Anak

5 Cara Mengatasi Anak yang Malas Shalat

√ Islamic Base Pass quality & checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Memiliki anak yang rajin shalat tentu impian bagi semua orang tua beragama muslim. Di mana kelak sang anak memiliki akhlak yang baik dan dapat menjaga ibadahnya. Namun, sayangnya tidak mudah untuk mengajarkan anak shalat dan menjaga shalat lima waktunya.

Mengajari anak shalat tentu butuh konsistensi dan ketegasan dari orang tua. Karena sebagai orang tua, hampir setiap waktu mengingatkan shalat, namun sebagian anak masih enggan melakukannya. Sebelum itu, dalam hadist berikut ini di riwayatkan :

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Perjanjian yang berada antara kami dengan mereka adalah shalat, maka barang siapa yang meninggalkannya maka ia telah kafir”. (HR. Tirmidzi: 2621 dan Nasa’i: 463 dan Ibnu Majah: 1079.

Hendaknya anda ketahui juga bahwa menundanya (shalat) dari waktu yang telah ditentukan termasuk dosa besar, berdasarkan firman Allah ta’ala-: “Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan”. (QS. Maryam: 59)

Ibnu Mas’ud berkata tentang “Al Ghoyy”: “Merupakan sebuah lembah di neraka jahanam yang sangat dalam, rasanya tidak enak”, dan firman Allah –ta’ala-: “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS. Al Ma’un: 4-5)

Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam-: “Barang siapa yang telah mendengarkan adzan, namun ia tidak mendatanginya, maka tidak ada shalat baginya kecuali karena ada keperluan”. (HR. Ibnu Majah: 793, Daaru Quthni, Hakim yang telah menshahihkannya, dan juga telah dishahihkan oleh Albani di dalam Shahih Ibnu Majah)

Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai 5 cara mengatasi anak malas shalat. Yang semoga dapat membantu para orang tua dalam mengajak anak untuk selalu shalat tepat waktu dan Mengajarkan Ibadah dan Tauhid Sesuai Syari’at Islam pada Anak.

1. Menjadi Contoh Bagi Anak Dalam Menjalankan Shalat

Cara mengatasi anak malas shalat yang pertama adalah mulai dari orang tua terlebih dahulu. Dimana orang tua merupakan contoh bagi anak, agar mereka mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Usia anak-anak merupakan usia dimana mereka lekat dalam mengamati dan meniru tingkah laku dari orang tuanya. Ketahui juga tips mendidik anak secara Islami.

Oleh karena itu, sebelumnya orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anak dengan menjaga shalatnya. Memberi contoh anaknya untuk segera shalat. Jangan sampai menyuruh anak shalat, namun orang tua belum menjalankan shalat dan malah asyik main handphone.

Ingat, bahwa apa yang orang tua lakukan juga akan dilakukan oleh anaknya. Jika adzan telah tiba, segera ajak anak berwudhu dan melaksanakan shalat bersama di sebelah mama atau papa.

2. Memberi Pemahaman Mengenai Pentingnya Shalat bagi Anak

Memberi pemahaman mengenai pentingnya shalat memang tidak semudah memberikan pemahaman kepada orang dewasa. Harus dengan cara yang lembut dan sabar. Di mana, mama juga dituntut untuk memberikan pengertian dan pengarahan kepada anak mengenai pentingnya shalat bagi umat muslim yang menjadi ibadah wajib dilakukan bagi umat muslim.

Berbicaralah dengan intens kepada anak, usahakan agar menjelaskannya saat anak sudah mulai malas mendirikan shalat. Saat memberikan pemahaman kepada anak, Mama juga bias sambil menceritakan kisah-kisah yang berkaitan dengan pentingnya shalat.

Terdapat pula sekarang serial animasi tentang islam, yang dapat menjadi edukasi bagi anak untuk mengerjakan shalat.

3. Mulai Mengajak Anak untuk Shalat secara Konsisten

Ketika seorang anak mulai bisa membedakan mana yang kanan dan kiri, itu berarti otak anak sudah cukup berkembang. Dan saat itu mulailah mengajak anak untuk shalat secara konsisten.

Karena pada dasarnya jika dimulai sedari dini untuk mengerjakan shalat secara konsisten, maka kedepannya anak akan terbiasa.

Jika kedepannya anak mulai malas mengerjakan shalat, maka orang tua bias mengajak shalat Bersama-sama, atau bagi anak laki-laki bias dimulai untuk berjamaah ke masjid. Ketahui juga mendidik anak dengan adab dan akhlak mulia.

4. Kontrol Anak dengan Cermat

Orangtua pasti bahagia jika anak disiplin dalam menjalankan shalatnya. Namun, terkadang mereka tidak menjalankan shalat 5 waktunya. Nah, ketika sudah seperti itu maka orang tua perlu control anak dengan cermat dengan mengawasi kegiatan shalatnya. Ketahui juga cara mengajarkan anak membaca Al-Quran

Melakukan pengawasan dengan cermat, bias dengan mengingatkan ketika adzan telah tiba. Apabila sang anak masih belum mengerjakan shalat, tegurlah dengan cara yang baik dan perlahan.

5. Memberi Semangat Kepada Anak

Ketika anak rajin shalat, tentu orang tua akan bahagia. Langkah selanjutnya yang perlu orang tua lakukan adalah memberikan motivasi dan menyemangati sang anak agar selalu rajin menjalankan shalatnya. Sebagai orangtua pahami juga cara mendidik anak ala Rasulullah.

Kemudian, berikanlah mereka sanjungan sebagai bentuk penghargaan bagi anak yang telah berusaha keras menjaga shalatnya. Karena ketika orang tua memuji, akan membuat sang anak makin bersemangat. Hal-hal kecil dalam mengapresiasi sang anak bisa mengajukan jempol, memberikan hadiah, mengajak anak bermain, dan lain-lain.

Setelah mengetahui cara mengatasi anak malas shalat diatas, jangan lupa untuk selalu mendoakan anak agar rajin shalat dan bagi anak yang masih susah untuk shalat, berdoa lah agar anak diberikan hidayah dari Allah SWT dan orang tua tetap harus berusaha untuk mengajak anak melaksanakan shalatnya. Demikianlah informasi berikut, semoga bermanfaat.

Recent Posts

Ketahui Doa Mengontrol Emosi dalam Islam

Emosi ataupun marah merupakan salah satu perasaan manusia yang seringkali terlupakan secara tidak sadar ataupun…

21 hours ago

Hukum Ayah Kandung yang Tidak Mau Menjadi Wali Nikah

Pernikahan merupakan hal yang penting, baik dalam agama maupun negara. Dengan adanya pernikahan maka menjalin…

4 days ago

5 Keutamaan Syahadat bagi Seorang Muslim

Syahadat merupakan rukun Islam yang pertama yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim yang ada…

6 days ago

5 Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Islam

Ilmu merupakan salah satu pegangan manusia untuk bisa menjalankan kehidupan sesuai dengan aturan dan juga…

1 week ago

4 Alasan Mengapa Riba Diharamkan dan Patut Dihindari

Di zaman sekarang ini mendengar kata riba, terutama masyarakat di Indonesia. Ada banyak sekali transaksi…

1 week ago

Pahami Doa Perlindungan dari Api Neraka

Doa perlindungan dari Api Neraka merupakan doa yang harus dihapal dan dipahami oleh seluruh umat…

2 weeks ago