15 Keutamaan Puasa Muharam yang Luar Biasa

Di dalam ajaran islam terdapat perintah untuk berpuasa. Puasa wajib sejatinya Allah perintahkan pada umat islam yang ada di dalam bulan Ramadhan. Saat bulan Ramadhan tentunya tidak terkecuali seluruh umat islam wajib melaksanakannya, kecuali bagi mereka yang sakit, ibu menyusui atau hamil, dan wanita yang sedang mengandung.

Puasa di luar bulan ramadhan terdapat juga puasa sunnah lainnya, seperti:

Untuk itu, dibalik kewajiban puasa tersebut sangat banyak sekali keutamaan yang bisa diambil dan didapatkan bagi kita. Akan tetapi, pelaksanaan puasa tidak hanya dilaksanakan saat bulan puasa saja. Ada banyak juga puasa-puasa yang dapat dijalankan bagi umat islam, yaitu puasa sunnah di bulan Ramadhan.

Salah satu puasa sunnah adalah puasa muharam. Berikut adalah penjelasan dan keutamaan dari puasa Muharam.

Puasa Muharam dalam Islam

Bulan Muharram adalah bulan pertama yang ada dalam Kalendar Islam atau Kalendar Hijriah. Pada bulan Muharram disebut juga sebagai bulan Allah atau Syahrullah oleh Nabi Muhammad karena pada saat bulan ini, ada banyak keutamaan bagi umat islam.

Muharam sendiri dalam bahasa Arab berarti waktu yang diharamkan. Maksudnya adalah larangan untuk berbuat dosa dan maksiat. Hal ini Allah sampaikan dalam Al-Quran QS At Taubat ayat 36, “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu.

Selain dalam Al-Quran, dijelaskan juga dalam sebuat riwayat dari Abu barkah, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda “Setahun terdiri dari dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram, tiga berurutan, yaitu: Dzul-Qa’dah, Dzul-Hijjah dan Al-Muharram, serta RajabMudhar yang terletak antara Jumada dan Sya’ban. “

Untuk itulah dikarenakan di bulan ini terdapat berbagai keutamaan tersendiri, maka berpuasa di dalamnya pun menjadi suatu hal yang baik dan berkah. Keutamaan puasa muharam tentunya hanya bisa didapatkan oleh manusia yang benar-benar mencari keridhoan dan keikhlasan hati karena Allah semata.

A. Keutamaan Puasa Muharam dari Aspek Ibadah

Puasa muharam dari aspek ibadah tentu saja memiliki keutamaan yang sangat banyak. Puasa sendiri memiliki keutamaan jika kita jalankan secara benar dan kelurusan niat kita. Untuk itu, berikut adalah keutamaan yang bisa didapatkan jika kita menjalankan puasa muharram.

  1. Menjalankan Sunnah Rasul

Menjalankan sunnah Rasul adalah bagian dari aspek ibadah. Hal ini juga sebagaimana disampaikan dalam QS Ali Imran ayat 131, “Katakanlah: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah (sunnah/petunjuk)ku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Tentunya dengan melaksanakan puasa sunnah kita telah menjadi bagian dari ummat Rasul. Selain itu, Allah juga memberikan banyak ampunan dan kasih sayang-Nya bagi manusia.

Hal yang serupa juga disampaikan dalam Al-Quran, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS Al Ahzab : 21)

Untuk itu, puasa muharam yang menjadi bagian dari Sunnah Rasul bisa kita lakukan sebagaimana yang telah Rasulullah contohkan. Kebaikan dalam puasa sunnah ini tentunya akan mengalir kepada Rasulullah dan para Sahabat, karena telah menyebarkan dan memberikan berita tersebut kepada umat islam.

  1. Mendapatkan Pahala Atas Ibadah Puasa

Tentu saja puasa adalah bagian dari ibadah. Untuk itu puasa adalah salah satu cara atau pintu kita bisa mendapatkan ridho dan kekikhlasan. Tentu saja puasa ini bisa memberikan kebahagiaan tersendiri karena kita menjalankannya akan mendapatkan pahala.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun“

Selain itu disampaikan juga dalam Al-Quran “Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan) nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya.” (QS Al Muzammil : 20)

Untuk itu, beruntunglah orang-orang yang menjalankan puasa dan puasa sunnah. Pahala ibadah akan menyertainya selagi perbuatan tersebut bertujuan kebaikan dan dijalankan secara baik.

  1. Mengingat Peristiwa di Bulan Muharam

Dengan berpuasa di bulan muharam kita juga bisa mengingat tentang berbagai peristiwa yang ada pada masa Nabi Muhammad di Bulan Muharram. Hal ini bisa sekaligus kita pelajari dari sejarah islam. Kita bisa menghayati bahwa betapa luar biasanya Nabi Muhammad berjuang untuk islam namun dalam kondisi masih berpuasa. Tentu hal ini akan menambah semangat dan juga pengahayatan diri kita akan puasa di bulan Muharram.

