Manfaat Diciptakannya Semut Dalam Islam

Semut merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang memiliki tubuh begitu kecil. Semut banyak ditemukan dimana-mana, di makanan, di tanah, pohon serta banyak di lingkungan sekitar. Semut merupakan salah satu makhluk yang memiliki banyak keterampilan, mereka cerdas dan mereka pandai bersosialisasi. Semut tidak hanya bisa membuat seseorang terhibur saat mengamatinya, namun bisa pula membawa kematian bagi orang yang mengganggunya khususnya bagi semut yang berbisa. Jika kita mengamati semut, tentu yang ada di pikiran kita adalah makhluk kecil yang tidak memiliki kekuatan apapun sehingga mudah bagi kita untuk menganggu atau bahkan membunuhnya sekalipun. Namun sebenarnya untuk apakah sebenarnya semut diciptakan?

Allah Maha Agung, dia merupakan pencipta yang sempurna bagi semua makhluknya. Allah tidaklah menciptakan sesuatu yang sia-sia melainkan semua pasti ada makna dan kegunaannya. Adapun firman Allah yang dimaksud adalah:

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih ber-gantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “ Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Mahasuci Engkau. Maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (Surah Ali ‘Imran, Ayat 190-191)”

Kemuliaan semut jelas bisa ditemukan di salah satu nama surat dalam alqur’an yaitu surat an naml. Jika kita mau mengamati dengan baik, kita bisa menemukan banyak Manfaat Diciptakannya Semut Dalam Islam ialah sebagai berikut :

1. Saling Tegur Sapa

Semut mengajarkan kita untuk selalu bertegur sapa ketika bertemu seseorang. Jika kita amati, setiapa kali ada semut yang bertemu dengan rekannya dia akan berhenti sejenak. Dari kejadian ini,  kita bisa petik pelajarannya yaitu saling bertegur sapa  saat berpapasan dengan teman. Akan lebih baik lagi jika anda mau menegur dan jangan lupa untuk membiasakan tersenyum.  biasakan pula untuk saling mendoakan supaya kita selalu berada di dalam keberkahan.

2. Berjalan di Jalan yang Lurus

Jika mau mengamati semut dengan baik, anda akan melihat garis teratur yang jika dilihat dengan dekat, garis tersebut merupakan rombongan semut yang tengah berjalan dalam satu baris. Dari sini bisa kita petik pelajaran, ketika berjalan, sebaiknya kita mengambil jalan yang telah ditentukan yakni jalan kebenaran. Hal ini juga memberi pelajaran bagi kita untuk selalu berada di jalan yang lurus supaya tidak tersesat di dunia gelap dan jatuh pada kesesatan.

3. Saling Berbagi

Semut merupakan makhluk Allah yang mengajarkan kita untuk saling berbagi. Ketika kita melihat satu ekor semut yang mendapatkan makanan, beberapa saat kemudian akan ada beberapa semut yang datang untuk menikmati makanan bersama-sama. Hal ini memberikan pelajaran yang baik pada kita, untuk selalu berbagi dengan sesama. Seberapapun rejeki yang kita dapatkan, saling berbagi merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Berbagi tidak membuat harta yang kita miliki berkurang melainkan akan terus bertambah dan bertambah.

Mengingat kita adalah makhluk yang sempurna, kita berakal dan memiliki ilmu tentu kita tidak boleh dengan hewan kecil yang bernama semut. Kehebatan lain yang bisa temukan dari hewan kecil ini adalah kelihaian mereka saat membuat sarang. Semut mampu membangun tempat tinggal mereka dengan baik tanpa melakukan perhitungan matang-matang seperti apa yang para arsitek lakukan. Semut juga tidak bekerja membangun sarang dengan mengikuti arahan layaknya arahan dari mandor. Jika kita mau renungkan, ada banyak sekali Manfaat Diciptakannya Semut Dalam Islam.

Baca juga artikel lainnya yang berhubungan dengan islam