Doa untuk Mengubah Takdir Jodoh

Sama halnya dengan kematian, jodoh adalah salah satu misteri ilahi. Tak ada yang tahu pasti dengan siapa ia ditakdirkan untuk bersama. Hal inilah yang kerap membuat seseorang dirundung oleh rasa penasaran, bimbang hingga berdebar.

ads

Siapa jodohku? Benarkah dia adalah jodohku? Bisakah dia yang menjadi jodohku? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu barangkali pernah terlintas dibenak setiap insan. Yah, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam salah satu ayat di kitab suci Al-qur’an yang menyatakan bahwa setiap makhluk yang ada di muka bumi ini diciptakan secara berpasang-pasangan.

Hal itu cukup menjadi bukti kuat bahwa setiap insan pastinya ditakdirkan untuk berjodoh atau berpasangan dengan insan lainnya. Hanya saja kita tidak tau siapa orangnya serta kapan waktunya tiba. Meskipun kita bisa mengenali tanda jodoh sudah dekat menurut islam.

Berbicara tentang takdir, telah diketahui bahwa takdir itu terbagi atas dua hal, takdir yang dapat dirubah serta takdir yang tidak bisa dirubah. Lalu dimanakah letak takdir jodoh menurut islam itu?

Bisakah kita mengubah takdir jodoh yang telah ditetapkan oleh Allah swt? Jodoh sebenarnya tak bisa berubah karena sudah tercatat. Namun, sebagaimana Allah memberikan sebab untuk rezeki, demikian pula pada takdir jodoh. Allah memerintahkan manusia untuk berusaha. Seorang yang tidak berusaha untuk takdirnya dianggap sebuah kekeliruan dan kelemahan.

Jadi, jodoh tidak berubah ketika seseorang tidak melakukan usaha apapun untuk merubahnya. Sebagaimana firman Allah swt. yang artinya “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” (QS 13:11). Lalu bagaimana solusinya? Berikhtiarlah! berusaha dan berdoa lah kepada Allah swt agar anda mendapatkan jodoh yang baik dan sesuai dengan keinginan anda.

Anda dapat merubah takdir jodoh dengan doa karena sesungguhnya tak ada yang bisa merubah takdir kecuali doa yang disertai usaha. Adapun doa untuk mengubah takdir jodoh akan diuraikan berikut ini:

  • Doa Jodoh Menurut Alqur’an
Do’a dalam Al-furqon ayat 74:
“Robbana hablanaa min azwazinaa, wadzuriyatinaa, qurata’ayyun, wajaalna lilmutaqqina immamaa”
Artinya: Ya Tuhan kami anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan yang menjadi penyejuk mata hati kami dan jadikanlah kami iman bagi orang2 yang bertaqwa.
  • Doa Jodoh Menurut Hadis
Rasulullah SAW pun telah mengajarkan doa istikharah (menurut hadits Bukhari, Ahmad, dll), yang isinya mengandung permohonan mengubah takdir-Nya:
“Ya Allah, sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih baik untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta [lebih baik pula] akibatnya [di dunia dan akhirat], maka TAKDIRKANLAH dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini. … dan TAKDIRKANLAH kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.“
Selain memanjatkan doa untuk mengubah takdir jodoh, anda juga sangat dianjurkan untuk senantiasa berusaha mencari jodoh dalam islam. Berusaha mendapatkan jodoh tentunya harus sesuai dengan pokok ajaran islam dengan menerapkan cara memilih calon pendamping hidup sesuai syariat islam. Salah satu usaha yang bisa anda lakukan adalah dengan meningkatkan ketaatan serta ketakwaan anda kepada Allah swt. Karena orang yang baik-baik tentunya juga akan mendapatkan jodoh yang baik-baik pula. Oleh karena itu, perbaikilah diri anda mulai dari sekarang.
Demikianlah pembahasan mengenai doa untuk mengubah takdir jodoh.  Semoga bermanfaat.

, ,




Post Date: Monday 03rd, September 2018 / 06:31 Oleh :
Kategori : Doa dan Dzikir