15 Tips agar Lancar Berpuasa Ramadhan

Ramadhan agar segera tiba, ada baiknya kita bersiap menyambut kedatangannya. Bulan ramadhan adalah salah satu bulan yang paling dinantikan oleh umat islam dimana umat islam diseluruh dunia melaksanakan ibadah puasa. Puasa ramadhan adalah puasa wajib yang dilasanakan pada bulan ramadhan dan dilaksanakan selama satu bulan lamanya. Ibadah puasa ramadhan wajib hukumnya bagi umat muslim tidak sperti puasa lain yang sifatnya sunah (baca macam-macam puasa sunah) seperti puasa arafah (baca keutamaan puasa arafah), puasa senin kamis (baca keutamaan puasa senin kamis), puasa rajab (baca keutamaan puasa rajab) maupun puasa daud (baca keutamaan puasa daud). Umat islam wajib menjalankan ibadah puasa sebagaimana yang difirmankan oleh Allah SWT dalam surat Al baqarah ayat 183-185 yang berbunyi :

ads

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ.

Artinya :

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa,(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka, barang siapa di antara kalian sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Wajib bagi orang-¬orang yang berat menjalankannya, (jika mereka tidak berpuasa), membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin.

Barangsiapa yang mengerjakan kebajikan dengan kerelaan hati, itulah yang lebih baik baginya. Berpuasa lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-¬penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Oleh karena itu, barangsiapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, hendaklah ia ber¬puasa pada bulan itu, dan barangsiapa yang sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggal¬kan itu pada hari-hari yang lain. Allah meng¬hendaki kemudahan bagi kalian, dan tidak meng¬hendaki kesukaran bagi kalian. Hendaklah kalian mencukupkan bilangan (bulan) itu dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberi¬kan kepada kalian supaya kalian bersyukur.” [Al-Baqarah: 183-185]

Dan sebagaimana juga yang diriwayatkan oleh Al Bukhari bahwa Rasullullah SAW bersabda :

بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَالْحَجِّ ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Islam dibangun di atas lima (perkara, pondasi): Syahadat Lâ Ilâha Illallâh wa Anna Muhammadan ‘Abduhu wa Rasûluhu, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berhaji ke Rumah Allah, dan berpuasa Ramadhan

Puasa memiliki banyak manfaat dan mendatangkan pahala. Oleh sebabb itu kita perlu mengetahui bagaimana agar agar dapat melakukan ibadah puasa dengan lancar tanpa halangan apapun. Simak tips agar lancar berpuasa berikut ini :

1. Siapkan hati dan pikiran

Sebelum berpuasa penting bagi kita untuk menyiapkan hati dan pikiran karena hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan dan niat seseorang. Niatkan puasa semata-mata karena Allah SWT dan untuk meningkatkan ketaqwaan diri.

2. Persiapkan stok makanan

Hal yang tidak kalah penting adalah menyiapkan stok atau persediaan makanan yang akan digunakan saat bulan ramdhan terutama untuk santap sahur. Siapkan bahan makanan sehat yang akan lebih mudah diolah saat sahur dan pastikan makanan tersebut cukup nutrisi.

3. Perbanyak konsumsi cairan

Cairan tubuh akan berkurang saat berpuasa dan anda bisa mengalami dehidrasi. Biasakan untuk mengkonsumsi banyak cairan terutama saat malam hari. Minumlah air 8 gelas selama malam hari ( 2 gelas saat buka puasa, 4 gelas saat malam dan 2 gelas saat sahur) hal ini bisa menambah kadar cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi saat berpuasa disiang hari.

4. Konsumsi serat

Asupan serat sangat penting terutama saat berpuasa. Serat bisa diperoleh dari mengkonsumsi buah dan sayur. Dengan mengkonsumsi serat maka tubuh akan terhindar dari masalah pencernaan dan tidak cepat lapar karena serat lambat dicerna didalam perut.

5. Olahraga ringan

Siapa bilang kita tidak bisa berolahraga saat berpuasa? Agar tetpa bugar maka lakukanolahraga ringan saat berpuasa bisa dipagi atau sore hari. Berjalan saat pagi atau sore hari sembari menunggu berbuka puasa bisa menjadi alternatif olahraga saat berpuasa.


6. Bijak memilih makanan

Saat berbuka biasanya kita cenderung makan besar dan makan apa saja yang kita inginkan. Hal ini bisa berbahaya terutama bagi penderita diabetes, hipertensi atau penyakit lainnya. Cerdas dalam memilih menu makanan adalah kunci menjaga tubuh tetap sehat. Penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi gula saat berbuka puasa meskipun tidak mengapa jika ingin sekedar menikmati takjil. (baca manfaat takjil) sementara penderita hipertensi perlu menghindari makanan dengan kadar garam dan lemak yang tinggi.

