13 Keutamaan Tidur di Awal Waktu Malam Dalam Islam dan Dalilnya

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia. Setelah menjalankan aktivitas yang begitu padat di siang hari, tidur di malam hari akan memberikan istirahat yang baik bagi tubuh. Dalam Islam, ternyata sangat dianjurkan untuk tidur di awal waktu malam karena memiliki banyak keutamaan. Berikut ini adalah beberapa keutamaan tidur di awal waktu malam dalam Islam :

ads

1. Sunnah Rasulullah

 Dari Abu Barzah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak suka tidur sebelum shalat ”Isya’ dan berbincang-bincang setelahnya.” (H.R. Bukhari)

Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Tidak ada obrolan (setelah shalat ‘Isya’`) kecuali bagi orang yang sedang shalat atau orang yang bepergian.” (H.R. At-Tirmidzi)

2. Bisa sholat tahajud

Dengan tidur lebih awal, maka kita akan lebih mudah untuk terbangun di malam hari untuk melakukan sholat tahajud.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” [Adz-Dzaariyaat/51: 17-18]

Baca juga:

3. Bisa bangun lebih awal

Dengan tidur lebih awal maka tentunya juga akan lebih mudah untuk bangun lebih awal sehingga sholat Subuh pun tidak akan tertinggal. Rasul bersabda,

“barang siapa yang mengerjakan shalat bardain (subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga”.(HR Bukhari no 574 dan Muslim no 635)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634)


4. Mendapat rahmat jika bisa bangun lebih awal

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu berdoa di tiap pagi,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud no. 2606, Tirmidzi no. 1212 dan Ibnu Majah no. 2236. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

5. Memiliki jantung yang lebih sehat

Seseorang yang tidur di awal malam atau tidak begadang, maka ia akan mempunyai jam tidur yang cukup sehingga jantungnya akan jauh lebih sehat dibandingkan dengan orang yang sering tidur larut malam. Para peneliti di Misao Health Clinic di Gifu, Jepang, menyatakan bahwa mereka yang tidur larut malam akan lebih mudah mengalami pengerasan pembuluh darah sehingga menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar.

Baca juga:

6. Lebih bersemangat di pagi hari

Tidur yang cukup tentunya akan sangat berdampak baik bagi tubuh kita. Dengan jam tidur yang cukup, maka kita akan menjadi lebih bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas di pagi hari. Menurut Kathy R. Gromer, MD, dari Minnesota Sleep Institute, pekerja yang mendapatkan shift malam sehingga harus tidur di pagi hari biasanya tidak memiliki semangat dalam bekerja karena memiliki siklus tidur yang tidak biasa.

Maka dari itu, manfaatkan waktu tidur sebaik mungkin agar bisa lebih bersemangat untuk mencari rejeki di pagi harinya.

Allah berfirman,

“Apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Kami telah menjadikan malam supaya mereka beristirahat padanya dan siang yang menerangi? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS An Naml ayat 86)

7. Perintah Allah

Allah berfirman,

“Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur(mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia (QS 6. Al An’am ayat 60)

8. Memperkuat ingatan

Menurut para ilmuan seperti Jessica D. Payne dari Universitas Notre dan  Elizabeth A. Kensinger dari Boston College, tidur lebih awal akan membantu untuk memperkuat ingatan. Sel saraf otak akan bekerja lebih maksimal ketika otak dalam kondisi istirahat sehingga kekuatan memori otak untuk mengingat juga akan ikut menguat.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah jam istirahat akan sangat mempengaruhi kesehatan seseorang. Tubuh yang mendapatkan tidur yang cukup akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat baik. Dalam American Journal of Physiology-Regulatory, Integrative and Comparative Physiology, menemukan fakta bahwa ketika tidur, maka tubuh akan melepaskan sel T, hormon pertumbuhan, dan epinefrin sehingga tubuh akan menyerang bakteri atau patogen lain.


Baca juga:

10. Terhindar dari stres

Keutamaan tidur di awal waktu malam dalam Islam berikutnya adalah, orang yang tidur lebih awal, maka tubuh dan pikirannya akan jauh lebih sehat. Hal inilah yang membuat orang yang tidur lebih awal akan terhindar dari stres. Dr. Joerg Huber dari Roehampton University di London Inggris menyatakan bahwa tidur yang cukup akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan bersemangat dalam beraktivitas sehingga tingkat depresi jauh berkurang.

11. Memperpanjang usia

Menurut sebuah peneliti di University of California, San Francisco, seseorang yang mendapatkan jam tidur yang cukup akan lebih panjang usianya dibandingkan dengan mereka yang suka tidur larut malam. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki istirahat yang cukup akan jauh lebih sehat sehingga terhindar dari banyak penyakit.

12. Lebih awet muda

Menurut Christine Choi Kim, MD, dokter kulit di Santa Monica, California, seseorang yang tidur lebih cepat dan mendapatkan cukup istirahat akan memiliki wajah yang lebih awet muda. Ketika tidur, tubuh akan lebih maksimal dalam memproduksi hormon yang meningkatkan metabolisme tubuh, begitu pula dengan bagian wajah.

Wajah akan dialiri dengan darah yang membawa oksigen sehingga akan tampak lebih segar dan merah merona ketika bangun di pagi hari. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan aktif untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Baca juga:

13. Mampu berzikir panjang di tengah malam

Dari ‘Ubadah bin Shamit radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

مَن تَعارَّ من الليل فقال: لا إله إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ ولهُ الْحَمْدُ وهُوَ على كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، الحمدُ للهِ، وسبحانَ اللهِ، ولا إله إلا اللهُ، واللهُ أَكْبَرُ، ولا حَوْلَ ولا قُوَّةَ إلا بِاللهِ، ثم قال: اَللّهُمَّ اغْفِرْ لي – أو دعا – استُجِيبَ له، فإنْ توضأ وصلى قُبِلتْ صلاتُه

Barangsiapa yang terjaga di malam hari, kemudian dia membaca (zikir tersebut di atas):

لا إله إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ ولهُ الْحَمْدُ وهُوَ على كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، الحمدُ للهِ، وسبحانَ اللهِ، ولا إله إلا اللهُ، واللهُ أَكْبَرُ، ولا حَوْلَ ولا قُوَّةَ إلا بِاللهِ

[Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syain qodiir. Alhamdulillah wa subhanallah, wa laa ilaha illallah, wallahu akbar, wa laa hawla wa laa quwwata illa billah] Segala puji bagi Allah Tiada sembahan yang benar kecuali Allah semata dan tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian, dan Dia maha mampu atas segala sesuatu, segala puji bagi Allah, maha suci Allah, tiada sembahan yang benar kecuali Allah, Allah maha besar, serta tiada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah, kemudian dia mengucapkan:

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لي

Ya Allah, ampunilah (dosa-dosa)ku“, atau dia berdoa (dengan doa yang lain), maka akan dikabulkan doanya, jika dia berwudhu dan melaksanakan shalat maka akan diterima shalatnya

Itulah 13 keutamaan tidur di awal waktu malam dalam Islam. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

, ,




Post Date: Wednesday 13th, March 2019 / 16:15 Oleh :
Kategori : Info Islami