15 Keutamaan Dzikir Setelah Shalat

Dear sobat pembaca semua.. semoga selalu berada dalam lindungan dan rahmat Allah. Jumpa lagi dengan penulis ya sobat, seperti biasa penulis akan membagikan wawasan mengenai hal hal keseharian dan dihubungkan dengan hukum serta pandangannya dalam islam. Wawasan islami tentunya sangat bermanfaat untuk sobat tak hanya di dunia saja namun juga di akherat. Sebab itu sobat semua jangan sampai lelah membaca informasi terbaru mengenai dunia islam di website dalamislam.com ini. Setuju ya sobat?

ads

Nah sobat, dalam kehidupan sehari hari tentu sobat selalu melakukan shalat fardhu 5 waktu, hal ini wajib ya sobat, apapun keadaan dan kesibukan yang sobat miliki, wajib untuk tetap menjalankannya. Selama ini apa yang sobat lakukan setelah shalat? berdoa? berdzikir? atau langsung pergi berlalu begitu saja? sebagai manusia kita semua memang harus selalu memperbaiki diri ya sobat, termasuk dalam hal kebiasaan setelah shalat.

Kebiasaan baik tersebut adalah membiasakan bacaan doa dan dzikir setelah shalat nih sobat, dzikir seharusnya dilakukan setelah shalat walaupun sebentar sebab itu merupakan bagian dari kekhyusu’kan shalat. Untuk mengetahui manfaat lebih lanjut agar sobat termotivasi untuk melakukannya, yuk sobat simak uraian berikut, 15 Keutamaan Dzikir Setelah Shalat.

1. Menambah Rasa Khusyu’ dalam Berdoa Setelah Shalat

Hai Orang-Orang yg beriman, Berdzikirlah dg menyebut nama Allah, Dzikir yg sebanyak-banyaknya. Dan bertasbilah kepadanya diwaktu pagi dan petang (QS. Al-Ahzab, Ayat 41 dan Ayat 42) ”. Shalat yang terbaik tentu yang dilakukan dengan khidmat dan tidak terburu buru ya sobat, hal itu bisa didapat dengan merutinkan dzikir setelah shalat dan melakukan keutamaan dzikir pagi dan petang, sehingga selalu memiliki jeda waktu untuk mendekat dan meningkatkan rasa iman setelah shalat.

2. Bagian dari Rangkaian Shalat

Maka apabila km sudah menyelesaikan Sholat-Mu, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. (QS. An-Nisa, Ayat 103) ”. Jelas ya sobat, bahwa dzikir juga merupakan bagian dari shalat, tentu jika setelah shalat sobat segera beranjak pergi tandanya kurang menjalankan shalat dengan sempurna, seperti shalat dengan terbuur buru dan tidak memperlama sujud terakhir dalam shalat.

3. Pahala Mulia

Pria dan Wanita yg berpuasa, Pria dan Wanita yg banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan ampunan dan pahala yg besar (QS. Al-Ahzab, Ayat 35) ”. Termasuk pahala yang mulia di sisi Allah ya sobat, ketika bisa menyempatka waktu untuk berdzikir setelah selesai shalat, manfaatnya tentu akan didapat oleh sobat sendiri yakni amal kebaikan dan pahala shalat yang sempurna terlebih jika disertai keutamaan doa di sujud terakhir shalat.

4. Jalan Masuk Surga

Barangsiapa mengucapkan Dzikir ini di Siang hari dlm keadaan yg penuh keyakinan, lalu Dia Mati di Hari tersebut sebelum Sore Hari, maka dia termasuk kedalam Penghuni Surga. Dan barangsiapa yg membacanya di malam hari dlm keadaan penuh keyakinan, lalu dia Mati sebelum Subuh maka dia termasuk kedalam penghuni surga (Hadits Shahih Riwayat Bukhari). Jelas bahwa seseorang bisa mati kapan saja ya sobat, jika sebelum mati melakukan kebaikan tentu akan menjadi jalan kebaikan dan mencegah azab neraka.

5. Amalan Terbaik di Mata Allah

Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi dan Ahmad bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Maukah Aku beritahukan Amalan mu yg terbaik, yg paling tinggi dlm derajat-mu, paling bersih disisi Tuhan mu dan lebih baik daripada menerima Emas dan Perak, Lalu Para Sahabat menjawab pertanyaan Rasulullah SAW tersebut : ‘ Ya Rasul ‘. Lantas Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berkata : ” Zikrullah (Berzikir) ”.

Allah menyukai hambaNya yang menjalankan dzikir setelah shalat dengan rutin, hal ini karena menjadi bukti bahwa seeorang tersebut bersungguh sungguh dalam shalatnya dan menjalankan dengan utuh mulai dari poin poin atau langkah yang wajjib hingga langkah yang sunnah yang menambah kebaikan dari shalat itu sendiri.

6. Diampuni Dosa Dosa

Barangsiapa yg membaca Dzikir Subhanallah disetiap Shalat Wajib sebanyak 33 kali, dan membaca Dzikir Alhamdulillah sebanyak 33 kali, dan membaca Dzikir Takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 kali dan untuk menyempurnakannya .. maka akan diampuni dosa – dosa nya walaupun dosanya sebanyak Buih di lautan (HR. Muslim) ”. Ampunan dosa memang hanya Allah yang tahu ya sobat, namun tak ada salahnya mencoba melakukan yang terbaik untuk bisa menggapai ampunan tersebut.


