10 Keutamaan Al Waqiah yang Luar Biasa

Surah al Waqiah adalah surat ke56 dalam mushaf al quran yang memiliki 96 ayat. Surat ini tergolong surat makiyyah yang turun setelah surah Thoha. Surah ini berisi gambaran tentang huru hara yang terjadi di hari qiyamat, dan pada waktu di hisab manusia terbagi menjadi tiga golongan: golongan yang bersegera menjalankan kebaikan (As Shabiqun), golongan kanan (ashabul yamiin), dan golongan kiri yang celaka (ashkhabus syimal): serta balasan yang diperoleh masing-masing golongan. Surat ini juga berisi bantahan Allah terhadap orang yang mengingkari keberadaan Tuhan, hari berbangkit, dan adanya hisab. Diterangkan pula dalam surat ini bahwa Al Quran berasal dari lauhul mahfudz.

ads

Surah al waqiah memiliki banyak keutamaan al waqiah jika dibandingkan dengan surat lain, meskipun setiap surat dalam al quran pasti memilikinya pula seperti keutamaan ar rahman. Nah, apa saja sih keutamaan surah al waqi’ah? Mari kita simak selengkapnya sebagai berikut:

1. Surah Waqiah sebagai pengingat kuasa Allah serta menambah Iman

Kandungan surah Waqiah diantaranya adalah bahwa Allah yang berkuasa di dunia dan akhirat dengan tidak ada seorangpun yang tau kapan terjadinya hari qiyamat. Maka dari itu, hendaknya kita dapat menambah keimanan kita dengan menghayati pembacaan surat waqiah beserta artinya.

2. Surah al Waqiah dapat menjadi pelindung dari kefakiran

Seperti yang diriwayatkan Abu Ubaid:

Abdullah bin Mas’ud Rodiyallahu Anhu berkata: “saya mendengar nabi bersabda: ‘barang siapa membaca surah al waqi’ah setiap malam, ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya.’ Ibnu Masud berkata, “aku telah memerintahkan anak perempuanku membacanya setiap malam.” (H. R. Abu Ubaid dalam Fadhoil Al quran)

Maka dari itu, banyak orang-orang muslim berpendapat bahwa Al Waqiah dapat memperlancar rizki kita berdasarkan hadits diatas.

3. Surah Waqi’ah dibaca Nabi Muhammad tatkala subuh

Seperti yang dijelaskan dalam hadits sohih:

Jabir bin Samurah rodhiyallahu Anhu berkata: “sholat yang dikerjakan Nabi Muhammad seperti solat yang kalian kerjakan saat ini. Namun terkadang beliau meringankannya. Sholat yang beliau kerjakan lebih ringan dari solat kalian. Dalam shalat subuh kadang beliau membaca surah al waqi’ah dan yang sejenisnya.”

4. Surah Waqiah dapat menghindarkan kita dari sifat lalai

Rasulullah pernah bersabda: “barang siapa yang membaca surat al Waqi’ah, maka ia akan dicatat tidak tergolong pada orang yang lalai.”

Hadits ini diriwyatkan oleh Ubay bin Ka’ab.

Al waqi’ah adalah surat yang juga berisi keadaan alam akhirat, maka sangat utama sekali jika al waqi’ah adalah sebagai pengingat kita agar kita tidak lalai selama hidup di dunia.

5. Pengingat akan kematian

Kematian kita tidaklah dapat kita ketahui, dan tidak pula dapat kita ketahui berakhir khusnul khotimah atau sebaliknya. Maka dari itu, untuk tetap menjaga iman kita dan terlindung dari kekafiran, kita hendaknya membaca surah Al Waqi’ah dengan hati yang terbuka sehingga kita dapat mengingat kematian dan memperbaiki diri sebelum kematian itu tiba. (baca : hal hal yang menghapus amal ibadah)

6. Al Waqiah membuat rambut Rasulullah beruban

Ibnu Abbas rodliyallahu anhu berkata: Abu Bakar Ash-Shiddiq rodliyallahu anhu berkata kepada Nabi Muhammad SAW: “wahai Rasulullah, engkau telah beruban.” Beliau berkata: “aku beruban karena surah Hud, Al Waqi’ah, al Mursalat, an Naba’, dan at takwir.”

