11 Tips Agar Kuat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang spesial bagi umat islam karena di bulan ini umat islam menunaikan ibadah puasa dan keistimewaan bulan ramadhan ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Puasa ramadhan wajib hukumnya bagi seluruh umat islam dan tidak boleh ditinggalkan tanpa alasan yang jelas. Puasa bisa diartikan sebagai perbuatan menahan makan dan minum dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari. Puasa ramadhan sebenarnya tidak hanya tentang menahan lapar akan tetapi juga menahan emosi dan hawa nafsu. Sesuai dengan perintah Allah SWT tentang puasa yang tercantum dalam Alqur’an surat AlBaqarah ayat 183 yang bunyinya :

ads

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Dalam surat Al baqarah 184 juga dijelaskan tentang alasan bolehnya meninggalkan puasa diantaranya adalah

فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan (puasa), maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al Baqarah: 184)

Bagi umat islam yang sudah terbiasa melaksanakan ibadah puasa seperti puasa sunnah ( baca macam-macam puasa sunnah) seperti puasa senin kamis (baca keutamaan puasa senin kamis), puasa arafah ( baca keutamaan puasa arafah), puasa rajab (baca keutamaan puasa rajab) serta puasa daud (baca keutamaan puasa daud) mungkin sudah tidak asing lagi dan akan lebih mudah menjalankan ibadah puasa ramadhan. Namun, untuk orang yang tidak terbiasa berpuasa maka akan sedikit sulit melaksanakannya.

Untuk itu simak  Tips Agar Kuat Berpuasa :

1. Jangan melewatkan sahur

Jika anda ingin kuat berpuasa tentu saja tidak boleh melewatkan sahur. Hal ini biasanya terjadi jika seseorang malas untuk bangun sahur dan mengabaikannya. Orang yang melewatkan sahur tentu akan merasakan cepat lemas saat berpuasa dan bisa jadi puasanya kan lebih mudah batal karena sakit. Makan sahur amatlah penting terutama untuk menjaga asupan nutrisi yang akan digunakan sebagai cadangan makanan disaat berpuasa. Orang yang makan sahur juga diberkati sebagaimana hadist Rasullullah SAW yang diriwayatkan oleh Anas bin malik yang bunyinya :

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَ

Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.”

2. Jaga keseimbangan cairan

Menjaga cairan tubuh selama berpuasa sangatlah penting karena tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan. Bila tubuh keurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi dan tubuh menjadi lemas. Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, jangan lupa untuk mengkonsumsi cairan 8 gelas pada malam hari setelah berbuka puasa. Tidak hanya mengkonsumsi air putih, agar kuat berpuasa anda bisa mengkonsumsi jus buah atau susu.

3. Perbanyak konsumsi serat

serat yang terkandung dalam buah dan sayur bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Serat yang dikonsumsi akan lebih lambat dicerna dan membuat perut penuh selama beberapa jam sehingga tubuh tidak cepat merasa lapar. Makanlah sayur dan buah dimalam hari atau pada saat sayur agar tidak hanya kuat berpuasa namun terhindar dari masalah pencernaan.

4. Hindari makanan atau minuman manis saat sahur

Makanan atau minuman manis memiliki kadar gula dan indeks glikemiks yang tinggi atau bisa memicu produksi insulin. Insulin dihasilkan oleh pankreas saat tubuh mendeteksi naiknya kadar gula dalam darah. Makanan manis hanya akan bertahan selama dua jam dan setelah itu produksi insulin akan memicu rasa lapar. Jadi jika anda tidak ingin cepat merasa lapar hindari makanan atau minuman manis berlebihan kecuali buah atau sayuran. (gula yang dimaksud disini adalah gula tebu atau gula bubuk)


5. Hindari kafein

Kafein adalah zat stimulan otak yang terkandung dalam kopi, teh atau minuman bersoda. Kopi memang bisa menghindarkan kita dari rasa kantuk namun sebaiknya jangan dikonsumsi saat sahur karena kafein bisa menyerap cairan dalam tubuh dan mengakibatkan pengeluaran cairan atau urine yang berlebih. Hal ini bisa menyebabkan tubuh cepat merasa lemas.

6. Istirahat yang cukup

Jika tidak ada keperluan, hindari bergadang saat malam terutama jika anda harus bekerja pada esok harinya (baca tips berpuasa sambil bekerja) kecuali jika anda ingin membaca Alqur’an (baca manfaat baca Alquran setiap hari), berzikir (baca keutamaan berzikir) atau menunaikan shalat tarawih atau shalat witir. Istirahat yang cukup sangat diperlukan saat berpuasa dan bila memungkinkan tidurlah selama satu jam atau lebih saat siang hari.

7. Hindari makanan pedas

Sebaiknya hindari makan pedas saat sahur. Makanan pedas bisa memicu iritasi pada lambung atau usus sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dalam perut dan bisa mengganggu puasa anda.

8. Hindari makanan yang banyak mengandung gas

Pilihlah jenis sayuran yang baik dikonsumsi saat berpuasa, sebaiknya hindari konsumsi sayur yang memicu timbulnya gas dalam lambung seperti kol dan sejenisnya. Makanan yang banyak mengandung gas bisa membuat perut terasa mual dan tidak nyaman terutama saat berpuasa.

9. Hindari makan gorengan dan berlemak

Sebisa mungkin hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak serta garam yang tinggi seperti gorengan. Makanan yang mengandung banyak garam akan menyerap cairan dalam tubuh dan membuat tubuh dehidrasi. Makanan seperti itu juga sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi karena bisa menyebabkan naiknya tekanan darah.

10. Makan secukupnya

Saat puasa mungkin anda akan merasa sangat lapar namun sebaiknya setelah berbuka puasa makanlah secukupnya dan jangan “balas dendam” makanan yang terlalu banyak mengisi perut akan menimbulkan masalah pencernaan karena lambung yang terisi penuh tidak bisa bekerja dengan optimal.


saat berpuasa berbukalah dengan sedikit takjil (baca manfaat takjil) dan makanlah dalam porsi yang lebih besar setelah melaksanakan shalat magrib. Makan dalam porsi kecil namun sering lebih dianjurkan terutama untuk ibu hamil dan menyusui (baca juga tips puasa ramadhan untuk ibu hamil dan tips berpuasa untuk ibu menyusui)

11. Konsumsi teh hijau

Mungkin hal ini cukup asing ditelinga anda namun teh hijau terbukti bisa menekan rasa lapar. Mengkonsumsi teh hijau secukupnya saat malam hari bisa membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme energi serta baik untuk anda yang ingin menurunkan berat badan selama berpuasa.

Demikian  Tips Agar Kuat Berpuasa. Ingatlah bahwa kunci menjaga klesehatan dan kekuatan selama berpuasa adalah menjaga pola makan dan istirahat yang culup. Bijaksana dalam memilih makanan dan aktifitas juga diperlukan untuk mendukung kelancaran aktifitas berpuasa selama bulan ramadhan. (baca juga tips agar lancar berpuasa)

, , ,




Post Date: Saturday 14th, May 2016 / 07:52 Oleh :
Kategori : Puasa