Sejarah dan Sirah

9 Masjid Tertua di Dunia yang Masih Berdiri Kokoh Hingga Sekarang

√ Islamic Base Pass quality & checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam. Tak hanya tempat shalat namun Beberapa kegiatan agama sering di lakukan di masjid.

Seperti kajian, belajar mengaji, diskusi ataupun hal bermanfaat lainnya. Ada Beberapa masjid yang didirikan sejak zaman dahulu kala yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Ini lah beberapa masjid tertua yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

1. Masjid Al-Haram

Masjid Al-Haram merupakan masjid tertua dalam sejarah islam. Masjid ini berlokasi di pusat Kota Mekkah.

Masjid ini di pandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini di bangun mengelilingi kabah yang menjadi arah kiblat bagi umat islam dalam melaksanakan ibadah shalat.

Masjid ini juga merupakan masjid Teresa di dunia. Di ikuti oleh masjid Nabawi di madinah al-munawarah sebagai masjid kedua di dunia serta merupakan dua masjid suci bagi umat Muslim.

2. Masjid Nabawi

Masjid ini adalah sebuah masjid yang didirikan secara langsung oleh nabi Muhammad. Masjid Nabawi terletak di Kota Madinah.

Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua setelah masjid Al-Haram. Masjid Nabawi merupakan masjid ketiga yang di bangun dalam sejarah islam.

Masjid ini merupakan tempat paling suci kedua dalam agama islam. Masjid ini bangun tanpa atap. Biasanya umat muslim datang ke sini tak hanya sekedar beribadah namun mengunjungi makam nabi dan sahabatnya.

3. Masjid Al-Aqsa

Masjid tertua ketiga yang masih berdiri kokoh yaitu Masjid Al-Aqsa. Masjid ini pernah menjadi kiblat seluruh umat islam di dunia saat zaman Rasulullah sebelum saat ini kiblat ada di Makkah.

Masjidil Aq sa atau masjid Al-Aqsa juga disebut dengan baitul maqdis atau bait suci. Ada nama sebuah kompleks seluas 144.000 meter persegi yang berada di kota lama yerusalem.

4. Masjid Agung Sana’a

Masjid ini dibangun di tahun ke-6 hijriah di Yaman. Masjid ini juga masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Masjid Agung sana’a memang menurut sejarah di bangun oleh kaum muslimin yang di pimpin oleh Khalifa Ali bin abi thalib. Namun Ada Beberapa cerita tutur yang mengatakan bahwa pembangunan masjid tersebut mengandung sebuah mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW.

Pada masa di bangunnya masjid, kebingungan sempat terjadi, dimana penempatan arah kiblat sangat sulit dilakukan di daerah itu. Akhirnya Nabi Muhammad SAW turun tangan sendiri untuk menentukan arah kiblat yang pas tanpa menggunakan alat pengukur apapun.

5. Masjid Uqba

Masjid ini terletak di ujung benua Afrika tepatnya berada di Tunisia. Masjid ini salah satu masjid tertua yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Masjid Uqba sebenarnya mempunyai nama asli masjid Uqba bin Nafi yang diambil dari nama panglima perang Islam penakluk Afrika. Uqba bin Nafi inilah yang mampu membangun masjid tersebut pada 670 Masehi.

20 tahun setelah di bangyn, tepatnya pada tahun 690 M masjid ini hancur lebur oleh serbuan pasukan beber yang mencaplok kota kairouan di bawah kepemimpimam Kusaila. Tahun 703 M, Hassan bin nu’man yang kemudian membangun kembali masjid ini dari kehancuran.

6. Masjid Ummayad

Masjid ini di bangun di kota Alepo. Masjid Ummayad termasuk masjid tertua di dunia. Masjid yang di bangun pada tahun 634 Masehi. Masjid ini di bangun di atas runtuhan tempat peribadatan romawi, tempat menyembah dewa jupiter, dengan mengadopsi tipe bangunan masjid nabawi di madinah.

Namun sayangnya Masjid ini sudah runtuh. Ciri masjid ini memiliki tiga warna menara yang merupakan usaha pembuatan menara pertama did daerah Syam, dan empat pintu yang di hiasi dengan mosaik, Sisa sisa mosaik itu masih ada sampai sekarang.

7. Masjid Juma Kilakarai

Meen kadai palli adalah Masjid di kilakarai, tamil Nadu india. Di bangun pada 628-630 M.

Di yakini sebagai salah satu Masjid tertua di dunia dan bersama Masjid dengan Masjid cheraman juma di kodungallur. Masjid ini warisan Islam lebih dari 1000 tahun.

Di bangun oleh pedagang yaman dan pemukiman perdagangan periode pra-islam di kerajaan pandiya di perintahkan oleh baadhan gubernir yaman pada masa nabi Muhammad.

8. Masjid Xi’an Tiongkok

Masjid Raya Xi’an Merupakan salah satu masjid tertua dan terbesar di china. Adapun Masjid tertua di kota xian china.

Berdasarkan sebuah ukiran batu yang terdapat di dalamnya, Masjid ini di bangun pada 742 tepatnya dalam periode Dinasti Tang 618-907. Lebih tepatnya menurut china pembangunan berlangsung pada tahun pertama Era Tianbao pada masa pemerintahan kaisar Xuangrong.

9. Masjid Huaisheng

Masjid Huaisheng yang dikenal dengan nama masjid mercusuar. Masjid ini berada di Guangzhou.

Masjid ini didirikan sejak awal dinasti Tang, Ketika nabi Muhammad mengirim utusan di plomatiknya keep china. Masjid tersebut menurut tradisi awalnya di bangun pada 1.300 tahun yang lalu yang membuat masjid ini tertua di dunia.

Bangunan masjid ini juga Memiliki mercusuar setinggi 35 meter yang di gunakan sebagai suar kapal kargo yang membawa rempah, perhiasan dan gading. Dari situlah tempat ibadah ini menjadi julukan masjid mercusuar atau Guangtua.

Recent Posts

5 Cara Menghadapi Suami Pemarah dalam Islam

Dalam kehidupan rumah tangga, tentunya ada konflik yang kerap terjadi antar suami dan istri. Hal…

4 hours ago

4 Cara Menghadapi Masalah Rumah Tangga dalam Islam

Dalam kehidupan rumah tangga, pasti kerap terjadi perselisihan antara suami dan istri. Pertengkaran tersebut merupakan…

4 days ago

3 Cara Menghadapi Inflasi dalam Islam

Inflasi adalah kondisi kenaikan harga barang atau jasa secara terus menerus dalam kurun waktu tertentu.…

2 weeks ago

Ketahui Penyebab yang Menggugurkan Hak Waris

Kata waris berasal dari bahasa arab yaitu warasa, yarisu, dan irsan yang memiliki arti mewarisi. Warisan…

3 weeks ago

Tata Cara Shalat Ghaib Jenazah Laki-Laki dan Perempuan

Tata cara shalat ghaib tentu dibedakan antara laki-laki dan perempuan yang benar sesuai sunnah. Shalat…

4 weeks ago

Ketahui Tata Cara Shalat Ghaib dan Syarat-syaratnya

Shalat ghaib merupakan shalat jenazah yang dilakukan ketika jenazah tidak berada di tempat atau ketika…

4 weeks ago