7. Semakin Dekat dengan Allah

Karena itu, ingat-lah km kepada-ku niscaya Aku ingat pula kepada-mu, dan bersyukur-lah kepada-Ku dan janganlah km mengingkari nikmat-ku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 152). Berdzikir setelah shalat akan menjadi jalan untuk semakin dekat dengan Allah karena melakukan ibadah shalat dengan lengkap disertai dengan ungkapan pujian dan permohonan ampun kepada Allah dengan dzikir tersebut.

8. Menambah Rasa Iman

Agar km sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-nya, menguatkan agama -nya, membesarkan -nya. Dan bertasbih kepada -nya di Waktu Pagi dan Petang (QS. Fath, Ayat : 9) ”. Tentu setiap amal baik yang dilakukan akan menambah rasa iman kepada Allah ya sobat, hal itu termasuk amalan dzikir setelah shalat dimana kalimat dzikir yang diucapkan akan membuat sobat semakin menyaadari kebesaran Allah.

9. Termasuk Sedekah

Disetiap Ruas Tulang (Persendian) Manusia itu ada kewajiban untuk bersedekah setiap Paginya. Tiap tiap Bacaan Dzikir itu adalah Sedekah dan memerintahkan kepada kebaikan juga sedekah, mencegah dari perbuatan kemungkaran itu juga termasuk sedekah….. (Hadits Riwayat Muslim) ”. Sedekah tentu tak harus dengan uang ya sobat, bahkan dzikir yang diucapkan sepenuh hati pun menjadi jalan sedekah yang mulia di sisi Allah.

10. Memberi Ketenangan Hati

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (surat al-Ra’ad ayat 28). Tak dipungkiri lagi bahwa dzikir memang bisa mendatangkan ketenangan dan jiwa yang sejuk karena selalu mengingat Allah, jika sobat ingin mendapat hati yang bebas dari gundah, tentu bisa melakukan amalan ini mulai sekarang ya sobat.

11. Jauh dari Sesat dan Godaan Syetan

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. “. (Az Zumar 23). Syetan tentu senang menggoda manusia karena ia ingin banyak yang menjadi temannya dan ikut susah bersamanya di neraka.

Salah satunya dengan mengganggu ketika shalat agar tidak khusyu’, agar terburu buru, dsb, dengan melakukan dzikir setelah shalat secara rutin, syetan tidak akan mampu melakukan gangguannya tersebut ya sobat, sebab telah disi penuh dengan mengingat Allah sehingga syetan tidak memiliki peluang untuk menjerumuskan dalam keburukan.

12. Melembutkan Hati

Q.S Al – Anfal 45 yang artinya : “Maka sebutlah nama Allah SWT sebanyak – banyaknya demikian itu akan melembutkan dirimu. Dalam sehari hari tentu banyak hal yang menguji kesabaran kita ya sobat, hal itu terkadang dapat membuat hati menjadi keras, namun sobat dapat meluluhkan hati sendiri dengan memperbanyak dzikir setelah shalat sehingga jiwa tenang dan hati terasa lembut dan menjauhkan dari amalan atau perbuatan yang kotor.

13. Menaikkan Derajat Seseorang

Tentunya setiap orang memiliki derajat yang berbeda tergantung dari amal dan perbuatannya ya sobat, dengan rutin melakukan dzikir, tentunya di mata Allah orang yang melakukannya tersebut memiliki derajat yang berbeda, yang lebih tinggi dan lebih baik sebab mengisi waktunya lebih banyak untuk mengingat dan menyebut asma Allah.

14. Mendapat Keutamaan Shalat yang Sesungguhnya

Shalat tentu ada yang sungguh sungguh dan sekedar menjalankan kewajiban saja ya sobat? yang manakah shalat yang dilakukan sobat selama ini? tentunya shalat yang sungguh sungguh ialah yang dijalankan dari awal hingga akhir dengan khusyu’ dan diakhiri atau dilengkapi dengan sunnah sehingga dalam melakukannya benar benar tenang dan tidak terburu buru.


Hal itu juga menjadi penialain dan pahala tersendiri dalam melakukan shalat sobat, tentunya berbeda shalat yang dilakukan dengan terburu buru yang hanya sekedar mengejar kewajiban saja dengan shalat yang dilakukan dari hati dengan mengharap ketenangan dan keberkahan dari Allah sehingga sebisa mungkin dilakukan dengan cara dan doa serta dzikir yang terbaik.

15. Jalan Istiqomah

Nah sobat, jika sobat rutin untuk menjalankannya, tentu menjadi jalan untuk amalan yang istiqomah ya sobat, dimana amalan ini lebih disukai Allah, yakni lebih baik sedikit namun rutin daripada banyak namun hanya dilakukan sekali waktu. Dengan dzikir setelah shalat sedikit atau banyak, jika dibiasakan, tentu akan menjadi jalan kebaikan untuk sobat yang melakukan.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan bermanfaat dan pengetahuan islami yang berkah serta dapat diterapkan dalam rutinitas sehari hari sobat. Terima kasih. Wassalamualaikum wr wb.

, , , , ,




Post Date: Friday 03rd, August 2018 / 02:29 Oleh :
Kategori : Doa dan Dzikir
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.