15 Keutamaan Maryam yang Wajib diteladani

Maryam ialah seorang wanita sholehah yang namanya terdengar akrab di telinga umat muslim. kisahnya yang menjadi ibu bagi Nabi Isa dengan cara yang luar biasa yakni tanpa adanya peran dari laki laki sangat terkenal dan dijadikan teladan oleh segenap umat setelahnya karena kesabaran dan rasa istiqomahnya dalam menjalankan perintah Allah.

ads

Banyak diantara kita yang belum mengetahui secara luas apa saja kebaikan dan keutamaan yang dimilikinya. Sebab itu dalam kesempatan kali ini penulis akan menguraikan secara lengkap segala hal tentang Maryam yang berhubungan dengan keutamaannya menurut islam. Yuk simak artikel berikut, 17 keutamaan Maryam.

1. Wanita yang Dipuji Allah

Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia”. (QS Ali Imron : 42). Allah berfirman pada ayat tersebut bahwa Maryam ialah wanita yang terbaik di masa itu. Seorang hamba yang dipuji Allah tentu bukan tanpa alasan, melainkan ada keistimewaan yang dimiliki oleh hamba tersebut. ciri ciri wanita baik menurut islam ada pada diri Maryam yang di mata Alah memiliki keistimewaan senantiasa menjaga kesucian dirinya dan menghindarkan diri dari perbuatan tercela.

2. Ahli Surga

Pemuka ahli surga ada empat, Maryam, Fatimah, Khadijah, dan Asiyah”. (HR Hakim). Hadist tersebut disabdakan oleh Nabi Muhammad ketika beliau berkhutbah pada sahabat sahabatnya. Beliau menceritakan bahwa Maryam adalah salah satu dari wanita paling suci di dunia ini yang telah dijamin baginya surga. Maryam menjadi sosok yang terkenal di kalangan orang shaleh karena ketaatannya dalam menjaga kesucian diri dan mendapat kasih sayang Allah kepada wanita dengan memberikannya balasan berupa surga.

3. Lahir dari Kedua Orang Tua yang Beriman

Maryam ialah anak dari Imran, laki laki shaleh dari Bani Israil dan ibunya ialah seorang wanita sholehah yang telah bersedia menyerahkan putrinya tersebut sejak masih berada dalam kandungan untuk berkhidmat dan mengabdi pada Allah. “Ya Tuhanku sesungguhnya aku menazarkan kepada engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang sholeh dan berkhidmat karena itu terimalah nazar itu dari padaku”. (QS Ali Imran : 35). Ayah dan ibu yang sholeh selalu medoakan Maryam agar menjadi anak yang sholehah sehingga sejak dalam kandungan sudah terbiasa mendengar lafadz Allah dengan segala kuasaNya.

Hal itu tercermin ketika Maryam dilahirkan dan tumbuh dewasa, karena telah diajarkan tentang arti kebaikan dan kesholehan sejak belum lahir, hal tersebut menjadi akhlaq yang lekat dalam diri dan jiwanya sehinga menjadi wanita yang terbaik imannya.sebagaimana  keutamaan surat Maryam untuk ibu hamil ialah untuk mendoakan anak dan memperkenalkan anak sejak dini dengan ilmu agama.

4. Tidak Diganggu Syetan Ketika Lahir

Setiap anak manusia pasti diganggu syetan ketika dia dilahirkan sehingga dia teriak menangis karena disentuh syetan. Kecuali Maryam dan putranya”. (HR Bukhari). Maryam memiliki keistimewaan tidak diganggu syetan seperti yang biasa terjadi pada bayi bayi baru lahir lainnya. Hal tersebut merupakan bukti bahwa Allah sudah meilihnya untuk menjadi sosok teladan yang sepurna bagi kaum wanita karena telah suci sejak lahir hingga syetan pun tak mampu mengganggunya. keutamaan memiliki anak perempuan dalam islam dialami oleh kedua orang tua Maryam yang telah memiliki anak sholehah sehingga bisa membawa kebaikan dan surga baik kedua orang tuanya.


5. Wanita yang Benar di Mata Allah

Ibunya (Maryam) seorang yang sangat benar”. (QS Al Maidah : 75). Segala tingkah laku atau perkataan Maryam ialah hal yang benar, Maryam seorang yang taat lagi berhati baik ia tidak pernah melakuan perbuatan tercela atau melakukan sesuatu yang merugikan orang lain dan keluarganya. Sejak kecil ia telah mengabdi di rumah Allah dan banyak menghabiskan waktunya untuk beribadah sebagai wujud keutamaan iman dalam islam.

6. Menjaga Kesucian Diri

Maryam selalu menjaga kesucian diri, ia tidak pernah berusaha tampil menarik dengan niat agar digoda oleh laki laki atau agar menarik hati laki laki, Maryam pun selalu menjaga sikap di hadapan laki laki dengan cara tidak bersentuhan kulit, tidak memandang, juga tidak memikirkan seseorang yang bukan muhrimnya.

Dalam Al Qur’an diceritakan bahwa Maryam pernah didatangi Jibril dengan sosok sebagai lelaki sempurna tetapi Maryam masih tetap menjaga diri. Maryam tidak terpengaruh atau tergoda karena kesempurnaan fisik lelaki tersebut melainkan tetap menjaga kesucian dirinya hingga akhirnya Jibril mengakui bahwa ia hanyalah utusan Allah dan tidak berniat ingin menggannggunya.

