Makan Dan Minum Sambil Berdiri Dalam Islam

Makan dan minum sambil berdiri sekarang ini menjadi pemandangan yang sudah biasa, bahkan di pesta pernikahan seperti prasmanan pun mengajarkan tamunya untuk makan sambil berdiri. Meski disediakan kursi namun ada pula tamu yang memilih makan dan minum sambil berdiri tanpa rasa canggung.

Memang jaman sudah berubah lebih modern, sayangnya kemodernan yang ada di Indonesia ini meniru gaya barat. Kita sebagai orang timur ada baiknya tetap menjaga sifat ketimuran kita, jangan meniru gaya orang barat yang bukan menjadi ciri khas orang timur. Dalam islam, kita dilarang untuk melakukan makan dan minum sambil berdiri sebab makan sambil berdiri bukanlah ciri dari islam.

Hukum Makan Dan Minum Sambil Berdiri

Banyak orang yang belum mengetahui hukum islam tentang makan dan minum sambil berdiri. Makan dan minum sambil berdiri ini memiliki hukum yang berbeda dipandang dari pendapat ulama satu dengan ulama yang lainnya. Mereka berpendapat berdasarkan dengan hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Nabi.

Ada hadist yang melarang sebab ada makan dan minum lebih baik dilakukan dengan duduk dan ada juga yang membolehkannya meskipun utamanya adalah makan dan minum dilakukan dengan cara duduk ( sesuai dengan adabnya ). Berikut ini adalah  hadist yang melarang dan juga membolehkan makan dan minum sambil berdiri :

  1. Diperbolehkan

Berikut ini adalah berbagai macam hadist yang membolehkan seseorang untuk makan dan minum sambil berdiri :

أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا حَدَّثَهُ قَالَ: «سَقَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ زَمْزَمَ، فَشَرِبَ وَهُوَ قَائِمٌ

Bunyi dari hadist di atas adalah sebagai berikut ini “dari Ibnu Abbas beliau mengatakan, Aku memberikan air zam-zam kepada Rasulullah SAW maka beliau lantas minum dalam keadaan berdiri.”

Bunyi hadist yang kedua :

أَنَّ عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ، شَرِبَ قَائِمًا، فَنَظَرَ إِلَيْهِ النَّاسُ كَأَنَّهُمْ أَنْكَرُوهُ، فَقَالَ: مَا تَنْظُرُونَ  ؟ إِنْ أَشْرَبْ قَائِمًا، ” فَقَدْ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَشْرَبُ قَائِمًا، وَإِنْ أَشْرَبْ قَاعِدًا، فَقَدْ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَشْرَبُ قَاعِدًا

Bunyi dari hadist di atas adalah “Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu minum sambil berdiri. Kemudian orang-orang memandangnnya dengan pandangan seakan-akan tidak suka. Kemudian ia bekata : “Kalian melihat (dengan tidak suka) aku minum sambil berdiri ? Padahal aku melihat Nabi SAW minum sambil berdiri. Dan bila aku minum sambil duduk, karena sungguh aku juga melihat beliau minum sambil duduk.”

  1. Hadist Yang Melarang

Selain ada hadist yang membolehkan, ada hadist yang melarangnya. Berikut ini adalah bunyi hadist yang melarang makan dan minum sambil berdiri :

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَجَرَ عَنِ الشُّرْبِ قَائِمًا

Bunyi dari hadist di atas adalah “dari Abu Sa’id al-Khudriy radhiyallahu’anhu, beliau mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW melarang minum sambil berdiri.” ( HR. Muslim )

Alasan Islam Melarang Makan Dan Minum Sambil Berdiri

Setiap hal yang dilarang itu pasti ada alasannya, tidak mungkin islam melarang sesuatu jika tidak disertai dengan alasan. Islam merupakan agama yang digunakan untuk mengatur hidup manusia sehingga segala hal yang berhubungan dengan kehidupan manusia tertulis di dalam alquran.

