17 Keajaiban Doa di Bulan Ramadhan

Sebagaimana yang kita ketahui, bulan Ramadhan ialah bulan yang amat mulia di dunia ini dan memiliki nilai yang begitu indah serta berharga di mata Allah dan di mata orang orang mukmin. Sepanjang bulan, orang orang mukmin yang bersungguh sungguh mendekatkan hatinya kepada Allah selalu menantikan datangnya bulan Ramadhan dan berharap dalam doanya untuk bisa bertemu serta melakukan amalan di dalamnya.

Sebab itu tak sedikit pula saudara saudara muslim kita memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk memanjatkan doa kepada Allah, memang doa di bulan Ramadhan lebih mulia dan lebih banyak peluang untuk dikabulkan, namun tentu saja tetap disesuaikan dengan niat dan bagaimana hamba tersebut berdoa, sudah melakukannya sesuai hati nurani dan menjalankan adab adabnya kah?

Jika memang sudah dilakukan sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh Allah dan Rasulullah dalam berdoa, tentu saja akan ada kebaikan doa di dalamnya sebagai wujud kasih sayang Allah kepada hambaNya, yakni sebagai berikut, 17 keajaiban doa di bulan Ramadhan.

1. Dikabulkan Allah

Sesungguhnya Allah itu membebaskan beberapa orang yang beriman dari api neraka pada setiap hari hari yang mulia di bulan Ramadhan, dan setiap muslim yang beriman apabila dia memanjatkan do’a dengan kesungguhan hati, akan dikabulkan.” (HR. Al Bazaar). Dari hadist tersebut dijelaskan bahwa doa orang yang beriman di bulan Ramadhan akan dikabulkan.

Yakni dengan syarat tetap harus melakukan keutamaan berbaik sangka kepada Allah mengenai doa yang dipanjatkan dan melakukan amal kebaikan seperti menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya, tentu tidak pantas bukan, jika seseorang meminta sesuatu kepada Allah namun ia dengan sengaja melangggar perintahNya? Tentu hal tersebut bisa menjadi penghalang terkabulnya doa, sebab itu doa yang dikabulkan Allah ialah yang disertai dengan kebaikan.

2. Waktu yang Mustajab

Allah turun ke langit dunia waktu tersisa sepertiga malam terakhir. dan  berfirman, “Siapa saja hamabaKu yang berdo’a kepada-Ku dengan kesungguhan hati, maka akan Aku kabulkan.” (HR. Bukhari, no. 1145). Keajaiban doa di bulan Ramadhan ialah akan lebih mustajab ketika dilakukan di waktu doa yang mustajab sepertiga malam terakhir, yakni ketika menjalankan shalat tahajud.

3. Tidak Tertolak

“Ada 3 orang beriman yang do’anya tidak akan tertolak: orang yang berpuasa dengan ikhlas sampai ia berbuka, …” (HR. Ahmad 2: 305). Salah satu keajaiban doa di bulan Ramadhan ialah tidak tertolak jika sepanjang hari ia melakukan amalan puasa dengan ikhlas dan dengan niat hanya kepada Allah disertai dengan keutamaan ikhlas dalam islam.

4. Sunnah yang Mulia

Dari Imam Nawawi, “hendaknya orang beriman yang berpuasa perbnayak memanjatkan do’a” (Al-Majmu’, 6: 273). Ulama menyatakan bahwa setiap umat muslim hendaknya banyak memanjatkan doa kepada Allah, terlebih di bulan Ramadhan yang mulia, dianjurkan banyak berdoa, baik itu untuk dunia akherat, untuk dirinya sendiri, juga untuk kebaikan seluruh umat muslim di dunia ini dengan tetap memperhatikan hal hal penting seperti hukum berdoa jelek untuk orang lain dan hukum berdoa untuk non muslim.