(Hadist ini diriwatkan oleh Turmudzi dan hadits ini hadits ghorib)


7. Mengetahui sifat penghuni surga

Dalam syarah Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa Allah berfirman seraya memberitahukan tentang orang-orang yang paling dulu masuk surga dan didekatkan kepadaNya, bahwa mereka adalah sekelompok besar dari orang-orang terdahulu, dan sebagian kecil dari orang-orang yang hidup terakhir. Para ulama berpendapat bahwa yang dimaksud adalah firman Allah dalam surah al Waqi’ah “tsullatum minal awwaliin,(13) wa qoliilun minal aalkhiriin(14)”. Rasulullah bersabda:

sesungguhnya aku sangat berharap kalian menjadi seperempat penghuni surga.”

8. Mengetahui keindahan sifat Surga

Jelas sekali bahwa terdapat beberapa ayat dalam surah al Waqiah yang menjelaskan secara gamblang tentang sifat-sifat keindahan surga seperti pada ayat 27 sampai dengan 40. Diantara ayat-ayat itu adalah “wa dzillim mamduud.(30)” yang artinya dan naungan yang terbentang luas.

Kemudian Imam Bukhori juga meriwayatkan dari Abu Hurairah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad, beliau bersabda: “sesungguhnya di dalam surga terdapat sebatang pohon, (jika) orang yang berkendaraan berjalan dibwahnya selam seratus tahun, ia tetap berada di bawah naungannya dan tidak pernah berhasil menaklukkannya. Jika kalian berkehendak, bacalah –wa dzillim mamduud-.” (H.R. Muslin dan At Tirmidzi)

Dan masih banyak lagi sifat keindahan surga yang dijelaskan dalam surah Al Waqi’ah.

9. Mengetahui sifat neraka

Pada ayat 41 sampai 56 sebaliknya dijelaskan tentang sifat-sifat neraka dengan gamblang. Seperti ayat: “fi samuumiin wa khamiim(42), wa dhillim min yakhmuum(43)” yang atrinya: “dalam (siksaan) angin yang sangat panas dan air yang mendidih(42), dan dalam naungan asap yang hitam(43).”

Jika kita membacanya dengan hati yang terbuka, maka tanpa terasa tubuh kita akan bergetar karena takut akan siksa Allah.

10. Pengingat atas kebenaran Al Quran

Pada bagian akhir surat ini, banyak sekali kalimat tanya seperti “afaroaytumun Naarolladzi tuuruun(71), a antum ansya’tum syajarotahaaaa am nahnul munsyiuun(72),” yang artinya: “maka, terangkanlah kepadaku tentang api yang kamu nyalakan (dari gosokan-gosokan kayu)(71), kamu kah yang menjadikan kayu itu, atau Kami kah yang menjadikannya? (72)”


Masya Allah, kalimat yang indah dan membuat kita tersadar. Masih banyak sekali kalimat-kalimat seperti ini dalam surah al Waqiah yang dapat mengingatkan kita atas kebenaran Al Quran dan kebenaran Allah Tuhan sekalian alam. Dalam ayat 77 juga disebutkan “wainnahu laquranun kariim” yang artinya “sesungguhnya Al Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia(77).” Ayat-ayat setelahnya juga menjelaskan bahwa Al Quran tidak boleh disentuh kecuali oleh orang yang suci, dan masih banyak lagi ayat yang membuat kita semakin yakin bahwa Allahlah yang menurunkan Al Quran dan bahwa al Quran adalah kalam Ilahi yang tiada banding keindahannya di dunia ini. (baca : keajaiban al-quran di dunia)

Demikian beberapa keutamaan Al Waqiah yang diharapkan dapat membuat kita semakin mencintai al quran, semakin bertambah iman, semakin rajin melaksankan ibadah kepada Allah, dan lain sebagainya. Apapun ibadah yang kita kerjakan dengan ikhlas, Insya Allah akan menghasilkan keutamaan-keutamaan untuk diri kita. Seperti membaca surah Al Waqiah baik pada malam maupun siang hari. Wallahu A’lam.

, , ,




Post Date: Monday 28th, March 2016 / 04:54 Oleh :
Kategori : Al-quran