12 Pahala yang Didapat Bersama Istri Setelah Menikah

Menikah untuk mengarah ke kebaikan adalah hal yang dianjurkan. Demi menghindari zina yang membawa dosa besar nantinya. Tapi setelah menikah akan datang banyak pahala dan rezeki nantinya. Apalagi di Indonesia wanita juga diperbolehkan membantu laki – laki dengan mempunyai pekerjaan. Tentu hal ini perlu izin dari suami tentunya. agar tidak ada masalah di rumah tangga karena alasan pekerjaan.

ads

Maksudnya adalah jika seseorang yang saling menyukai belum menikah maka apa yang dilakukan biasanya akan mendekati ke arah dosa. Namun, jika sudah menikah maka apa yang dilakukan oleh sepasang suami istri lebih banyak mendapatkan pahala. Pahala apa saja yang bisa didapatkan saat bersama istri. Berikut dibawah ini penjelasan mengenai pahala yang didapat bersama istri.

1. Memenuhi hak suami istri

Jika sebelum nikah apapun yang dilakukan suami istri adalah suatu dosa bahkan akan mendekati zina. Maka setelah menikah apapun yang dilakukan akan mendapatkan banyak pahala besar dikarenakan besarnya dosa juga jika bukan suami istri. Beberapa ustad dalam ceramah juga sering mengungkapkan bahwa melayani suami adalah ladang pahala bagi istri.

2. Menuju jalan ke surga bersama istri

Bisikan-bisikan setan memang terkenal akan menyesatkan umat manusia. Namun berbeda jika bisikan itu merupakan bisikan kebaikan. Bisikan ini timbul atas ridha Allah atas sepasang suami istri. Hal ini tertuang pada ayat Al qur’an Surah an-nisa ayat 114 :

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisiskan mereka, kecuali bsisikan-bisikan dari orang yang menyuruh manusia memberi sedekah atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, Maka kelak kami memberi kepadanya pahala yang besar” (terjemahan arti ayat )

Baca juga :

3. Membuat hidup lebih baik

Pahala yang didapat bersama istri berikutnya adalah dengan berusaha membuat hidu menjadi lebih baik. Adanya istri yang melengkapi suami tentunya hal ini dapat membantu semua tugas para suami. Secara tidak langsung akan lebih senang hidup anda. Terlebih lagi seperti menumukan teman hidup. Menurut hadis Hr.Ahmas, al-Nasa’y, al-thabarani, al- bayhaqi sebagai berikut:

“Telah dijadikan kesenangan bagiku dari kehidupan dunia istri, wewangian, dan dijadikannya penyejuk mata hatiku di dalam shalat”

4. Kasih Sayang

Kasih sayang biasanya identik dengan perayaan valentine. Namun, agama islam tidak mengajurkan untuk valentine sehingga kasih sayang ini biasanya akan lebih baik dilakukan oleh suami bersama istri. Secara singkatnya hadis itu berisikan :

“Ketahuilah: kalian memiliki hak atas istri kalian dan istri memiliki hak atas kalian. Hak kalian atas istri kalian ialah dia tidak boleh memasukkan orang yang kalian benci ke tempat tidur kalian. Tidak boleh memasukkan seseorang yang kalian benci “


5. Bercanda Suami dan Istri

Dalam suatu pernikahan, bercandanya suami istri adalah ibadah. Ibadah jika dilakukan tentu akan mendatangkan pahala. Pernikahan sendiri juga ada karena diyakini akan membawa ketenteraman.

Baca juga :

6. Membahagiakan Hati

Ketika suami bersama istri itu merupakan kegiatan yang menyenangkan tanpa khawatir akan dosa ataupun zina. Hadis Hr Muslim mengatakan :

“Sesungguhnya wanita datang dalam rupa setan, dan pergi dalam rupa setan. Jika seseorang di antara kalian melihat seorang wanita yang menakjubkan , maka hendaknya mendatangi istrinya, karena hal itu akan menolak sesuatu yang terdapat pada dirinya (syahwat)”

7. Memandang Mendapat Pahala

Memandang istri itu merupakan suatu tindakan untuk mendapatkan pahala. Karena Allah memudahkan menikah, sebab menikah akan mengubah banyak hal dosa menjadi jika dilakukan berpahala. Ustad Hanan attaki mnuturkan

