20 Bacaan Utama Doa Shalat Tahajud yang Mustajab

Shalat tahajud bukanlah termasuk dalam shalat yang wajib. Akan tetapi, shalat tahajud termasuk ke dalam shalat sunnah yang sangat dianjurkan yaitu sunnah muakad. Hal ini dikarenakan shalat tahajud memiliki banyak keutamaan dan termasuk salah satu waktu yang sangat pas dan tepat untuk bermunajad kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan kita terhadap rukun iman dan rukun islam.

ads

Di masa-masa pagi atau siang, tentunya waktu yang sangat sibuk bekerja dan beraktivitas. Untuk itu, jarang sekali di waktu itu kita bisa benar-benar khusuk dan terlepas dari persoalan duniawi. Shalat tahajudlah sebagai penyempurna shalat-shalat kita dan melatih kekhusuk-an kita dalam menghadap Allah SWT.

Walaupun berat sekali untuk bangun, shalat tahajud sangat baik jika dibiasakan dan dilakukan secara rutin. Banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa shalat tahajud juga memiliki dampak terhadap kesehatan dan kekuatan fisik diri kita.


Dalam pelaksanaan tahajud ada beberapa Bacaan Doa Shalat Tahajud yang dapat kita baca. Akan tetapi selain itu kita juga perlu mengetahui bagaimana dalil dalam Al-Quran agar manusia melaksanakan perintah tahajjud yang merupakan ibadah tambahan ini.

Doa Ketika Shalat Tahajjud

Setelah tahajjud, ada doa-doa dan dzikir yang dapat dibacakan oleh kita. Berikut adalah bacaan doa shalat tahajud dalam bahasa Indonesia  yang bisa dibacakan dan digunakan oleh umat islam ketika setelah selesai shalat. Dengan doa dan zikir yang rutin khususnya di malam hari tentu memiliki keutamaan seperti , Dzikir Pembuka Rezeki kehidupan manusia, Keutamaan Berdzikir terhadap ketenangan hati, dan Amalan Istighfar yang memohon atas dosa-dosa kita.

Bacaan Doa Shalat Tahajud dan dzikir ini tentu menjadi dzikir yang utama, akan tetapi selain bacaan ini tentu saja kita bisa menambahkan doa tersendiri dan permohonan ampun kepada Allah SWT sesuai dnegan kondisi dan konteks diri kita masing-masing.

  1. Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji,
  2. Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya.
  3. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya.
  4. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya.
  5. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.
  6. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar,
  7. janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada),
  8. (terutusnya) para nabi adalah benar,
  9. (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.
  10. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah,
  11. kepada-Mu aku bertawakal,
  12. kepada-Mu aku beriman,
  13. kepada-Mu aku kembali (bertaubat),
  14. dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir),
  15. kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.
  16. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang.
  17. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan,
  18. tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau,
  19. Engkau adalah Tuhanku,
  20. tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau.

Dari Bacaan Doa Shalat Tahajud tersebut kita bisa melihat bahwa doa tersebut adalah permohonan ampun dan kemudahan untuk bisa menjalankan kehidupan dunia serta keselamatan di akhirat. Selain itu, Bacaan Doa Shalat Tahajud dan dzikir ini adalah kesempatan kita untuk bisa khusuk memuji Allah dan mengharapkan Allah dapat membantu kesulitan hidup kita.


Dalil Al-Quran Mengenai Shalat Tahajud

Karena keistimewaan dan perintah yang mengutamakan shalat tahajud, hal ini juga disampaikan dalam beberapa ayat Al-Quran. Berikut adalah ayat-ayat al-quran beserta penjelesan mengenai shalat tahajud di malam dini hari.

  1. Dalil QS Al Isra : 79

“Dan pada sebahagian malam, lakukanlah shalat Tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat ke tempat yang terpuji”

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah memerintahkan manusia untuk bangun dan melaksakan shalat tahajud yang terhitung sebagai ibadah tambahan. Akan tetapi walau sebagai ibadah tambahan, Allah akan mengangkat manusia ke tempat yang terpuji, dan tentunya berlimpah kebaikan akan didapatkan bagi yang melaksanakannya dengan penuh kelurusan dan kejernihan niat.

  1. Dalil QS Adzariyah : 17-18

“Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)”

Ayat ini adalah orang-orang yang sungguh-sungguh dalam beribadha kepada Allah dan mereka bermunajat atau meminta ampunan Allah di malam hari. Mereka sedikit tidur dikarenakan bangun dini hari dan melaksanakan ibadah. Bermunajat di waktu ini begitu diperintahkan oleh Allah karena keheningan malam bisa menambah nikmat dan kefokusan kita dalam beribadah.

  1. Dalil QS Assajadah : 16-17

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan”

Allah mengistilahkan dengan lambung mereka jauh dari tempat tidurnya karena dalam hal ini manusia tidak bermalas-malasan dan menghabiskan waktunya untuk berdoa kepada Allah. Untuk itu, orang-orang yang shalat tahajud mengorbankan waktu istirahatnya dan memilih untuk berdoa dan mengahrapkan balasan ridho Allah SWT. Tentu saja, mereka mengharapkan balasan surga dan tidak tergiur oleh nikmat dunia yang menyilaukan mata.

Untuk itu, dengan tahajud mereka berharap agar Allah yang memberikan rezeki dan tidak tergiur akan kebahagiaan berlebihan yang bisa membuat mereka lupa akan tujuan hidup sebenarnya.

  1. Dalil QS Az Zumar : 9

 “(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (adzab) akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-nya?”

Dalam ayat ini Allah menunjukkan bahwa orang-orang yang beribadah di waktu malam hari adalah orang-orang yang benar-benar takut akan adzab Allah di akhirat dan mengharapkan untuk bisa selamat dengan rahmat dari Allah SWT. Untuk itu, orang yang shalat tahajjud adalah orang-orang terpilih dan mereka yang benar-benar ingin mengharapkan keselamatan dan rahmat dari Allah SWT.

Perintah shalat tahajjud juga terdapat dalam QS Al Muzzamil ayat 1-20 dimana terdapat konteks historis Nabi Muhammad ketika mengemban tugas dakwah dan merasa berat untuk melaksanakannya kemudian Allah perintahkan bangun di 1/3 atau 2/3 malam dan menghadap kepada Allah SWT.

Untuk melaksanakan tahajud kita dapat juga mengetahui tentang Cara Melaksanakan Shalat Tahajud, Shalat Tahajud di Bulan Ramadhan, dan Tata Cara Shalat Tahajud.

Selain shalat tahajud ada juga shalat sunnah lainnya yang bisa kita lakukan seperti : Shalat Malam Sebelum TidurShalat TaubatShalat Lailatul QadarKeutamaan Shalat Witir Shalat Idul FitriKeutamaan Shalat HajatKeutamaan Shalat DhuhaShalat Jenazah, dan lain-lain.

, , , ,




Post Date: Tuesday 18th, April 2017 / 08:55 Oleh :
Kategori : Info Islami