15 Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang

Dear sobat pembaca semua.. semoga selalu berada dalam lindungan dan rahmat Allah. Jumpa lagi dengan penulis ya sobat, seperti biasa penulis akan membagikan wawasan mengenai hal hal keseharian dan dihubungkan dengan hukum serta pandangannya dalam islam. Wawasan islami tentunya sangat bermanfaat untuk sobat tak hanya di dunia saja namun juga di akherat. Sebab itu terdapat keutamaan mengajarkan ilmu dalam islam dan sobat semua jangan sampai lelah membaca informasi terbaru mengenai dunia islam di website dalamislam.com ini. Setuju ya sobat?

ads

Nah sobat, dalam kehidupan sehari hari tentu sobat memiliki aktifitas masing masing, baik itu sekolah, kuliah, bekerja, atau kesibukan mengurus anak dan keluarga. Kesibukan tersebut sejatinya tidak menjauhkan sobat dari agama dan menjadi jalan untuk semakin mendekatkan diri pada Allah dimana hidup yang hanya sekali ini tak bisa diulang atau diperbaiki lagi amalan yang sobat lakukan jika sobat telah tiada nanti atau telah mengalami apa yang disebutkan pada ayat tentang kematian dalam islam.

Bagaimana caranya sobat? untuk tetap bisa beraktifitas sekaligus mendapat pahala dan dekat dengan Allah dan mendapat kasih sayang Allah kepada hambaNya?. Jawabannya adalah dzikir. Ya, amalan yang mudah ini bisa dilakukan sobat kapan saja dalam keadaan apapun, lisan atau di dalam hati. Apa saja kebaikan di dalamnya? Yuk simak selengkapnya sobat dalam artikel berikut, 15 Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang.

1. Mendapat Kasih Sayang Allah

Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan sore, Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (QS. Al-Ahzab: 42-43).

Orang yang berdzikir diibaratkan seperti orang yang mencintai Allah karena selalu mengingatNya dalam keadaan dan aktifitas apapun yakni dengan melakukan keutamaan dzikir pagi dan petang, tentunya setiap kebaikan yang dilakukan seorang hamba akan mendapat kebaikan berlipat dari Allah ya sobat, maka Allah akan memberi kasih sayangNya pada hamba tersebut melebihi apa yang bisa dibayangkan dan dipikirkan.

2. Mendapat Ampunan Dosa

Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu sore dan pagi” (QS. Ghafir: 55). Dzikir tentunya beragam dan diantaranya ada yang berupa permohonan ampun seperti “astagfirullah” yang merupakan zikir harian Nabi Muhammad SAW yang bisa sobat ucapkan kapanpun, dengan membaca dzikir tersebut akan menghapus dosa dosa sekaligus mendapat pahala.

3. Mendapat Anugrah Rasa Sabar

Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)” (QS. Qaf: 39). Jika mengingat Allah dengan berdzikir, tentu hati dan jiwa akan menjadi lebih sabar ya sobat, sebab selalu mengingat bahwa segala ketentuan datangnya dari Allah, beda dengan orang yang lalai mengingat Allah, di hatinya akan terasa tidak tenang dan jauh dari damai.

4. Selalu Mengingat dan Diingat Allah

Perumpamaan orang yang ingat akan Rabb-nya dengan orang yang tidak ingat Rabb-nya laksana orang yang hidup dengan orang yang mati.” (HR. Al-Bukhari dalam Fat-bul Baari XI/208 no. 6407). Jelas ya sobat, bahwa dzikir ialah suatu pertanda bahwa sedang mengingat Allah, Allah pun akan mengingat hambaNya tersebut, dengan demikian segala yang dilakukan akan mendapat keberkahan dan memiliki hati yang hidup karena dipenuhi asma Allah.

5. Amalan yang Disukai Rasulullah

“Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikrullah mulai dari (waktu) sholat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak” (HR. Abu Dawud: 3667). Barang siapa yang mengerjakan amalan yang dianjurkan Rasulullah ialah sebagai wujud bahwa orang tersebut mengikuti apa yang diajarkan dan wujud muslim sejati sehingga benar benar menunjukkan identitasnya sebagai seorang muslim.