Berikut ini adalah alasan islam melarang umatnya untuk makan dan minum yang dilakukan dengan cara berdiri :

  1. Refleksi Syaraf

Dampak yang akan dialami oleh umat muslim yang makan sambil berdiri adalah dirinya akan terkena refleksi syaraf. Refleksi syaraf itu akan dilakukan oleh syaraf kelana dan syaraf tersebut banyak tersebar pada lapisan endotel. Lapisan endotel itu mengelilingi jaringan usus. Refleksi yang keras dan mendadak bisa membuat syaraf tidak dapat berfungsi.

Refleksi syaraf yang tiba-tiba tidak berfungsi akan menyebabkan detak jantung menjadi terhenti secara tiba-tiba. Orang yang makan dengan cara berdiri akan mengalami pingsan maupun meninggal secara tiba-tiba. Orang banyak yang mengaitkannya dengan serangan jantung padahal hal itu disebabkan oleh refleksi syaraf yang membuat detak jantung terhenti.

  1. Membahayakan Usus

Makan sambil berdiiri ternyata tidak bagus untuk kesehatan usus. Sebab makan sambil berdiri membahayakan dinding usus. Makanan itu akan masuk ke dalam usus dan membentur dinding usus. Usus yang terbentur dengan makanan secara terus menerus bisa menimbulkan luka pada bagian dinding usus. Jika dinding usus terluka maka lambung pun akan ikut terluka.

Banyak dokter yang mengatakan jika 95 persen penyakit usus dan lambung banyak terjadi di tempat perbenturan dengan makanan yang masuk ke saluran pencernaan.

  1. Kristal Ginjal

Orang yang selalu minum sambil berdiri rentan untuk terkena kematian. Hal itu dikarenakan minum sambil berdiri yang dilakukan secara terus menerus akan memupuk penyakit muncul di dalam tubuhnya. Salah satu penyakit yang bisa muncul adalah penyakit kristal ginjal. Hal itu dikarenakan minuman yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa disaring oleh sphincter.

Sphincter sendiri adalah struktur berotot di ginjal yang bisa membuka sehingga air bisa lewat menuju ke kandung kemih. Minuman yang kita minum akan tersalurkan pada pos di organ ginjal. Sphincter merupakan gerbang bagi minuman yang bisa membuka maupun menutup.

Berikut ini adalah urut-urutan air minum yang diminum sambil berdiri bisa menyebabkan kristal ginjal :

  • Air minum yang diminum sambil berdiri tidak akan disaring oleh sphincter ginjal.
  • Air yang tidak disaring tersebut akan masuk ke dalam kandung kemih manusia.
  • Akan ada pengendapan di saluran kandung kemih manusia. Pengendapan itu disebabkan oleh limbah yang tidak disaring oleh sphincter ginjal sehingga air minum yang diminum itu mengangkut limbah dan kemudian mengendap.
  • Limbah-limbah yang mengendap di ureter itulah yang nantinya akan menjadi penyakit kristal ginjal atau batu ginjal. Penyakit kristal ginjal sangat berbahaya sebab bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi. Gejala dari penyakit ini ditandai dengan susah buang air kecil.
  • Komplikasi yang dihasilkan penyakit kristal ginjal adalah terganggunya keseimbangan tubuh terutama jika digunakan berdiri, otot tenggorokan mengkerut sehingga makanan maupun minuman akan susah masuk ke dalam usus dan terganggunya fungsi pencernaan sehingga kegiatan makan dan minum menjadi tidak nyaman.

Tips Makan Dan Minum Dalam Islam

Makan dan minum dalam islam harus sesuai dengan adabnya yaitu:

  • Diawali dengan doa sebelum makan, terlebih membaca basmallah (baca juga: keutamaan membaca basmallah)
  • Makan dan minum sambil duduk
  • Memakai tangan kanan dan diakhiri dengan doa setelah makan
  • Makan dan minum sesuai adab merupakan ciri dari agama islam