17 Ciri Ciri Orang Sukses Menurut Islam

Menjadi orang yang sukses adalah impian setiap orang. Untuk sukses di dunia bisa dikatakan mudah, karena banyak sekali orang-orang hebat yang telah sukses di dunia ini. Kita lihat saja sederetan nama-nama orang terkaya, para pemimpin hebat serta para ilmuwan yang telah sukses dalam bidangnya.

ads

Namun dalam artikel kali ini, yang akan dibahas adalah ciri-ciri orang sukses menurut pandangan Islam. Karena untuk sukses dalam pandangan Islam tidaklah mudah, karena Islam memiliki syari’at tertentu. Untuk itu marilah kita simak penjelasan di bawah ini.

Sukses dunia akhirat adalah merupakan harapan setiap mukmin yang ada di dunia ini. Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam surat Al-Baqarah ayat 201 yang artinya:

“ Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS Al-Baqarah [2] : 201)

Agama Islam memiliki pandangaN sendiri tentang ciri-ciri orang yang sukses. Seperti apa sih ciri-cirinya menurut agama Islam? Langsung saja simak penjelasan ciri-ciri orang sukses menurut Islam di bawah ini.

1. Orang yang Sukses Sudah Pasti Adalah Orang yang Beriman

Keimanan seseorang bisa dijadikan tolak ukur kesuksesan seseorang dalam pandangan Islam. Semakin dia sukses maka semakin besar pula keimanannya terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena manfaat beriman kepada allah swt memang sangat berdampak besar bagi kehidupan umat. Bukan hanya kepada Allah, tapi beriman disini meliputi juga beriman kepada Rasul Allah, kitab-kitab Allah, Malaikat, Qadha dan Qadhar serta mengimani hari kiamat.

2. Orang yang Sukses Menurut Islam Bisa Dilihat Dari Kekhusyukan Shalatnya

Dalam agama Islam shalat merupakan tiang agama. Ciri-ciri orang yang sukses menurut pandangan Islam salah satunya dapat dilihat bagaimana ibadah shalatnya, barang siapa yang khusyuk shalatnya maka dia dapat dikatakan orang yang sukses. Karena apa? Shalat yang khusyuk dapat membawa pengaruh positif dan mencegah manusia dari perbuatan mungkar dan keji. Sebagaimana firman Allah Subahanahu Wa Ta’ala dalam surat Al-Ankabut ayat 45 yang artinya:

“ Sesunggguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.” (QS Al-Ankabut [29] : 45)

3. Orang yang Sukses Akan Menunaikan Zakat

zakat dalam islam merupakan rukun Islam yang ketiga. Dalam agama Islam zakat dimaksudkan untuk membersihkan harta yang dimiliki oleh setiap muslim. Selain untuk mensucikan harta, zakat juga bermaksud untuk menghindarkan manusia dari sifat kikir. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Maarij ayat 19-21 yang artinya:

“ Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh. Apabila dia ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah. Dan apabila mendapat kebaikan (harta) dia jadi kikir.” (QS Al-Maarij [70] : 19-21)

Menurut pandangan Islam, orang yang menunaikan zakat dapat dikatakan orang yang sukses. Karena kikir bukanlah termasuk ciri-ciri orang yang sukses melainkan perbuatan yang tidak terpuji dan dapat merusak kehidupan. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam:

“ Tiga hal yang akan merusak manusia; kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti dan manusia yang memandang hebat dirinya.” (HR Thabrani)

Sponsors Link

4. Mampu Menjaga Kemaluannya

Seseorang dapat dikategorikan menjadi orang yang sukses menurut pandangan Islam jika seseorang itu mampu menjaga kemaluannya. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam:

“ Barang siapa yang bisa menjamin untukku apa yang ada di antara dua rahangnya (lisan), dan yang ada di antara kedua pahanya (kemaluan), maka aku akan menjaminnya masuk surga.” ( Muttafaqun Alaih)

Dari hadist di atas maka dapat disimpulkan seseorang yang sukses menjaga kemaluannya maka akan dijamin Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam untuk masuk surga.

5. Mampu Mengemban Amanah

Memelihara amanah adalah salah satu ciri-ciri orang sukses menurut pandangan Islam. Karena amanah dalam islam merupakan segala sesuatu yang Allah bebankan kepada hamba-Nya untuk dilakukan.Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam:

“ Tunaikanlah amanat terhadap orang  yang mengamanatimu dan janganlah berkhianat terhadap orang yang mengkhianatimu.” ( HR Ahmad dan Abu Dawud)

6. Mampu Menepati Janjinya

Ciri-ciri orang sukses menurut Islam selanjutnya adalah mampu menepati janjinya. Sementara orang yang selalu mengingkari janjinya merupakan ciri-ciri orang yang munafik. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam surat An-Nahl ayat 91 yang artinya:

“ Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu melanggar sumpah setelah diikrarkan, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.” (QS An-Nahl [16] :91)

7. Shalatnya Terjaga

Point selanjutnya tentang ciri-ciri orang sukses menurut pandangan Islam yaitu dapat menjaga shalatnya. Karena shalat merupakan kunci kesuksesan dari seseorang. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam bersabda:

