17 Manfaat Doa Dalam Islam yang Menghasilkan Pahala

Dalam agama islam,  doa memiliki banyak definisi. Doa dapat diartikan sebagai ibadah. Doa juga berarti berbicara kepada Allah Ta’ala. Dengan berdoa maka segala urusan kehidupan bisa menjadi lebih mudah.  Dapat dikatakan bahwa doa adalah senjata bagi umat muslim. Seseorang yang tidak pernah berdoa berarti dia adalah orang sombong. Sebab sejatinya manusia itu lemah dan pasti butuh bantuan dari Allah Ta’ala. Maka itu berdoa sangatlah penting untuk dilakukan setiap hari, bahkan setiap saat.

ads

Nah, berikut ini beberapa manfaat doa dalam islam:

  1. Doa Bisa Mengubah Takdir

Kekuatan doa itu sangat luar biasa dan tidak boleh diremehkan. Bahkan dikatakan dalam hadist shahih bahwa keutamaan berdoa dalam islam dapat mengubah takdir. Jadi semisal Anda telah menghadapi suatu perkara yang tampaknya tak mungkin dirubah, cobalah berdoa. Mintalah apa yang Anda inginkan. InsyaAllah dikabulkan.

Dijelaskan dari Tsauban RA, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada yang dapat mencegah takdir, kecuali doa. Tidak ada yang dapat menambah umur, kecuali kebaikan. Dan seseorang benar-benar akan dihalangi dari rezeki, disebabkan oleh dosa yang diperbuatnya.” (HR. Al-Hakim).

  1. Diberikan Kekuatan Menghadapi Musuh

Ketika Anda hendak bertemu dengan seseorang yang punya kekuasaan atau musuh, lalu Anda merasa takut. Cobalah berdoa. Doa bisa memberikan kekuatan pada hati Anda agar lebih berani. Dan insyaAllah Anda akan diberikan bantuan pertolongan oleh Allah Ta’ala.

  1. Doa adalah Bentuk Ibadah

Ibadah itu sangatlah luas. Tidak sebatas pada sholat wajib, mengaji atau puasa. Salah satu bentuk ibadah yang lain adalah doa. Aktivitas berdoa di sela-sela adzan, sehabis sholat atau kapanpun itu bisa mendatangkan pahala.

 Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Do’a adalah ibadah.” (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

  1. Menghindari Diri dari Kejelekan

Diriwayatkan dari Abu Sa’id: “Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: Allah akan segera mengabulkan do’anya, Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.”

Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdoa. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan do’a-do’a kalian.” (HR. Ahmad).

  1. Menghindari Murka Allah

Seperti yang telah dijelaskan diatas, seseorang yang jarang atau bahkan enggan berdoa maka menunjukkan bahwa dia adalah orang yang sombong. Seolah-olah tidak membutuhkan bantuan dari Allah Ta’ala. Tentunya perbuatan tersebut akan mendatang murka Allah dan juga membuat hidup semakin berantakan.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidak meminta pada Allah, maka Allah akan murka padanya.” (HR. Tirmidzi). 

  1. Memperoleh Rahmat dari Allah

Berdoa juga mendatangkan rahmat dari Allah Ta’ala. Seseorang yang selalu berdoa dan senantiasa mengingat Tuhan maka kehidupannya akan terasa lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran:

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah Amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-A’raf : 55-56)


  1. Memberikan Manfaat Bagi Kehidupan

Barangsiapa dibukakan pintu doa untuknya, berarti telah dibukakan pula untuknya segala pintu rahmat. Dan tidak dimohonkan kepaia Allah, yang lebih disukai-Nya selain daripada dimohonkan ‘afiyah. Doa itu memberi manfaat terhadap yang telah diturunkan dan yang belum diturunkan. Dan tak ada yang dapat menangkis ketetapan Tuhan, kecuali Doa. Sebab itu berdoa kamu sekalian.” (HR. Al-Tirmidzî).

  1. Dikabulkan Keinginannya

Apabila Anda punya keinginan tertentu yang terpendam , maka selain berusaha Anda juga harus berdoa. Doa dapat mengabulkan harapan serta menjauhkan diri dari kejahatan. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist shahih:

Tiap Muslim di muka bumi yang memohonkan suatu permohonan kepada Allah, pastilah permohonannya itu dikabulkan Allah, atau dijauhkan Allah daripadanya sesuatu kejahatan, selama ia mendoakan sesuatu yang tidak membawa kepada dosa atau memutuskan kasih sayang.” (HR Al-Thirmidzi).

  1. Mendekatkan Diri pada Allah

Selain membantu tercapainya harapan, doa juga bisa mendekatkan diri pada Allah Ta’ala. Doa berarti berkomunikasi pada Allah. Semakin Anda sering berdoa maka semakin dekat Anda pada Allah Azza wa Jalla.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186).

  1. Mempermudah Segala Urusan

Manusia diwajibkan untuk berikhtiar untuk menghadapi segala masalah atau perkara di kehidupan. Selain itu juga dibarengi sabar serta ikhlas. Hal lain yang tak kalah penting adalah berdoa. Sudah seharusnya doa dan usaha berjalan seiringan.

Allah Ta’ala berfirman dalam Al-Quran yang artinya: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu“. (QS. Al-Mu’min: 60)

Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).” (QS. An-Namal : 62)

  1. Menghilangkan Duka Cita dan Kesulitan

Ketika Anda merasa hidup begitu sulit, sempit dan sumpek. Maka jangan ragu untuk membaca doa untuk menghadapi ujian seraya mengadahkan tangan keatas meminta kepada Rabb Semesta Alam, Allah Azza wa Jalla. Percayalah, bahwa tidak ada doa yang sia-sia. Jangan malas berdoa sebab doa bisa merubah kesulitan menjadi kemudahan, sekaligus menghilangkan duka cita. Masih ingat dengan kisah Nabi Yunus a.s yang ditelan oleh ikan paus? Satu hal yang membuat Nabi Yunus a.s lantas dapat keluar dari perut ikan yakni dikarenakan beliau senantiasa berdoa dan berdzikir kepada Allah Ta’ala.

