17 Pahala Khatam Al Qur’an di Bulan Ramadhan

Tak terasa bulan Ramadhan yang mulia dan penuh dengan pintu kebaikan akan segera hadir kembali. Semoga kita semua mendapat kesempatan indah untuk bisa berjumpa di bulan penuh keberkahan tersebut dan bisa menjalankan rangkaian ibadah dengan sempurna serta mendapat kelancaran. Setiap kali bulan Ramadhan, sering kita melihat atau barangkali diantara kita banyak yang membaca Al Qur’an sepanjang malam atau di sela sela waktu dengan tujuan untuk mengkhatamkan mendapatkan keutamaan membaca Al Qur’an di bulan Ramadhan.

ads

Memang hal tersebut sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan sejak jaman terdahulu. Mengkhatamkan Al Qur’an sekaligus mempelajarinya memang tepat dilakukan di bulan Ramadhan agar lebih memahami isinya sehingga setelah bulan Ramadhan diberi hidayah untuk tetap selalu membacanya. Pahala mulia apakah yang terkandung di dalamnya hingga banyak umat mukmin yang melakukan hal tersebut? yuk simak dalam artikel berikut, 17 pahala khatam Al Qur’an di bulan Ramadhan.

1. Menyempurnakan Ibadah Puasa

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185). Bulan puasa ialah bulan dimana Al Qur’an diturunkan, sejak jaman dahulu di bulan tersebut semua umat islam berlomba untuk memahami maknanya dan mengambil hikmahnya serta salah satu cara menambah pahala di bulan Ramadhan.

Di jaman modern ini yang sudah memiliki banyak kemudahan untuk mempelajarinya, maka wajib lebih taat dan memberi target kepada diri sendiri gar disiplin dalam membaca Al Qur’an agar bisa menyelesaikan membacanya hingga khatam sehingga kita memiiki amal bulan ramadhan yang sempurna sebagai bentuk ikhtiar untuk mendapat keberkahan yang sempurna pula.

2. Pahala Ibadah Sunnah Terbaik

Mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan bagi orang yang berpuasa bukanlah perkara yang wajib. Akan tetapi sebaiknya seseorang memperbanyak membaca Al-Quran di bulan Ramadhan” (Majmu’ Fatawa wa Rasail 20/516). Memang tidak berdosa jika ada orang yang tidak khatam, namun tentu lebih baik jika bisa menjalankan ibadah sunnah yang dicintai Allah dan telah dicontohkan oleh Rasulullah tersebut. itulah salah satu keutamaan dan pentingnya mengenal Rasulullah.

3. Amal yang Mulia

Bahwa Imam membaca Al-Quran seluruhnya (sampai khatam) bersama jamaah pada Bulan Ramadhan termasuk dalam mudarasah ini (yaitu mudarasah Nabi Shallallahu ’alaihi wa salam bersama malaikat Jibril alaihissalam). Oleh karena itu Imam Ahmad rahimahullah suka terhadap Imam yang mengkhatamkan Al-Quran. Ini merupakan amal para salaf yaitu mendengarkan Al-Quran seluruhnya. (Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah).

Membaca Al Qur’an sampai khatam ternyata telah dilakukan oleh para ulama sejak dahulu hingga sekarang dan dipandang sebagai amalan yang mulia. Mungkin kita memang orang yang belum sempurna dan belum memiliki sifat rajin yang kuat seperti para ulama, tapi tentu tidak ada salahnya berusaha untuk sesuatu yang baik sehingga memiliki jiwa tenang dalam islam.

4. Pahala Menuntut Ilmu

Khatam Al Qur’an di bulan ramadhan sama seperti belajar atau menuntut ilmu, ayat ayat Al Qur’an tentang ilmu menjelaskannya yakni sebab  ketika membaca sekaligus berusaha memahami maknanya, dan Allah menyukai hambaNya yang berilmu serta memberinya derajat lebih tinggi dibanding mahklukNya yang lain. “yaitu mempelajari (mudarasah) semua ayat Al-Quran yang turun” ( Al-Jami’ fi Gharib Hadits, 4/64).


5. Pahala Seperti Shalat Sepanjang Malam

Sungguh luar biasa, membaca AL Qur’an dengan rutin tiap malam akan dianggap seperti melakukan shalat semalamam, apalagi jika hal tersebut dilakukan sepanjang hari di bulan Ramadhan hingga khatam, tentu lebih luar biasa. “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam” ( HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468).

6. Pahala Mengikuti Sunnah Rasul

Dahulu malaikat jibril mengajarkan Al Qur’an secara langsung kepada Rasulullah setiap bulan Ramadhan, sebab itu termasuk amalan yang mulia jika dilakukan khatam yakni mengikuti apa yang telah Rasulullah lakukan. “Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan).” ( HR. Bukhari no. 4614).

7. Pahala Memahami Isinya

Khatam Al Qur’an tentu akan jauh lebih bernilai di mata Allah jika disertai dengan memahami maknanya agar bisa mengamalkannya pada orang lain dan dalam kehidupan sehari hari. sebab itu pahala lebih akan didapat jika dilakukan sambil dipahami. “Dan Bacalah Al-Qur’an dengan perlahan-lahan (tartil)” (Al-Muzzammil 4).

