13 Keutamaan Poligami Bagi Istri

Mengutip dari perkataan Nabi SAW: ” Tidak diizinkan untuk menikah dengan seorang wanita dan bibinya pada saat yang bersamaan  juga seorang wanita dan bibinya dari ibu”.  Ini membuktikan bahwa poligami merupakan salah satu hal itu diperbolehkan untuk seorang pria seperti hukum poligami dalam islam.

ads

Untuk menikah selain kerabat istrinya yang dilarang untuknya, seperti wanita yang tidak berhubungan darah dengannya. Dia diizinkan untuk menikahi dua, tiga atau empat wanita karena firman Allāh:

فانكحوا ما طاب لكم من النساء مثنى وثلاث ورباع فإن خفتم ألا تعدلوا فواحدة

“.. wanita wanita lain pilihan Anda, dua atau tiga, atau empat tapi jika Anda takut bahwa Anda tidak akan mampu menangani dengan adil dengan mereka, maka hanya satu ..” An-Nisaa: 3

Jadi seorang pria bisa menikahi wanita lajang yang bebas (jika dia setuju) dan diperbolehkan untuk menikah hingga empat orang.

Manfaat poligami sangat banyak baik bagi suami maupun istrinya  dan manfaat ini tidak disembunyikan dari orang yang memiliki wawasan sejati, karena jika seorang pria dibatasi hanya untuk satu wanita sementara ada banyak wanita dalam sebuah masyarakat, maka banyak wanita akan kekurangan suami.

Namun benarkah poligami memiliki faedah atau manfaat bagi sang istri? Dimana yang kita ketahui di Indonesia sendiri poligami merupakan salah satu momok yang dihindari oleh masyarakat. Namun, sejatinya selalu ada manfaat disetiap hal yang diperbolehkan oleh ajaran Islam seperti manfaat jujur dalam islam.

1. Memiliki Banyak Waktu Beribadah

Tahukah Anda bahwa menjadi seorang istri adalah sebuah peran yang sangat sibuk dan sulit? Istri harus pintar dalam mengurusi rumah tangganya dan juga suaminya apalagi jika kelak mereka memiliki anak-anak.

Tentunya peranan menjadi seorang istri akan menyita banyak waktu dan akan berkurang pula waktu Anda untuk melakukan ibadah. padahal kita juga tahu bahwa dunia ini hanyalah tempat persinggahan sementara yang kelak akan dimintai pertanggung jawabannya.

Jika Anda membiarkan suami berpoligami, maka urusan rumah dan suami akan lebih ringan karena ada istri kedua yang membantu pekerjaan tersebut dan Anda akan lebih bisa fokus beribadah lagi seperti hukum dua istri tinggal serumah.

2. Terpacu Menjadi lebih Baik

Siapa bilang tidak ada persaingan yang membuahkan hasil yang baik? Jika suami Anda melakukan poligami, tentunya Anda akan terpacu untuk menjadi lebih baik agar Anda tidak kalah dengan istri baru suami Anda bukan? Dengan kerap meningkatkan kualitas sebagai istri tentunya akan membuat Anda mendai seorang yang memiliki pribadi yang lebih baik kedepannya seperti firman Allah tentang wanita.

3. Keringanan Dalam Bekerja

Ya, seperti yang di jelaskan di poin pertama bahwa akan ada yang membantu Anda dalam mengurusi segala kebutuhan sehari-hari dalam rumah tangga Anda. Ini berarti Anda tidak lagi mengurusnya sendiri namun mengertjakannya secara kerjasama dan seharusnya ini bisa membuat kekompakan Anda dan istri baru suami Anda.


4. Menurunkan Resiko PMS

Ya, daripada Anda membiarkan suami Anda jajan sembarangan atau melakukan hubungan terlarang dengan wanita lain secara gonta ganti. Lebih baik Anda mengizinkannya untuk menikah lagi, bagaimana tidak. Anda juga akan terkena dampak jika suami Anda terkena PMS atau penyakit menular seksual.

5. Melatih Keimanan

Mengizinkan suami Anda untuk menikah lagi memang bukan sebuah keputusan yang mudah. pada awalnya Anda akan merasa sangat sakit dan sengsara, namun jika Anda menelaah lebih dalam. Ini merupakan sebuah ketetntuan yang juga tidak dilarang oleh Allah, jadi Anda bisa melatih kesabaran Anda dan menabah kecintaan NYA terhadap Anda.

6. Mendapatkan pahala

Jika Anda menjalani dan memberi izin suami untuk berpoligami secara ikhlas, maka pahala adalah imbalan yang stimpal yang dijanjikan tuhan kepada Anda. Sulit memang, tapi imbalan yang didapat akan terasa sangat setimpal apalagi jika dikaitkan dengan kehidupan setelah mati kelak.

7. Menghindari perceraian

Berbeda dengan kasus poligami, perceraian adalah sebuah kasus yang di benci oleh Allah SWT. Maka oleh karena itu, daripada Anda melakukan sesuatu hal yang dibenci maka lebih baik menerima dengan lapang dada bahwa suami Anda memiliki hak untuk memiliki istri lain lagiselain Anda.

8. Menjaga Hubungan Baik

Hubungan antar 2 keluarga yang terjalin atas dasar pernikahan akan rusak jika terjadi perceraian. Apalagi jika Anda sudah memiliki anak. Perdebatan akan hak asuh akan menjadi permasalahan utama nantinya. Dan anak yang seharusnya mendapatkan kasih sayang orang tua yang lengkap akan menjadi terbengkalai dan menjadi masalah psikis tertentu dikemudian hari.

9. Pembuktian kesetiaan

Bukankah sebelum menjadi istri Anda memang sudah berjanji untuk selalu mematuhi dan setia kepada suami? Dengan mebiarkan suami memiliki pasangan sah lain atas kehendaknya merupakan sebuah bukti bahwa anda setia dan menyayanginya.


10. Mengurangi Dosa

Jika suami Anda sudah meminta izin secara baik-baik untuk berpoligami, namun Anda menolaknya maka Anda akan berdosa jika mereka melakukan hubungan terlarang secara diam-diam bukan?

11. Pengembangan Diri

Jika selama ini Anda sibuk mengurusi suami dan keluarga, Anda bisa mengembangkan potensi diri dnegan banyaknya waktu luang yang diperoleh.

12. menjalin Hubungan Baik

Hubungan baik antar sesama adalah hal yang disukai oleh Allah SWT. Bersahabatlah dan jangan jadikan istri suami Anda musuh.

13. Menjaga Kehormatan

Jika Anda melarang dan suami masih ngotot berhubungan, maka ini akan menjadi aib yang kapan-kapan bisa terbongkar. Maka mengizinkannya akan menjaga kehormatan Anda sebagai seorang istri.

Demikian penjelasan terkait apa saja keutamaan – keutamaan poligami bagi istri yang harus diketahui sistri sebelum memutuskan mengizinkan suaminya melakukan poligami.

, , ,




Post Date: Wednesday 14th, March 2018 / 02:58 Oleh :
Kategori : Pernikahan
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu