20 Manfaat takbir yang Luar Biasa

Takbir merupakan ritual mengagungkan nama allah SWT dan meyakini serta percaya  bahwa tidak ada satupun benda atau mahkluk yang lebih agung dan sempurna dari nya. Dengan adanya takbir dapat disimpulkan bahwa kedudukan allah SWT dintara semua mahkluk yang ada dibumi adalah sangatlah mulia dan besar, daripada sesuatu dalam bentuk apapun.

ads

Hal ini sesuai dengan sabda baginda Rasullulah SAW :

“Hai Adi, apa yang membuatmu keberatan? mengapa nampak merasa berat untyk mengucappkan takbir? atau laa ilaahailallah?bukankah kau tahu bahwa memang tidak ada tuhan yang patut kamu sembah selain Allah SWT ?

(al-fatana v/235 Hadits Adi yang ada didalanm almusnad 1v/378 dan pada sunan at tirmidzi no.2935, serta shahih ibnu hibban no.7206)

Inilah manfaat takbir bagi seluruh umat islam didunia :

  1. Untuk mendapatkan ketenangan pikiran dan terhindar dari perasaan buruk yang dapat meninmbulkan fitnah dan dosa. (baca : cara agar hati tenang)
  2. Agar jiwa dan raga dapat terhindar dari perbuatan keji dan mungkar yang hanya akan menjauhkan diri kita pada berkah yang diberikan Allah SWT serta hal-hal yang menghapus amal ibadah.
  3. Dibukakan pintu kemudahan dari allah SWT untuk rejeki dan selalu terjaga pada jalan kebaikan dan kebenaran
  4. Mendapatkan solusi tercepat dan mudah dari allah SWT ketika sedang tertimpa masalah atau hal hal yang membuat hati kita bersedih
  5. Dapat meredakan dan mengendalikan amarah sijago merah atau serangan api dalam musibah kebakaran yang meluap luap dan membesar.
  6. Diberikan ketaqwaan,  ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah yang diberikan oleh allah SWT dalam bentuk apapun
  7. Dapat mendatangkan banyak pahala, berkah dan datangnya rezeki dari Allah dari tempat yang tidak terduga sebelumnya.
  8. Mencegah kejahatan yang terlihat maupun yang tidak terlihat karena lafadz takbir mengandung pertolongan adaan penghadang yang maha kuat untuk  sifat sifat jahat dari manusia ataupun yang bersifat gaib
  9. Memperkuat keimanan dan taqwa kepada Allah SWt beserta utusan terakhirnya Nabi Muhammad SAW.
  10. Dapat membuat hati dan kesadaran akan pentingnya pertolongan allah SWT semakin kuat dan tidak meyakini adanya kekuatan yang melebihi dari kekuatan yang dimiliki Allah SWT.
  11. Memperkuat rasa ukhuwah pada muslim yang lain walaupun mereka membaca kalimah untuk mengagungkan allh SWT yang berbeda misalnya dengan mengucapkan Laa illa hail allahu
  12. Mendapatkan kasih sayang dari allah SWT dan mendapatkan segala berkah dan rahmatnya dari segala penjuru dan mata angin
  13. Selalu mendapatkan kebaikan dari allah SWT dan dari semua yang ada dibumi termasuk dari hewan dan tumbuhan atau alam.
  14. Agar mendapat hidayah berupa kemudahan menghadapi sakaratul maut dan diberikan wajah dengan cahaya yang indah dihari akhirat kelak
  15. Mempertebal rasa percaya dan rasa kecintaan kita terhadap Kekuasaan, kekuatan dan kesempurnaan yang ada pada Allah SWT.
  16. Agar timbul rahmat dari Allah SWT yang diturunkannya pada orang orang terdekat kita
  17. Dipertemukan dengan kematian yang mudah, rtidk merepotkan orang lain dan dikelilingi oleh para malaikat yang mengucapkan salam terakhir dengan senyum dan penghormatan yang penuh hikmat.
  18. Diberikan keselamatan dan hidayah kebaikan dimanapun berada dan dalam keadaan apapun.
  19. Dapat membukakan hati yang kaku dan keras kepala bagi orang orang yang tidak mau berbagi dan sulit untuk mau menolong orang yang menderita kesusahan
  20. Dapat diselamatkan atas ijin allah Swt dari siksaan api neraka dan diberikan kenikmatan besar untuk berada dalam surga

Manfaat mengucapkan takbir untuk diri sendiri

1. Pahala bagi yang mengucapkan takbir sengaja ataupun tidak

Ucapan takbir sangat baik diucapkan sesering mungkin, bahkan dalam keadaan yang tidak sengaja sekalipun, kekuatanya untuk menolong kita terhindar dari godaan setan masih dapat terasa, karena didalamnya mengandung sebuah pertolongan dan keselamatan dari Allah SWT yang menyebut nyebut akan diberikan pahala yang besar pada seluruh umat muslim yang percaya padanya dan mengucapkan takbir.