8. Dijauhkan dari Sesat

“…Maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” (Thaha: 123). Di dalam Al Qur’an terdapat begitu banyak petunjuk, dengan membaca dan memahami maknanya, maka ia akan terus mengingat dan mencegahnya dari perbuatan yang salah sehingga ia jauh dari sesat baik di bulan Ramadhan maupun bulan berikutnya.

9. Pahala Terhindar dari Azab Alllah

“Barangsiapa berpaling dari Al Qur’an maka sesungguhnya ia akan memikul dosa yang besar di hari kiamat.” (Thaha: 100). Di hari kiamat nanti, ayat ayat Al Qur’an yang dibaca selama bulan Ramadhan akan menjadi jalan cahaya baginya sehingga ia terhindar dari azab. Seluruh tubuhnya akan bersaksi bahwa ia seorang hamba yang mencintai Al Qur’an.

10. Dijauhkan dari Penyakit Hati

Bulan ramadhan ialah bulan dimana banyak orang memohon petunjuk lebih dalam lagi mengenai islam atau hal apapun, hal itu bisa didapat dengan membaca Al Qur’an agar terhindari dari penyakit hati.  “Hai manusia, telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Yunus: 57).

11. Pahala Seperti Sebaik Baik Manusia

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Al-Bukhari). Bulan ramadhan akan menjadikan seseorang jauh lebih baik dari sebelumnya jika mampu istiqomah dalam beramal terlebih jika selalu beramal membaca kitab suci Al Qur’an yang diturunkan Allah hingga menjadi sebaik baik manusia di mata Allah.

12. Mengikuti Perintah Allah

“Tidak boleh dengki kecuali dalam dua perkara, yaitu: orang yang dikaruniai Allah Al-Qur’an lalu diamalkannya pada waktu malam dan siang, dan orang yang dikaruniai Allah harta lalu diinfakkannya pada waktu malam dan siang.” (Hadits Muttafaq alaih). Jelas bahwa khatam Al Qur’an di bulan Ramadhan artinya bisa menjalankan perintah Allah dengan sempurna dan megikuti petunjukNya.

13. Berlomba dalam Kebaikan

Allah menyukai hambanya yang mengejar waktu untuk melakukan kebaikan, salah satunya ialah menjalankan ibadah khatam Al Qur’an di bulan Ramadhan. Dengan melakukan ibadah tersebut, ia telah berlomba untuk mengalahkan diri sendiri dan mengatur waktu antara kesibukan dunia dan membaca Al Qur’an, dan terbukti bahwa ia tidak mementingkan dunia semata.

14. Mulia di Mata Allah

Orang yang khatam Al Qur’an dengan kesungguhan dan niat semata karena ingin mencapai ridho Allah maka akan mendapat kemuliaan dan derajat yang lebih tinggi dibanding manusia lainnya. Hal itu jelas sebab ia juga melakukan amalan yang berbeda yang menjadikan Allah dan akheratnya menjadi prioritas baginya. Tentu amalan yang luar biasa.

15. Pahala Tinggi Jika Dikerjakan dengan Khusyu’

Agar supaya bersegera dan tidak membaca secara perlahan-lahan. Ia tidak mencari kekhusyu’an dan tuma’ninah. Bahkan mencari hal ini (khusyu’ dan tuma’ninah) lebih utama daripada perhatian terhadap mengkhatamkan” (Majmu’ Fatawa bin Baz 15/324, Asy Syamilah). Maksud dari pendapat ulama tersebut ialah, khatam Al Qur’’an wajib dilakukan dengan khusyu’ agar mendapatkan pahala yang tinggi, dan hal tersebut hanya Allah yang mengetahui tingkat kekhusyu’kannya.


16. Pahala Mengikuti Teladan Rasulullah

Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

Barang siapa yang mengikuti teladan Rasulullah tentu akan mendapatkan pahala yang tinggi dan mendapat syafaat di akherat nanti. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membaca Al Qur’an sampai khatam sehingga mengikuti apa yang dilakukan oleh Rasulullah serta kelak di akherat diakui sebagai umatnya.

17. Pahala Mendapatkan Berkah Ramadhan

Berkah ramadhan dapat dicari dari apapun yang berhubungan dengan perintah Allah dan sunnah Rasul, salah satu yang jelas memiliki pahala ialah khatam Al Qur’an dimana di bulan ramadhan yang mulia, setiap kali membaca Al Qur’an tiap huruf akan dihitung sebagai pahala dan tiap huruf tersebut memiliki pahala yang jauh berlipat dibanding ketika dilakukan di bulan lainnya.

Demikian aritkel kali ini, semoga dapat dipahami oleh anda dan menjadi semangat yang lebih tinggi untuk melakukan segala amalan ibadah di bulan Ramadha. Jangan lupa perbarui wawasan anda dengan membaca pahala shalat tarawih di bulan ramadhan, pahala sahur di bulan Ramadhan, pahala menyantuni anak yatim di bulan ramadhan, dan pahala zakat di bulan ramadhan. terima kasih. Salam hangat.

, , , , ,




Post Date: Friday 27th, April 2018 / 01:41 Oleh :
Kategori : Al-quran