14 Manfaat Menggunakan Cadar bagi Wanita Muslimah

Cadar adalah sejenis pakaian wanita yang menutup hingga sebagian wajah. Pemakain cadar memang sudah mulai banyak terlihat pada lingkungan kita. Di negara Indonesia saja, sudan banyak para Wanita Bercadar dalam kegiatan sehari-harinya. Ada beberapa yang memakai ke kantor, ke pasar, dll.(Baca : Hukum Wanita Memakai Parfum)

ads

Sudah tidak menjadi hal yang tabu lagi bagi masyarakat kita jika melihat wanita-wanita yang menggunakan cadar di kesehariannya. Sebelumnya wanita bercadar kita lihat hanya berada di negara bagian arab dan sekitarnya. Namun sekarang tidak hanya di Indonesia saja, bahakan di beberapa negara lainnya juga sudah ada kelompok-kelompok wanita yang bercadar. Wanita yang menggunakan cadar tidak terliat sebagian dari wajahnya, hanya mata saja yang terlihat selebihnya tertutup.(Baca : Hukum Wanita Tidak Berjilbab)

Wajibkah Mengenakan Cadar?

Muncul beberapa pertanyaan dalam masyarakat, khususnya yang beragama islam. Apakah memakai cadar hukumnya wajib? Dalam kita suci Al-quran, Hukum Wanita Bercadar dan Hukum Memakai Jilbab terdapat beberapa ayat mengenai aturan menutup aurat bagi wanita dan mengenai perintah berjilbab. Allah memerintahkan untuk menutup auratnya bagi wanita.(Baca : Keistimewaan Wanita Berjilbab)

Manfaat Menggunakan Cadar sebenarnya adalah salah satu Cara Menjadi Muslimah Yang Baik untuk menutup aurat mereka. Beberapa para ulama mengatakan tidaklah wajib memakai cadar, namun jika memakainya wanita akan mendapatkan pahala. Akan tetapi ada lagi beberapa ulama lainnya yang mengungkapkan kewajiban menggunakan cadar bagi wanita.(Baca : Hukum Wanita Tidak Berjilbab)

Banyak terjadi pro dan kontra mengenai hal ini. Sebenarnya bercadar sudah ada sejak zaman Nabi, wanita-Wanita Shalehah pada zaman Nabi menggunakan cadar. Ada beberapa surat dalam Al-quran yang membahas tentang menutup aurat dan memakai kerudung atau jilbab bagi wanita.(Baca : Tabarruj dalam Islam)

Baca juga :

Ayat Al-Quran Tentang Perintah Berjilbab

Dalam Al-quran Allah memerintahkan setiap wanita untuk menutup auratnya, QS. An-nuur : 31 yang artinya:

“Hendakla mereka menahan pandangannya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampak perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutup kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkkan perhiasannya kecuali pada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak memiliki keinginan (terhadap wanita), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat ,mereka. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

Sponsors Link

Itu hanya satu dari beberapa ayat yang menerangkan mengenai perintah-perintah berjilbab. Masih banyak lagi ayat-ayat lainnya yang membahas mengenai hal tersebut. Jadi terjawablah jawaban kita, Nabi Muhammad S.A.W menganjurkan umatnya bagi Wanita Muslimah memakai jilbab dan dalam Al-quran Allah S.W.T telah memerintahkan untuk menutup aurat.(Baca : Wanita dalam Pandangan Islam)

Sebenarnya memakai cadar adalah bentuk dari menutup aurat mereka para wanita. Memakai cadar tidaklah di wajibkan, namun jika dikerjakan akan mendapatkan pahala. Akan tetapi yang harus kita ingat, memakai jilbab dan menutupi aurat adalah WAJIB dan itu merupakan  Keistimewaan Wanita Berjilbab.

Menggunakan cadar ternyata mempunyai banyak manfaat bagi wanita dalam kehidupan sehari-hari. Di wilayah Arab dan sekitarnya, mereka menggunakan cadar juga untuk menghindari diri dari debu dan kotoran yang beterbangan.(Baca : Siksa Neraka Bagi Wanita)

Diketahui wilayah Arab termasuk wilayah yang tandus sehingga debu dan kotoran sangat mudah beterbangan karena di bawa angin yang kencang. Tidak hanya untuk menutupi aurat saja, ada banyak manfaat lainnya yang mungkin belum kita ketahui tentang menggunakan cadar.(Baca : Cara Membuat Hati Ikhlas)

Manfaat Menggunakan Cadar

  1. Menutupi aurat. Hal pertama dari manfaat bercadar ialah menutupi aurat bagi wanita. Kita tela mengetahui tentang perintah Allah S.WT untuk menutup aurat dan bercadar termasuk menutup aurat.
  2. Menghindari berbagai macam fitnah.
  3. Terhindar dari debu dan kotoran-kotoran.
  4. Memperkecil bahaya dari polusi udara.
  5. Memberikan perlindungan dari efek sinar matahari.
  6. Melindungi wanita dari berbagai bentuk kejahatan dan godaan dari kaum adam.
  7. Dapat membantu lelaki untuk menjaga pandangannya.
  8. Agar tertutup kesempatan dalam perzinaan dan perselingkuhan.
  9. Agar memuliakan seorang wanita dan lelaki tidak bisa menilai wanita dari bentuk fisiknya saja.
  10. Mengurangi kerusakan moral yang terjadi di masyarakat.
    Sponsors Link

  11. Supaya wanita tidak terlihat menggoda.
  12. Membantu menentramkan hati para lelaki dan lebih khusyuk beribadah serta tidak terus mengingat wajah wanita.
  13. Supaya suami lebih tenang dan tidak mudah cemburu kepada istrinya.
  14. Mendapatkan pahala dari Allah S.W.T

Itulah beberapa manfaat dari menggunakan cadar bagi wanita. Jadi tidak hanya untuk menutupi aurat saja, akan tetapi banyak manfaat lainnya yang sangat penting kita perhatikan.

Artikel Lainnya :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Friday 30th, October 2015 / 10:20 Oleh :
Kategori : Wanita