7 Tips Khatam Al-Qur’an Dalam Sebulan

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam sebagai pedoman dalam hidupnya. Tentunya sebagai umat muslim harusnya kita memperbanyak amalan seperti salah satunya adalah dengan membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an memiliki 30 Juz dan dari setiap Juz terdiri dari 10 lembar yang artinya masing-masing Juz memiliki 20 halaman.

ads

Setiap umat muslim pastinya pernah membaca Al-Qur’an. Mengkhatamkan Al-Qur’an banyak diharapkan setiap umat muslim. Terlebih lagi di bulan suci Ramadhan. Bulan dimana kita berlomba-lomba memperbanyak ibadah dan amalam shaleh.

Mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan suci Ramadhan juga sangat di harapkan setiap umat muslim. Namun, semua itu belum dapat terlaksana, kebanyakan alasan yang selalu muncul adalah karena sibuknya bekerja dan kegiatan diluar sehingga tidak ada waktu untuk membaca Al-Qur’an, alhasil dalam sebulan tidak dapat mengkhatamkan Al-Qur’an sehingga setelah lebaran lupa sudah dibaca sampai mana sehingga ketika ingin membaca akan mengulanginya dari lembar pertama .

Mengkhatamkan Al-Qur’an memang tidak wajib di bulan Ramadhan. Namun alangkah baiknya apabila di bulan Ramadhan dapat memperbanyak amalan shaleh seperti memperbanyak membaca Al-Qur’an. Bicara soal tidak ada waktu luang, Insyaallah apabila niat pasti akan terlaksana.

Lantas bagaimana cara mengkhatamkan Al-Qur’an ? berapa kali waktu yang dibutuhkan untuk mengkhatamkan Al-Qur’an ? sebulan ? dua bulan ? atau lebih ?

Berikut adalah 7 tips bagaimana cara dapat mengkhatamkan Al-Qur’an dalam sebulan.

  1. Membuat target 1 hari dapat menyelesaikan 1 Juz sehingga 30 Juz dapat diselesaikan sebanyak 30 hari.
  2. Setiap shalat 5 waktu, dalam satu waktunya sempatkan untuk membaca Al-Qur’an sebanyak 2 lembar atau 4 halaman.
  3. Dapat dicoba dengan membaca Al-Qur’an sebelum dan sesudah Shalat masing-masing 2 lembar atau 4 halaman.
  4. Isi waktu luang anda dengan sedikit-dikit membaca Al-Qur’an maka insyaallah akan khatam dalam sebulan.
  5. Membuat catatan pada diri sendiri dengan setiap sebelum shalat 4 halaman dan sesudah shalat 4 halaman.
  6. Yang terpenting adalah niat dari hati jika ingin mengkhatamkan Al-Qur’an dalam sebulan
  7. Memastikan target yang ingin dicapai harus terlaksana

Jika anda ingin mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak dua kali dalam sebulan. Anda tinggal membaca sebanyak 4 lembar dalam setiap waktu shalat seperti 4 lembar dibaca setelah shalat shubuh, 4 lembar dibaca setelah shalat dzuhur, 4 lembar dibaca setelah shalat ashar, 4 lembar dibaca setelah shalat maghrib dan 4 lembar dibaca setelah shalat isya.

Atau mungkin anda ingin mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak tiga kali ? tentu saja bisa. Anda hanya perlu menambah berapa banyak halaman yang dibutuhkan dalam setiap kali shalat. Misalnya 3 lembar sebelum shalat dan 3 lembar setelah shalat. Jadi total yang and abaca dalam 1 kali waktu solat adalah 6 halaman. Apabila ditambah 5 waktu shalat maka totalnya per hari anda dapat membaca sebanyak 30 halaman.

Mengkhatamkan Al-Qur’an juga merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW , walau kebanyakan ulama berpendapat bahwa membaca Al-Qur’an tidak ada batasan hari, semua tergantung kekuatan dan semangat yang dimiliki setiap orang dan itu berbeda-beda. Lalu tunggu apalagi , yuk kita baca Al-Qur’an.

, , , ,




Post Date: Monday 06th, August 2018 / 11:40 Oleh :
Kategori : Al-quran