Keutamaan Puasa Ramadhan Per Hari

Puasa ramadhan yang dijalankan oleh umat mukmin dengan ikhlas semata karena Allah yakni karena hanya ingin mendapat keberkahan dan hidayah kebaikan dari Allah maka akan menerima pahala yang besar per harinya dari hari 1 sd hari 30. Berikut keutamaan puasa ramadhan per hari dari Kitab “Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah”, tentang keutamaan bulan Ramadhan.

1. Pada awal malam Ramadhan Allah SWT mengampuni semua dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan beribu-ribu derajat, membangun lima puluh ribu kota di surga untuk orang yang berpuasa. Sungguh mulia, hari pertama berpuasa sudah mendapat keistimewaan dari Allah beupa dibangunkan kota di Surga. keutamaan berdzikir kepada Allah SWT dapat meringankan dan menjauhkan dari kesusahan ketika berpuasa.

awal ramadhan mungkin memang fase yang berat bagi sebagian orang karena di hari hari tersebut memiliki perubahan dalam sistem metabolisme tubuhnya, yang biasanya makan secara rutin tiga kali sehari berubah menjadi makan di sahur dan waktu bua, namun Allah memberi imbalan di baliknya, tentu saja bagi hambaNya yang menjalankan ibadah puasa hari ke 1 dengan keutamaan sabar dalam islam dan penuh kesungguhan.

2. Keutamaan hari ke-2 puasa Ramadhan adalah Allah SWT mencatat setiap ibadah orang yang berpuasa seperti mencatat puasa kita seperti puasa satu tahun. di hari kedua juga mendapat pahala yang luar biasa, tentu saja pahala tersebut bisa dicapai jika ibadah puasa dilakukan dari ikhlas lahir dan batin sehingga mendapat pahala mulia, tidak hanya mendapat lapar dan haus saja. tips hidup bahagia lahir dan batin dapat dijalankan dengan puasa secara sempurna.

Banyak orang berpuasa yang hanya mendapat lapar dan haus dan tidak mendapat keberkahan, hal itu karena ia hanya puasa secara lahir saja, namun batinnya tidak, seperti masih membicarakan orang lain, masih berprasangka buruk, dan sebagainya. Puasa harus bersih secara lahir batin agar mendapat pahala yang sempurna sehingga terhindar dari  penyebab matinya hati dalam islam.

3. Keutamaan hari ke-3 puasa Ramadhan adalah Allah SWT memberi kepada orang yang berpuasa taman permata yang indah di surga Firdaus, di atasnya dua belas ribu rumah dari cahaya. Allah akan membangunkan rumah di surga bagi orang yang berpuasa dengan kesungguhan dan dilengkapi dengan amal ibadah lainnya seperti membaca Al Qur’an, sedekah, shalat sunnah, dan sebagainya.

Rangkaian ibadah di bulan puasa bisa dijalankan oleh siapa saja yang memang bersungguh sungguh dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan dan berniat untuk mendapatkan keberkahan serta kebaikan yang lebih dari Allah, sebab itu upayakan dan biasakan diri sendiri untuk melakukan amalan lain baik wajib maupun sunnah di bulan ramadhan agar mendapat pahala sempurna sebagai cara membuat hati ikhlas dan tenang.

4. Keutamaan hari ke-4 puasa Ramadhan adalah Allah memberi kepada orang yang berpuasa surga Khuld,  hari kelima akan mendapatkan surga juga, siapa yang ingin melewatkannya? Tentu semua orang menginginkannya, sebab itu wajib untuk menjalankan puasa ramadhan dengan ikhlas hanya karena Allah.

Surga tentu suatu keindahan yang kekal yang diharapkan dan dikejar oleh semua umat muslim, salah satu cara untuk menggapainya ialah dengan menjalankan ibadah puasa di bulan ramdhan sebab Allah sendiri yang menilai kebaikan dan pahala ibadah tersebut, mendekatkan diri dan menyadari akan keberadaan Allah yang maha melihat akan meningkatkan rasa khyusu’ dalam berpuasa.

5. Keutamaan hari ke-5 puasa ramadhan, Allah SWT memberi kalian di surga Al-Ma’wa beribu-ribu kota, setiap kota terdapat seribu rumah, di setiap rumah terdapat seribu meja makan, selanjutnya Allah menyiapkan rumah di surga dengan meja makan yang penuh dengan hidangan yang lezat yang nantinya bisa dinikmati orang orang yang sholeh.

Orang orang shaleh tentunya akan mendapatkan kebaikan di surga nanti, begitu pula orang orang yang menjalankan puasa dengan niat semata karena Allah dan hatinya hanya tertuju pada Allah. Orang tersebut akan mendapat petunjuk sehingga sepanjang kehidupannya jauh dari maksiat dan memiliki keinginan untuk iberibadah lebih tulus lagi kepada Alah.

6. Keutamaan hari ke-6 puasa ramadhan, Allah SWT memberi kalian di surga Darus Salam seratus ribu kota, surga selalu dijanjikan oleh Allah sebagai hari hari puasa ramadhan, sebab itu badah puasa ramadhan hanya bisa dinilai oleh Allah sebab hanya Allah yang mengetahui kesungguhan hati manusia mengenai ibadah puasa yang dijalankannya.

Jangan menyia nyiakan untuk tidak menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, sungguh akan rugi mengingat pahala dan keutamaannya yang begitu besar. Allah maha mengetahui dan maha pemurah, bagi orang yang kesulitan pun misalnya sedang sakit atau wanita yang sedang menstruasi tentu boleh menggantinya di hari lain dan ia tetap mendapatkan pahala yang sama ketika ramadhan asal dijalankan dengan seikhlas mungkin.