“ Barang siapa yang terlepas satu shalatnya, seolah-olah ia telah kehilangan seluruh keluarga dan hartanya.” ( HR Ibnu Hibban)

ads

8. Mampu Mengendalikan Perkataan dan Perbuatan

Orang yang sukses dalam pandangan Islam yaitu dapat mengendalikan perkataan dan perbuatannya. Dia akan mengendalikan apa yang diucapkannya sehingga tidak menyakiti perasaan orang lain. Dan dia tidak akan mengatakan sesuatu yang tidak dia kerjakan karena Allah sangat membencinya, sebagaimana firman Allah dalam surat As-Shaf ayat 2-3 yang artinya:

“ Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? (Itu) sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS As-Shaf : 2-3)

Seseorang yang sukses juga tidak akan memerintahkan orang lain untuk melakukan kebajikan sementara dia sendiri tidak melakukannya. Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 44 yang artinya:

“ Mengapa kamu menyuruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedangkan kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Kitab (Taurat)? Tidakkah kamu mengerti.” ( QS Al-Baqarah : 44)

9. Melewatkan Sesuatu yang Tidak Bermanfaat

Ciri-ciri orang sukses menurut pandangan Islam selanjutnya yaitu melewatkan atau meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat di dalam hidupnya. Karena melakukan sesuatu yang sia-sia merupakan hal yang mubadzir dan Allah sangat melarangnya. Sementara Allah menganjurkan hamba-Nya untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat baik untuk orang lain maupun untuk dirinya sendiri.

10. Mengamalkan Sesuatu Berdasarkan Ilmu yang Dimilikinya

islam dan ilmu pengetahuan tanpa amal bagaikan pohon tanpa buah, itulah ungkapan yang sering kita dengar. Ciri-ciri orang sukses menurut Islam yaitu mampu mengamalkan sesuatu berdasarkan ilmu yang dimilikinya baik sedikit maupun banyak. Karena pengamalan sesuatu itu harus didasari dengan ilmu agar dapat diketahui mana yang salah dan mana yang benar. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasalam:

“ Berbahagialah orang yang beramal dengan ilmunya.” (HR Bukhari)

11. Ikhlas Dalam Segala Hal

Selanjutnya, ciri-ciri orang sukses dan menjaga hati dalam islam yaitu orang yang ikhlas dalam segala hal. Karena dia melakukan semua kebaikan semata-mata hanya karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala tanpa mengharapkan balasan apapun. Nabi muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasalam mengkategorikan orang yang ikhlas sebagai orang yang sukses, beruntung serta berhasil sebagaimana sabdanya:

“ Berbahagialah orang-orang yang ikhlas, mereka adalah pelita-pelita hidayah yang dari mereka setiap fitnah yang gelap menjadi terang.” (HR Abu Nu’aim)

12. Mampu Melewati Ujian Dari Allah

Seseorang yang mampu melewati ujian dari Allah dengan penuh kesabaran dan keikhlasan bisa dikategorikan menjadi orang yang sukses. Karena sebuah kesuksesan tidak didapatkan secara cuma-cuma melainkan membutuhkan usaha untuk melalui semua cobaan dan ujian yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebagaimana firman Allah dalam Al-baqarah ayat 214 yang artinya:

“ Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: ‘Bilakah datang pertolongan Allah?’ Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” ( QS Al-Baqarah [2] : 214)

Sponsors Link

13. Orang yang Istiqomah

Untuk mendapatkan kesuksesan tentulah dibutuhkan suatu usaha. Usaha juga harus secara istiqomah tidak setengah-setengah. Orang yang istiqomah sudah tentu dapat dikategorikan ke dalam golongan orang-orang yang sukses.

14. Orang yang Rajin Menyambung Tali Silaturahim

Silaturahim adalah salah satu kunci sukses menurut Islam. Karena dengan silaturahim maka tali persaudaraan akan terjaga. Silaturahim juga memiliki keutamaan yakni dapat meluaskan rizki seseorang dan memanjangkan umurnya.

15. Orang yang Berbakti Kepada Kedua Orang Tuanya

Orang yang sukses sudah pasti adalah orang yang berbakti keapada kedua orang tuanya. Karena ridha Allah berada pada ridha kedua orang tua atau berada ditangan kedua orangtua. Dan doa orang tua adalah suatu keramat bagi kesuksesan anak-anaknya.

16. Orang yang Rajin Melaksanakan Ibadah Sunnah

Rajin melaksanakan ibadah sunnah juga merupakan salah satu ciri orang sukses menurut pandangan Islam. Yang sunnah saja dia mampu melaksanakannya bagaimana dengan yang wajib? Sudah tentu Allah mengkategorikannya ke dalam golongan orang yang sukses dunia akhirat, isnyaa Allah.

17. Orang yang Rajin Berdoa dan Berdzikir

Bagaimana mungkin seseorang yang tidak pernah berdoa bisa menjadi orang yang sukses?  Sementara ada ungkapan menyatakan bahwa “Usaha tanpa doa adalah hal yang sia-sia”. Sudah dapat dipastikan orang yang rajin berdoa dan berdzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala merupakan orang yang akan sukses dunia dan akhirat.

Itulah 17 ciri-ciri orang yang sukses menurut Islam. Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang sukses menurut pandangan Islam, aamiin. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca umumnya dan bagi penulis khususnya. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk singgah di artikel ini. Terima kasih, sampai jumpa lagi!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Tuesday 21st, November 2017 / 03:21 Oleh :
Kategori : Info Islami