6 Jenis Bisikan Setan yang Patut Diwaspadai

Kita sering kali melakukan hal – hal yang kadang kita tahu tidak berguna, tetapi tetap saja kita melakukannya. Mengapa bisa seperti itu?  Ibnul Qayyim dalam kitabnya Fawaa’idul Fawaa’id menjelaskan, “Buah pikiran, bisikan hati, kehendak, dan cita-cita adalah hal-hal yang harus diprioritaskan untuk anda perbaiki. Sebab semua itu adalah inti dan hakikat diri anda. Inti ini adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah atau justru menjauhkan anda dari-Nya.”

Nah kadang hal – hal tidak berguna ini timbul seperti melamun, menghayal, berandai, dan hal – hal yang tidak mendatangkan manfaat, dan hanya mendatangkan mudharat. Selain itu, fikiran kita bekerja seperti mesin penggiling. Apabila kita tidak cukup teliti untuk mengatur informasi yang masuk ke dalam fikiran kita, terutama alam bawah sadar, kita akan mudah terkena bisikan setan yang ternyata ada enam jumlahnya. Apa saja enam bisikan setan tersebut? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga tentang Hukum Chatting Dengan Lawan Jenis Bukan Mahram , Jenis Investasi yang Diperbolehkan Dalam Islam , Jenis Ghibah yang Diperbolehkan dalam Islam , Jenis-Jenis Najis dalam Islam dan Azab Menggugurkan Kandungan Dalam Islam

Kita sebagai manusia sejatinya bisa membedakan dan mengenali jenis bisikan setan. Enam jenis bisikan setan yang tanpa sadar seringkali kita rasakan setiap hari berdasarkan Quran surah Al-Anfaal ayat 29, yang berbunyi:

Allah berfirman dalam QS. Al-Anfaal : 29,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

“ Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqon (pengetahuan yang bisa membedakan antara petunjuk dan kesesatan), dan kami akan menghapus kesalahan-kesalahanmu, serta menutupi (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.”

Dapat disimpulkan, seseorang mampu membedakan jenis bisikan setan ketika kita mampu memahami kebenaran dan kebathilan serta ketaqwaannya kepada Allah SWT. Ketika kita bertaqwa, ada yang membedakan kita dengan umat muslim yang lain. Kita bisa membedakan mana sunnah dan bid’ah, bermanfaat atau bermudharat.

Dari Ibnul Qayyim rahimahullah menyebutkan beberapa 6 jenis bisikan yang berasal dari setan, Apa saja bisikan itu?

1. Membuat kita sibuk berandai – andai

Setan membuat manusia sibuk memikirkan yang sudah terjadi dan membuatnya berandai-andai. Entah pengandaian itu sudah terjadi, atau belum terjadi. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam haditsnya pernah menyinggung masalah pengandaian ini, dimana sabdanya berbunyi:

وَإِنْ أَصَابَكَ شَيْءٌ فَلَا تَقُلْ: لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَذَا؛ وَلَكِنْ قُلْ: قَدَرُ اللهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ؛ فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

“…Jika sesuatu (yang tidak engkau inginkan) menimpamu, maka janganlah engkau katakan ‘andaikan aku melakukan begini dan begitu tentu akan begini dan begitu’ namun katakanlah “Qodarullah wa ma syaa’a fa’ala” karena kalimat seandainya itu akan membuka (pintu) perbuatan syaithon.” [HR. Muslim]

Baca juga tentang Cara Terhindar Dari Fitnah Wanita , Hukum Meninggikan Kuburan Dalam Islam , Hukum Istri Menolak Bersetubuh Dalam Islam ,  Manfaat Ilmu Dalam Pandangan Islam , dan  Keutamaan Disiplin Dalam Islam

2. Mencemaskan Hal yang belum tentu terjadi

Sama seperti berandai – andai, kita akan dibuat akan selalu mencemaskan hal yang belum tentu terjadi. Setan akan gencar membisikan dan mengontrol hati dan fikiran kita ketika di dalam diri kita.

3. Membuat manusia memikirkan hal – hal keji

Bisikan setan yang dahsyat adalah saat syetan mampu memenuhi dan mengendalikan hati dan fikiran kita hingga ke tahap menstimulasi. Kita akan diajak untuk menuruti hawa nafsu saat kita berhadapan dengan hal – hal yang keji.

4. Menghayalkan hal yang mustahil

Apabila kita pernah menginginkan untuk menjadi seorang nabi dan Rasul, atau bahkan menjadi malaikat, beristigfarlah. Karena bentuk pengandaian itu adalah berasal dari bisikan syetan.

5. Membuat manusia berfikir untuk melakukan dosa

Setan mampu mengajak kita untuk berbuat dosa. Karena ini memang tugas syetan. Oleh karena itu kita harus mampu mengendalikannya sebaik mungkin.

6. Membuat kita meragukan keberadaan Allah SWT

Yang terakhir adalah dimana kita dikendalikan untuk meragukan dan tidak mengakui keberadaan Allah SWT, Meragukan sifat – sifat Allah SWT, hingga apakah benar Allah SWT itu ada atau tidak.

Baca juga tentang  Tips Mengendalikan Emosi Dalam Islam , Hukum Mengambil Keuntungan Dari Membaca Al-Quran , Azab Tidak Menutup Aurat Dalam Islam , Ayat – ayat Al – Quran Tentang Hak Anak , dan Hukum Menghina Ulama Dalam Islam

Itulah beberapa jenis bisikan syetan yang harus kita waspadai dan atasi ketika kita tersadar akan bisikan syetan tersebut. Semoga kita bisa menyikapinya dengan terus menambah dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Aamiiin ya Rabbal A’lamin.