7. Melahirkan Anak yang Suci

Sesungguhnya aku ini hanyalah utusan dari Tuhanmu untuk memberimu seorang anak laki laki yang suci”. (QS Maryam : 19). Maryam menjadi wanita yang dipilih Allah untuk mengandung dan melahirkan seorang Nabi Isa yang juga merupakan sosok lelaki suci dan selalu menjalankan perintah Allah. Anak tersebut sangat istimewa karena dikaruniai berbagai keistimewaan seperti sudah mampu bicara sejak berada dalam kandungan dan ketika baru dilahirkan. Sungguh kekuasaan Allah yang luar biasa.

8. Teladan Sempurna Bagi Seluruh Wanita Islam

Banyak diantara kita yang terkadang merasa bingung dalam menemukan sosok wanita untuk dijadikan teladan dan diambil pelajaran dari berbagai tingkah lakunya. Sesungguhnya tak perlu mencari yang lain, cukup jadikan Maryam dan wanita sholeh umat islam lainnya sebagai sosok teladan yang tentunya bisa menjadi inspirasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

9. Diasuh oleh Nabi

Maryam pada msa kecil diasuh oleh Nabi Zakaria yang juga suami dari bibi Maryam. Ia hanyut dalam ibadah dan ketaatan. Ia pun semakin kuat keimanannya karena sudah terbiasa bersama dengan orang orang yang shaleh. Pada masa itu Nabi Zakaria belum memiliki anak, beliau pun menjadi terus berdoa kepada Allah agar diberi anak karena melihat Maryam yang sholehah dan ingin memiliki anak seperti Marya hingga Allah mengabulkan doanya dan ia diberi anak laki laki bernama Nabi Yahya.

10. Sholehah Sejak Kecil

Maryam adalah wanita yang berbeda sejak kecil, pada usia 9 tahun sudah berpuasa dan bangun malam untuk ibadah dimana anak anak lain masih selalu bermain dan bersenang senang dengan teman temannya. Maryam sudah terlihat akhlak sholehahnya karena mendapat hidayah dan menjadi wanita pilihan Allah serta diasuh oleh orang orang yang juga memahami dan mendalami agama dengan baik.

11. Mendapat Makanan Langsung dari Allah

Ketika Zakaria menjenguk ia terheran heran karena mendapati makanan yang spesial di dekat Maryam, ketika ditanyakan darimana ia memperoleh makanan itu Maryam menjawab “Makanan itu berasal dari sisi Allah”. Maryam istimewa karena kebutuhannya telah dipenuhi oleh Allah, Maryam bisa memakan makanan lezat yang langsung diberikan oleh Allah, sungguh anugrah dan nikmat yang luar biasa.

12. Taat dan Sabar

Maryam pernah berjuang sendirian ketika mengandung Nabi Isa, ia menghadapi rasa sakit dan beban selama kehamilan di tempat terpencil dan tidak merepotkan orang lain untuk menjaganya walaupun ia sama sekali tidak memiliki pengalaman hamil sebelumnya. Ia sabar menjaga dan merawat kandungannya hingga Nabi isa lahir. Ia tidak mengeluh atau bersedih dengan keadaan yang dialaminya melainkan tetap berjuang dan sabar dalam menghadapinya.

13. Diabadikan Namanya dalam Al Qur’an

Maryam menjadi sosok wanita yang dipuji Allah karena kesholehah dan ketatannya, hal terebut membuat Maryam diabadikan namanya dalam Al Qur’an dan menjadi contoh bagi umat wanita lain di dunia untuk mengikuti contoh baiknya. Surat Maryam bahkan selalu dibaca oleh ibu hamil atau pasangan suami istri yang baru saja menikah sebagai salah satu bentuk ikhtiar agar dikaruniai anak yang sholeh seperti Maryam.


14. Selalu Menjaga Diri

Maryam berkata : bagaimana mungkin aku memiliki seorang anak laki laki padahal tidak ada laki laki yang pernah menyentuhku”. (QS Maryam : 20). Ayat tersebut ialah respon dari Masyam ketika ia diberitahu akan diberi anak oleh Allah, ia heran karena ia pun selalu menjaga diri sebaik mungkin dengan tidak pernah bersentuhan dengan lelaki atau menggoda dan digoda lelaki.

15. Rela Berkorban

Maka dia mengandung dan mengasingkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh”. (QS Maryam : 22). Maryam rela berkorban demi menjalani perintah Allah. Ia pergi mengasingkan diri selama kehamilannya dan hhidup sendirian hingga anaknya lahir. Selama masa kehamilan ia mengurusnya sendiri walaupun ia sendiri sesungguhnya ialah seorang wanita yang masih suci dan tak pernah disentuh lelaki. Ia melakukannya dengan tulus dan rela berkorban demi menjalani perintah Allah.

Dari berbagai poin di atas jelas bahwa Maryam merupakan sosok wanita yang memiliki berbagai keutamaan karena akhlak dan kesucian diri dan hatinya. Sebagai umat islam tentu kita wajib mengikuti dan menganut teladan tersebut dengan cara menjaga diri dan menjauhkan diri dari perbuatan tercela. Tak heran jika nama Maryam banyak digunakan untuk nama anak yang diberikan oleh orang tuanya karena berharap anaknya menjadi sosok yang sholehah.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat sebagai wawasan islami yang bermanfat untuk anda yang membacanya dan menjadi isnpirasi untuk selalu memperbaiki diri dan mengambil contoh kebaikan dari orang orang shaleh terdahulu. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat dari penulis.

 

, , , , ,




Post Date: Tuesday 27th, March 2018 / 07:10 Oleh :
Kategori : Wanita