10 Cara Wanita Menyatakan Cinta Dalam Islam

Cinta merupakan sebuah anugerah dan fitrah yang di berikan oleh Allah SWT kepada seluruh umat manusia. Cinta menurut islam bukan hanya didefinisikan sebagai sebuah perasaan suka dan sayang kepada lawan jenis. Namun cinta juga merupakan sebuah perasaan yang dianjurkan untuk dicurahkan kepada seluruh ciptaanNya. Anjuran untuk saling mencintai juga tercantum dalam hadist dibawah ini :

ads

Sesungguhnya orang-orang yang saling mencintai, kamar-kamarnya di surga nanti terlihat seperti bintang yang muncul dari timur atau bintang barat yang berpijar. Lalu ada yang bertanya, “siapa mereka itu?, “mereka itu adalah orang-orang yang mencintai karena Allah ‘Azzawajalla. (HR. Ahmad).

Dalam islam pernyataan cinta kepada lawan jenis juga merupakan hal yang sudah diatur ketentuannya. Disunnahkan orang yang mencintai saudaranya karena Allah untuk mengabari & memberitahukan cintanya kepadanya. Hal ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At-Tirmidzi. Ia berkata hadist ini hasan dari Miqdad bin Ma’di dari Nabi Shalallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

Jika seseorang mencintai saudaranya karena Allah, maka kabarkanlah bahwa ia mencintainya.”

Cara Wanita Menyatakan Cinta Dalam Islam 

Tidak ada batasan dalam islam apakah wanita atau laki-laki yang menyatakan cinta terlebih dahulu seperti pada hukum wanita melamar laki-laki dalam islam  . Karena sesungguhnya cinta karena Allah dapat dirasakan oleh semua makhluk hidup tanpa memandang gender.

1. Miliki Keberanian Mengungkapkan Cinta

Seperti sebuah kisah Dari Sabl bin Sad As-SA’idi:

Rasululllah ! saya datang, datang untuk menghibabkan(menyerahkan diri untuk dijadikan istri) diri kepada paduka tuan”.

Lalu Rasul melihat kepadanya yaitu ia naikkan pandangan dan ia tepatkannya. Kemudian Rasulullah SAW tundukkan pandangan. Maka tatkala perempuan itu memandang bahwa ia tidak putuskan apa-apa tentangnya, duduklah ia, lalu berdiri seorang sahabatnya dan berkata:

Ya Rasulullah, jika paduka tidak punya hajat kepadanya, maka nikahkanlah saya dengannya”.

(kemudian Rasul menikahkannya). (H.R Bukhari dan muslim) tertulis dalam kitab Bulughul Maram.

Artinya bahwa baik itu laki-laki ataupun perempuan jika telah memiliki takdir jodoh menurut islam , tidak memiliki batasan untuk menyatakan cinta selama hal tersebut tidak menyalahi aturan agama dan syariat Islam.

2. Jangan Malu Menyatakan Cinta Terlebih Dahulu

Sifat malu merupakan hal yang harus kita miliki. Secara umum bahwa pernyataan cinta yang datang dari wanita terlebih dahulu akan terkesan agresif. Namun, islam sendiri tidak melarang hal tersebut. Mencintai lawan jenis karena Allah SWT merupakam salah satu cara mencintai diri sendiri.   Dalam hadits lain, beliau –shallallahu ‘alaihi wa sallam– juga bersabda,

Iman salah seorang kalian tidaklah sempurna sampai ia mencintai pada apa yang ada pada saudaranya persis seperti ia mencintai sesuatu yang ada pada dirinya sendiri

Al-Munawi mengatakan,

Hal tersebut akan melanggengkan keakraban dan mengokohkan rasa cinta. Dengannya kecintaan akan bertambah dan berlipat, menyatukan suara serta pendapat di antara sesame orang Islam, dan menggugurkan kerusakan serta dendam kesumat. Ini merupakan bagian dari keindahan syariat Islam” (Faidhul Qadir I/357).

3. Nyatakanlah Bahwa Cintamu Adalah Karena Allah SWT

Diriwayatkan dari Anas bin Malik –radhiyallahu ‘anhu-, ujarnya,

“Ada seseorang yang bersanding dengan Nabi Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam-. Lantas lewatlah seseorang. Orang yang di saniding Nabi tadi pun berkata, “Sejatinya aku mencintai orang ini”.

Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– pun bertanya, ‘Sudahkah engkau beri tahu dia?

Ia menjawab, ‘Belum’.

Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– bersabda, ‘Kalau begitu berilah dia tahu’”.

Anas menceritakan, “Maka orang tadi pun mengejarnya seraya berkata, “Sesungguhnya aku mencintaimu karena Allah.”

Dari petikan hadist di atas, sudah jelas bahwa pernyataan cinta yang di maksud adalah cinta karena Allah SWT. Maka dalam hal ini sebagai wanita, anda tidak perlu malu untuk mengungkapkannya terlebih dahulu.


4.  Mendatangi Kediamannya Dengan Mengajak Mahram

Bagi seorang wanita muslim, mendatangi rumah lawan jenis merupakan hal yang dilarang jika di lakukan sendirian. Namun, akan jadi diperbolehkam jika mengajak mahramnya. Jika anda mencintai seseorang karena Allah sebaiknya kunjungilah kediamannya dan ungkapkan. Seperti Dalam Musnad Imam Ahmad, dari Abu Dzar –radhiyallahu ‘anhu-, bahwasanya ia mendengar Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda,

“Apabila salah seorang kalian mencintau rekannya, seyogyanya ia mendatanginya di rumahnya dan memberinya tahu bahwa ia mencintainya karena Allah

5. Nyatakan Pernyataan Cinta Anda Melalui Kawan atau Saudara Dekatnya

Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– pernah bersabda,

“Apabila seseorang mencintai orang lain, hendaknya ia memberinya tahu bahwa ia mencintainya, tentulah aku tidak akan memberimu tahu”. 

Jika anda terlalu malu untuk menyatakan cinta sendiri dihadapannya. Maka anda bisa meminta bantuan kepada orang lain sebagai bentuk amanah dalam islam yang dekat dengan orang tersebut. Pastikan bahwa orang yang anda mintai bantuan merupakan sosok yang dapat di percaya.

6. Segera Nyatakan Perasaan Anda

Tidak ada larangan untuk memendam perasaan kepada lawan jenis. Namun Al-‘Allamah ‘Abdurrauf Al-Munawi dalam Faidh Al-Qadir syarh Al-Jami’ Ash-Shaghir (I/247) ketika menjelaskan hadits:

Apabila salah seorang kalian mencintai seseorang, hendaklah ia memberinya tahu. Sebab, sesungguhnya ia merasa seperti apa yang dirasakannya”.

Artinya bahwa, jika anda memiliki perasaan cinta karena Allah SWT. Segeralah nyatakan perasaan tersebut kepada orang yang bersangkutan. Karena mungkin saja ia memiliki perasaan yang sama kepada anda. Jika anda memendamnya tanpa berani mengungkapkan maka tentu anda tidak akan pernah tau, apa sebenarnya perasaan dia kepada anda.

7. Jangan Kecewa Jika Ia Tidak Memiliki Perasaan yang Sama

Keputusan menyatakan cinta lebih dahulu bagi seorang wanita bisa menjadi hal yang ekstrim jika hasil yang di dapat tidak sesuai dengan harapan. Ada baiknya sebelumnya anda mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan yang terjadi. Jika ia tidak memiliki perasaan yang sama, maka jangan dipaksakan. Karena bisa jadi hasilnya tidak akan baik. Karena dalam sebuah hubungan rasa saling mencintai satu sama lain merupakan landasan sebuah hubungan dapat berjalan dengan lancar.

8. Ingat Janji Rasulullah SAW bagi Mereka yang Saling Mencintai 

Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– bersabda,

“Orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku, bagi mereka mimbar-mimbar dari cahaya yang membuat para nabi dan orang yang mati syahid iri pada mereka”.

Artinya bahwa , keputusan anda bisa menjadi hal tepat dengan menyatakan perasaan lebih dahulu. Karena jika ia juga memilki perasaan yang sama maka tentu akan sangat baik untuk bisa melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius dan menjadi kunci membangun rumah tangga dalam islam . Serta keutamaan orang yang saling mencintai telah jelas tertuang dalam hadist di atas.

9. Percayalah Bahwa Perasaan yang Anda Miliki Adalah Tulus Karena Allah SWT

Perasaan yang sama merupakan harapan bagi anda yang menyatakan cinta terlebih dahulu. Namun, terlebih dahulu yakinkan diri bahwa anda memiliki perasaan yang tulus dan didasarkan pada cinta kepada Allah. Dalam diri mereka yang saling mencintai akan memiliki ikatan yang erat, seperti pada kesempatan lain, Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– menyatakan:

Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling mencintai, menyayangi, berbelas kasih sesama mereka itu bagaikan satu jasad yang apabila ada anggota badan itu ditimpa sakit, maka seluruh anggota badan lain akan merasakannya dengan tidak bisa tidur dan demam”.

10. Yakinkan Diri Bahwa Ia juga Mencintai Anda

Mungkin bagi wanita seperti anda terkesan terlalu percaya diri dengan memiliki keyakinan ini. Namun, hal ini justru akan memberikan kekuatan bagi anda untuk berani mengungkapkan cinta. Karena keutamaan mereka yang saling mencintai tertuang dalam Hadist riwayat Al-Bazaar dengan sanad hasan dari Abdullah bin Amr, ia berkata: Rasulullaah Shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Siapa yang mencintai seseorang karena Allah, kemudian seseorang yang dicintainya itu berkata, “Aku juga mencintaimu karena Allah.” Maka keduanya akan masuk surga. Orang yang lebih besar cintanya akan lebih tinggi derajatnya daripada yang lainnya. Ia akan digabungkan dengan orang-orang yang mencintai karena Allah.”

10 cara wanita menyatakan cinta dalam islam, tentu dapat menjadi panduan bagi anda selaku kaun hawa untuk berani mengungkapkan fitrah ini. Artikel ini sebagai bentuk dukungan kepada kaum wanita untuk tidak terjebak dalam stereotype gender. Selain itu juga menegaskan bahwa dalam islam kaum wanitapun di berikan kebebasan untuk mengungkapkan rasa cintanya. Semoga kita dapat merengkuh surga Allah SWT melalui jalan cinta karena Allah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , ,




Post Date: Friday 09th, February 2018 / 04:40 Oleh :
Kategori : Info Islami
Short Movies

Manusia memang jarang bersyukur, padahal nikmat dan rencana Tuhan yang sangat indah sudah diberikan pada dirinya. Saksikan film pendek berikut ini.