Tentu saja mengingat Allah adalah seperti kita berdzikir. Mengenai masalah berdzikir dapat juga kita pelajari mengenai : Keutamaan Berdzikir Kepada Allah SWT, Amalan Dzikir Pembuka Rezeki Mustajab dan Keutamaannya, serta Amalan Dzikir di Bulan Ramadhan dan Keutamaannya

  1. Melatih Diri dari Hawa Nafsu

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR Muslim)

Dengan berpuasa di bulan Muharram kita juga bisa sekaligus untuk melatih diri kita dari emosional berlebih dan hawa nafsu. Walaupun bukan di bulan Ramadhan tentu saja ini akan sangat bermanfaat dan juga membantu kita untuk melatih diri kita menjaga hawa nafsu dan gangguan setan.

  1. Mengingat Allah dan Rasul

“Hai orang-orang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul-Nya yang mengajak kamu kepada suatu yang memberi (kemaslahatan/kebaikan)hidup bagimu” (QS Al Anfal : 24)

Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa berpuasa juga dapat membuat diri kita mengingat Allah dan Rasul. Tentu dengan melaksanakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah maka kita akan dengan mudah mengingat kebesaran Allah dan tentu ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

B. Keutamaan Puasa Muharam Dari Aspek Kesehatan

Selain dari aspek ibadah, ada juga keutamaan puasa muharam jika ditinjau dari aspek kesehatan. Puasa adalah ibadah yang dapat ditinjau manfatnya dari aspek kesehatan karena proses puasa berkenaan dengan mekanisme tubuh kita sendiri. Untuk itu, berikut adalah keutamaan jika dilihat dari aspek kesehatan.

  1. Mengurangi Lemak dalam Tubuh

Lemak dalam tubuh akan berkurang jika kita melakukan proses puasa. Selama puasa tubuh kita pun melakukan detoksifikasi atau membuang racun-racun yang ada dalam tubuh. Untuk itu termasuk lemak yang berlebih bisa berkurang dari melakukan puasa.

  1. Menjaga Asupan Makanan dalam Tubuh

Dengan melakukan puasa, maka kita pun juga secara otomatis bisa menjaga makanan sebagai asupan kita. Kita tidak mudah untuk memakan yang aneh-aneh, menjaga waktu makan, mengatur hanya pagi dan malam memakan atau meminum sesuatu. Tentu ini menjadi gaya hidup sehat jika kita terapkan.

  1. Menyeimbangkan Gula dan Menstabilkan Tekanan Darah

Dengan berpuasa kita juga bisa menyeimbangkan gula dan menstabilkan tekanan darah kita. Untuk itu berpuasa dapat menjadikan tubuh kita lebih sehat, fit dan juga segar. Tentu tekanan darah dan gula adalah hal yang kompleks dan bisa merusak tubuh jika kita mendapatkan ukuran yang berlebihan. Untuk itu, puasa membantu kita untuk menstabilkannya.

  1. Detoksifikasi Racun dalam Tubuh

Berpuasa sebetulnya memiliki efek yang sangat besar bagi tubuh kita. Racun-racun dalam tubuh akan terbuang saat berpuasa. Hal ini dikarenakan tubuh beristirahat dari dimasukkannya makanan makanan atau minuman. Saat beristirahat itulah tubuh mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh, sehingga setelahnya tubuh kita menjadi lebih sehat.

  1. Menjaga Tubuh dari Makan Berlebihan

Dengan berpuasa kita pun juga bisa membatasi jumlah makanan yang masuk dalam tubuh kita. Kita hanya makan subuh dan malam. Sednagkan, jika ingin makan tentunya tubuh manusia memiliki kapasitasnya tersendiri. Sedangkan di waktu siang hari tidak mungkin kita melakukan makan. Tentu saja makanan yang kita makan tersebut harus berasal dari Hewan Halal Menurut Islam, Makanan Halal Menurut Islam, dan Minuman Halal Dalam Islam Beserta Dalilnya

C. Keutamaan Puasa Muharam Dari Aspek Umum

Selain dari aspek kesehatan, ada pula aspek-aspek lainnya yang mendukung kita dan mendapatkan manfaat yang luar biasa dari puasa. Diantaranya adalah

  • Belajar Empati pada Sesama karena dengan puasa kita belajar untuk merasakan lapar dan terbatasnya diri kita untuk mengkonsumsi sesuatu.
  • Dengan puasa kita pun bisa belajar untuk Bersikap Zuhud yaitu hidup sederhana dan apa adanya.
  • Menghemat Pengeluaran adalah manfaat lain dari kita berpuasa karena tidak banyak uang yang keluar untuk biiaya konsumsi kita sehari-hari.
  • Mampu merasakan nikmatnya Ibadah.
  • Berlatih untuk menjaga keseimbangan fisik dan psikologis.

Semoga keutamaan puasa sunnah muharam di atas dapat kita laksanakan dengan baik untuk mencapai Tujuan Penciptaan Manusia, Proses Penciptaan Manusia , Hakikat Penciptaan Manusia Konsep Manusia dalam Islam, dan Hakikat Manusia Menurut Islam sesuai dengan fungsi agama. Selamat menjalankan ibadah sunnah.