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, ‘Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim’. Maka Kami kabulkan doanya dan Kami selamatkan dia dari kedukaan. Dan demikianlah Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman.”  (QS. Al-Anbiya: 87-88).

  1. Mententramkan Jiwa

Banyak orang yang menyikapi setiap permasalahan hidup dengan cara salah. Mereka pergi ke diskotik, minum alkohol, merokok, berpacaran, berzina dan sebagainya dengan tujuan untuk mendapatkan ketenangan. Sungguh, semua perbuatan itu justru menyesatkan dan bikin hati semakin gelap. Apabila Anda ingin memperoleh jiwa yang tentram dan untuk  cara agar hati tenang dalam Islam maka berdoalah kepada Allah Ta’ala. Jagalah sholat. Senantiasa berdizkir serta perbanyak membaca Al-Quran.

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikanmerekadan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103).

  1. Mendatangkan Pahala

Doa memiliki banyak bentuk. Doa tidak hanya berarti memohon apa yang diinginkan. Berdzikir pun juga termasuk berdoa. Dan hal itu menjadi amalan yang sangat baik, amalan yang mendatangkan pahala dan paling suci. Dijelaskan dalam hadist shahih:

Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Maukah aku ceritakan kepada kalian tentang amal perbuatan yang paling baik buat kalian, paling suci (berharga) disisi kalian, dan paling banyak mengangkat derajat (pahala) kalian dan lebih baik bagi kalian daripada meng-infakkan emas dan perak, serta lebih baik bagi kalian daripada perang menghadapi musuh kalian, lalu kalian memukul leher mereka dan mereka memukul leher kalian. Mereka menjawab: Tentu saja kami mau. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Ber-Dzikir kepada Allah Ta’ala (HR. Tirmidzi)

  1. Diampuni Dosa-Dosa

Di dunia ini tidak ada manusia yang luput dari dosa. Sebagaimana manusia biasa yang punya nafsu tentunya khilaf dan salah sulit untuk dihindari. Namun demikian, perbuatan dosa ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Sudah seharusnya bila punya dosa maka Anda harus segera bertaubat dan berdoa memohon ampunan kepada Allah Ta’ala sehingga dosa-dosa tersebut diampuni.

Hai anak Adam, sesungguhnya selama kamu berdoa kepada-Ku dan kamu mengharapkan kepada-Ku, Aku ampuni kamu bagaimanapun keadaanmu sebelumnya, Aku tidak perduli. Hai anak Adam, sekiranya dosa-dosamu mencapai awan dilangit, kemudian kamu minta ampun kepada-Ku, Aku ampuni kamu dan Aku tidak perduli. Hai anak Adam, sekiranya kamu mendatangi Aku dengan membawa kesalahan-kesalahan yang hampir memenuhi bumi, kalau kamu bertemu Aku nanti dan tidak menyekutukan Aku dengan sesuatu, pasti Aku mendatangi kamu dengan membawa ampunan yang hampir memenuhi bumi pula.” (HR. Tirmidzi)

  1. Diangkat Derajatnya di Sisi Allah

Sesungguhnya Allah berfirman dalam hadits Qudsi: “Barangsiapa berdo’a (memohon) kepada-Ku di waktu dia senang (bahagia) maka Aku akan mengabulkan do’anya di waktu dia dalam kesulitan, dan barangsiapa memohon maka Aku kabulkan dan barangsiapa rendah diri kepada-Ku maka aku angkat derajatnya, dan barangsiapa mohon kepada-Ku dengan rendah diri maka Aku merahmatinya dan barangsiapa mohon pengampunanKu maka Aku ampuni dosa-dosanya.”

  1. Meninggal Dalam Keadaan Fitrah

Setiap muslim diwajibkan membaca doa sebelum tidur. Membaca doa sebelum tidur bisa mendatangkan banyak manfaat, salah satunya bila meninggal maka akan meninggal dalam keadaan fitrah. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

“Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah seperti kamu hendak melakukan sholat. Kemudian berbaringlah di atas bagian tubuh yang kanan. Lalu ucapkanlah: Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepadaMu, aku menyerahkan urusanku kepadaMu, aku menyandarkan punggungku kepadaMu, karena senang dan takut. Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dariMu kecuali kepadaMu. Aku beriman kepada kitab yang telah Engkau turunkan, dan Nabi yang telah Engkau utus. Apabila kamu meninggal dunia, maka kamu meninggal dalam keadaan fitrah. Dan jadikanlah ia ucapan terakhirmu.” (HR.Bukhari).

  1. Dicintai oleh Allah

Allah Ta’ala mencintai hamba-hambaNya yang senantiasa berdoa. Sebab berdoa sama halnya Anda berbicara dengan Allah Ta’ala, Anda percaya akan adanya Allah dan Anda terus mengingatNya. Perbuatan demikian membuat Anda dicintai oleh Allah Ta’ala.

 Jadi demikianlah manfaat berdoa dalam islam yang wajib Anda ketahui. Sungguh, sangat banyak keutamaannya bukan? Berdoa juga bisa menjadi cara meningkatkan iman dan taqwa. Maka itu jangan pernah malas untuk berdoa kepada Allah Ta’ala untuk mendapatkan kemudahan di dunia dan akhirat kelak. Amin ya Rabbal alamin.

, , ,




Post Date: Thursday 30th, November 2017 / 09:16 Oleh :
Kategori : Info Islami