Macam Macam Siksa Neraka Beserta Dalilnya

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman di dalam Al Qur’an bahwa setiap manusia akan diberikan balasan sesuai dengan amal perbuatannya. Bagi mereka yang taat menjalankan perintah-Nya maka insya Allah surga balasan terbaik baginya.

Namun, jika selama hidupnya banyak berbuat maksiat, maka neraka siap menampungnya. Sebagaimana yang Allah firmankan berikut ini.

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Surga yang telah disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imran [3] : 133)

بَلَىٰ مَنْ كَسَبَ سَيِّئَةً وَأَحَاطَتْ بِهِ خَطِيئَتُهُ فَأُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“(Bukan demikian), yang benar: barangsiapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah [2] : 81)

Neraka merupakan tempat yang paling dihindari oleh manusia yang beriman dan bertakwa. Sebab siksa neraka amat kejam dan pedih. Jenis neraka dalam Islam ada beberapa tingkatan yang masing-masing diisi dengan siksaan tertentu.

Beberapa macam siksa neraka difirmankan Allah subhanahu wa ta’ala di dalam Al Qur’an.

Apa sajakah macam-macam siksa neraka? Simaklah ulasan selanjutnya berikut ini!

Menghanguskan Kulit

Kulit merupakan salah satu indera makhluk hidup yang paling sensitif. Sebab kulitlah yang bersinggungan langsung dengan lingkungan luar, baik panas, dingin dan lain sebagainya. Sebagai bagian terluar dari tubuh, ketika kulit sakit maka sangat penting untuk mengetahui cara menyikapi sakit menurut Islam.

Ketika rasa sakit mengenai kulit, maka bisa dibayangkan bagaimana pedih sakitnya. Dan siksaan bagi penghuni neraka, salah satunya ialah menghanguskan kulit. Sebagaimana yang tertuang dalam dalil berikut ini.

Allâh Ta’ala berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْنَاهُمْ جُلُودًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُوا الْعَذَابَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَزِيزًا حَكِيمًا

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allâh Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (An-Nisâ’ [4] : 56)

Disiram Air Mendidih

Kita mengetahui bahwa saat terkena sedikit saja cipratan air panas yang baru mendidih, tentu akan terasa sakit. Hal ini menjadi salah satu siksaan di neraka, yaitu bagi orang-orang kafir akan dipakaikan pakaian dari api neraka, kemudian disiramkan air yang mendidih dari atas kepala mereka hingga seluruh isi perut dan kulitnya hancur.

Pahamilah pula hukum mengkafirkan orang lain agar kita terhindar dari perilaku orang kafir.

Allah Ta’ala berfirman,

۞ هَٰذَانِ خَصْمَانِ اخْتَصَمُوا فِي رَبِّهِمْ ۖ فَالَّذِينَ كَفَرُوا قُطِّعَتْ لَهُمْ ثِيَابٌ مِنْ نَارٍ يُصَبُّ مِنْ فَوْقِ رُءُوسِهِمُ الْحَمِيمُ

يُصْهَرُ بِهِ مَا فِي بُطُونِهِمْ وَالْجُلُودُ

“Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka).” (QS. Al-Hajj [22] : 19-20)

Wajah Menghitam

Wajah merupakan aset terbaik bagi setiap orang. Tak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk mempercantik wajahnya. Padahal kecantikan hati ialah yang lebih utama daripada rupa. Daripada menghabiskan banyak uang untuk perawatan duniawi, cobalah tips cantik luar dalam menurut Islam yang tentu lebih hemat dan berfaedah insya Allah!

Jenis siksaan neraka yang berikutnya ialah wajah menghitam. Sebagaimana firman Allah berikut ini.

وَالَّذِينَ كَسَبُوا السَّيِّئَاتِ جَزَاءُ سَيِّئَةٍ بِمِثْلِهَا وَتَرْهَقُهُمْ ذِلَّةٌ ۖ مَا لَهُمْ مِنَ اللَّهِ مِنْ عَاصِمٍ ۖ كَأَنَّمَا أُغْشِيَتْ وُجُوهُهُمْ قِطَعًا مِنَ اللَّيْلِ مُظْلِمًا ۚ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (QS. Yunus [10] : 27)

Itulah ulasan mengenai macam macam siksa neraka yang penting untuk Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi peringatan bagi kita semua agar tetap beribadah dan istiqomah dalam Islam.