Obat Hati Dalam Islam

Hati adalah salah satu organ dalam tubuh yang menghilangkan racun, tapi hati secara maknawi adalah suatu bagian dari tubuh dimana seseorang merasa senang, sedih, sakit, dan perasaaan lainnya. Hati adalah tempat bersarangnya iman seseorang dan juga setan yang senantiasa mengganggu keimanan seseorang. Bisa dikatakan bahwa seoarng manusia dapat dikatakan mulia atau tidaknya adalah dari hatinya. (baca fungsi iman kepada Allah SWT dan manfaat beriman kepada Allah)

ads

Seseorang yang berhati baik maka akan baik juga perbuatan serta ibadahnya karena hati yang baik tentunya hanya akan mengharap ridha Allah SWT. Meskipun demikian hati manusia yang terlahir bersih dapat tercemari oleh penyakit hati yang perlahan-lahan dapat merusak hati dan akhirnya merusak keimanan dan ketaqwaan seseorang. Untuk mengatasi masalah tersebut, dalam islam dikenal obat hati. Lalu apakah sebenarnya obat hati itu dan apa manfaatnya bagi umat islam? Simak penjelasannya berikut ini (baca juga fungsi agama dalam kehidupan).

Berikut ini adalah pengertian dari obat hati dalam islam :

Pengertian Obat Hati Dalam Islam

Hati manusia penuh dengan segala hal dan perasaan, tak terkecuali penyakit hati seperti iri, dengki, hasad, takabur, dusta, dan lain sebagainya. Penyakit hati tersebut terkadang dibiarkan begitu saja hingga berlarut-larut dan merusak hati serta keimanan seseorang. Untuk menyembuhkan penyakit-penyakit hati tersebut tentunya diperlukan suatu obat.

Dengan demikian, yang dimaksud dengan obat hati dalam islam adalah sesuatu yang bisa mengobati penyakit hati yang bisa merusak hati atau perasaan seseorang. Obat hati tersebut tentunya akan membantu seseorang menjadi lebih baik dan tidak lagi memikirkan dan merasakan hal buruk sehingga bisa beribadah dengan baik. (baca cara meningkatkan akhlak terpuji )

Dalil Mengenai Obat Hati

Demikian pentingnya hati seorang muslim, penyakit hati haruslah diobati. Allah SWT sendiri menyebutkan dalam Alqur’an bahwa ada hal-hal yang bisa menyembuhkan penyakit hati atau yang dikenal dengan obat hati

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS Yunus : 57)

Obat Hati Bagi Umat Muslim

Dalam islam, dikenal istilah obat hati dan kita mungkin sudah familiar dengan istilah tersebut. Hal-hal yang menjadi obat hati juga sering kita dengar dalam lantunan sebuah lagu yang juga berjudul obat hati. Lalu apasajakah sebenarnya hal-hal yang bisa menyembuhkan hati dari penyakit dan membuat seseorang menjadi lebih damai serta berusaha istiqomah dalam islam. Obat hati tersebut antara lain

  1. Membaca Alqur’an

Alqur’an adalah kitab suci umat islam dimana segala petunjuk dan hikmah terkandung didalamnya. Tidak hanya menjadi petunjuk bagi umat islam, membaca alqur’an memberikan banyak manfaat dalam kehidupan dan membuat hati seorang muslim menjadi tenang dan damai (baca manfaat membaca alqur’an dalam kehidupan dan manfaat membaca alqur’an bagi ibu hamil).

Seseorang yang selalu membaca Alqur’an hatinya akan diterangi dan terhindar dari penyakit hati. Saat hati resah dan seseorang merasa hatinya tidaklah merasa baik maka ia bisa membaca Alqur’an karena membaca Alqur’an adalah salah satu hati yang paling mujarab. Sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah SWT berikut. (baca juga cara cepat membaca Alqur’an dan hukum membaca Alqur’an saat haid)

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (QS Al Isra : 82)

2. Shalat Malam

Jika merasa hati sedang kotor maka shalat malam adalah salah satu cara untuk menghilangkan penyakit hati. Shalat malam seperti shalat tahajud (baca shalat tahajud di bulan ramadhan) memiliki banyak keutamaan dan akan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Doa yang dipanjatkan ketika shalat malam dapat membuat seseorang merasa tenang dan damai.

Oleh sebab itu, bangun dari tidur saat sepertiga malam dan menangis memohon ampun setelah shalat malam akan melunakkan hati seseorang yang keras dan menyadari kesalahan yang ia perbuat sebagaimana kita ketahui bahwa sepertiga malam juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. (baca manfaat shalat tahajud dan tatacara shalat tahajud)


3. Zikir kepada Allah SWT

Zikir secara bahasa berarti mengingat. Berzikir pada Allah artinya mengingat Allah SWT dalam setiap waktu. Zikir memiliki banyak keutamaan dan dengan mengingat Allah SWT seseorang akan merasa lebih dekat kepada Allah SWT (baca keutamaan berzikir kepada Allah SWT). Selain itu, berzikir kepada Allah dapat membuat hati seseorang menjadi tentram dan damai serta terhindar dari segala penyakit hati. Rasulullah sendiri senantiasa berzikir dan meminta ampun kepada Allah SWT meskipun sudahlah pasti bahwa Rasul terjaga dari dosa dan penyakit hati. Adapun perintah berzikir dimuat dalam ayat Alqur’an berikut

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. (QS Al Ahzab : 41)

4. Taubat dan membaca istigfar

Taubat atau berjanji pada Allah SWT untuk tidak lagi melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT adalah salah satu obat hati. Bertobat kepada Allah SWT bisa membantu menghilangkan penyakit hati dan menjernihkannya. Tobat dapat dilakukan dengan beristigfar kepada Allah dan senantiasa mohon ampun atas segala kesalahannya. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Rasul berikut ini (baca taubatan nasuha dan sholat taubat)

“Sesungguhnya hatiku kadang keruh, maka aku beristighfar dalam satu hari sebanyak seratus kali” (HR. Ahmad)


5. Berkumpul dengan orang shaleh

Sesungguhnya islam memang tidak melarang kita untuk bergaul dan berbuat baik kepada siapa saja. Namun demikian, islam menganjurkan untuk memilih teman dan berkumpul dengan orang shaleh untuk mengobati penyakit hati karena dengan bergaul bersama mereka maka kita bisa terhindar dari penyakit hati yang bisa menimpa siapa saja. Bersahabat dengan orang baik maka kita juga bisa menjadi baik sebagaimana yang disebut dalam hadits berikut ini (baca pergaulan dalam islam)

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ ۖ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا

Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas. (Qs Al Kahfi : 28)

Demikian penjelasan mengenai obat hati dalam islam yang bisa diketahui. Melakukan segala sesuatu yang bisa menyembuhkan penyakit hati adalah sesuatu yang baik bagi seorang muslim dan jika hati bersih maka ia bisa beribadah dengan lebih istiqomah. (baca istiqomah dalam islam)

, , , ,




Post Date: Monday 10th, October 2016 / 09:15 Oleh :
Kategori : Info Islami