5. Meningkatkan Rasa Taqwa

Wahai kamu orang yang memiliki iman, diwajibkan atas kalian berpuasa seperti juga diberi kewajiban kepada orang beriman sebelum kalian, agar kalian menjadi bertaqwa“. (Al Baqarah: 183). Doa yang dipanjatkan di bulan Ramadhan yang dilakukan semata karena Allah, tidak hanya dikabulkan, namun juga akan menambah rasa taqwa karena mendekatkan diri kepada Allah.

6. Mendapat Ampunan Dosa

Dan barang siapa hambaKu yang berpuasa Ramadhan dengan niat rasa  iman dan harapan untuk mendapat ridha Allah, maka diberi ampunan baginya dosa yang dulu diperbuat.” (HR. Bukhari). Dosa dosa yang telah dilakukan juga akan mendapat ampunan dari Allah, sebab itu hendaknya di bulan Ramadhan banyak memanjatkan doa kepada Allah untuk diampuni dosa dosa yang terdahulu.

7. Diperhatikan Allah

Di bulan Ramadhan yang mulia, umatku dianugerahi dengan 5 perkara yang tidak diberikan kepada umat lain nabi nabi sebelumku. Kesatu, jika Allah melihat umatku yang mulia sejak di awal malam hari dari bulan Ramadhan  maka ia terlindung dari azab…” (HR. Baihaqi). Dianjurkan oleh Rasulullah untuk memohon perlindungan dari azab neraka sebab doa di bulan Ramadhan diperhatikan langsung oleh Allah.

8. Didoakan Malaikat

“Dan sesungguhnya para malaikat di langit pun memohon ampunan untuk mereka orang yang beriman di waktu siang hari dan di waktu malam hari...” (HR. Baihaqi). Setiap doa yang dipanjatkan oleh orang yang beriman di bulan Ramadhan, juga akan mendapat doa dari malaikat sebab ia berdoa di malam yang mulia, tentunya doa mengenai kebaikan yang dipanjatkan.

9. Kenikmatan Surga

Orang yang dengan ikhlas dan rutin berdoa kepada Allah akan mendapatkan kenikmatan untuk meraih surga. “Dan sesungguhnya Allah pun memberi perintah kepada surga-Nya,: “Bersiap-siaplah, dan hiasilah dirimu seindah dan sebaik mungkin untuk para hamba-Ku, agar mereka orang yang beriman kepadaKu bisa dengan tenang melepaskan diri dari kelelahan ketika berada di dunia menuju surga-Ku dan menuju kemulyaan-Ku yang abadi...” (HR. Baihaqi)

10. Mendapat Imbalan Langsung dari Allah

Orang yang beriman dan telah melakukan segala kewajibannya di bulan Ramadhan serta rajin berdoa maka akan mendapat imbalan langsung dari Allah karena kebaikannya. “Di waktu malam. terakhir bulan Ramadhan Allah akan memberi ampunan kepada semua orang yang beriman. yakni ketika orang orang beriman selesai melakukan pekerjaan dan keawajiban maka imbalannya dari Allah langsung akan ada. (HR. Baihaqi)

11. Tidak Ada Gangguan Syetan Ketika Berdoa

Jika Ramadhan tellah datang dan menghampiri di dunia, maka segera dibukalah pintu surga di akherat dan segera pula ditutup pintu neraka yang menyedihkan serta syetan yang hina akan dibelenggu dan dikurung” (HR. Bukhari). Terkadang ketika berdoa pikiran menjadi tidak konsentrasi karena diganggu syetan, di bulan Ramadhan, orang beriman akan jauh dari gangguan syetan ketika a berdoa dan melakukan aktifitas lain karena syetan telah dikurung di dalam neraka.

12. Pahala Berlipat Ganda

Apapun keikan yang dilakukan di bulan Ramadhan akan mendapat pahala yang berlipat ganda, yakni mendapat tujuh puluh lipat kebaikan, maka berdoa yang dilakukan oleh uat muslim yang beriman juga merupakan sebuah bentuk amal ibadah, sehingga ia pun juga mendapat kebaikan yang berlipat dari kebaikan doa yang dilakukan tersebut.