6. Amalan Paling Baik di Mata Allah

Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

Dalam islam tentunya banyak amalan yang mendatangkan pahala ya sobat, ternyata yang menjadi salah satu amalan tertinggi di mata Allah adalah berdzikir, tentunya hal ini tidak boleh dilewatkan begitu saja dimana amaalan dzikir ini ialah sesuatu yang mudah dan tak perlu dengan modal apapun, cukup menyebut dan mendalami bacaan dzikir yang diucapkan.

7. Memberi Rasa Tenang

“…Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28). Pencipta jiwa setiap manusia tentunya adalah Allah, dalam jiwa tersebut akan ada ketenangan jika selalu diisi dengan kebaikan dan mengingat Allah, salah satunya dengan dzikir ya sobat, hati dan jiwa tennag jelas akan sobat dapatkan.

8. Pahala Seperti Haji dan Umrah

Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.” (HR. Thobroni). Luar biasa ya sobat pahala yang didapat? tentunya semua itu bisa didapat dengan perbuatan yang ikhlas disertai dengan amalan kebaikan lainnya.

9. Jika Meninggal akan Masuk Surga

Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hambaMu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu menjalankan ketaatan dan menjauhi larangan, pen) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa pahala). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”  (Dibaca 1 x)

Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306)).

Nah sobat, bagi yang mengucapkan bacaan dzikir tersebut dengan penuh keikhlasan, jika ia meninggal akan mendapat pahala berupa masuk surga, tentunya jika diucapkan dengan penghayatan dan disertai dengan tingkah laku kebaikan di hari hari semasa ia hidup ya sobat. Surga memang incaran semua umat muslim, tak ada salahnya mencoba melakukan apapun yang terbaik untuk mendapatkannya ya sobat.

10. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Barangsiapa yang mengucapkan kalimat ‘subhanallah wa bi hamdih’ di pagi dan sore hari sebanyak 100 x, maka tidak ada yang datang pada hari kiamat yang lebih baik dari yang ia lakukan kecuali orang yang mengucapkan semisal atau lebih dari itu.” (HR. Muslim (4/2071, no. 2692)). Jelas dari hadist tersebut ya sobat, syafaat akan didapatkan jika mengucap dzikir tersebut secara rutin dan ikhlas.

11. Terlindung dari Bahaya

Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya.” (Dibaca 3 x pada petang hari). Dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu disebutkan bahwa barangsiapa yang mengucapkan dzikir ini di sore hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut. (HR. Ahmad 2/290). Dalam kehidupan sehari hari tentu ada banyak kemungkinan bahaya ya sobat, dan sobat bisa tercegah dari bahaya dengan membaca dzikir tersebut.

12. Upaya Memohon Perlindungan

Dzikir dan selalu menyebut asma Allah tentunya sama dengan memohon perlindungan kepada Allah ya sobat, dimana dari sekian banyak dzikir tentunya ada yang bermakna memohon perlindungan seperti “laa hawla quwwata illa billah”, sobat bisa mengamalkannya dan membuktikan langsung manfaat yang didapat.

13. Jauh dari Dosa

Dengan mengingat Alah terus menerus dengan jalan dzikir, secara langsung akan mencegah dari dosa dan maksiat sebab selalu ingat bahwa Allah ada dan melihat apa saja yang hambaNya kerjakan, dengan demikian, sobat akan berfikir berulang ulang sebelum berbuat dosa hingga akhirnya tidak melakukan dosa tersebut karena dekatnya hati sobat dengan Allah.


14. Menambah Rasa Khusyu’ dalam Beribadah

Dzikir tentu akan menambah rasa khyusu’ dalam beribadah lain misalnya ketika shalat ya sobat, sebab selalu bersyukur mendapat kesempatan untuk bisa beribadah dan mencari jalan mendekat pada Allah.

15. Mengingat akan Kehidupan Setelah Kematian

Dzikir juga akan mengingatkan sobat akan kematian, dimana hal tersebut ialah perbuatan yang dianjurkan agar jauh dari dosa, tentunya hal ini karena selalu mengingat Allah dan dosa dosa ya sobat, sehingga selalu takut untuk berbuat dosa karena ingat kematian bisa datang kapan saja.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan bermanfaat dan pengetahuan islami yang berkah serta dapat diterapkan dalam rutinitas sehari hari sobat. Terima kasih. Wassalamualaikum wr wb.

, , , , ,




Post Date: Friday 03rd, August 2018 / 01:45 Oleh :
Kategori : Doa dan Dzikir
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.