7. Perbanyak ibadah

Berpuasa bukan berarti bisa bermalas-malasan, sebaliknya saat berpuasa kita dianjurkan untuk banyak beribadah karena pahala ibadah di bulan puasa dilipat gandakan. Lakukan shalat sunah seperti shalat dhuha (baca keutamaan shalat dhuha), membaca alqur’an (baca manfaat baca alqur’an setiap hari), berzikir ( baca keutamaan berzikir) serta melakukan shalat wajib berjamaah ( baca juga keutamaan shalat ashar berjamaah)

8. Istirahat yang cukup

Hindari bergadang saat malam hari terutama jika anda harus bekerja keesokan harinya ( baca tips berpuasa sambil bekerja ). Selepas shalat tarawih anda bisa membca Alquran sejenak kemudian beristirahat. Istirahat sangat penting untuk mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa dan mengembalikan kekuatan tubuh. Jika memungkinkan tidurlah juga selama beberapa menit saat siang hari. Hal ini bisa membuat tubuh anda terasa lebih segar.

9. Abaikan gejala yang muncul

Puasa bisa disebut sebagai proses detoksifikasi tubuh dimana tubuh terutama sistem pencernaan akan dibersihkan dari zat-zat racun atau sampah yang berbahaya. Saat detoksifikasi ini terjadi biasanya tubuh akan merasa pusing, lemas dan lesu namun gejala ini hanya bersifat sementara. Abaikan gejala ini dengan beristirahat atau anda bisa menggunakan minyak aromaterapi untuk mengurangi gejala yang bersifat sementara tersebut.

10. Bersabar dan menahan emosi

Puasa adalah ibadah yang melatih kesabaran. Kita tidak boleh marah, mengumpat, berkata kotor atau melakukan hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa. Menahan diri dari emosi dan bersabar adalah salah satu kunci lancarnya ibadah puasa.

11. Hindari mengobrol tidak penting

Kebiasaan ngobrol dengan tetangga atau dengan teman yang tidak penting sebaiknya dihindari karena bisa berujung pada ghibah atau menggunjing. Hal ini bisa mengakibatkan batalnya puasa. Daripada ngobrol yang tidak jelas arahnya sebaiknya perbanyak ibadah atau lakukan hal lain yang lebih bermanfaat.

12. Hindari junkfood

Puasa adalah salah satu cara tubuh untuk membersihkan sistem pencernaan, jika saat berbuka puasa anda mengkonsumsi makanan junkfood atau makanan cepat saji yang tidak bernutrisi maka puasa anda bisa sia-sia (dalam arti untuk kesehatan tubuh). Saat berbuka sebaiknya hindari minuman bersoda, atau minuman kaleng yang berkadar gula tinggi, keripik kentang, atau cemilan lain seperti gorengan. Cermatlah dalam memilih makanan agar anda tidak jatuh sakit selama bulan ramadhan.

13. Mengatur pola makan

Menjaga pola makan juga penting saat berpuasa dibulan ramadhan. Sebaiknya makanlah makanan dalam porsi sedang saat sahur namun kaya karbohidrat, protein serta serat. Makanlah makanan yang sifatnya ringan saat berbuka kemudian anda bisa shalat magrib, barulah setelah shalat magrib anda bisa menyantap makan malam dengan porsi dan menu yang lebih berat.

14. Menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur

Sebagai umat islam kita diharuskan untuk menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur sebagaimana dalam hadist Rasullullah SAW bersabda :

“Manusia senantiasa berada di atas kebaikan selama mereka menyegarakan berbuka puasa” [HR Tirmidzi dan Bukhari)


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” لَا يَزَالُ الدِّينُ ظَاهِرًا مَا عَجَّلَ النَّاسُ الْفِطْرَ، لِأَنَّ الْيَهُودَ وَ النَّصَارَى يُؤَخِّرُونَ “

Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Agama (Islam) senantiasa mendapatkan kejayaan selama manusia menyegerakan berbuka puasa, karena Yahudi dan Nashrani mengakhirkannya” [HR Abu daud )

سَحَّرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلاةِ ، قَالَ : قُلْتُ : كَمْ بَيْنَ الأَذَانِ وَالسَّحُورِ ؟ قَالَ : قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةٍ

“Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu melaksanakan shalat. Anas berkata, Aku bertanya kepada Zaid: “Berapa jarak antara adzan dan sahur ?”. Dia menjawab : ‘seperti lama membaca 50 ayat’” (HR. Bukhari dan Muslim)

15. Jangan memaksakan diri

Jika anda sedang sakit atau memiliki uzur atau halangan lain misalnya hamil dan menyusui maka jangan memaksakan diri untuk berpuasa. Anda bisa menunggu hingga kondisi anda pulih dan benar-benar sehat saat berpuasa. Ibu hamil dan menyusui juga tetap bisa melakukan puasa selama mereka tetap memperhatikan kondisi kandungan dan bayinya. (baca juga tips puasa ramadhan untuk ibu hamil dan tips puasa ramadhan untuk ibu menyusui)

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan dan tips agar lancar berpuasa ramadhan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun serta puasa yang dijalankan diterima Allah SWT dan mendapatkan balasan kelak di akhirat.

, , , ,




Post Date: Saturday 14th, May 2016 / 04:50 Oleh :
Kategori : Puasa