15 Keistimewaan Wanita Berjilbab bagi Muslimah

Dalam setiap perintah Allah tentunya mengandung manfaat dan fungsi untuk melindungi manusia. Adanya rukun iman, rukun islam, Iman dalam Islam, Hubungan Akhlak Dengan Iman Islam dan Ihsan, dan Hubungan Akhlak dengan Iman tentu memiliki nilai dan tujuan untuk menyelamatkan manusia. Tidak ada satupun perintah Allah yang tidak memiliki manfaat dan berorientasi kepada keselamatan manusia. Tentunya hal ini juga hanya akan ditangkap oleh manusia yang menggunakan akalnya, memikirkan maksudnya, dan mau mencari Ilmu Penegtahuan.

ads

Wanita dalam Pandangan Islam dan Wanita Shalehah Menurut Islam bukan terletak pada fisiknya, melainkan pada akhlak dan ketaatannya. Dalam hal ini termasuk pada perintah berjilbab ada banyak sekali manfaat dan pendasaran mengapa jilbab menjadi suatu kewajiban bagi wanita muslimah. Dalam tulisan ini akan dijelaskan mengenai sekilas perintah berjilbab juga keistimewaannya bagi wanita muslimah yang menggunakan.

baca juga:

Perintah Berjilbab dalam Al-Quran

Walaupun penafsiran dan teknis mengenai jilbab memiliki pendapat berbeda dan penafsiran yang berbeda antar ulama, di dalam Al-Quran dapat kita lihat ayat-ayat yang berkenaan mengenai aurat wanita dan menggunakan hijab ini. Diantaranya adalah dalam QS An Nur ayat 31 dan QS Al Ahzab 59.

  1. QS An Nur : 31 – Perintah Mengelurkan Jilbab Hingga ke Dada

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.  (QS An Nur : 31)

Dalam ayat ini ditekankan bahwa wanita muslimah diperintahkan untuk menutup kain kudung ke dadanya sehingga tidak terliohat aurat atau perhiasannya kecuali pada mereka yang merupakan muhrim. Hal ini dimaknai sebagai jilbab atau hijab yang kita pahami saat ini. Untuk itu banyak yang memahami bahwa jilbab artinya harus menutupnya hingga ke dada.

baca juga:


  1. QS Al Ahzab 59 – Mengelurkan Jilbab ke Seluruh Tubuh

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.  (QS Al Ahzab : 59)

Ayat yang terdapat dalam Surat Al Ahzab ini memerintahkan untk para wanita muslimah agar menutup seluruh tubuhnya dengan jilbab atau hijab agar mereka dikenal dan tidak diganggu. Hal ini juga berkenaan dengan menghindari wanita yang secara fitrah cantik dan memiliki perhiasan indah dalam tubuhnya sendiri dari gangguan laki-laki yang tidak bisa mengontrol hawa nafsunya.

Bagi wanita muslimah yang belum berjilbab tentu saja ada kewajiban untuk berjilbab. Walaupun, kita ketahui bahwa untuk menuju hijrah tentu butuh proses dan step. Allah memberikan kesempatan tentunya tidak menunda-nunda untuk melakukannya. Bagaimanapun perintah Allah sifatnya mengikat dan harus kita laksanakan, serta kelak akan dimintai pertanggungjawaban oleh-Nya. Untuk itu, penting bagi wanita muslimah yang masih awam, mengenal tentang Hukum Wanita Tidak Berjilbab dalam Islam dan Hukum Memakai Jilbab dalam Islam.

baca juga artikel tentang wanita lainnya:

Keistimewaan Wanita Muslimah dengan Jilbab

Wanita muslimah yang mengenakan jilbab tentu saja sangat bernilai dan mendapatkan keutamaan dihadapan Allah. Ada banyak keistimewaan bagi wanita muslimah yang menggunakan jilbabnya. Berikut adalah 15 keutamaan wanita berjiilbab sesuai dengan syariah islam.

  1. Menjadi wanita muslimah yang taat dan mengikuti hukum Allah dalam hal menutup aurat, tentu hal ini adalah menjadi ciri-ciri Wanita yang Dirindukan Surga.
  2. Menjadi wanita muslimah yang menjaga jati dirinya tanpa membuka aurat.
  3. Menjadi wanita muslimah terhormat karena menutupi auratnya dengan pakaian yang layak dan indah.
  4. Terjaga dari gangguan pandangan mata lelaki yang bukan muhrimnya.
  5. Terhindari dari gangguan jahat yang memiliki hasrat atau hawa nafsu setan.
  6. Secara tidak langsung juga menjaga diri untuk membatasi diri kita dari sentuhan yang bukan muhrim atau seseorang yang berniat untuk menyentuh diri kita dengan niat yang buruk.
  7. Memancarkan kecantikan darii dalam diri wanita muslimah, karena akhlaknya, bukan sekedar penampilannya. Tentunya ini adalah Cara Menjadi Wanita Cantik Menurut Islam.
  8. Terjaga dari dosa menampilkan aurat pada yang bukan muhrim.
  9. Dengan menutup aurat, maka kita pun juga sekaligus menjaga diri sendiri dan moral kita agar sesuai dengan penampilan hijab kita. Secara tidak langsung hal ini menjadi Cara Menjadi Wanita Baik yang sesuai dengan islam.
  10. Menampilkan identitas muslimah, karena perintah hijab dan jilbab adalah perintah islam, maka dengan mudah kita menampilkan diri kita sebagai seorang wanita muslimah.
  11. Mendapat penghormatan dan penghargaan dari orang lain karena wanita berjilbab adalah wanita yang menjaga dirinya dari aurat yang terbuka dan perilaku yang tidak sesuai dengan islam.
  12. Dengan jilbab wanita muslimah juga bisa menjaga kulit dari sinar ultraviolet yang bisa merusak. Dengan begitu maka terhindar juga dari beragam penyakit yang berbahaya.
  13. Terdorong untuk berlaku baik dan menjadi muslimah yang lebih baik lagi karena dengan hijab kita dituntut untuk menjadi manusia yang juga berakhlak mulia sesuai dengan Kodrat Wanita dalam Islam.
  14. Mendapat pahala dari Allah sebagai muslimah yang menurutp auratnya selagi niatnya adalah tulus, ikhlas, dan lurus karena menjalankan perintah Allah.
  15. Melatih keistiqomahan, karena jilbab saat ini sudah seperti trend dan juga gaya tersendiri. Dengan berjilbab kita juga bisa melatih keistiqomahan apakah niat dan perilaku hijab kita masih sesuai dengan syariat.

baca juga:

15 keutamaan wanita berjilbab ini akan kita dapatkan jika niat dan tujuan kita benar-benar tulus karena ingin mendapatkan kemuliaan dan ridho dari Allah SWT. Ada banyak orang-orang yang berjilbab namun tidak didasari dengan orientasi yang kuat. Untuk itu, sebagaimana hukum Allah, maka pertama kali kuatkanlah niat kita dan jangan sampai melepas jilbab hanya karena alasan yang tidak masuk akal. (Bisa juga membaca Tips Menjadi Wanita Shalehah untuk menambah semangat kita dalam berhijab atau berjilbab).

baca juga:

Sejatinya perintah Allah bertujuan untuk keselamatan kita di dunia dan akhirat. Tidak ada satupun tujuan Allah untuk menyiksa dan membuat manusia menderita. Semua itu telah Allah perhitungkan dan sesungguhnya Allah Maha Teliti akan semua Hukum-Hukum yang dibuat-Nya.

, , , ,




Post Date: Friday 21st, July 2017 / 07:47 Oleh :
Kategori : Info Islami
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu