10 Keutamaan Surat Al Lahab yang Luar Biasa

Surat Al Lahab atau Al Massad merupakan surat ke-111 di dalam Al Quran yang terdiri dari 5 ayat dan termasuk surat makiyyah. Nama surat ini diambil dari kata Al Lahab pada ayat ketiga surat tersebut dengan arti gejolak api. Inti dari Surat ini berisikan tentang nasib paman Rasulullah SAW yakni Abu Lahab dan juga isterinya yang terancam dengan siksaan neraka.

ads

Allah SWT berfirman, “Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.  Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. Yang di lehernya ada tali dari sabut.” [QS. Al Lahab: 1-5].

  1. Semakin Takut Untuk Berbuat Maksiat

Dengan membaca Surat Al Lahab tentang kejamnya siksaan neraka, sudah seharunya membuat semua umat muslim untuk lebih takut pada Allah SWT dan juga takut dalam mendurhakai Allah SWT khususnya dalam hal yang berhubungan dengan kemaksiatan dan melakukan zina dalam Islam.

  1. Membangun Keluarga Dalam Keimanan

Hubungan dari keluarga bahagia menurut Islam akan memberikan manfaat apabila dibangun diatas keimanan seperti Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sangat dekat dengan Abu Lahab sebagai kerabat akan tetapi tidak bermanfaat untuk Abu Lahab yang tidak memiliki iman.

  1. Menahan Hujan

Apabila seseorang ingin mengadakan atau menyelenggarakan sebuah acara perkawinan atau upacara lain, perjalanan dan tidak ingin turun hujan yang bisa menghambat acara tersebut, maka membaca surat Al Lahab bisa dilakukan yang Insya Allah akan membuat hujan batal turun meksipun cuaca sedang mendung.

  1. Menghadapi Seseorang Yang Ditakutkan

Surat Al Lahab juga memberikan syafaat serta keutamaan bagi manusia seperti salah satunya adalah saat behadapan dengan seseorang yang ditakuti dan mengancam diri secara tidak langsung. Surat Al Lahab ini bisa dibacakan sebanyak dua kali saat berhadapan dengan orang tersebut.

  1. Mengenal Surat Al Lahab

Surat Al Lahab masuk ke dalam surat pendek golongan makiyyah karena diturunkan di kota Mekah sebelum Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah ke Madinah. Surat AL Lahab ini terletak sesudah Surat An Nasr. Dengan membaca Surat Al Lahab ini, kita akan semakin mengenal mengenai azab neraka yang mengerikan yang akan diterima saat seseorang masuk ke dalam kejamnya neraka.

  1. Menjauhkan Diri Dari Hidup Penuh Derita

Keutamaan lain yang bisa dipetik dari Surat Al Lahab adalah menjadi peringatan bagi siapa saja yang mempunyai perangai dan watak seperti Abu Lahab yang senang melakukan fitnah dalam Islam, maka akan dipastikan mengalami hidup yang dipenuhi dengan derita. Seseorang yang seperti ini akan membuat dirinya jatuh dalam lembah yang tidak berujung.

Sponsors Link

  1. Tanda Kekuasaan Allah SWT

Dalam Surat Al Lahab ini juga menjadi pertanda dari besarnya kekuasaan Allah SWT dimana Allah SWT sudah menurunkan surat ini pada kondisi Abu Lahab dan istrinya selagi masih hidup dan keduanya sudah ditetapkan akan di siksa dalam api neraka dan menjadi orang yang tidak beriman. Ini menandakan jika apa saja yang sudah dikabarkan Allah SWT maka pasti akan terjadi.

  1. Haram Mengganggu Orang Beriman

Seperti yang dilakukan oleh Abu Lahab terhadap Rasulullah SAW dimana ini selalu dengki dan berbuat tidak baik pada Nabi Muhammad, maka ini bisa dijadikan contoh jika mengganggu seseorang yang memiliki iman adalah perbuatan haram yang merupakan dosa besar dalam Islam dan konsekuensi yang harus dihadapi adalah masuk neraka dan menjadi orang yang tidak beriman.

Sponsors Link

  1. Harta Tidak Menyelamatkan Dari Siksa Allah SWT

Allah SWT berfirman, “Tidaklah berpelajaran kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan” [Al-Lahab : 2]”.

Ini mengartikan jika harta dalam Islam yang diusahakan tidak akan memiliki manfaaat sedikit pun apabila tidak bisa menyelematkan pemiliknya dari naar sehingga Allah SWT berfirman, “Maa agnaa anhu maaluhu” yang artinya harta tidak akan bisa menyelamatkan dari siksaan Allah SWT.

  1. Ancaman Neraka Untuk Kemewahan Dunia

Allah SWT berfirman, “Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak” [Al-Lahab : 3]

Penggalan ayat ini mengartikan jika ancaman yang diberikan pada Allah SWT pada Abu Lahab dimana dalam waktu dekat akan dimasukan dalam api neraka juga menjadi peringatan untuk kita yang sering berkemewahan di dunia seperti yang dilakukan Abu Lahab maka akan masuk ke dalam api yang bergejolak tersebut.

Demikian ulasan dari kami mengenai keutamaan dari Surat Al Lahab yang secara garis besar menceritakan tentang Abu Lahab yakni paman dari Nabi Muhammad beserta dengan istri Abu Lahab yang memiliki sifat tidak baik dan selalu iri serta dengki dengan Nabi Muhammad.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,




Post Date: Monday 13th, November 2017 / 01:54 Oleh :
Kategori : Al-quran