8 Cara Berbakti Kepada Orang Tua

√ Islamic Base Pass quality & checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Salah satu kunci kesuksesan seorang anak terletak pada ridho dan doa kedua orang tua. Seorang anak sudah seharusnya mematuhi apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang oleh orang tua, selama masih dalam batas ajaran Islam.

Konsepnya sama seperti hubungan kita dengan Allah. Bahwa pernah disebutkan di salah satu Hadits Thabrani “Ridho Allah terletak pada ridho orang tua, murka Allah juga terletak pada murka orang tua”.

Ada pepatah lama mengatakan jika semua urusanmu terasa mudah dan dilancarkan, jika engkau terhindar dari musibah, itu tandanya salah satu doa orang tuamu diijabah oleh Allah SWT. Karena hanya orang tualah yang tiada henti memanjatkan doa untuk kebaikan kita dengan tulus.

Betapa pentingnya peran orang tua dalam hidup kita. Mulai dari kita masih berbentuk janin, kita sudah dirawat, diberi kasih sayang, dibesarkan. Setelah lahir pun cinta orang tua semakin bertambah dengan diajarkannya kita berbagai hal mulai dari belajar makan, berbicara, berjalan, membaca, menulis dan masih banyak lagi yang tak pernah terhitung nilainya.

Dalam surat Al Lukman Ayat 14:

وَوَصَّیۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ بِوَ ٰ⁠لِدَیۡهِ حَمَلَتۡهُ أُمُّهُۥ وَهۡنًا عَلَىٰ وَهۡنࣲ وَفِصَـٰلُهُۥ فِی عَامَیۡنِ أَنِ ٱشۡكُرۡ لِی وَلِوَ ٰ⁠لِدَیۡكَ إِلَیَّ ٱلۡمَصِیرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.”

Sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai anak untuk berbakti kepada orang tua. Banyak hal sebenarnya yang bisa kita lakukan sebagai bentuk bakti kita. Meskipun sebenarnya orang tua tidak pernah meminta balasan apapun pada anaknya. Orang tua tidak pernah menghitung apa yang sudah diberi kepada anaknya. Diantaranya yang dapat kita lakukan sebagai anak untuk orang tua yaitu:

1. Senantiasa mendoakan kebaikan atas keduanya

Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk kedua orang tua adalah mendoakannya. Ini merupakan hal yang paling sederhana yang dapat kita berikan kepadanya. Namun masih banyak yang lalai akan hal ini. Doa paling umum yang bisa dipanjatkan anak untuk orang tua adalah sebagai berikut:

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْ

“Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orangtuaku, kasihanilah mereka sebagaimana mereka telah mengasihiku di waktu kecil”.

2. Tidak membantah ucapan orang tua

Dalam surah Al QS al-Isra’ : 23

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِالۡوَالِدَيۡنِ اِحۡسَانًا‌ ؕ اِمَّا يَـبۡلُغَنَّ عِنۡدَكَ الۡكِبَرَ اَحَدُهُمَاۤ اَوۡ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوۡلًا كَرِيۡمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Intinya jangan sampai kita membantah perkataan orang tua kita bahkan berkata ‘Ah’ saja. Jika tidak bisa berkata dengan baik maka lebih baik diam.

3. Sisihkanlah rezeki kita khusus untuk orang tua

Tidak akan menjadi miskin, jika kita beri rezeki kita pada orang tua. Tidak perlu banyak yang penting kita ikhlas lillahi ta’ala. Mau berapapun harta yang diberikan anak kepada orangtua, namun jika tak disertai ketulusan, tentunya tidak mendapat jaminan ridho dari orangtua.

Faktanya, ada rasa kebanggaan tersendiri bagi orang tua jika menerima rezeki dari anaknya. Ini menandakan kalau kita masih peduli terhadap keduanya.

4. Luangkanlah waktu untuk bertemu/berkomunikasi

Hal yang mudah dilakukan tapi sering lalai adalah menemuinya atau paling tidak menelepon menanyakan kabar. Seringkali kita beralasan sibuk, tidak ada waktu, dan masih banyak alasan lainnya.

Padahal kalau kita benar-benar niat pasti ada waktu. Tidak ada orang sibuk di dunia ini, yang ada hanyalah tentang prioritas. Maka prioritaskanlah kedua orang tua di atas segalanya selagi masih ada.

5. Sesekali ajak liburan atau makan bersama di luar

Waktu kecil seringkali kita merengek minta jajan atau ingin pergi berlibur. Orang tua yang saat itu tidak punya uang pun akan mengusahakan untuk menuruti kemauan sang anak, yang penting anak bahagia.

Sekarang giliran kita sebagai anak yang menuruti kemauan orang tua. Paling tidak mengajak makan keluar atau liburan ke tempat yang diimpikan orang tua.

6. Berikan hadiah kecil di moment tertentu

Tidak ada salahnya jika memberikan hadiah kepada orang tua di moment-moment tertentu, semisal saat ulang tahun atau hari Ibu atau hari Ayah. Tidak perlu barang dengan nominal besar yang penting barang itu bermanfaat dan bisa menyenangkan hati orang tua kita.

Kita sebagai anak harus peka dan inisiatif terhadap kemauan orang tua, sebab kalau kita menunggu, orang tua tidak akan pernah meminta secara langsung kepada anak. Jadi kita sendiri yang harus aktif.

7. Tanyakan keluhan yang dirasakan

Seiring bertambahnya umur, seringkali muncul beberapa keluhan yang dirasakan. Kita harus sering menanyakan kondisi kesehatannya, apakah baik-baik saja atau perlu perawatan khusus. Sebab mengingat beberapa masalah pada orang berusia lanjut bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

8. Merawat dan menyayangi dengan tulus dan penuh kasih

Setiap orang memiliki fase dalam hidupnya, tak terkecuali orang tua kita. Akan tiba waktunya orang tua kita yang dulunya segar bugar, akan menjadi renta, lemah dan pikun. Tugas kita sebagai anak untuk tetap merawatnya dengan sabar, tulus dan penuh kasih.

Hal ini sebagaimana yang dulu dilakukan oleh orang tua kita semasa kita kecil dulu. Kita harus mensyukuri proses ini, karena banyak kasus anak tidak bisa merawat orang tuanya karena sudah meninggal di usia muda.

Hal di atas adalah sebagian kecil dari yang bisa kita lakukan untuk orang tua kita. Saya percaya kalau kita berbakti dan mengabdi untuk orang tua, Allah akan mudahkan segala urusan kita di dunia dan akhirat.

Berbakti kepada orang tua juga merupakan jalan untuk mendapatkan SurgaNya Allah. Allah akan kasih segala keberkahan dalam hidup kita. Semoga kita semua bisa menjadi anak yang solih solihah dan bisa berbakti kepada orang tua.

fbWhatsappTwitterLinkedIn