Keutamaan hari ke-7 puasa ramadhan, Allah SWT memberi kalian di surga Na’im pahala seperti pahala seribu syuhada’ . jelas bahwa Allah memberikan pahala besar seperti syuhada, sungguh ibadah puasa di bulan ramadhan pahalanya luar biasa dan tidak ada bulan lain yang menandingi, keberkahan terbesar ada di bulan Ramadhan.

7. Keutamaan hari ke-8 puasa Ramadhan, Allah SWT memberi kalian pahala seperti pahala amal enam puluh ribu ahli ibadah. Betapa Allah maha pemurah bagi hamba yang menjalankan perintahNya yakni memberikan pahala yang begitu besar, sebab itu tiap mukmin wajib berlomba lomba untuk mencari amal ramadhan yang banyak.

8. Keutamaan hari ke-9 puasa Ramadhan, Allah SWT memberi kalian apa yang diberikan kepada seribu ulama, tentu saja hal tersebut bisa dicapai dengan kesungguhan dalam beribadah, jika tidak disertai kesungguhan tidak mendapat pahala tersebut, harus dengan niat semata karena Allah dan ingin keberkahan dari Allah.

9. Keutamaan hari ke-10 puasa Ramadhan, Allah SWT memenuhi tujuh puluh ribu hajat, hajat akan dikabulkan oleh Allah, tentunya sangat indah sebab doa doa yang dipanjatkan akan didengarkan oleh Allah dan diwujudkan di waktu yang terbaik atau jika tidak pun diganti dengan sesuatu yang jauh lebih baik.

10. Keutamaan hari ke-11 puasa Ramadhan, Allah SWT mencatat untuk kalian pahala seperti pahala empat kali orang yang haji dan umrah, Keutamaan hari ke-12 puasa Ramadhan, Allah SWT menjadikan bagi kalian keimanan yang dapat merubah keburukan-keburukan menjadi kebaikan-kebaikan, Keutamaan hari ke-13 puasa Ramadhan, Allah mencatat bagi kalian pahala seperti pahala ibadah penduduk Mekkah dan Madinah. Sungguh istimewa keutamaan puasa ramadhan hari ke 11 sd 13, Allah memberi begitu banyak kebaikan.

11. Keutamaan hari ke-14 puasa Ramadhan, seperti beribadah kepada Allah bersama setiap Nabi, Keutamaan hari ke-15 puasa ramadhan, Allah SWT menunaikan untuk kalian hajat-hajat dunia dan akhirat, Keutamaan hari ke-16 puasa ramadhan, Allah SWT akan memberi kalian pada hari kalian dibangkitkan dari kubur enam puluh pakaian untuk kalian pakai, di hari selanjutnya Allah memberi keutamaan yang luar biasa yang tidak bisa didapatt di hari selain hari ramadhan.

12. Keutamaan hari ke-17 puasa ramadhan, Allah SWT menyatakan: “sungguh Aku telah mengampuni mereka dan bapak-bapak mereka, Keutamaan hari ke-18 puasa ramadhan, Allah SWT memerintahkan malaikat agar memohonkan ampunan untuk ummat Muhammad saw sampai tahun berikutnya, Keutamaan hari ke-19 puasa ramadhan, mendapat hadiah makanan di surga nanti. Tentu sebuah kebahagiaan yang luar bisa yang hanya bisa dirasakan di dalam surga Allah.

13. Keutamaan hari ke-20 puasa ramadhan, menjaga dari setiap setan yang terkutuk, Keutamaan hari ke-21 puasa ramadhan, Allah swt meluaskan kuburan, Keutamaan hari ke-22 puasa ramadhan, menyelamatkan dari keganasan malaikat Munkar dan Nakir, Keutamaan hari ke-23 puasa ramadhan, pahala kalian seperti memberi makanan kepada setiap anak yatim. Keutamaan yang luar biasa indah

14. Keutamaan hari ke-24 puasa ramadhan, diberi pahala seribu orang yang sakit, Keutamaan hari ke-25 puasa ramadhan, memberi makan dan minum, tidak takut dan tidak sedih, Keutamaan hari ke-26 puasa ramadhan, Allah swt memandang kalian dengan kasih sayang-Nya, Keutamaan hari ke-27 puasa ramadhan, kalian seperti menolong setiap mukmin dan mukminah, Keutamaan hari ke-28 puasa ramadhan,

 Allah SWT menjadikan bagi kalian di surga Al-Khuld seratus ribu kota dari cahaya, Keutamaan hari ke-29 puasa ramadhan, Allah SWT memberi kalian beribu-ribu kediaman dan di setiap kediaman terdapat menara putih, Keutamaan hari ke-30 puasa ramadhan, Allah SWT mencatat bagi kalian pahala setiap hari.

Di hari hari terakhir ramadhan memang memiliki keistimewaan dan keutamaan puasa ramadhan yang didapat per hari jauh lebih besar, sebab itu tiap umat muslim tidak boleh menyia nyiakannya, wajib untuk melakukan ibadah sebaik mungkin sehingga mendapat hidup dan pahala yang berkah dan jauh dari siksa kubur serta jauh dari api neraka.

Demikian artikel kali ini, semoga bisa menjadi wawasan islami yang bermanfaat untuk anda dan menjadi motivasi untuk selalu menjadi mukmin yang lebih baik lagi. Jangan lupa selalu membaca artikel di website kami agar selalu memiliki ilmu pengetahuan yang bermanfaat dalam kehidupan agama sehari hari. terima kasih. Salam hangat dari penulis.