimana sunnah Rasulullah SAW bahwa memilih atas dasar agama adalah hal nomer satu sebelum kita melihat atas dasar keturunan, tahta, dan hartanya. Tentu pilihan kita akan menentukan siapa jodoh kita, diri kita sendiri pun juga menentukan. Apabila ada kecocokan maka Konflik dalam Keluarga bisa diatasi dengan mudah.

Hal ini sebagaimana Allah sampaikan, dalam Al-Quran,

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga) “(QS An-Nur : 26)


Doa Untuk Mendapatkan Jodoh

Selain mengikuti Cara Mendapatkan Jodoh Menurut Islam, Doa juga diperlukan. Tidak ada aturan baku dalam berdoa. Allah pun sudah menyampaikan dalam Al-quran bahwa setiap manusia boleh meminta dan memohon kepada Allah. Allah yang Maha Mendengar dan Mengabulkan doa tidak pernah membatasi doa dan permohonan manusia. Tentu saja doa yang dibarengi oleh ikhtiar dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Doa juga bisa diucapkan dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Arab atau bahasa lainnya dimana kita pahami dan mampu menghayati doa tersebut secara mendalam. Hal teknis ini tentu tidak menjadi masalah karena Allah Maha Mengetahui dan Menguasai apa yang ada dalam hati manusia sekalipun.

Di dalam Al-Quran terdapat doa untuk mendapatkan jodoh yaitu : “Rabbana hablana min azwaajina, wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw, waj’alna lil muttaqiena immaa”.

Artinya : “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami jodoh (isteri-isteri) kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang2 yang bertakwa” (QS Al Furqan : 74)

Itulah doa yang terdapat dalam Al-Quran. Untuk doa-doa lainnya sebagai muslim kita bisa membacakan sendiri dan membahasakannya sendiri sesuai dengan kondisi atau konteks masing-masing.

12 contoh doa tersebut adalah:

  1. Ya Allah, Ya Rabb, berikanlah aku kekuatan untuk senantiasa mencari pasangan terbaik di dunia dan akhirat. Berikanlah aku kemudahan dalam ikhtiar agar ibadah pernikahan dan membina rumah tangga dapat terjalin sesuai Ridho-Mu.
  2. Ya Allah, berikanlah petunjuk agar senantiasa mengenal dan mencari jodoh yang terbaik menurut-Mu bukan hanya karena hawa nafsu dan juga kepentingan dunia semata.
  3. Ya Allah berikanlah aku kesabaran dan keistiqomahan dalam mencari pasangan hidup yang dapat mendekatkan diriku selalu pada jalan-Mu bukan hanya untuk jalan dunia semata.
  4. Ya Allah dekatkan aku dengan orang-orang shaleh, lingkungan yang shaleh, dan keluarga yang shaleh agar aku bisa menemukan pasangan hidup yang sesuai dengan RidhoMu dan dekatkan aku dengan mereka agar selalu istiqomah dalam memperbaiki diri..
  5. Ya Allah berikanlah aku pasangan yang terbaik di dunia dan akhirat, dan jangan biarkan aku terperosok pada pilihan yang salah karena aku tidak mendapatkan petunjuk darimu.
  6. Ya Allah, dekatkanlah orang yang menjadi jodohku, agar kami saling mengenali dan memahami, untuk bisa menuju rihdho-Mu dalam tujuan Rumah Tangga yang Sakinah Ma Waddah Wa Rahmah
  7. Ya Allah jangan jadikan aku sebagai orang yang kufur akan nikmatmu, jadikan aku sebagai orang yang mampu mensyukuri nikmatmu yaitu nikmat orang-orang shaleh, dan jadikanlah orang shaleh-shalehah sebagai jodohku kelak
  8. Ya Allah, jika memang bukan jodohku, jangan jadikan orang yang aku pilih dan cintai sebagai penghalang aku untuk senantiasa beribadah di jalanmu. Tunjukkanlah jodohku di jalanmu agar aku selalu dapat menjadi orang yang bersyukur
  9. Ya Allah, berikan aku pasangan yang dapat membuat aku semangat untuk beribadah di jalanmu dan senantiasa istiqomah dalam aturanmu. Jangan biarkan rasa cinta dan kasih sayang kepada manusia menghalangi aku untuk selalu taat pada syariah-Mu
  10. Ya Allah berikan aku kesabaran untuk selalu menjemput jodoh terbaik. Berikan aku keistiqomahan diri untuk selalu memperbaiki diri agar aku pantas mendapatkan jodoh yang terbaik
  11. Ya Allah, jika memang belum jodohku, maka jangan jadikan aku buta terhadap cinta yang sebenarnya yaitu cinta pada-Mu. Jangan biarkan hati ini tertutup hanya karena cinta kepada manusia. Aku serahkan jodoh ku pada apa yang menjadi kehendak-Mu
  12. Ya Allah, berikan aku kemudahan menjalankan usaha untuk menjemput jodohku yang sesuai dengan jalan-Mu. Jangan biarkan aku lalai dari jalan-Mu karena cinta terhadap manusia.

Semoga kita bisa mendapatkan atua menjemput jodoh yang bersama-sama menggapai Tujuan Penciptaan Manusia, Proses Penciptaan Manusia , Hakikat Penciptaan Manusia , Konsep Manusia dalam Islam, dan Hakikat Manusia Menurut Islam sesuai dengan fungsi agama , Dunia Menurut Islam, Sukses Menurut Islam, Sukses Dunia Akhirat Menurut Islam, dengan Cara Sukses Menurut Islam .

, , , , ,




Post Date: Thursday 20th, April 2017 / 11:01 Oleh :
Kategori : Doa dan Dzikir