“Memandang pasangan itu seperti memandang kabah. Seperti pahala orang sholat selama 2 rakaat”

8. Berusaha menjadi yang terbaik

Pasangan terbaik adalah impian semua umat di dunia. Namun jika bersama istri yang sah. Usaha untuk menjadi pasangan terbaik akan mendatangkan suatu pahala. seperti hadis Hr. At Tirmidzi:

“Rasullullah s.a.w besabda : sebaik – bainya kalian adalah suami yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku”

Menjadi suami terbaik bagi istrinya sudah menjadi anjuran dari sabda Rasulullah. Sehingga berusaha menjadi pasangan terbaik senantiasa mendapatkan pahala.


9. Jauh dari Maksiat

Pahala yang didapat bersama istri adalah akan menjauhkan diri dari maksiat. Menikah adalah cara menjauhkan diri dari maksiat atau zina yang mendekatkan akan dosa dan jika dosa sudah menumpuk akan masuk neraka. Oleh karena itu bersama istri yang dulunya dosa sekarang menjadi berpahala karena sudah halal. Surah Al-Qur’an Al-baqarah ayat 187 berisikan :

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bercampur dengan istri istri kamu, mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasannya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu.

Maka sekarang campurlah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benag hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam, tetapi jangnlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beritikaf dalam mesjid. itu larangan Allah maka jangnlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat- ayat Nya kepada manusia, Supaya mereka bertakwa”

Baca juga :

10. Pahala Mengalir Setiap Hari

Halalnya suatu hubungan, tentu ketika berkegiatan didampingi istri hal ini akan membawa pahala. Mengapa demikian? ketika seseorang belum halal dan berkegiatan dengan bukan mahram akan mendatangkan dosa besar tentu itu setimpal dengan besarnya pahala yang akan dilakukan bersama istri. Maka setiap hari anda akan penuh pahala bersama.

11. Sedekah

Hubungan suami istri diantara kalian adalah sedekah. Hal ini jelas diterangkan pada suatu hadis. Bahwa, jika bersetubuh dengan yang bukan halal akan mendapat dosa sementara bersetubuh dengan yang halal mendapatkan pahala. Keluarga bahagia bisa di dapatkan jika saling menyayangi sesuai ajaran agama islam.

12. Ngobrol Membawa pahala

Ketika suatu suami bersama istri. Istri seringkali curhat kepada suami. Sehingga hal itu termasuk ke suatu obrolan antara suami dan istri. Sesuai dengan hadis Imam Bukhari. Karena suami rela begadang untuk ilmu.

Maka obrolan suami istri tersebut membawa pahala. Oleh sebab itu, jika suatu suami pulang kerja. Dengarkanlah istri berbicara karena istri telah menunggu untuk berbicara dengan suaminya sampai suaminya pulang. Sebagai seorang suami seharusnya mendengarkan curhatan istrinya tersebut. Dan akan membawa pada keharmonisan suatu keluarga.

Kesimpulan : Ketika suami bersama istri maka segala hal yang dilakukan bersama-sama adalah pahala yang telah diberikan oleh Allah. Sementara itu dalam rumah tangga Allah menginginkan ketenteraman dalam suatu pernikahan. Dan perlu juga di ingat hal yang yang dibenci oleh Allah adalah menceraikan istri atau sebaliknya.

Menikah memiliki banyak pahala bagi istri maupun suami. Bagi anak muda yan masih belum halal tentu memandang, berbicara juga bisa mendatangkan dosa. Hingga bisikan untuk melakukan dosa kerap kali muncul. Demikianlah pembahasan mengenai Pahala yang didapat bersama istri. Selain artikel diatas anda juga bisa membaca artikel lainnya yang berkaitan mengenai hukum istri bekerja tanpa izin suami dan keutamaan mencium kening istri penuh pahala serta artikel islam lainnya. Semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada salah kata atau ucapan. Terimakasih.

, , ,




Post Date: Monday 18th, March 2019 / 12:56 Oleh :
Kategori : Info Islami
Yuk Join & Subs Channel Saya Islam

Tukar Uang untuk THR Idul Fitri, Haram?

Kalau Sahur Jangan Buka Medsos, Mending Amalin Ini

Wajib Tonton ! Rekomendasi Film Religi Terbaik Pas Buat Nemenin Ramadhanmu