Wahai manusia di dunia ini, telah datang kepada kalian pada saat ini bulan Ramadhan agung yang penuh dengan berkah dan kemuliaan. Bulan ini terdapat di dalamnya yaitu sebuah malam baik yang jauh  lebih baik dari malam seribu bulan, dan barang siapa atau hambaKu yang beriman dengan ikhlas mendekatkan diri di dalamnya disertai dengan melakukan kebaikan dan kebajikan,

maka di langit ia terlihat seperti melakukan kebaikan yang lain, dan barang siapa hambaKu yang beriman melakukan kewajiban dan kebaikan di dalamnya, maka ia pun bagaikan mengerjakan tujuh puluh kebaikan atau kewajiban selain yang dilakukannya…” (HR. Ibnu Huzaimah dalam Shahihnya)

13. Diijabah di Seluruh Hari Ramadhan

Bulan Ramadhan di permulaannya adalah penuh dengan rahmat kebaikan, di hari hari pertengahannya adalah penuh dengan ampunan dosa yang telah lalu, serta di akhirnya ialah perlindungan dari neraka…” (HR. Ibnu Huzaimah dalam Shahihnya). Doa yang dipanjatkan di bulan Ramadhan memiliki keajaiban diijabah dan memiliki nilai kebaikan di seluruh hari Ramadhan, sebab semua hari di bulan Ramadhan ialah penuh dengan kebaikan dan rahmat.

14. Dianjurkan Rasulullah

“…Dan untuk umatKu yakni setiap muslim laki laki dan wanita yang beriman, di setiap hari dan di setiap petang yang ada dalam bulan Ramadhan yang penuh kemuliaan adalah sebuah doa yang mustajab dan tinggi nilainya” (HR. Bazar). Rasulullah menganjurkan umatNya untuk banyak berdoa kepada Allah di bulan Ramadhan sebab memiliki keajaiban nilai yang tinggi dan merupakan doa yang mustajab selama dilakukan dengan ikhlas disertai dengan menjalankan perintah dan menjauhi laranganNya.

15. Termasuk Berdoa di Hari Hari Istimewa

Lailatul Qadar ialah malam yang jauh lebih baik daripada malam seribu bulan“. (Al Qadr: 3). Hari hari di bulan Ramadhan ialah hari yang istimewa dan hari yang baik untuk berdoa, terlebih jika mendapat kenikmatan untuk bertemu dengan malam Lailatul Qadar, tentunya doa yang dipanjatkan dengan ppenuh keimanan akan lebih diijabah dan lebih banyak mendapat kebaikan dari Allah.

16. Buka Puasa Waktu yang Mustajab

Dari Ibnu Katsir, diperintahkan kepada setiap umat islam agar memperbanyak doa kebaikan di setiap kali ia melakukan buka puasa di waktu puasa Ramadhan. (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 2: 66). Jelas bahwa salah satu keajaiban doa terletak di waktu bulan Ramadhan di waktu berbuka puasa sehingga di waktu tersebut baik untuk banyak memanjatkan doa kepada Allah.

17. Diiringi dengan Menjalankan Perintah Allah

Doa yang dipanjatkan di bulan Ramadhan akan jauh lebih baik jika disertai dengan keimanan dan memperbanyak kebaikan kepada Allah seperti firmanNya berikut, “Aku akan mengabulkan doa hambaKu yang memohon apabila ia meminta kepada-Ku, maka hendaklah mereka hamabKu yang beriman itu selalu melakukan (segala perintah yang Aku berikan) dan hendaklah mereka hambaKu selalu beriman kepadaKu.” (QS. Al-Baqarah: 186).

Demikian artikel kali ini, semoga mudah dipahami oleh anda dan dapat menjadi wawasan islami yang bermanfaat, jangan lupa selalu perbarui ilmu anda dengan membaca artikel artikel mengenai agama islam di website kami. Terima kasih. Salam hangat.