15 Ayat Al Qur’an tentang Membahagiakan Orang Lain

Dalam hidup, tentu semua orang ingin bahagia ya sobat, baik itu di dunia maupun di akherat. Tentu sobat pernah mendengar bahwa apa yang dilakukan manusia nantinya akan kembali dan mendapat balasan sesuai yang dilakukannya tersebut. Misalnya jika sering berbuat baik pada orang lain juga akan mendapat banyak kebaikan dari orang lain, jika sering membahagiakan orang lain, nantinya juga akan mendapat kebahagiaan dari banyak hal juga.

Nah sobat, tentunya hal ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua, yakni berusaha untuk menjadi orang baik dan membuat orang lain bahagia. Membahagiakan orang lain itu tidak semata berhubungan dengan memebrikan hadiah atau memberikan sesuatu ya sobat,

misalnya dengan orang tua, rutin mengabari jika berada dalam jarak jauh, memperhatikan segala kebutuhan mereka, bertutur kata dan bersikap lemah lembut pada mereka, mendengarkan dan melakukan nasehat mereka, tentu sudah termasuk sesuatu yang amat membahagiakan dan sebagai cara memuliakan orang tua kita tercita.

Sedangkan bagi keluarga atau anak anak dengan berbuat baik dan melakukan kewajiban terbaik, atau dengan orang lain cukup dengan memiliki wajah yang ceria dan tersenyum serta menyapa ketika bertemu agar memiliki manfaat senyum dalam islam, tentu sudah cukup menjadi jalan kebahagiaan untuk mereka ya sobat? Tak perlu muluk muluk dan berlebihan, sesepele apapun kebaikan tetap akan memberi kebahagiaan pada orang lain. Setuju ya sobat?

Nah sobat, agar kita semua lebih bersemangat lagi dalam membahagiakan orang lain agar kita juga mendapat cara bahagia menurut islam, penulis kali ini mengulas mengenai 15 Ayat Al Qur’an tentang Membahagiakan Orang Lain, semoga dapat menjadi motivas dan penyemangat untuk kita semua agar terus meluaskan kebaikan dan memperbaiki diri, yuk sobat simak selengkapnya.

1. Membahagiakan Orang Tua Paling Utama

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” (QS. Al-Isra`: 23).

2. Berbuat Baik pada Sesama Manusia

“Dan bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakan salat dan tunaikanlah zakat.” (QS. Al-Baqarah: 83). Nah sobat, seperti yang sebelumnya penulis uraikan bahwa membahagiakan orang lain tidak harus muluk muluk dan berlebihan, dapat dilakukan dengan mudah seperti berbuat baik yakni berkata yang baik pada sesama manusia sehingga tidak menyakiti hati orang lain dan menghindari ghibah atau bergosip yang juga bisa menimbulkan rasa sakit hati.

3. Mengungkapkan Pendapat Tanpa Menyakiti

“Dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik.” (QS. An-Nahl: 125). Sebagai manusia tentu tidak selalu sejalan ya sobat, di kemudian hari pastinya ada sesuatu yang berbeda pendapat yang terkadang bisa menjadi penyebab pertengkaran, namun untuk membahgaiakan orang lain, tentu dapat dilakukan dengan saling memahami, saling mendengarkan dan tidak mengutamakan rasa egois atau keinginannya sendiri.

4.Tidak Menghina Agama Lain

“Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang baik, kecuali dengan orang-orang yang zalim di antara mereka, dan katakanlah, “Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhan kamu satu; dan hanya  kepada-Nya kami berserah diri.” (QS. Al-‘Ankabut: 46).  Tiap orang tentu punya kepercayaan masing masing ya sobat,

biarlah hal itu menjadi hak mereka dan menjadi urusannya dengan Allah, namun sebagai manusia, kita tak perlu menghakimi dan merasa paling benar, kita tak perlu berbuat buruk pada orang yang beragama lain, tetap ebrbuat baik dengan tetap berpegang teguh pada agama islam serta tidak mengikuti apa yang mereka lakukan, tak ada salahnya tetap menyapa dan tetap saling bekerja sama atau saling mengingatkan dalam kebaikan demi kerukunan dan kebahagiaan semua umat.

Baca juga mengenai :

tips hidup bahagia dalam islam lahir batin

doa bahagia dunia akherat

kunci rumah tangga bahagia

cara membahagiakan istri tercinta

5. Mengajak Kebaikan pada Sesama Manusia

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik.” (QS. An Nahl: 125). Mengajak manusia lain untuk berbuat kebaikan juga merupakan cara untuk membahagiakan orang lain loh sobat, dimana cara tersebut tidak hanya akan memberikan kebahagiaan di dunia saja namun juga di akherat sebab jika orang tersebut mengikuti perbuatan baik yang sobat ajarkan, sobat akan mendapat pahala dan ia pun mendapat ganjaran yang baik di sisi Allah.

6. Dijauhkan dari Kesedihan

Al-Baqoroh : 112 (Tidak demikian) bahkan barangsiapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Tentunya ketika memberi kebahagiaan pada orang lain Allah juga akan memberi balasan ya sobat, yakni memberi kebahagiaan pada orang yang melakukan kebaikan tersebut sehingga orang tersebut jauh dari kesusahan dan kesedihan dunia dan akherat.

7.Disukai Oleh Allah

Al-Baqoroh : 195 Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

8. Mencegah Kerusakan

Al-Baqoroh : 220 Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: “Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

9. Membantu Orang Lain

Ali-‘Imran : 134 (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

10. Tidak Sombong atau Menghina Orang Lain

An-Nisa’ : 36 Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.

11. Mendapat Jaminan Surga

Al-Ma’idah : 13 (Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merubah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

12. Memberikan Hak Bahagia kepada Orang Lain

Ar – Rum : 38 Maka berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan, itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang mencari kerida’an Allah. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Tiap orang tentu berhak untuk bahagia ya sobat, sobat dapat mewujudkan hal tersebut dengan terus menyebar dan memberi kebaikan pada orang lain sehingga ketika sobat membantu orang lain mendapatkan haknya maka sobat juga mendapat hak bahagia dari Allah di dunia dan di akherat.

13. Sekecil Apapun Bernilai Mulia

Surah Al-Zalzalah Ayat 7 dan 8 “Barang siapa berbuat kebaikan sekecil apa pun perbuatan baik itu, dia akan menyaksikan hasilnya. Begitu pula yang melakukan perbuatan buruk, sekecil apa pun perbuatan buruk itu, dia akan menyaksikan hasilnya.”

14. Kekal di Surga

Maka Allah memberi mereka pahala terhadap perkataan yang mereka ucapkan,(yaitu) surga yang mengali sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya.Dan itulah balasan bagi orang-orang yang berbuat kebaikan. (QS 5 Al Ma-idah ayat 85)

15. Pahala tanpa Batas

“Katakanlah: ‘Haihamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu.’ Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas.Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabar yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Q.s. az-Zumar: 10).

Ketika memberikan kebahagiaan pada orang lain dan orang itu teru mengingat serta berterima kasih, maka pahala yang sobat terima akan terus mengalir sebab terus memberi kebahagiaan pada orang tersebut, sehingga sobat selalu diingat sebagai orang yang baik dan terus mendapat doa kebaikan dari orang lain.

Demikian yang bisa disampaikan penulis, tentunya segala ayat yang berhubungan dengan membahgaiakan orang lain dan kebaikan ini dapat menjadi motivasi untuk terus berbuat baik pada sesama ya sobat, oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.