Sesuai dengan firman Allah SWT yang menyatakan bahwa :

“Segala puji bagi allh SWT yang tidak menpunyai anak dan tidak pula diperanakan, dan tak memiliki sekutu didalam kerajaannnya. dia tidak bersifat hina seperti manusia yang memerlukan pertolongan, maka agungkanlahb dia dengan pengAgungan yang seluas luasnya dan sebesar besarnya.” (QS. Al-isra : 111)”

2. Mengagungkan nama Allah adalah jalan memiliki pertolongannya


Berlomba lomba mengagungkan nama allh SWT dengan bilangan yang cukup namun tanpa dorongan dari pihak manapun sangat baik dan lebih terasa mendatangkan berkah, karena mengagungkan namanya sama saja memperkuat rasa bersyukur kita dan membuat hubungan batiniah antara manusia dengan allah SWT agar selalu dekat dan diri kita selalu terlindungi dari  perbuatan yang menuju dosa akibat tiou daya setan yang terkutuk , atas kuasa dan kesempurnaan yang dimiliki allh SWT dimanapun kita berada dia akan menjaga diri kita.

Sesuai dengan firman allh SWT yang menyatakan bahwa :

“Hendaklah kamu mencukupkan bilangan ketika mengucapkan takbir dan hendahnya  kamu mengagungkan Allah SWT atas petunjuknya yang diberikan kepadamu agar kamu dapat besyukur.” (QS. albaqarah 185)”

3. Dasyatnya kalimat Allahu akbar

Takbir yang paling mudah dan sering diucapkan adalah takbir allahu akbar yang didalamnya terdapat kemuliaan dan kebesaran nama allah yang tidak dapat tergantikan oleh sesuatu apapun dan  harus diagungkan.  Sebutan allhu akbar serimg dilantangkan lewat azan.

Bahkan boleh kita ucapkan ketika kita melihat sesuatu yang menakjubkan atau sesuatu yang membuat hati kita merinding yang mempunyai kaitannya dengan bisikan dan tipu daya setan atau jin kafir maka  tak ada salahnya jika diucapkan takbir allahu akbar yang mana didalamnya mempunyai kekuatan yang maha sempurna untuk melawan kedasyatan tipu daya setan yang menggiring manusia melakukan perbuatan yang mengandung dosa dan akan selalu ingat kepadanya dari menjelang subuh kesubuh lagi (satu hari penuh)

Sesuai dengan firman allha SWT yang menyatkan bahwa :

“Hi orang orang yang berselimut dan bangunlah serta berilah sebuah peringatan dan agungkanlah tuhanmu (Allah ta’ala) (QS. Al-mudatstsir 1 sampai 3)”

Larangan Mengucapkan Takbir Ketika Hari Raya Idul Fitri

Inilah tentang larangan mengucapkan takbir ketika hari raya idul fitri yang perlu anda ketahui :

1. Mengucap takbir secara berjamah

Ucapan takbir disaat hari raya idukl fitri sebaiknya diucapkan secara individu atau perorangan bukan secara berjamaah atau kelompok.  hal ini sesuai dengan riwayat Anas bin Malikketika bertemu dengan sahabat nabi Muhammad SAW ada  yang bertakbir mengucapkan Allahu akbar  tetapi yang lain  justru sedang mengucapkan Laa illa hail allah , namun merekan tetap rukun dan tidaak saaling menyalahkan.” (Musnad iman syafi’i 909)”

2. Bertakbir hanya pada saat selesai menjalankan sholat lima waktu

Pada takbir yang telah mendapat ketetapan oleh Allah SWT sebagai takbir yang mutlak sebaiknya tidak dilaksanakan setiap selesai shalat fardhu, tetapi yang disunnahkann oleh Allah SWT , maka boleh dilakukan dimana saja dan pada waktu kapan saja.

Sesuai dengan pernyataan Ibnu Mulagin bahwa Takbiran diperbolehkan diucapkan setelah shalat wajib (lima waktu) atau pada sholat lainnya, namun  bertakbir pada saat idul fitri tidak dianjurkan dilaksanakan setelah sholat.” (Al-l’lam bi fawaid umadatil ahkam 4 sampai 259)”

3. Tidak dianjurkan bertakbir dengan menggunakan pengeras suara atau mikropon

Tata cara untuk mengucapkan takbiran idul fitri tidak dianjurkan disebarkan melalui pengeras suara seperti kumandang Azan, tetapi tanpa pengeras suara agar didapatkan suasana yang lebih hikmat secara individu. Tetapi mengucapkan azan boleh diucapkan melalui pengeras suara, karena mengucapkan takbir dan azan pada dasarnya memiliki syariat yang berbeda.


4. Mengucapkan takbir dengan kalimat terlalu panjang dan menyita waktu

Mengucapkan takbir yang terlalu panjang dengan kalimat yang menyita waktu maka dapat dinilai tidak menguntungkan karena tidak memiliki dalil yang jelas. bahkan lafadz yang terlalu panjang cenderung membuat banyak orang merasa jenuh dan tidak fokus lagi.

5. Tidak mengucapkan takbir ditengah perjalanan menuju masjid

Dulu mengucapkan takbir banyak yang menggunakannya ketika dalam perjalanan menuju masjid atau tempat tempat yang telah ditentukan panitia hari raya, namun seiring berubahnya jaman kini sangat sedikit dan hampir tidak ada lagi yang mengucapkan takbir ditengah perjalanan mereka menuju masjid.

Banyak kaum muslim yang meninggalkan dan melupakan kebiasaan tersebut. sangat disayangkan! padahal membaca takbir sangat dianjurkan karena manfaat takbir dapat mendatangkan pahala dan kebaikan secara individu selama masih dalam perjalanan menuju masjid atau lapangan yang telah ditentukan.

, , ,




Post Date: Tuesday 15th, March 2016 / 09:32 Oleh :
Kategori : Doa dan Dzikir